Sunday 5 May 2024

SOAL DAN JAWABAN STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA IPA KELAS 8 KURMER

 

Struktur Bumi dan Perkembangannya

 

1.     Ilmu Geologi merupakan cabang-cabang ilmu Sains yang mempelajari tentang bumi dan perubahannya. Sebagian besar keindahan pemandangan alami yang kita nikmati di berbagai belahan dunia terbentuk dari perubahan yang terjadi pada bumi kita ini. Pemandangan seperti ini disebut sebagai morfologi bentang alam. Beberapa contoh morfologi bentang alam di Indonesia, antara lain Pengunungan Jaya Wijaya (Papua), Gunung Agung (Bali), Air terjun Nokan Nayan (Kalbar), Ngarai Sianok Bukitinggi (Sumbar), Danau Kelimutu/ Tiga Warna (NTT), Gunung Semeru (Jatim), Pulau berbentuk cinta (Gorontalo) dan lain-lain. Perubahan pada bentang alam diakibatkan oleh tenaga pembentuk bumi atau disebut juga tenaga geologi. Tenaga ini dibagi menjadi dua macam, yaitu tenaga eksogen yang berasal dari luar bumi. Yang kedua adalah tenaga endogen, yang berasal dari dalam bumi. Contoh tenaga endogen adalah ….

a.     pelapukan

b.     pengikisan

c.     tektonisme

d.     vulkanisme

2.     Salah satu contoh fenomena geologi yang berkaitan dengan air adalah...

a. Tsunami

b. Gempa bumi

c. Tanah longsor

d. Letusan gunung berapi

3.     Perhatikan gambar struktur bumi di bawah ini!



Urutan struktur bumi dari terluar menuju terdalam adalah ….

a.     Kerak bumi, mantel bumi, inti luar, inti dalam

b.     Mantel bumi, inti luar, inti dalam, kerak bumi

c.     Inti luar, inti dalam, kerak bumi, mantel bumi

d.     Inti dalam, inti luar, mantel bumi, kerak bumi

4.     Susunan litosfer dari dalam bumi hingga ke permukaan bumi secara berurutan adalah...

a. Inti dalam, inti luar, kerak bumi, mantel bumi

b. Inti dalam, inti luar, mantel bumi, kerak bumi

c. Inti dalam, mantel bumi, inti luar, kerak bumi

d. Inti dalam, astenosfer, inti luar, kerak bumi

5.     Kerak Bumi adalah bagian terluar merupakan lapisan yang paling tipis dibandingkan lapisan-lapisan lainnya. Lapisan ini terdiri atas tanah dan batuan yang mudah pecah dan mengandung berbagai unsur kimia, seperti oksigen, silikon, besi, alumunium, kalsium, magnesium, natrium, dan juga kandungan batuan berharga seperti emas, perak, platinum, atau karbon dalam bentuk berlian dan grafit. Lapisan kerak bumi ini merupakan lapisan yang paling kurang rapat (memiliki massa jenis terendah) dibandingkan lapisan bumi lainnya, sehingga berada paling atas. Ada dua macam lapisan kerak bumi, yaitu …

a.     Kerak benua yang terdapat di daratan dengan ketebalan antara 30-70 km dan kerak samudera yang merupakan dasar laut dengan ketebalan 6-11 km.

b.     Kerak benua yang terdapat di daratan dengan ketebalan antara 6-11 km dan kerak samudera yang merupakan dasar laut dengan ketebalan 30-70 km.

c.     Kerak benua yang terdapat di dasar laut dengan ketebalan antara 30-70 km dan kerak samudera yang merupakan daratan dengan ketebalan 6-11 km.

d.     Kerak benua yang terdapat di dasar laut dengan ketebalan antara 6-11 km dan kerak samudera yang merupakan daratan dengan ketebalan 30-70 km.

6.     Berikut ini yang bukan merupakan bagian dari kerak bumi adalah...

A.    Litosfer

B.    Atmosfer

C.    Mesosfer

D.    Astenosfer

7.     Lapisan bumi yang paling tebal dan terdiri dari batuan padat disebut...

a. Mantel

b. Inti luar

c. Inti dalam

d. Kerak bumi

8.     Lapisan bumi bagian luar yang tersusun dari berbagai jenis batuan dan membentuk lempeng-lempeng kaku yang selalu bergerak disebut...

a. Inti luar

b. Inti dalam

c. Kerak bumi

d. Mantel bumi

9.     Lapisan mantel yang berisi cairan pekat karena di dalamnya mengandung lelehan batuan/cairan magma disebut...

a. inti bumi

b. astenosfer

c. mantel bumi

d. atmosfer bumi

10.  Mantel Bumi merupakan lapisan yang paling tebal, yaitu 2.900 km dan paling berat di antara lapisan lainnya. Sebenarnya mantel bumi juga terdiri dari dua lapisan seperti inti bumi, yaitu lapisan mantel luar dan mantel bawah atau dalam. Lapisan mantel luar lebih tipis, yaitu hanya sekitar 35-410 km, sedangkan lapisan mantel dalam 410-2.900 km. Suhu pada lapisan mantel paling luar sekitar 250°C. Lapisan mantel berbentuk padatan, terdiri dari batuan-batuan silikat yang mengandung besi dan magnesium yang bersifat mudah bergerak, terutama pada lapisan mantel dalam. Hal ini disebabkan oleh suhu lebih tinggi yang mencapai 2500°C sehingga walaupun berbentuk padatan namun bersifat mudah bergerak atau plastis dikarenakan mengandung logam-logam cair. Karena banyak mengandung batuan inilah, lapisan mantel lebih rapat (bermassa jenis lebih tinggi) dibandingkan kerak bumi. Lapisan mantel luar dan kerak bumi membentuk ….

a.     hidrosfer

b.     litosfer

c.     atmosfer

d.     biosfer

11.  Inti luar bumi berbeda dari kerak dan mantel bumi, lapisan inti luar adalah satu-satunya lapisan yang terdiri dari cairan yang pekat, yang disebut cairan magma. Tidak ada air di sini. Ketebalan lapisan ini adalah 2.900 km – 5.100 km. Suhu di inti luar bumi berkisar antara 3.800 sampai hampir 6.000°C. Cairan inti luar bumi terbuat dari lelehan ….

a.     besi

b.     nikel

c.     aluminium

d.     tembaga

12.  Arus konveksi merupakan arus panas yang terdapat pada lapisan...

a. inti bumi

b. atmosfer

c. kerak bumi

d. mantel bumi

13.  Lapisan bumi yang memiliki sifat cair dan bergerak disebut....

a. Mantel

b. Inti luar

c. Inti dalam

d. Kerak bumi

14.  Bagian lapisan bumi yang memiliki suhu paling tinggi terletak pada lapisan...

a. Inti luar

b. Inti dalam

c. Mantel bumi

d. Kerak bumi

15.  Inti dalam bumi Lapisan memiliki suhu tertinggi, yaitu antara 5.000-7.000°C. Ketebalannya antara 5.100- 6.400 km. Selain kandungan besi dan nikel, di inti dalam juga terdapat belerang, karbon dan oksigen, serta silikon dan kalium dalam jumlah sedikit. Tidak seperti inti luar yang berbentuk cairan, inti dalam memiliki bentuk padatan karena tekanan yang sangat tinggi, sehingga batuan yang terdapat pada lapisan ini tetap berada dalam bentuk ….

a.     Padat

b.     Cair

c.     Gas

d.     Semua benar

16.  Proses terbentuknya batuan sedimen melibatkan....

a. Peleburan batuan

b. Pendinginan magma

c. Pemanasan dan tekanan

d. Pemadatan bahan-bahan organik

17.  Batuan yang terbentuk dari proses pendinginan dan pembekuan magma disebut....

a. Batuan beku

b. Batuan malihan

c. Batuan sedimen

d. Batuan metamorf

18.  Proses terbentuknya batuan metamorf melibatkan...

a. Peleburan batuan

b. Pendinginan magma

c. Pemanasan dan tekanan

d. Pemadatan bahan-bahan organik

19.  Proses terbentuknya gunung berapi terkait erat dengan...

a. Erosi

b. Lempeng tektonik

c. Batuan metamorf

d. Proses sedimentasi

20.  Tanah longsor terjadi karena...

a. Erosi

b. Gempa bumi

c. Pengendapan

d. Letusan gunung berapi

21.  Pada awalnya bumi ini merupakan satu daratan besar yang merupakan gabungan dari seluruh benua. Hal ini dikemukakan pertama kali oleh Alfred Wegener, ahli meteorologi dari Jerman pada tahun 1915. Ia menyebutkan satu daratan ini sebagai Pangaea, berasal dari kata Yunani yang artinya ‘satu bumi’. Beberapa sumber menyebut juga dengan Pangea. Menurut Alfred Wegener berjuta-juta tahun yang lalu, Pangaea terpecah untuk menjadi dua daratan besar. Daratan pertama yaitu Gondwana, yang terdiri dari Australia, Antartika, Amerika Selatan, Afrika, dan India. Daratan kedua yaitu Laurasia yang terdiri dari Amerika Utara, Eropa, dan sebagian besar negara Asia. Kedua daratan besar ini kemudian terbagi-bagi lagi. Teori Wagener disebut sebagai teori tektonik lempeng. Pergerakan lempeng terjadi sangat lambat, waktunya kira-kira sama dengan kecepatan pertumbuhan kuku manusia, yaitu rata-rata 1 cm per tahun. Ada tiga macam gerakan lempeng yang terjadi di dunia ini yaitu ….

A.    Transform

B.    Konvergen

C.    Divergen

D.    Transforgen

22.  Gerakan dua lempeng yang saling menjauh disebut pergerakan divergen yang membentuk renggangan atau area kosong sehingga nantinya diisi oleh material yang naik dari lapisan di bawahnya. Akibat gerakan ini adalah terbentuknya tanggul dasar samudera (mid-oceanic ridge) dan adanya aktivitas vulkanisme bawah laut. Contoh pergerakan divergen adalah gerakan lempeng benua Afrika dan Amerika Selatan yang mengakibatkan semakin lebarnya jarak antara kedua benua tersebut dan terbentuk tanggul dasar samudera atlantik atau Mid-Atlantic Ridge. Contoh lainnya adalah Laut Merah yang terbentuk dari pergerakan antara benua ….

A.    Asia dengan daratan Arab

B.    Amerika dengan daratan Arab

C.    Afrika dengan daratan Arab

D.    Asia dengan Afrika

23.  Wilayah Indonesia merupakan tempat bertemunya tiga lempeng besar, yaitu...

a. Lempeng Pasifik, Asia Selatan, dan Samudra Hindia-Australia

b. Lempeng Pasifik, Papua, dan Australia

c. Lempeng China, Pasifik, dan Australia

d. Lempeng Indo-Australia, Pasifik, dan Eurasia

24.  Jika terdapat dua lempeng yang bertumbukan, yang akan terjadi adalah...

a.     Terbentuk patahan/sesar

b.     Terjadi penekukan lempeng, lempeng yang memiliki massa jenis yang lebih besar, menekuk ke bawah lempeng yang massa jenisnya lebih kecil

c.     Terjadi penekukan lempeng, lempeng yang memiliki massa jenis yang lebih kecil, menekuk ke bawah lempeng yang massa jenisnya lebih besar

d.     Tidak terjadi apa-apa

25.  Gerakan dua lempeng yang saling mendekati dan saling bertumbukan sehingga terbentuk palung di dalam laut atau pegunungan tinggi dan gunung berapi disebut...

a. Divergen

b. Konvergen

c. Transfom

d. Resonasi

26.  Pergerakan Konvergen adalah gerakan dua lempeng yang saling mendekati, sehingga saling bertabrakan/bertumbukan. Terjadinya gerakan konvergen dapat membentuk palung di dalam laut atau pe gunungan tinggi dan gunung berapi. Pengunungan Himalaya terbentuk dari pergerakan konvergen antara lempeng benua Hindia dan Eurasia. Pada pengunungan inilah terdapat puncak tertinggi dunia yaitu gunung Everest yang mencapai ketinggian 8.848 m. Palung terdalam di Filipina, yang bernama Palung Mariana, juga terbentuk karena gerakan mendekatnya lempeng samudera Pasifik dan lempeng Eurasia. Palung ini memiliki kedalaman hampir 11.000 m Negara kita, Indonesia, terletak di daerah pertemuan tiga lempeng, yaitu ….

A.    Lempeng Afrika

B.    Lempeng Eurasia

C.    Lempeng Pasifik

D.    Lempeng Indo Australia.

27.  Pergerakan Transform terjadi karena adanya gesekan berlawanan arah pada dua lempeng yang saling berpapasan kemudian mengalami gerakan mendatar (disebut sesar mendatar) dan memanjang. Gesekan dengan energi yang terakumulasi inilah yang menyebabkan terjadinya gempa bumi dengan kedalaman dangkal. Contoh fenomena pergerakan transform adalah Patahan San Andreas, California Amerika, yang memiliki panjang 1.300 km. Di Indonesia juga ada contoh gerakan sesar mendatar, yaitu patahan yang sangat panjang dari Aceh sampai dengan teluk Semangko Lampung. Patahan ini disebut sebagai Patahan Semangko yang terbentuk akibat gerakan lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia. Gerakan inilah yang membentuk pegunungan barisan di Pulau ….

a.     Jawa

b.     Sulawesi

c.     Sumatera

d.     Kalimantan

28.  Fenomena geologi yang disebabkan oleh pergerakan lempeng tektonik adalah...

a. Tsunami

b. Gempa bumi

c. Tanah longsor

d. Letusan gunung berapi

29.  Astenosfer adalah lapisan yang berisi cairan pekat karena di dalamnya mengandung lelehan batuan. Letak astenosfer tepat di bawah litosfer. Gambar di bawah ini menunjukkan arus konveksi yang terjadi pada lapisan bumi. Panas yang disebabkan oleh inti bumi menyebabkan magma naik menuju kerak bumi sehingga lempeng bumi bergerak.



Bila lempeng bergerak, maka sejumlah energi akan dilepaskan berupa gelombang seismik atau yang kita ketahui sebagai ….

a.     Magma

b.     Gempa bumi

c.     Letusan gunung

d.     Semburan awan panas

30.  Gempa bumi adalah bencana yang dapat membawa kerusakan besar, baik pada bangunan, jalan, jembatan, alam, bahkan hingga merenggut nyawa manusia. Sesungguhnya dalam satu tahun terjadi 10.000-30.000 gempa bumi akibat pergerakan lempeng, baik secara konvergen, divergen, dan transform. Ketebalan lempeng dan kekuatan akibat pergerakan lempeng itulah yang menyebabkan kerusakan pada lapisan kerak bumi yang kita tinggali. Walaupun terjadi sangat sering namun kita tidak merasakan semua gempa tersebut, terutama apabila kekuatannya kecil. Gempa bumi terjadi karena adanya ….

A.    Gerakan lempeng bumi

B.    Peristiwa alam tanah longsor

C.    Pergerakan magma dalam gunung berapi akibat tekanan gas

D.    Jatuhnya benda langit yang berukuran besar dan berat contohnya meteorit dan asteroid.

31.  Gempa bumi terjadi karena adanya gerakan lempeng bumi disebut ….

a.     gempa tektonik.

b.     gempa vulkanik.

c.     gempa runtuhan.

d.     gempa tumbukan.

32.  Gempa bumi juga dapat terjadi karena pergerakan magma dalam gunung berapi akibat tekanan gas, yang disebut sebagai ….

a.     gempa tektonik.

b.     gempa vulkanik.

c.     gempa runtuhan.

d.     gempa tumbukan.

33.  Peristiwa alam lain yang dapat menyebabkan gempa yaitu tanah longsor, yang disebut sebagai ….

a.     gempa tektonik.

b.     gempa vulkanik.

c.     gempa runtuhan.

d.     gempa tumbukan.

34.  Gempa juga dapat disebabkan oleh jatuhnya benda langit yang berukuran besar dan berat contohnya meteorit dan asteroid. Gempa seperti ini disebut ….

a.     gempa tektonik.

b.     gempa vulkanik.

c.     gempa runtuhan.

d.     gempa tumbukan.

35.  Gempa bumi juga bisa dibuat oleh manusia apabila kita mengunakan bahan peledak berskala besar, misalnya untuk meruntuhkan gedung-gedung tinggi. Gempa seperti ini disebut ….

a.     Gempa buatan

b.     Gempa tektonik

c.     Gempa runtuhan

d.     Gempa tumbukan

36.  Sumber di dalam bumi, tempat terjadinya gempa atau titik pusat gempa disebut hiposentrum. Hiposentrum berlokasi dekat permukaan kerak bumi, namun dapat juga berlokasi di kedalaman hingga ratusan kilometer. Kekuatan gempa tidak bergantung pada kedalaman gempa. Daerah di bagian kerak bumi atau permukaan bumi yang berada tepat di atas hiposentrum. Gempa biasanya dirasakan pertama kali dan paling merusak di titik ini. Daerah ini disebut ….

A.    Haposentrum

B.    Seismogram

C.    Episentrum

D.    Seismograf

37.  Gempa bumi melepaskan energi dalam bentuk getaran, yang disebut sebagai gelombang seismik, yang merambat, baik di dalam lempeng bumi dan juga di kerak atau permukaan bumi. Posisi hiposentrum gempa dapat diketahui dengan menggunakan pengukuran gelombang seismik. Kamu telah mempelajari tentang gelombang pada bab sebelumnya jadi kamu pasti sudah mengenal jenis gelombang dan mengetahui bahwa gelombang merambat dengan membawa energi. Kedua jenis gelombang, yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal pun terjadi pada lempeng bumi. Oleh karena itulah akibat gempa dapat dirasakan di beberapa tempat sekaligus, bahkan di tempat dengan radius ratusan hingga ribuan kilometer jauhnya. Gelombang yang merambat di dalam lempeng bumi berupa ….

a.     Gelombang transversal

b.     Gelombang longitudinal

c.     Gelombang primer

d.     Gelombang sekunder

38.  Kecepatan perambatan gelombang seismik tergantung pada lapisan batuan yang dilewatinya. Akibatnya ….

a.     Semakin rapat batuan yang dilewati, semakin cepat perambatannya.

b.     Semakin rapat batuan yang dilewati, semakin lambat perambatannya.

c.     Semakin renggang batuan yang dilewati, semakin cepat perambatannya.

d.     Semakin renggang batuan yang dilewati, semakin lambat perambatannya.

39.  Ketika gempa bumi terjadi, semua seismograf di berbagai tempat menghitung waktu tibanya gelombang ke tempat seismograf berada. Gelombang P dan S tiba pada waktu yang berbeda. Perbedaan inilah yang digunakan untuk mengukur titik hiposentrum gempa. Diperlukan setidaknya pengukuran seismogram di tiga titik untuk menentukan letak hiposentrum secara tepat. Alat untuk mengukur besarnya getaran gempa bumi disebut sebagai seismograf. Alat ini mengukur energi gempa bumi di episentrum. Diagram hasil pengukuran seismograf disebut ….

A.    Episentrum

B.    Seismogram

C.    Hiposentrum

D.    Skala Reichter

40.  Berikut ini yang merupakan bencana sekunder dari peristiwa gempa bumi adalah...

a. Putusnya jaringan listrik

b. Runtuhnya jembatan

c. Korban manusia

d. tsunami

41.  Sebutkan lapisan penyusun bumi dan karakteristiknya!

42.  Sebutkan 3 gerakan lempeng yang kamu ketahui!

43.  Apa yang dimaksud dengan hiposentrum dan episentrum gempa bumi?

44.  Sebutkan bencana yang terjadi setelah gempa!

45.  Sebutkan manfaat memiliki banyak gunung berapi!

 

 

 

 

 

41. Sebutkan lapisan penyusun bumi dan karakteristiknya!

Jawaban:

1. Kerak Bumi

Lapisan yang paling tips, terdiri atas tanah dan batuan dan mengandung berbagai unsur kimia. Lapisannya kurang rapat dan suhunya bervariasi. Ada 2 macam kerak bumi yaitu kerak benua yang terdapat di daratan dan kerak samudera yang merupakan dasar laut.

2. Mantel bumi

Lapisan yang paling tebal. Berbentuk pedatan yang terdiri dari batuan-batuan dan bersifat mudah bergerak. Terdiri dari mantel luar dan mantel dalam.

3. Inti luar bumi

Terdiri dari cairan yang pekat yang disebut cairan magma.

4. Inti dalam bumi

Berbentuk padatan dan memiliki suhu tertinggi

 

42. Sebutkan 3 gerakan lempeng yang kamu ketahui!

Jawaban:

1. Pergerakan divergen atau saling menjauh

Gerakan dua lempeng yang saling menjauh membentuk renggangan atau area kosong sehingga nantinya diisi oleh material yang naik dari lapisan di bawahnya. Akibatnya terbentuk tanggul dasar samudera dan adanya aktivitas vulkanisme bawah laut.

2. Pergerakan konvergen atau saling bertumbukan

Gerakan dua lempeng yang saling mendekati sehingga saling bertumbukan. Akibatnya terbentuk palung di dalam laut atau pegunungan tinggi dan gunung berapi.

3. Pergerakan transform atau saling berpapasan

Terjadi karena adanya gesekan berlawanan arah pada dua lempeng yang saling berpapasan kemudian mengalami gerakan mendatar (sesar mendatar) dan memanjang. Akibatnya terjadi patahan dan gempa bumi dengan kedalaman dangkal

 

43. Apa yang dimaksud dengan hiposentrum dan episentrum gempa bumi?

Jawaban: Hiposentrum adalah sumber di dalam bumi tempat terjadinya gempa, atau titik pusat gempa

Episentrum adalah daerah di bagian kerak bumi atau permukaan bumi yang berada tepat di atas hiposentrum

 

44. Sebutkan bencana yang terjadi setelah gempa!

Jawaban:

1. Gempa susulan

Pergerakan kembalinya lempeng bumi ke posisi stabil setelah gempa utama menyebabkan gempa susulan. Kekuatan gempa susulan biasanya lebih kecil namun dapat merusak bangunan.

2. Tsunami

Tsunami dapat terjadi saat episentrum gempa terletak di dasar laut sehingga menyebabkan gelombang besar.

 

45. Sebutkan manfaat memiliki banyak gunung berapi!

Jawaban:

1. Banyak sumber mineral dalam bentuk batuan bijih logam

2. Terdapat kandungan minyak bumi

3. Terdapat gas bumi sebagai energi geotermal

4. Tanah menjadi subur

5. Menjadi daya tarik pariwisata

                                                                

SOAL DAN JAWABAN STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA IPA KELAS 8 KURMER

  Struktur Bumi dan Perkembangannya   1.      Ilmu Geologi merupakan cabang-cabang ilmu Sains yang mempelajari tentang bumi dan perubaha...