BM.5. Modul 5: Pembelajaran Mendalam -
Perencanaan Pembelajaran
Pemahaman Modul 5 Penguatan Literasi
dalam Pembelajaran
Video lawan hoaks dengan literasi
- Pengalaman
belajar mendalam apa yang ingin diimplementasikan dalam desain
pembelajaran tersebut?
- Apa
saja prinsip pembelajaran mendalam yang diterapkan dalam desain
pembelajaran tersebut?
Jelaskan alasannya!
Jawaban
1.
Pengalaman
belajar mendalam yang ingin diimplementasikan dalam desain pembelajaran video ‘’Lawan
Hoaks dengan Literasi”
a. Kritis terhadap infromasi : murid diajak
untuk mengevaluasi informasi yang mereka terima, baik dari media sosial atau
lingkungan sekitar.
b. Reflektif dan bermakna : murid mengalami
proses berpikir ulang tentang bagaimana mereka menyikapi berita atau informasi
yang belum jelas kebenarannya.
c.
Kolaboratif
: dalam proses pembelajaran, murid dapat bekerja sama mendiskusikan isi cerpen,
makna tersirat, serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.
d. Kontekstual : murid dihubungkan dengan
fenomena nyata, seperti penyebaran hoaks di lingkungan sekitar mereka sendiri.
2.
Prinsip
pembelajaran mendalam yang diterapkan dalam desain pembelajaran dalam video ‘’Lawan
Hoaks dengan Literasi”
a. Berpusat pada murid (student centered
learning) : murid dilibatkan aktif dalam mengevaluasi isi cerpen, memberikan
pendapat, dan mengaitkan dengan pengalaman pribadi mereka dalam menerima
informasi.
b. Konektivitas dengan dunia nyata : isu
hoaks adalah fenomena aktual yang dekat dengan kehidupan murid. Cerpen ini
membantu murid menghubungkan pelajaran dengan realitas sosial.
c.
Berpikir
kritis dan reflektif : murid tidak hanya memahami isi teks secara literal,
tetapi diajak menganalisis pesan moral, makna simbolik, serta implikasinya
dalam kehidupan bermasyarakat.
d. Pembelajaran berbasis nilai : cerpen
mengandung nilai kejujuran, kehati-hatian, dan pentingnya literasi informasi,
yang memperkuat karakter murid sebagai bagian dari Dimensi Kelulusan.