Pak Hani adalah guru PKn di
sekolah “Makin Maju”. Dia tinggal di desa Maju Aman. Siska adalah tetangga Pak
Hani. Setiap pembagian hasil ulangan Siska selalu diberi nilai 90, sedangkan
Rudi siswa yang paling pintar di kelasnya diberi nilai 80. Dari kasus di atas
Pak Hani tidak melakukan prinsip penilaian ....
A.
Adil
B.
Objektif
C.
Sistematis
D.
Menyeluruh
E.
Beracuan
kriteria
Pembahasan:
Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan
atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar
belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender
Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas
tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai.
Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan
mengikuti langkah-langkah baku.
Menyeluruh
dan berkesinambungan,
berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan
menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan
kemampuan peserta didik.
Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang
ditetapkan. Oleh karena itu, instrumen penilaian disusun dengan merujuk pada kompetensi (KI L, KI,
dan KD). Selain itu, pengambilan keputusan didasarkan pada kriteria pencapaian
yang telah ditetapkan.
Karena Pak Hani
memperhitungkan tetangganya, berarti penilaiannya tidak objektif, jadi jawabnya
B.