Wednesday 30 October 2013

RPP IPA KELAS 7 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 : JARINGAN



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Pertemuan 04-05


Satuan Pendidikan      :           SMP
Mata Pelajaran            :           IPA
Kelas/Semester           :           VII /  I
Topik                           :           Sistem Organisasi Kehidupan
Sub Topik                    :           Jaringan
Alokasi Waktu            :           5 X 40menit
A.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Peserta didik dapat menjelaskan tentang jaringan
2.    Peserta didik dapat menyebutkan macam jaringan hewan dan tumbuhan
3.    Peserta didik dapat menjelaskan fungsi jaringan pada hewan
4.    Peserta didik dapat menjelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan

B.   KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1.  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;  hati-hati;  bertanggung  jawab;  terbuka;  kritis;  kreatif;  inovatif  dan  peduli lingkungan) dalamaktivitas sehari-hari
2.2.  Menghargai  kerja  individu  dan  kelompok dalam  aktivitas  sehari-hari  sebagai  wujudimplementasimelaksanakanpercobaandanmelaporkanhasilpercobaan
3.4. Mendiskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism,   serta komposisi bahan kimia utama penyusun sel.
4.5. Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya.
4.6.Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan

C.   INDIKATOR
1.    Menjelaskan tentang jaringan
2.    Menyebutkan macam jaringan hewan dan tumbuhan
3.    Menjelaskan fungsi jaringan pada hewan
4.    Menjelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan

D. MATERI
MP Sel-sel yang mempunyai fungsi dan bentuk sama akan berkelompok. Kelompok sel itu disebut jaringan.
1) Jaringan Hewan
Setiap jaringan terdiri atas beberapa tipe sel-sel terdiferensiasi. Misalnya:
a) Epitel
i) Jaringan ini dibuat dari sel-sel memadat yang tersusun dalam lapisan pipih.
ii) Jaringan ini melapisi berbagai rongga dan tabung pada tubuh, serta membentuk kulit yang membungkus tubuh.
iii) Fungsi jaringan epitel adalah melindungi jaringan di bawahnya terhadap kerusakan karena gesekan mekanis, radiasi UV, dan serangan bakteri, melapisi seluruh kelenjar pencernaan pada tubuh, tabung air dan rongga paru-paru serta menghasilkan sel-sel kelamin yang akan dilepaskan dari tubuh.
b) Konektif/Penghubung
i) Jaringan konektif penunjang berfungsi memberi kekuatan, bantuan, dan perlindungan kepada bagian-bagian lemah pada tubuh, contoh tulang rawan.
ii) Jaringan konektif pengikat berfungsi mengikat bagian-bagian tubuh, contoh: tendon.
iii) Jaringan konektif berserat berfungsi: (1) bahan pengemas dan pengikat bagi sebagian besar organ, dan (2) lintasan bagi pembuluh darah. Contoh: Selaput otot (fasia) merupakan jaringan konektif berserat yang mengikat otot-otot menjadi satu dan mengikat kulit pada struktur di bawahnya.
iv) Jaringan hematopoietik/sumsum tulang belakang merupakan sumber semua sel yang ada dalam darah, meliputi sel-sel darah merah (untuk mengangkut gas-gas), 5 macam sel darah putih (untuk antibodi), dan platelet (untuk penggumpalan darah).


c) Otot, terdiri atas 3 macam, yaitu:
i) Otot halus, melapisi dinding organ berongga pada tubuh, misalnya usus dan pembuluh darah kontraksinya menciutkan ukuran organorgan tubuh yang berongga. ii) Otot rangka, terdiri dari serat-serat panjang yang kontraksinya menimbulkan gerak pindah (locomotion) dan juga terjadinya
macam-macam gerak tubuh lainnya. iii) Otot Jantung, merupakan otot yang membentuk jantung.
d) Saraf
Saraf terdiri atas neuron, yaitu sel-sel khusus yang menghantar implus saraf elektrokimia. Setiap neuron terdiri atas tubuh sel yang berisikan nukleus dan memiliki sambungan seperti rambut. Sepanjang
sambungan inilah berjalan impuls saraf (Neurit/akson) yang ujungujung sambungan ini (dendrit) bertemu dengan neuron-neuron lain atau jaringan-jaringan lain (misalnya otot).
        
a.                                                           b.                                                        c.
Gambar 4.6. (a) Jaringan Epitelial, (b) Jaringan Konektif, (c) Jaringan Saraf
Sumber: Microsoft ® Encarta ® 2008. © 1993-2007 Microsoft Corporation. All rights reserved

2) Jaringan Tumbuhan
Jaringan tumbuhan dikelompokkan menjadi dua, yaitu jaringan meristem dan jaringan permanen.
Jaringan meristem
Berdasarkan asal pembentukannya, jaringan meristem dibagi tiga yaitu promeristem, meristem primer, dan meristem sekunder. Sedangkan menurut letaknya, jaringan meristem dibedakan menjadi meristem apikal, interkalar, dan lateral. Sementara itu, berdasarkan sifat-sifat dasar selnya, jaringan meristem dibagi menjadi meristem primer dan meristem sekunder.
Jaringan permanen
Jaringan permanen meliputi jaringan epidermis, jaringan parenkim, jaringan penyokong (kolenkim dan sklerenkim), jaringan pengangkut (xylem dan floem), serta jaringan gabus.
Fungsi jaringan
Fungsi jaringan berbeda-beda sesuai letak, posisi, usia, dan pengaruh faktor luar, yaitu:
A. Jaringan Meristem
• Merupakan jaringan yang aktif membelah.
• Disebut juga jaringan meristematik atau embrional.
• Terdapat pada ujung akar, ujung batang, kambium ikatan pembuluh.
• Tumbuh secara vertikal dan horizontal.
B. Jaringan Permanen/Dewasa
1. Jaringan pelindung yaitu Jaringan Epidermis.
• Merupakan selapis sel pipih, tipis dan rapat.
• Terletak paling luar/tepi.
• Memiliki lapisan kutikula/lilin.
• Berfungsi untuk menutupi permukaan daun, bunga, buah dan akar.
2. Jaringan Stereon/Penguat
a. Jaringan Sklerenkim
• Merupakan sel-sel yang telah mati, terdiri atas fiber/serat dan sel batu/sklereid
• Mengalami penebalan pada seluruh dinding sel oleh zat lignin/ zat kayu.
• Bersifat kaku/mudah patah.
• Berfungsi untuk melindungi dan menguatkan bagian dalam sel.
b. Jaringan Kolenkim
• Penebalan terjadi di sudut-sudut sel oleh zat selulose.
• Bersifat lentur/fleksibel.
• Mengandung klorofil.
• Terdapat pada batang, daun, buah dan akar.
• Berfungsi untuk menguatkan tubuh tumbuhan.
3) Jaringan Parenkim
• Disebut juga jaringan dasar.
• Berada juga di berkas pengangkutan (BP).
• Bentuknya bermacam-macam seperti: tiang/palisade; spons/bunga karang; bintang, dan lipatan.
• Selnya tipis dan terdapat ruang antar sel (r.a.s.).
• Berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, air, udara, fotosintesis, dan transportasi.
4) Jaringan Pengangkutan
a. Jaringan Xylem
• Disebut jaringan kayu.
• Terletak di bagian paling dalam.
• Memiliki trakeid yang mengalami penebalan.
• Berfungsi untuk mengangkut air, garam mineral dan unsur hara dari akar ke daun dan seluruh  jaringan tubuh.
b. Jaringan Phloem
• Disebut juga jaringan tapis.
• Terletak di sebelah luar jaringan xylem.
• Memiliki sel tapis yang bentuknya kecil dan sel tetangga.
• Berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.
5) Jaringan Gabus/Periderm
• Merupakan sel pengganti epidermis yang telah mati.
• Mengandung zat suberin/zat gabus.
• Berfungsi sebagai pelindung dan jalur transportasi air.


E. PENDEKATAN / STRATEGI / METODE PEMBELAJARAN

1.Pendekatan        : Scientific

2.Metode               : Diskusi
                                                                                             
3.Model                 : Discovery Learning

F. MEDIA , ALAT , DAN SUMBER PEMBELAJARAN
  1. Media
Komputer, LCD(gambar), mikroskop, preparat awetan
  1. Sumber Belajar
a)    Buku IPA SMPkelas VII,Puskurbuk2013
b)    Buku IPA SMP kelas VII KTSP 2006, Erlangga



G.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat  (2  JP)


Kegiatan
Langkah-langkah
Model discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Menciptakan
Situasi(Stimulasi)
·         -Guru menyajikan gambar jaringan dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan tentang: “apa yang dimaksud dengan jaringan pada gambar”.
  5 menit
Kegiatan Inti
Pembahasan Tugas dan Identifikasi Masalah

observasi


Pengumpulan data

verifikasi

generalisasi

- Membagi siswa menjadi 8  kelompok
-Secara berkelompok, peserta didik melakukan kegiatan “apakah ada perbedaan antara jaringan hewan dan tumbuhan?”

·         Siswa akan memulai membaca buku dan mengamati gambar jaringan pada hewan dan tumbuhan
·         Setiap kelompok mendiskusikan bagian-bagian jaringan pada hewan dan tumbuhan
·         Setiap kelompok mendiskusikan fungsi bagian-bagian jaringan pada hewan dan tumbuhan
·         Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang jaringan hewan dan tumbuhan
·         Membuat kesimpulan  tentang jaringan hewan dan tumbuhan

      
      

30 menit
Penutup

-Siswa dan guru meriview kegiatan pembelajaran
-Siswa dan guru bertanyajawab
-Guru memberi penghargaan/pujian pada kelompok yang kinerjanya bagus

5 menit


SM Pertemuan Kelima  (3  JP)


Kegiatan
Langkah-langkah
Model discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu


Pendahuluan
Menciptakan
Situasi(Stimulasi)
·         -Guru menyiapkan mikroskop dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan : “Apakah  jaringan terbentuk dari kumpulan sel”
  10 menit
Kegiatan Inti
Pembahasan Tugas dan Identifikasi Masalah

observasi


Pengumpulan data


verifikasi


generalisasi

- Membagi siswa menjadi 8  kelompok
-Secara berkelompok, peserta didik melakukan kegiatan “Mengamati , Apakah jaringan terbentuk dari kumpulan sel?”

·         Siswa akan menggunakan mikroskop untuk mengamati jaringan daun dan batang pada tumbuhan dan hewan
·         Setiap kelompok mendiskusikan bagian-bagian jaringan pada tumbuhan dan hewan
·         Setiap kelompok mendiskusikan fungsi bagian-bagian jaringan pada tumbuhan dan hewan
·         Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang jaringan tumbuhan dan hewan

·         Membuat kesimpulan  tentang jaringan tumbuhan dan hewan

      
      

100 menit
Penutup

-Siswa dan guru meriview kegiatan pembelajaran
-Siswa dan guru bertanyajawab
-Guru memberi penghargaan/pujian pada kelompok yang kinerjanya bagus

10 menit
              
H.  PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
·         Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes Tertulis
·         Tes Uraian dan Pilihan Ganda
·         Penilaian Produk
·         Lembar Penilaian Produk dan rubrik
2. Contoh Instrumen Penilaian Sikap
a. Lembar Pengamatan Sikap
1. Pengamatan Perilaku Ilmiah

No
Aspekyangdinilai
3
2
1
Keterangan
1
Rasa ingin tahu(curiosity)




2
Ketelitian       dan      kehati-hatian     dalam melakukan pengamatan




3
Ketekunan    dan    tanggungjawab  dalam
belajar  dan  bekerja  baik  secara  individu maupun berkelompok




4
Keterampilan   berkomunikasi   pada   saat belajar





RubrikPenilaian Perilaku

No
Aspekyang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3:  menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam  dalam kegiatan kelompok
2:  menunjukkan rasa ingin tahu,namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat  aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1:  tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit
terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat
2.
Ketelitian dan
hati-hati
3.   mengamati gambar dengan sangat teliti dan hati-hati
2.   mengamati gambar dengan teliti dan hati-hati
1.   mengamati gambar dengan kurang teliti dan kurang hati-hati







3






Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3:  tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2:  berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas,namun
Belum menunjukkan upaya terbaiknya
1:  tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas,dan tugasnya tidak selesai
4
Berkomunikasi
4.   aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan
Atau ide,menghargai pendapat  siswa lain
3.   aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan
Atau ide,menghargai pendapat  siswa lain
1.  aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide,kurang menghargai pendapat siswa lain

I.              Penilaian pemahaman
II.            Instrumen soal Pengetahuan
SOAL URAIAN
1.    Jelaskan apa yang dimaksud  jaringan
2.    Sebutkan macam jaringan hewan dan tumbuhan
3.    Jelaskan fungsi jaringan pada hewan
4.    Jelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan

Jawaban
  1. Jaringan adalah kumpulan dari sel-sel yang mempunyai bentuk dan fungsi sama
  2. Jaringan Hewan terdiri dari: epitel, konektif/penghubung, otot, dan syaraf
Jaringan Tumbuhan terdiri dari: Jaringan maristem dan jaringan permanen
  1. Jaringan pada hewan:
·         Epitel berfungsi untuk melindungi jaringan dibawahnya
·         konektif/penghubung berfungsi membeir kekuatan , bantuan dan pelindung pada bagian-bagian tubuh yang lemah/lunak
·         otot berfungsi sebagai alat gerak aktif
·         syaraf berfungsi sebagai penghubung /menanggapi adanya rangsangan
  1. Jaringan pada Tumbuhan:
 Jaringan maristem berfungsi untuk pertumbuhan primer
jaringan permanen
jaringan epidermis berfungsi sebagai pelindung bagian daun, bunga, buah dan akar;
jaringan skleremkin berfungsi untuk melindungi dan menguatkan bagian dalam sel;
jaringan kolenkim berfungsi untuk menguatkan tubuh tumbuhan;
jaringan parenkim berfungsi menyimpan cadangan makanan;
jaringan xylem berfungsi mengangkut air dan zat mineral dari tanah ke daun
jaringan floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh tubuh tumbuhan
jaringan gabus berfungsi untuk melindungi jalur transportasi air

RUBRIK PENILAIAN URAIAN
                              No
Uraian
Skor
1
2
3
4
Jika jawaban terjawab dengan benar
Jika jawaban terjawab dengan benar
Jika jawaban terjawab dengan benar
Jika jawaban terjawab dengan benar
2
2
3
3


10

Contoh Penilaian Produk
Materi Pelajaran         : system organ dan organisme
NamaProduk              : Laporan Diskusi hasil pengamatan
AlokasiWaktu              : NamaPesertadidik :                                                 Kelas  :

No.
Tahapan
Skor (1 –5)*
1
Struktur laporan

2
Kesesuaian dengan materi

3
Kreatifitas

TOTALSKOR

Catatan :
*) Skor diberikan dengan rentang skor 1 sampai dengan 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepa tandalamproses pembuatanmakasemakin tinggi nilainya



SM
LEMBAR KEGIATAN SISWA PERTEMUAN IV

          I.                TUJUAN :
Mengetahui perbedaan antara jaringan hewan dan tumbuhan

         II.                ALAT DAN BAHAN:
Gambar jaringan hewan dan tumbuhan

        III.                LANGKAH KEGIATAN;
1.    Siswa akan memulai membaca buku dan mengamati gambar jaringan pada hewan dan tumbuhan
2.    Setiap kelompok mendiskusikan bagian-bagian jaringan pada hewan dan tumbuhan
3.    Setiap kelompok mendiskusikan fungsi bagian-bagian jaringan pada hewan dan tumbuhan
4.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang jaringan hewan dan tumbuhan
5.    Membuat kesimpulan  tentang jaringan hewan dan tumbuhan

       IV.                HASIL DISKUSI:



        V.                KESIMPULAN:




       VI.                KESIMPULAN







LEMBAR KEGIATAN SISWA PERTEMUAN V

          I.                TUJUAN :
Apakah jaringan terbentuk dari kumpulan sel?

         II.                ALAT DAN BAHAN:
1. Daun
2. Mikroskop
3. Gelas objek dan kaca penutup
4. Silet
5. Pewarna metilen biru
6. Pipet tetes.

        III.                LANGKAH KEGIATAN
1)    Pada jaringan tumbuhan
a)    Sayat daun atau batang tumbuhan dengan membujur atau melintang setipis
mungkin!
b)    Letakkan di atas gelas objek dan tetes dengan pewarna metilen biru!
Kemudian, tutup dengan kaca penutup!
c)    Amati di bawah mikroskop! Gambarlah jaringan tumbuhannya!
d)    Kemudian bandingkan dengan Gambar 4.8.
2)    Pada jaringan hewan
a)    Siapkan preparat awetan hewan yang ada di sekolahmu!
b)    Amati di bawah mikroskop! Gambarlah jaringan-jaringan hewan tersebut!

       IV.                TABEL PENGAMATAN

Gambar jaringan tumbuhan dan keterangannya

gambar
keterangan













Gambar jaringan hewan dan keterangannya

gambar
keterangan














        V.                KESIMPULAN
           

Pengembangan Kompetensi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar

  Pada tanggal 19 Desember 2023 GTK Kemdikbudristek telah merilis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Meng...