Pertemuan 01
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semesteran : VII / Semester I
Topik : Perubahan benda-benda di sekitar kita
Sub topik : Manakah yang termasuk perubahan fisika dan
perubahan kimia
Alokasi waktu : 4 x 40 menit ( 2 kali tatap muka )
A. KOMPETENSI DASAR
1.1. Menunjukkan perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingin
tahu,objectif,jujur,teliti,cermat,tekun,hati-hati,bertanggung jawab,terbuka,kritis,kreatif,inovatif,dan
peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari
1.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
akrivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
2.3. Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung
jawab dalam aktivitas sehari-hari
3.5. Memahami karakteristik
zat,sertaperubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan
untuk kehidupan sehari-hari.
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan
kajian LKS ,Siswa dapat mengidentifikasi bahan percobaan untuk perubahan fisika
dan kimia
2. Disediakan beberapa bahan,siswa terampil melakukan
percobaan perubahan fisika dan kimia
3. Dengan percobaan memanaskan es,mengunting
kertas,melarutkan gula,siswa dapat menjelaskan pengertian perubahan fisika
4. Dengan percobaan membakar kertas,siswa dapat
menjelaskan pengertian perubahan kimia
5. Dari hasil pengamatan percobaan siswa dapat
menjelaskan perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia
6. Dengan
mengamati apel yang diiris,mendekatkan nyala api diatas baking soda dan cuka
,meniup larutan air kapur ,Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri perubahan kimia
7. Siswa dapat mengembangkan perilaku rasa ingin tahu
,teliti,jujur,tekun,tanggung jawab dan saling menghargai pendapat melalui
kegiatan praktikum dan diskusi kelompok.
8. Siswa dapat mengidentifikasi peristiwa terjadinya perubahan fisika dan
kimia didalam kehidupan sehari-hari.
C. INDIKATOR
1. Mengidentifikasi bahan percobaan untuk perubahan
fisika dan kimia
2. Menjelaskan pengertian perubahan fisika dan
perubahan kimia
3. Terampil melakukan percobaan perubahan fisika dan
kimia
4. Mengidentifikasi perubahan fisika dan perubahan
kimia
5. Menjelaskan ciri – ciri perubahan kimia
6. Mengembangkan rasa ingin tahu,teliti,dan peduli
lingkungan melalui diskusi,kerja kelompok dan melakukan percobaan perubahan fisika dan kimia.
7. Menunjukkan ketekunan ,tanggung jawab,saling
menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun
kelompok.
8. Menunjukkan peristiwa perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan
sehari-hari .
D. MATERI
·
Perubahan zat
ada 2 yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia
·
Perubahan
fisika yaitu perubahan zat yang tidak disertai dengan terbentuknnya zat baru
·
Perubahan
kimia yaitu perubahan zat yang menghasilkan zat baru dengan sifat kimia yang
berbeda dengan sifat kimia yang berbeda dengan zat asalnya.
·
Ciri-ciri
perubahan kimia :
-
Terbentuk gas
-
Terbentuk
endapan
-
Terjadi
perubahan warna
-
Terjadi
perubahan suhu
E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
-
1.
|
Pendekatan
|
:Scientific
|
2.
|
Metode
|
:DiskusidanEksperimen
|
3.
|
Model
|
: Discovery Learning
|
-
F. MEDIA,ALAT, DANSUMBERPEMBELAJARAN
1. Media
* Komputer,LCD
2. Alatdan Bahan
:
* Alat : gunting,pisau,pembakar
spirtus,gelas,sendok,korek api
* Bahan : kertas,gula,apel,air,baking soda,sedotan
minuman,es,air kapur, cuka
3. Sumber
Belajar
a. Buku IPA siswa kelas VII ,Puskurbuk 2013
b. LKS percobaan perubahan fisika dan
kimia
c. sumber lain dari internet
G.KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah –langkah model
Discovery Learning
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi (Stimulasi
)
|
Pemusatan perhatian:
Guru memperlihatkan percobaan kertas dibakar . Kemudian guru
mengajukan pertanyaan :
·
Dari percobaan tersebut zat apa yang dihasilkan ?
·
Apakah
sifat zat tersebut sama dengan kertas ?
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Pembahasan tugas
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data dan analisa
Verifikasi
Generalisasi
|
·
Guru
menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu perubahan kimia
dan ciri-ciri yang ditimbulkan
·
Guru
membagi siswa dalam 6 kelompok
·
Diskusi
kelompok untuk mengkaji LKS perubahan
kimia.
·
Melakukan
percobaan perubahan kimia.
Siswa mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan pada LKS
·
Mengolah
data dan menganalisis dari setiap percobaan untuk menjawab pertanyaan pada
LKS
·
Presentasi
hasil percobaan
·
Diskusi
ciri – ciri perubahan kimia
·
Membuat
kesimpulan tentang perubahan kimia serta ciri-cirinya.
|
50
menit
|
Penutup
|
|
·
Siswa dan
guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
·
Guru
memberikan reward kepada kelompok yang kinerjanya baik
·
Siswa
menjawab pertanyaan tentang perubahan kimia dan ciri-cirinya.
·
Pemberian
tugas untuk mencari contoh perubahan kimia yang ada disekitar kehidupan
siswa.
|
20 menit
|
H
.PENILAIAN
1.
Metode dan Bentuk Penilaian
Metode
|
Bentuk
Penilaian
|
·
Sikap
|
·
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
|
·
Tes unjuk kerja
|
·
Tes penulisan kinerja
|
·
Tes tertulis
|
·
Tes uraian
|
Pengamatan
Sikap
1.
Pengamatan Perilaku Ilmiah
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
KETR.
|
|||
3
|
2
|
1
|
JML
|
|||
1
|
Keingintahuan
|
|
|
|
|
|
2
|
Ketelitian
dan kehati-hatian dalam percobaan
|
|
|
|
|
|
3
|
Ketekunan
dan tanggung jawab dalam belajar
|
|
|
|
|
|
4
|
Ketrampilan
berkomunikasi
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
Rubrik
Penilaian
1.
Aspek
Keingintahuan
Skor 3 jika menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif
dalam kelompok
Skor 2 jika menunjukkan rasa ingin tahu
yang besar, tidak terlalu antusias, aktif dalam kelompok jika didorong
Skor 1 jika tidak menunjukkan antusias,
sulit terlibat aktif dalam kelompok meski sudah didorong
2.
Aspek ketelitian
dan kehati-hatian
Skor 3 jika melakukan
kegiatan sesuai dengan prosedur dan menunjukkan sikap hati-hati
Skor 2 jika melakukan kegiatan sesuai
dengan prosedur dan menunjukkan sikap kurang hati-hati/ ceroboh
Skor 1 jika melakukan kegiatan kurang sesuai
dengan prosedur dan menunjukkan sikap ceroboh
3.
Aspek
ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar
Skor 3 jika melakukan kegiatan dengan
tekun berupaya menghasilkan yang terbaik dan
tepat waktu
Skor 2 jika melakukan kegiatan dengan
tekun tidak tepat waktu
Skor 1 jika kurang tekun dalam melakukan
kegiatan dan tidak tepat waktu
4.
Aspek
keterampilan berkomunikasi
Skor 3 jika aktif tanya jawab,
mengemukakan gagasan sendiri, menghargai gagasan orang lain
Skor 2 jika aktif tanya jawab, tidak
mengemukakan gagasan, menghargai gagasan orang lain
Skor 1 jika aktif tanya jawab, tidak
mengemukakan gagasan, kurang menghargai gagasan orang lain
LEMBAR PENGAMATAN
KEGIATAN PRAKTIKUM
Nama :
.....................................................
Kelas : .....................................................
Judul
Praktikum : Perubahan Kimia dan ciri-cirinya
NO
|
ASPEK KINERJA YANG DINILAI
|
PENILAIAN
|
KETERANGAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
A
|
PERSIAPAN
|
|
|
|
|
1. Membawa bahan praktikum
|
|
|
|
|
2. Membersihkan alat yang digunakan
|
|
|
|
|
3. Mengecek kesiapan alat
|
|
|
|
|
4. Membaca prosedur dan langkah kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B
|
SELAMA
KEGIATAN PRAKTIKUM
|
|
|
|
|
a.
Menggunakan
alat dan bahan
|
|
|
|
|
1.
Membawa
bahan tidak berceceran
|
|
|
|
|
2.
Mengambil
alat dan bahan sesuai kebutuhan
|
|
|
|
|
3.
Merancang
alat dengan benar
|
|
|
|
|
4.
Langkah
sesuai prosedur
|
|
|
|
|
b.
Sikap
|
|
|
|
|
1.
Konsentrasi
pada kegiatan
|
|
|
|
|
2.
Aktif
|
|
|
|
|
3.
Bekerja
sama
|
|
|
|
C
|
KEGIATAN
AKHIR PRAKTIKUM
|
|
|
|
|
1. Membersihkan alat dengan baik
|
|
|
|
|
2. Membersihkan meja praktikum
|
|
|
|
|
3. Mengembalikan alat ke tempat semula
|
|
|
|
INSTRUMEN PENILAIAN
1.
Mengapa
ketela menjadi tape termasuk perubahan kimia ?jelaskan berdasarkan pengamatanmu sehari - hari
2.
Identifikasikan
perubahan berikut ini kedalam perubahan fisika atau kimia ?
a. Susu jadi keju
b. Pembuatan yogurt
c. Pernafasan
d. Bom meledak
e. Makan menjadi basi
3.
Pada saat
kalian membakar sampah ,hal apa saja yang bisa menunjukkan adanya perubahan
kimia ? jelaskan.
LEMBAR KERJA SISWA
Benda-benda
yang kita kenal dalam kehidupan sehari –hari seringkali mengalami
perubahan.Perubahan tersebut ada yang dapat diamati secara langsung ada juga
yang memerlukan waktu lama untuk mengamatinya.perubahan benda tersebut dikenal
dengan perubahan materi.Perubahan materi dapat berlangsung melalui dua cara
yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia.
Untuk
mengidentifikasi perubahan kimia kita perlu mengetahui ciri-ciri yang
ditimbulkan.Untuk itu cobalah lakukan kegiatan berikut ini :
Kegiatan 1
PERUBAHAN KIMIA PADA BUAH APEL
I
. Tujuan : Mengamati perubahan kimia
pada buah apel yang dikupas
II.
Alat dan Bahan :
Buah
apel 1 buah
Pisau /cater 1 buah
III.
Cara Kerja :
-
Siapkan satu
buah apel
-
Belah menjadi
3 bagian dengan menggunakan kater
-
Letakkan buah
apel yang sudah dipotong diatas meja
-
Biarkan
beberapa saat
-
Amati apa
yang terjadi pada buah apel tersebut ?
-
Catat hasil
pengamatanmu pada lembar LKS
IV. Pengamatan :
Nama
|
Kondisi
warna
|
|
Saat
dikupas
|
Setelah
beberapa saat
|
|
Apel
|
....................
|
.............................
|
V.
PERTANYAAN
1. Apa yang dihasilkan oleh buah apel
setelah dikupas ?
2. Mengapa hal itu bisa terjadi ?
3. Apa kesimpulan yang dapat di ambil dari percobaan tersebut
diatas
Kegiatan
II
Membuat
pemadam api
I
. Tujuan : Mengamati reaksi antara cuka
dan baking soda
II Alat dan bahan :
-
Gelas beker
-
Sedotan minuman
-
Korek api
-
Baking soda (
soda kue )= NaHCO3
-
Cuka
III
Cara Kerja :
-
Sediakan 2
buah gelas bekker tandai dengan gelas A dan gelas B
-
Tuangkan 3 sendok cuka kedalam gelas A
-
Tuangkan 1
sendok penuh baking soda kedalam gelas B
-
Nyalakan
sedotan minuman dan arahkan di atas gelas A kemudian amati apa yang terjadi ?
-
Campur cuka
dari gelas A dengan baking soda dari gelas B ke gelas C.arahkan nyala api
sedotan diatas campuran tersebut amati apa yang terjadi ?
-
Catat hasil
pengamatanmu dalam LKS
IV
Hasil Pengamatan
Nama
benda
|
Kondisi api
|
Gelas
A ( cuka )
|
|
Gelas
B ( Baking soda )
|
|
Gelas
C ( Cuka + Baking soda )
|
|
V.
Pertanyaan
1. Bagaimana kondisi api saat berada
diatas gelas berisi cuka ?mengapa hal itu bisa terjadi
2. Bagaimana kondisi api saat berada
diatas gelas berisi baking soda ? mengapa hal itu bisa terjadi ?
3. Bagaimana kondisi api saat berada
diatas campuran cuka dan baking soda ? mengapa hal itu bisa
terjadi ?
Kegiatan
III
Reaksi
kimia antara air kapur dan CO2
I.
Tujuan : mengamati hasil reaksi
antara air kapur dan CO2
II.
Alat dan bahan
: air kapur
Sedotan
Gelas bekker
III.
Cara Kerja :
* Siapkan alat dan bahan
* Tuangkan air kapur ke dalam gelas kira-kira
50 ml
* Hembuskan udara pernafasanmu dengan
menggunakan sedotan ke
dalam air
kapur hingga berubah warna .amati apa yang terjadi catat
hasilnya ke
dalam LKS.
IV.
Hasil
Pengamatan
Warna Air Kapur sebelum ditiup
|
Warna air kapur sesudah ditiup
|
...............................
|
..................................................
|
V.
PERTANYAAN
1. Apa yang terjadi pada air kapur setelah ditiup
?mengapa demikian?
2. Diamkan air kapur yang sudah ditiup beberapa saat
? apa yang terjadi ?mengapa demikian?
3.
Apa yang
dihasilkan oleh reaksi antara air kapur dan CO2 ?