RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 04
Satuan Pendidikan :
Sekolah Menegah Pertama
Mata Pelajaran
:
IPA
Kelas/Semester :
Kelas VII / Semester I
Topik : Klasifikasi Makhluk Hidup
Sub Topik :
Klasifikasi Tumbuhan dan Hewan
Alokasi
Waktu :
3 X 40 menit ( 1 kali tatap muka)
A. KOMPETENSI DASAR
2.1.
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan
berdiskusi
2.2.
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
2.3.
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam
aktivitas sehari-hari
2.4.
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas
sehari-hari
3.3. Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk
hidup dan benda-benda tak- hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta
mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan
ciri yang diamati
4.2. Menyajikan hasil analisis data observasi
terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup.
4.3. Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi
terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada dilingkungan sekitar.
B.
INDIKATOR
1. Dapat menjelaskan
kingdom tumbuhan
2. Dapat menyebutkan
bagian-bagian tumubuhan lumut
3. Dapat menyebutkan
bagian-bagian tumbuhan paku
4. Dapat mengidentifikasi
tumbuhan biji terbuka dan tumbuhan biji tertutup
5. Dapat membedakan
tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil
6. Dapat menjelaskan
kingdom hewan
7. Dapat
mengidentifikasi hewan Avertebrata
8. Dapat
mengidentifikasi hewan Vertebrata
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui
peta konsep siswa dapat meletakan gambar tumbuhan sesuai dengan Kingdomnya
2. Melalui gambar lumut
siswa dapat menunjukan bagian-bagian tumbuhan lumut
3. Melalui gambar
siswa dapat menunjukan bagian-bagian tumbuhan paku
4. Melalui pengamatan
gambar siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan biji terbuka dan
tumbuhan biji tertutup
5. Melalui gambar
siswa dapat menunjukan tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil
6. Melalui peta konsep
siswa dapat meletakan hewan sesuai dengan Kingdomnya
7. Melalui pengamatan gambar
siswa dapat mengidentifikasi hewan Avertebrata berdasarkan alat gerak penutup
tubuh dari setiap jenis hewan
8. Melalui pengamatan
gambar siswa dapat mengelompokan hewan berdasarkan ciri-cirinya
D.
MATERI
1.
Kelompok Tumbuhan
Berdasarkan klasifikasi lima
kingdom, kingdom Plantae (tumbuhan) dibagike dalam beberapa filum, yakni
Lumut (Bryophyta), Paku-pakuan (Pteridophyta),serta tumbuhan
berbiji (Spermatophyta). Bakteri dimasukkan dalam kingdomMonera. Ganggang
(Algae) dimasukkan ke dalam kingdom Protista. Kelima
kingdomdiklasifikasi berdasarkan karakteristik yang khas dari setiap
organisme-organismeyang menyusunnya.Berdasarkan morfologi atau susunan tubuh
tumbuhan bisa dibedakan lagi atasdua jenis kelompok besar berikut.
a) Tumbuhan tidak berpembuluh (Thallophyta) yang
meliputi lumut (Bryophyta).
b) Tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta) yang
meliputi paku-pakuan(Pteridophyta), dan tumbuhan berbiji (Spermatophyta).
2. Tumbuhan Tidak
Berpembuluh
Tumbuhan tidak
berpembuluh adalah tumbuhan yang tidak memilikiberkas pengangkut dan belum bisa
dibedakan antara akar, batang, sertadaun; misalnya tumbuhan lumut. Kelompok
tumbuhan lumut (Bryophyta)cirinya belum mempunyai akar, batang, dan daun sejati. Struktur
yangmenyerupai akar disebut rhizoid, berspora, dan berklorofil.
3.
Tumbuhan Berpembuluh
Tumbuhan berpembuluh
adalah tumbuhan yang memiliki berkaspengangkut, dan sudah dapat dibedakan
antara akar, batang, sertadaun. Tumbuhan berpembuluh disebut dengan tumbuhan berkormus.Tumbuhan
berkormus terdiri atas dua kelompok yaitu kelompokkormofita berspora dan kormofita berbiji.
Kormofita berbiji mempunyaibunga dan biji. Kormofita berspora tidak mempunyai
bunga misalnyatumbuhan paku (Pteridophyta). Kelompok paku memiliki ciri mempunyaiakar, batang, dan daun sejati,
tidak berbunga, serta tidak berbiji. Cirilain dari tumbuhan paku adalah daun
muda yang menggulung. Dauntumbuhan paku ada yang menghasilkan spora disebut
dengan sporofildan ada pula daun yang tidak menghasilkan spora disebut dengantropofil.
4.
Tumbuhan Berbiji Terbuka
Tumbuhan berbiji terbuka
(Gymnospermae) mempunyai
ciri-cirisebagai berikut: (1) berbiji terbuka karena bijinya tidak
dibungkusoleh daun buah. Alat reproduksi berupa bangun kerucut yang disebutstrobilus, ada dua yaitu strobilus jantan dan betina; (2)
batang besardan berkambium; (3) berakar tunggang dan serabut; (4) daun
selaluhijau, sempit, tebal dan kaku. Contoh tumbuhan berbiji terbuka adalahjuniper,
cemara, damar, pinus, belinjo, dan pakis haji.
5.
Tumbuhan Berbiji Tertutup
Tumbuhan
berbiji tertutup(Angiospermae)
memiliki bakalbiji atau biji berada di dalam
struktur yang tertutup oleh daun buah(carpels). Daun buah dikelilingi oleh alat khusus yang membentukstruktur pembiakan
majemuk yang disebut bunga. Contoh tumbuhanberbiji tertutup adalah mangga,
jambu, alpukat, anggur, apel
Tumbuhan Angiospermae ada dua yaitu tumbuhan
berkeping satu(monokotil) yang dapat diamati berdasarkan ciri-ciri sebagai berikut:memiliki satu
keping daun lembaga, berakar serabut, batang tidakbercabang, tidak berkambium,
berkas pembuluh pengangkut tersebar,tulang daun sejajar atau melengkung,
kelopak bunga pada umumnyakelipatan tiga.Tumbuhan berkeping dua (dikotil) memiliki ciri-ciri
sebagai berikut:memiliki dua keping daun lembaga, berakar tunggang, batang
bercabangdan berkambium, tulang daunnya menjari atau menyirip, berkaspengangkut
tersusun dalam satu lingkaran, kelopak bunga kelipatanempat atau lima.
6.
Kelompok Hewan
Hewan secara umum masuk ke dalam kelompok metazoa yangdiklasifikasikan
menjadi invertebrata dan vertebrata. Hewan tidak bertulang belakang
dikelompokkan menjadi 5 kelompok,yaitu hewan berpori (Porifera), hewan berongga (Coelenterata), cacing pipih(Platyheminthes),
cacing gilig (Nemathelminthes), cacing berbuku-buku(Annelida), hewan lunak (Mollusca), hewan berkulit duri (Echinodermata)dan hewan dengan kaki beruas-ruas (Arthropoda).
Vertebrata terdiri dari :
mamalia, aves, pisces, amphibia, reptilia
E.
PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Observasi dan Diskusi
3. Model : Discovery Learning
F.
MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
Charta, Laptop, LCD
2. Alat
dan Bahan
·
Kerta manila
·
Spidol
·
Lem
3.
Sumber Belajar
·
Buku IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
·
LKS Klasifikasi Hewan dan Tumbuhan
·
Artikel Klasifikasi Makhluk Hidup
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama ( 3 JP)
Kegiatan
|
Langkah-Langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
|
Pendahu
Luan
|
1. Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
1.1. Pemusatan
perhatian :
a. Melalui
LCD Guru menampilkan gambar
kekayaan tumbuhan dan kekayaan hewan didunia.
b. Guru menyampaikan tujuan mempelajari klasifikasi tumbuhan dan hewan
|
|
Kegiatan Inti
|
2. Pembahasan Tugas
dan Identifikasi Masalah
3. Observasi
4. Pengumpulan data
5.
Pengolahan data dan analisis
6. Verifikasi
7. Generalisasi
|
3.1.Membagilembar
kerja: LKS1,LKS2, dan LKS3 yang berisi table pengamatan.
3.1.Membagi
siswa menjadi 8 kelompok
3.2.Peserta
didik mengamati gambar yang sudah tersedia LKS secara kelompok.
4.1. Peserta didik mengerjakan
tugas yang dituliskan pada LKS.
4.2. Peserta didik mengidentifikasi benda-benda yang
tersedia mengandung unsur,senyawa atau campuran.
5.1. Diskusi
kelompok untuk mengolah dan menganalisis
data hasil observasi
6.1. Presentasi hasil observasi
7.1.Membuat
kesimpulan tentang klasifikasi tumbuhan dan Hewan
|
|
Penutup
|
|
·
Siswa dan guru mereview hasil
kegiatan pembelajaran
·
Guru memberikan
penghargaan (misalnya pujian
atau bentuk penghargaan lain
yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
·
Siswa menjawab
kuis tentang Klasifikasi Tumbuhan
·
Pemberian tugas untuk
mempelajari pemanfaatan Klasifikasi makhluk dalam kehidupan sehari-hari
|
|
H. PENILAIAN
1.
Metode dan
Bentuk Instrumen
No
|
Metode
|
Bentuk
Instrumen
|
1.
|
Sikap
|
Lembar pengamatan sikap
|
2.
|
Tes Unjuk
Kerja
|
Lembar Penilaian Kinerja
|
3.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
2.
Instrumen
a. Lembar
Pengamatan Sikap
PENILAIAN
SIKAP
Format Lambar
Pengamatan Sikap Peserta Didik
Tanda
cek (√) jika sikap sesuai penyataan
Tanda
strip (- ) jika sikap tidak sesuai pernyataan
1.
Pengamatan perilaku ilmiah
No
|
Aspek
yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
Ket
|
1
|
Rasa
Ingin tahu
|
|
|
|
|
2
|
Teliti
|
|
|
|
|
3
|
Tekun
danTanggungjawab dalam diskusi
|
|
|
|
|
4
|
Ketrampilan
komunikasi pada saat diskusi
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Perilaku
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Rasa Ingin Tahu
|
·
3: Menunjukkan rasa ingin tahu
yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiatan kelompok
·
2: menunjukkan rasa ingin tahu,
namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
ketika disuruh
·
1: tidak menunjukkan antusias
dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah
didorong untuk terlibat
|
2.
|
Teliti
|
·
3: Mengamati hasil percobaan
sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
·
2: mengamati hasil percobaan
sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
·
1: mengamati hasil percobaan
sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
|
3.
|
Tekun
danTanggungjawab dalam diskusi
|
·
3 :tekun dalam menyelesaikan
tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
·
2: berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
·
1: tidak berupaya
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
4.
|
Ketrampilan
komunikasi pada saat diskusi
|
·
3 : aktif dalam tanya jawab,
dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
·
2 : aktif dalam tanya jawab,
tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
·
1 : aktif dalam tanya jawab,
tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa
lain
|
b. Instrumen
Soal Pengetahuan
Soal Uraian
1.
Mengapa
sungai yang mengandung siput air dan cacing Planaria menunjukkansungai tersebut
belum mengalami pencemaran? Termasuk kelompok apakah kedua hewan tersebut?
|
|
2.
Perhatikan gambar berikut :
|
|
|
Jelaskan berdasarkan
ciri-ciri apakah hewan-hewan tersebut dimasukkan kedalam kelas serangga!
Kunci
jawaban :
1.
Kedua
hewan ini, merupakan hewan yang sangat sensitif terhadap perubahankondisi
perairan. Bahan pencemar yang terdapat dalam air akan mematikanhewan-hewan
tersebut, sehingga hewan-hewan ini dijadikan sebagai indicatorpencemaran secara
biologi (bioindikator).Siput air termasuk filumMolluska/hewan lunak, sedangkan
Planaria termasukfilum Phlatyhelminthes atau cacing pipih.
2.
Ciri
utama yang dimiliki hewan-hewan tersebut adalah kaki beruas-ruas, kakiyang
berjumlah 3 pasang, memiliki sayap, mata majemuk.
Rubrik
Penilaian Soal Uraian :
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Jika jawaban benar dan lengkap
|
75
|
2.
|
Jika jawaban benar dan lengkap
|
25
|
|
Jumlah
|
100
|
LKS.
1
PERBEDAAN TUMBUHAN LUMUT, PAKU, MANGGA
Tujuan
|
:
|
Melalui peta konsep siswa dapat meletakan gambar
tumbuhan sesuai dengan Kingdomnya
|
Alat
dan bahan
|
:
|
Gambar lumut daun, paku tiang, pohon cemara dan
pohon mangga
|
Langkah-langkah :
1. Amati gambar tumbuhan bagian akar,
batang, daun, bunga, buah , biji dan habitatnya, catatlah pada tabel seperti di
bawah ini!
|
|
|
Pengamatan
|
Lumut
|
Paku
|
Mangga
|
Akar
|
|
|
|
Batang
|
|
|
|
Daun
|
|
|
|
Buah
|
|
|
|
Biji
|
|
|
|
Habitat
|
|
|
|
2. Diskusikan hasil pengamatanmu dengan
kelompok, dan lengkapilah peta konsep kerajaan tumbuhan di bawah ini !
3. Buatlah laporan kegiatan ini, kemudian
presentasikan di kelas !
4. Susunlah laporan tersebut pada guru dan mintalah pendapatnya !
LKS 2
CIRI-CIRI
TUMBUHAN LUMUT
Tujuan
|
:
|
Melalui gambar lumut siswa dapat menunjukan
bagian-bagian tumbuhan lumut
|
|||
Alat
dan bahan
|
:
|
Gambar lumut, spidol, lem
|
|||
Langkah-langkah
|
:
|
1.
Amati gambar lumut dibawah
2.
Jodohkan bagian-bagian lumut yang diberitanda angka dengan nama bagian
yang sesuai
|
LKS 3
CIRI-CIRI
TUMBUHAN PAKU
Tujuan
|
:
|
Melalui gambar siswa dapat menunjukan
bagian-bagian tumbuhan paku
|
|||
Alat
dan bahan
|
:
|
Charta tumbuhan Paku dan Spidol
|
|||
Langkah-langkah
|
:
|
1.
Amati gambar lumut dibawah
2.
Jodohkan bagian-bagian lumut yang diberitanda angka dengan nama bagian
yang sesuai
|
LKS 4
CIRI-CIRI
TUMBUHAN BIJI TERBUKA DAN TUMBUHAN BIJI TERTUTUP
Tujuan
|
:
|
Melalui pengamatan gambar siswa dapat
mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan biji terbuka dan tumbuhan biji
tertutup
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alat
dan bahan
|
:
|
Charta tumbuhan biji terbuka dan tumbuhan biji
tertutup
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Langkah-langkah
|
|
1. Amatilah gambar tumbuhan yaitu bagian akar,
batang, daun, bunga, buah dan biji.
2. Isikan tabel pengamatan ciri-ciri tumbuhan berbiji
terbuka dan berbiji tertutup di bawah ini !
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
3. Bandingkan antara tumbuhan satu dengan lainnya
4. Catatlah hasil pengamatanmu dalam tabel di atas
pada buku tugasmu, dan diskusikan:
a. Kelompok tumbuhan apa yang mempunyai ciri-ciri
yang sama?
b. Ada berapa kelompok tumbuhan yang kamu dapatkan
yang mempunyai ciri-ciri yang sama?
c. Kelompok tumbuhan apa saja yang termasuk tumbuhan
biji terbuka dan berbiji tertutup?
5. Buatlah laporan hasil kegiatan dan presentasikan
di kelas secara bergantian dengan kelompok lain!
6. Buatlah kesimpulan dari hasil kegiatan di atas
pada buku tugasmu!
|
LKS.5
PERBEDAAN
DAN PERSAMAAN PADA TUMBUHAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL
Tujuan
|
:
|
Melalui gambar siswa dapat menunjukan tumbuhan
dikotil dan tumbuhan monokotil
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alat dan bahan
|
:
|
Charta bagian tumbuhan dikotil dan monokotil
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Langkah-langkah
|
:
|
1. Amati tanaman (tabel 1) dan bagian-bagian tanaman pada tabel 2, kemudian jodohkan bagian-bagian tanaman pada tabel 2
kedalam tanaman pada tabel 1
Tabel 1
Tabel 2
|
LKS 6
PENGELOMPOKAN
HEWAN
Tujuan
|
:
|
Melalui peta konsep siswa dapat meletakan hewan
sesuai dengan Kingdomnya
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alat dan bahan
|
:
|
Charta Avertebrata dan Vertebrata
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Langkah-langkah
|
:
|
Avertebrata
:
1.
Amati gambar dibawah ini
2.
Diskusikan dengan teman-temanmu ciri-ciri setiap hewan tersebut dan
masukan pada tabel dibawah ini
3.
Presentasikan hasil diskusimu didepan kelas dan bergantian dengan
kelompok lain
4.
Buatlah kesimpulan dari hasil kegiatan itu.
Vertebrata
:
1.
Amatilah gambar dibawah ini :
Tabel
2.
Lengkapi diagram dibawah ini dengan jenis hewan pada tabel diatas
3.
Jawablah pertanyaan ini dengan berdiskusi!
a.
Dari semua hewan yang diamati, apakah ada hewan yang
memiliki ciri-ciriyang sama?Jelaskan hewan apa saja yang memiliki ciri-ciri
yang sama!
b.
Sebutkan ada berapa kelompok hewan vertebrata yang
kamu dapatkan!
c.
Buatlah kunci determinasi dari gambar di atas
melalui diagram dikotom!
d.
Carilah ciri-ciri
yang lain pada hewan mamalia, aves, pisces, amphibia, reptilia !
e.
Tulislah
kesimpulan dari kegiatan ini pada buku tugas
|