Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VII / 1
Topik : Organisasi kehidupan
Sub Topik : Konsep Organisasi kehidupan
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat menyebutkantingkatan
hierarki kehidupan
dari sel sampai organisme
2.
Siswa dapat menjelaskan konsep
organisasi kehidupan
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
3.4 Mendiskripsikan keragaman paa sistem
organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi
bahan kimia utama penyusun sel
4.5 Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan
bagian-bagiannya
4.6 Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk
menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan
C.
INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi perangkat alat percobaan
konsep organisme kehidupan
2.
Menjelaskan konsep organisasi kehidupan
berdasarkan data percobaan
D.
MATERI
1. Hierarki
organisasi kehidupan dari terkecil
a.
Atom – Molekul-
organel- sel- jaringan-organ-sistem organ-organisme-populasi-komunitas-
ekosistem-biosfer
2. Pengertian
a.
Sel ialah unit
struktural dan fungsional terkecil pada makhluk hidup
b.
Jaringan ialah kumpulan sel yang memiliki bentuk dan
fungsi yang sama
c.
Organ ialah
kumpulan jaringan yang memiliki fungsi
dan tugas yang sama
E.
PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan :
Saintific
2.
Metode : Diskusi informasi dan Eksperimen
3.
Model : Discovery
Learning
F.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media
Charta, LCD
2.
Alat dan Bahan
1). Alat
: gunting, baki
bedah, pisau bedah, jarumpentul,pinset, penjepit
2). Bahan
: katak, kloroform,
alkohol, formalin
Sumber
Belajar
1). Buku IPA SMP Kelas VII. Puskurbuk 2013
2). LKS
3). Internet
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama ( 2 JP)
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
|
Pendahu
luan
|
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
|
·
Pemusatan perhatian :
Guru memperlihatkan
fenomena alam melalui tanyangan video,
kemudian guru mengajukan
pertanyaan seperti :
Dalam tayangan tadi apa pemahaman yang didapat ?
hakekatnya
dalam kehidupa terdapat keteraturan
yang yang diciptakan siapa ?
·
Guru
menyampaikan tujuan dan
manfaat mempelajari mempelajari
konsep Sistem Organisasi kehidupan
·
Guru mengembangkan hal-hal yang menggambarkan hierarki
kehidupan organisme
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan
Tugas dan
Identifikasi
Masalah
Observasi
Pengumpulan
data
Pengolahan
data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
·
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan
yang akan dilakukan yaitu kerja kelompok dan diskusi menyusun
hierarki kehidupan organisme dari sel sampai organisme.
·
Membagi peserta didik
menjadi 6 kelompok.
·
Diskusi kelompok untuk mengkaji
LKS organisasi
kehidupan
· Membagi lembar kerja pengamatan bagian tubuh katak
·
Melakukan percobaan Mengamati bagian tubuh katak
·
Siswa mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan
pada kolom yang tersedia pada LKS
·
Mengolah
dan menganalisis data
dari setiap pengamatan untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan pada LKS
·
Presentasi hasil percobaan
·
Diskusi
organisasi kehidupan berdasarkan hasil data dari hasil percobaan
·
Membuat
kesimpulan tentang konsep organisasi kehidupan
|
50 menit
|
Penutup
|
·
Siswa dan guru mereview hasil kegiatan
pembelajaran
·
Guru
memberikan penghargaan (misalnya
pujian atau bentuk penghargaan
lain yang relevan)
kepada kelompok yang berkinerja baik
·
Siswa
menjawab kuis tentang
konsep organisasi kehidupan
·
Pemberian tugas untuk mempelajari pemanfaatan
|
10 menit
|
H.
PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk
Instrumen
metode
|
Bentuk instrument
|
·
Sikap
|
·
Lembar pengamatan sikap
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes penilaian kinerja pengukuran
|
·
Tes tertulis
|
·
Tes uraian dan pilihan ganda
|
2. Instrument
a. Lembar Pengamatan
Sikap
-
Pengamatan Perilaku Ilmiah
No
|
Aspek yang
dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa ingin tahu
|
||||
2
|
Ketelitian dan keseriusan dalam
pengukuran
|
||||
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individu atau kelompok
|
||||
4
|
Ketrampilan saat presentasi
|
-
Rubrik Penilaian Perilaku
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
3:
Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif
dalam melakukan kegiatan kelompok
2:
Menunjukkan rasa ingin tahu tetapi tidak terlalu
antusias, baru terlibat aktif setelah disuruh
1:
Tidak menunjukkan antusias dalam pengukuran, sulit terlibat
aktif meskipun telah didorong untuk aktif
|
2
|
Ketelitian dan hati hati
|
3:
Melakukan pengukuransesuai prosedurdan serius
2:
Melakukan pengukuran sesuai prosedur setelah diberi
petunjuk
1:
Tidak melakukan pengukuran, sulit terlibat aktif meskipun
telah didorong untuk aktif.
|
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individumaupun kelompok
|
3:
Tekun menyelesaikan tugas sampai akhir pengukuran, dan tepat waktu
2:
Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas kelompok
1:
Tidak berupaya sungguh sungguh untuk menyelesaikan tugas
|
4
|
Berkomunikasi
|
3:
Dapat mempresentasikan dasil pengukuran besaran dengan baik dan benar
2:Berupaya sungguh sungguh untuk presentasi,meskipun
belum sempurna
1:Tidak melakukan presentasi
,meskipun disuruh maju oleh
guru
|
Lembar
Pengamatan Ketrampilan Praktikum
No
|
Ketrampilan yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Cara membius
katak
|
3
2
1
|
Cara membius
katak dilakukan dengan benar dan hati- hati
Cara membius
katak dengan benar tapi kurang hati-hati
Cara membius
katak salah dan kurang hati-hati
|
2.
|
Cara membedah katak
|
3
2
1
|
Cara meletakkan
, merentangkan kaki katak dan
menusuk benar
Cara meletakkan
, merentangkan kaki katak dan menusuk
kurang benar
Cara meletakkan
, merentangkan kaki katak dan menusuk
salah
|
3.
|
Cara menyayat perut
katak
|
3
2
1
|
Cara menyayat
perut katak dilakukan dengan benar
Cara menyayat
perut katak kurang benar
Cara menyayat
perut katak salah
|
SOAL URAIAN
1.
Susunlah secara
urut tingkatan hirarki kehidupan dari sel sampai organisme !
2. Bagaimana cara kita dapat mengetahui organ dalam tubuh
katak ? Berikan contoh minimal 3 organ katak
3. Bagaimana keterkaitan sel, jaringan, dan organ ?
KUNCI JAWABAN
1. Sel – Jaringan – Organ – Sistem organ –Organisme
2. a. Dengan cara membedah katak tersebut yakni mengangkat katak, memasukkan
dalam toples, membius dengan memasukkan kapas yang telah diberi klorofom sampai
katak pinsan, menaruh di baki bedah , menancapkan jarum pentul supaya posisi
tidak berubah, membedah dengan pisau dan mengamati organ di dalamnya
b.
- jantung
-Paru- paru
- Ginjal
-Hati dll
3.
Sel ialah unit struktural dan fungsional
terkecil pada makhluk hidup
Jaringan ialah kumpulan sel yang memiliki bentuk dan
fungsi yang sama
Organ ialah kumpulan
jaringan yang memiliki fungsi dan tugas
yang sama
RUBRIK PENILAIAN
URAIAN
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jika jawaban
dijawab dengan benar
|
15
|
2
|
Jawaban a
Jawaban b
|
10
10
|
3
|
Jawaban benar
|
15
|
Total
|
50
|
NILAI
=
TOTAL SKOR X 2