Sunday, 13 October 2013

RPP IPA KELAS 7 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 : KONSEP ORGANISASI KEHIDUPAN



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(Pertemuan 1)

Satuan Pendidikan      :    SMP 
Mata Pelajaran            :   IPA
Kelas / Semester       :   VII / 1
Topik                           :   Organisasi kehidupan
Sub Topik                    :   Konsep Organisasi kehidupan
Alokasi Waktu            :   2 x 40 menit

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat menyebutkantingkatan hierarki kehidupan dari sel sampai organisme
2.      Siswa dapat menjelaskan konsep organisasi  kehidupan

B.     KOMPETENSI DASAR
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.4  Mendiskripsikan keragaman paa sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi bahan kimia utama penyusun sel
4.5  Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya
4.6  Melakukan  pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan

C.     INDIKATOR
1.      Mengidentifikasi perangkat alat percobaan konsep organisme kehidupan
2.      Menjelaskan konsep organisasi kehidupan berdasarkan data percobaan

D.     MATERI
1.    Hierarki organisasi kehidupan dari terkecil
a.    Atom – Molekul- organel- sel- jaringan-organ-sistem organ-organisme-populasi-komunitas- ekosistem-biosfer
2.    Pengertian
a.    Sel ialah unit struktural dan fungsional terkecil pada makhluk hidup
b.    Jaringan  ialah kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama
c.    Organ ialah kumpulan jaringan yang memiliki fungsi  dan tugas yang sama

E.     PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.    Pendekatan    :   Saintific
2.    Metode           :   Diskusi informasi dan Eksperimen
3.    Model             :   Discovery Learning

F.     MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.    Media
Charta, LCD
2.    Alat dan Bahan
1).    Alat       :  gunting, baki bedah, pisau bedah, jarumpentul,pinset, penjepit
2).    Bahan   :  katak, kloroform, alkohol, formalin
Sumber Belajar 
1).   Buku IPA SMP Kelas VII. Puskurbuk 2013
2).   LKS
3).   Internet

G. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama ( 2 JP)
Kegiatan
Langkah-Langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Pendahu
luan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
·       Pemusatan perhatian : 
Guru memperlihatkan fenomena alam melalui tanyangan video,    kemudian     guru mengajukan pertanyaan seperti :
Dalam  tayangan tadi apa pemahaman yang didapat ?
hakekatnya dalam kehidupa  terdapat keteraturan yang yang diciptakan siapa ?
·      Guru  menyampaikan  tujuan  dan  manfaat  mempelajari mempelajari konsep Sistem Organisasi kehidupan
·      Guru mengembangkan hal-hal yang menggambarkan hierarki kehidupan organisme
10 menit
Kegiatan Inti
Pembahasan
Tugas  dan
Identifikasi
Masalah










Observasi

Pengumpulan
    data


Pengolahan  data dan analisis

Verifikasi
Generalisasi
·      Menyampaikan  informasi  tentang  kegiatan    yang  akan dilakukan  yaitu kerja kelompok dan diskusi menyusun hierarki kehidupan organisme dari sel sampai organisme.
·      Membagi peserta didik  menjadi 6 kelompok.
·       Diskusi kelompok untuk mengkaji
LKS organisasi kehidupan
·       Membagi  lembar kerja   pengamatan bagian tubuh katak
·      Melakukan percobaan Mengamati bagian tubuh katak
·      Siswa mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS
·       Mengolah  dan  menganalisis  data  dari  setiap  pengamatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS
·           Presentasi hasil percobaan
·           Diskusi  organisasi kehidupan berdasarkan hasil data dari hasil  percobaan
·           Membuat  kesimpulan    tentang   konsep organisasi kehidupan
50 menit
 Penutup

·           Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran   
·           Guru  memberikan  penghargaan  (misalnya  pujian  atau bentuk  penghargaan  lain  yang  relevan)  kepada kelompok yang berkinerja baik
·            Siswa  menjawab  kuis  tentang  konsep organisasi kehidupan
·           Pemberian tugas untuk mempelajari pemanfaatan
10 menit



H.        PENILAIAN
1.   Metode dan Bentuk Instrumen

metode
Bentuk instrument
·      Sikap
·   Lembar pengamatan sikap
·      Tes Unjuk Kerja
·   Tes penilaian kinerja pengukuran
·      Tes tertulis
·   Tes uraian dan pilihan ganda

2.   Instrument
a.   Lembar Pengamatan Sikap
-          Pengamatan Perilaku Ilmiah
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Rasa ingin tahu




2
Ketelitian dan keseriusan dalam pengukuran




3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu atau kelompok




4
Ketrampilan saat presentasi





-          Rubrik Penilaian Perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa ingin tahu
3:  Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif 
     dalam melakukan kegiatan kelompok
2:  Menunjukkan rasa ingin tahu tetapi tidak terlalu
      antusias, baru terlibat aktif setelah disuruh
1:  Tidak menunjukkan antusias dalam pengukuran, sulit terlibat
     aktif meskipun telah didorong untuk aktif
2
Ketelitian dan hati hati
3:  Melakukan pengukuransesuai prosedurdan serius
2:  Melakukan pengukuran sesuai prosedur setelah diberi
      petunjuk
1:  Tidak melakukan pengukuran, sulit terlibat aktif meskipun
     telah didorong untuk aktif.
3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individumaupun kelompok
3:  Tekun menyelesaikan tugas sampai akhir pengukuran, dan tepat waktu
2:   Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas kelompok
1:   Tidak berupaya sungguh sungguh untuk menyelesaikan tugas
4
Berkomunikasi 
3:   Dapat mempresentasikan dasil pengukuran besaran dengan baik dan benar
2:Berupaya sungguh sungguh untuk     presentasi,meskipun belum sempurna
1:Tidak melakukan presentasi ,meskipun disuruh maju oleh
      guru
Lembar Pengamatan Ketrampilan Praktikum
No
Ketrampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Cara membius katak
3

2

1
Cara membius katak dilakukan dengan benar dan hati- hati
Cara membius katak dengan benar tapi kurang hati-hati
Cara membius katak salah dan kurang hati-hati
2.
Cara membedah katak
3

2

1
Cara meletakkan , merentangkan kaki katak  dan menusuk  benar
Cara meletakkan , merentangkan kaki katak  dan menusuk kurang benar
Cara meletakkan , merentangkan kaki katak  dan menusuk salah
3.
Cara menyayat perut katak
3

2
1
Cara menyayat perut katak dilakukan dengan benar
Cara menyayat perut katak kurang benar
Cara menyayat perut katak salah


SOAL URAIAN
1.    Susunlah secara urut tingkatan hirarki kehidupan dari sel sampai organisme !
2.    Bagaimana cara kita dapat mengetahui organ dalam tubuh katak ? Berikan contoh minimal 3 organ katak
3.    Bagaimana keterkaitan sel, jaringan, dan organ ?

KUNCI JAWABAN
1.    Sel – Jaringan – Organ – Sistem organ –Organisme
2.    a. Dengan cara membedah katak tersebut yakni mengangkat katak, memasukkan dalam toples, membius dengan memasukkan kapas yang telah diberi klorofom sampai katak pinsan, menaruh di baki bedah , menancapkan jarum pentul supaya posisi tidak berubah, membedah dengan pisau dan mengamati organ di dalamnya
b.         -  jantung
-Paru- paru
-       Ginjal
-Hati  dll
3.      Sel ialah unit struktural dan fungsional terkecil pada makhluk hidup
Jaringan  ialah kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama
Organ ialah kumpulan jaringan yang memiliki fungsi  dan tugas yang sama
RUBRIK PENILAIAN URAIAN
No
Uraian
Skor
1
Jika jawaban dijawab dengan benar
15
2
Jawaban a
Jawaban b
10
10
3
Jawaban benar
15
Total
50

NILAI     =   TOTAL SKOR  X 2

Soal dan Jawaban Listrik Dinamis

  LISTRIK DINAMIS   1.        Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan suatu penghantar! Jawab : Faktor yang mempengaruhi h...