Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Pertemuan 04-05
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII / I
Topik : Sistem Organisasi Kehidupan
Sub Topik : Jaringan
Alokasi
Waktu : 5 X 40menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Peserta didik dapat menjelaskan tentang jaringan
2.
Peserta didik dapat menyebutkan macam jaringan hewan dan tumbuhan
3.
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi jaringan pada
hewan
4.
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi jaringan pada
tumbuhan
B. KOMPETENSI DASAR
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah
(memiliki
rasa
ingin
tahu; objektif;
jujur; teliti;
cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalamaktivitas
sehari-hari
2.2. Menghargai
kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujudimplementasimelaksanakanpercobaandanmelaporkanhasilpercobaan
3.4. Mendiskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari
tingkat sel sampai organism, serta
komposisi bahan kimia utama penyusun sel.
4.5. Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya.
4.6.Melakukan
pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan
C. INDIKATOR
1.
Menjelaskan tentang jaringan
2.
Menyebutkan macam jaringan hewan dan tumbuhan
3.
Menjelaskan fungsi jaringan pada hewan
4.
Menjelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan
D. MATERI
MP Sel-sel yang
mempunyai fungsi dan bentuk sama akan berkelompok. Kelompok sel itu disebut jaringan.
1)
Jaringan Hewan
Setiap
jaringan terdiri atas beberapa tipe sel-sel terdiferensiasi. Misalnya:
a) Epitel
i) Jaringan ini dibuat dari sel-sel
memadat yang tersusun dalam lapisan pipih.
ii) Jaringan ini melapisi berbagai rongga
dan tabung pada tubuh, serta membentuk kulit yang membungkus tubuh.
iii) Fungsi jaringan epitel adalah
melindungi jaringan di bawahnya terhadap kerusakan karena gesekan mekanis,
radiasi UV, dan serangan bakteri, melapisi seluruh kelenjar pencernaan pada
tubuh, tabung air dan rongga paru-paru serta menghasilkan sel-sel kelamin yang
akan dilepaskan dari tubuh.
b)
Konektif/Penghubung
i) Jaringan konektif penunjang berfungsi
memberi kekuatan, bantuan, dan perlindungan kepada bagian-bagian lemah pada
tubuh, contoh tulang rawan.
ii) Jaringan konektif pengikat berfungsi
mengikat bagian-bagian tubuh, contoh: tendon.
iii) Jaringan konektif berserat berfungsi:
(1) bahan pengemas dan pengikat bagi sebagian besar organ, dan (2) lintasan
bagi pembuluh darah. Contoh: Selaput otot (fasia) merupakan jaringan konektif
berserat yang mengikat otot-otot menjadi satu dan mengikat kulit pada struktur
di bawahnya.
iv) Jaringan hematopoietik/sumsum tulang
belakang merupakan sumber semua sel yang ada dalam darah, meliputi sel-sel
darah merah (untuk mengangkut gas-gas), 5 macam sel darah putih (untuk
antibodi), dan platelet (untuk penggumpalan darah).
c)
Otot, terdiri atas 3 macam, yaitu:
i) Otot halus, melapisi dinding organ
berongga pada tubuh, misalnya usus dan pembuluh darah kontraksinya menciutkan
ukuran organorgan tubuh yang berongga. ii) Otot rangka, terdiri dari
serat-serat panjang yang kontraksinya menimbulkan gerak pindah (locomotion)
dan juga terjadinya
macam-macam gerak tubuh lainnya. iii) Otot
Jantung, merupakan otot yang membentuk jantung.
d)
Saraf
Saraf
terdiri atas neuron, yaitu sel-sel khusus yang menghantar implus saraf elektrokimia.
Setiap neuron terdiri atas tubuh sel yang berisikan nukleus dan memiliki
sambungan seperti rambut. Sepanjang
sambungan
inilah berjalan impuls saraf (Neurit/akson) yang ujungujung sambungan ini
(dendrit) bertemu dengan neuron-neuron lain atau jaringan-jaringan lain
(misalnya otot).
a. b. c.
Gambar
4.6. (a) Jaringan Epitelial, (b) Jaringan Konektif, (c) Jaringan Saraf
Sumber:
Microsoft ® Encarta ® 2008. © 1993-2007 Microsoft Corporation. All rights
reserved
2) Jaringan
Tumbuhan
Jaringan tumbuhan dikelompokkan menjadi dua, yaitu
jaringan meristem dan jaringan permanen.
Jaringan
meristem
Berdasarkan asal pembentukannya, jaringan meristem
dibagi tiga yaitu promeristem, meristem primer, dan meristem sekunder.
Sedangkan menurut letaknya, jaringan meristem dibedakan menjadi meristem
apikal, interkalar, dan lateral. Sementara itu, berdasarkan sifat-sifat dasar
selnya, jaringan meristem dibagi menjadi meristem primer dan meristem sekunder.
Jaringan
permanen
Jaringan permanen meliputi jaringan epidermis,
jaringan parenkim, jaringan penyokong (kolenkim dan sklerenkim), jaringan
pengangkut (xylem dan floem), serta jaringan gabus.
Fungsi
jaringan
Fungsi jaringan berbeda-beda sesuai letak, posisi,
usia, dan pengaruh faktor luar, yaitu:
A. Jaringan
Meristem
• Merupakan jaringan yang aktif membelah.
• Disebut juga jaringan meristematik atau embrional.
• Terdapat pada ujung akar, ujung batang, kambium
ikatan pembuluh.
• Tumbuh secara vertikal dan horizontal.
B. Jaringan
Permanen/Dewasa
1. Jaringan
pelindung yaitu Jaringan Epidermis.
• Merupakan selapis sel pipih, tipis dan rapat.
• Terletak paling luar/tepi.
• Memiliki lapisan kutikula/lilin.
• Berfungsi untuk menutupi permukaan daun, bunga, buah
dan akar.
2. Jaringan
Stereon/Penguat
a. Jaringan Sklerenkim
• Merupakan sel-sel yang telah mati, terdiri atas
fiber/serat dan sel batu/sklereid
• Mengalami penebalan pada seluruh dinding sel oleh
zat lignin/ zat kayu.
• Bersifat kaku/mudah patah.
• Berfungsi untuk melindungi dan menguatkan bagian
dalam sel.
b. Jaringan Kolenkim
• Penebalan terjadi di sudut-sudut sel oleh zat
selulose.
• Bersifat lentur/fleksibel.
• Mengandung klorofil.
• Terdapat pada batang, daun, buah dan akar.
• Berfungsi untuk menguatkan tubuh tumbuhan.
3) Jaringan
Parenkim
• Disebut juga jaringan dasar.
• Berada juga di berkas pengangkutan (BP).
• Bentuknya bermacam-macam seperti: tiang/palisade;
spons/bunga karang; bintang, dan lipatan.
• Selnya tipis dan terdapat ruang antar sel (r.a.s.).
• Berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, air,
udara, fotosintesis, dan transportasi.
4) Jaringan
Pengangkutan
a. Jaringan Xylem
• Disebut jaringan kayu.
• Terletak di bagian paling dalam.
• Memiliki trakeid yang mengalami penebalan.
• Berfungsi untuk mengangkut air, garam mineral dan
unsur hara dari akar ke daun dan seluruh
jaringan tubuh.
b. Jaringan Phloem
• Disebut juga jaringan tapis.
• Terletak di sebelah luar jaringan xylem.
• Memiliki sel tapis yang bentuknya kecil dan sel
tetangga.
• Berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari
daun ke seluruh tubuh tumbuhan.
5) Jaringan
Gabus/Periderm
• Merupakan sel pengganti epidermis yang telah mati.
• Mengandung zat suberin/zat gabus.
• Berfungsi sebagai pelindung dan jalur transportasi
air.
E. PENDEKATAN
/ STRATEGI / METODE PEMBELAJARAN
1.Pendekatan :
Scientific
2.Metode :
Diskusi
3.Model : Discovery
Learning
F. MEDIA ,
ALAT , DAN SUMBER PEMBELAJARAN
- Media
Komputer,
LCD(gambar),
mikroskop, preparat awetan
- Sumber Belajar
a) Buku IPA SMPkelas VII,Puskurbuk2013
b) Buku IPA SMP
kelas VII KTSP 2006, Erlangga
|
Pertemuan
Keempat (2 JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
Situasi(Stimulasi)
|
·
-Guru menyajikan gambar jaringan
dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan tentang: “apa yang dimaksud
dengan jaringan pada gambar”.
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan Tugas dan
Identifikasi Masalah
observasi
Pengumpulan data
verifikasi
generalisasi
|
- Membagi siswa
menjadi 8 kelompok
-Secara berkelompok, peserta didik melakukan kegiatan “apakah ada perbedaan antara jaringan hewan dan tumbuhan?”
·
Siswa akan memulai membaca
buku dan mengamati gambar jaringan pada hewan dan tumbuhan
·
Setiap kelompok mendiskusikan bagian-bagian jaringan pada hewan dan
tumbuhan
·
Setiap kelompok mendiskusikan fungsi bagian-bagian jaringan pada hewan
dan tumbuhan
·
Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusi tentang jaringan hewan dan tumbuhan
·
Membuat
kesimpulan tentang jaringan
hewan dan tumbuhan
|
30 menit
|
Penutup
|
|
-Siswa dan guru meriview kegiatan pembelajaran
-Siswa dan guru bertanyajawab
-Guru memberi penghargaan/pujian pada kelompok yang
kinerjanya bagus
|
5 menit
|
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
Situasi(Stimulasi)
|
·
-Guru menyiapkan mikroskop dan
meminta siswa untuk menjawab pertanyaan : “Apakah jaringan terbentuk dari kumpulan sel”
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan Tugas dan
Identifikasi Masalah
observasi
Pengumpulan data
verifikasi
generalisasi
|
- Membagi siswa
menjadi 8 kelompok
-Secara berkelompok, peserta didik melakukan kegiatan “Mengamati
, Apakah jaringan terbentuk dari kumpulan sel?”
·
Siswa akan menggunakan
mikroskop untuk mengamati jaringan daun dan batang pada tumbuhan dan hewan
·
Setiap kelompok mendiskusikan bagian-bagian jaringan pada tumbuhan dan
hewan
·
Setiap kelompok mendiskusikan fungsi bagian-bagian jaringan pada tumbuhan
dan hewan
·
Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusi tentang jaringan tumbuhan dan hewan
·
Membuat
kesimpulan tentang jaringan
tumbuhan dan hewan
|
100 menit
|
Penutup
|
|
-Siswa dan guru meriview kegiatan pembelajaran
-Siswa dan guru bertanyajawab
-Guru memberi penghargaan/pujian pada kelompok yang
kinerjanya bagus
|
10 menit
|
H. PENILAIAN
1. Metode dan
Bentuk Instrumen
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
·
Sikap
|
·
Lembar
Pengamatan Sikap
dan Rubrik
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian
dan Pilihan Ganda
|
·
Penilaian
Produk
|
·
Lembar
Penilaian Produk dan rubrik
|
2. Contoh
Instrumen Penilaian Sikap
a. Lembar Pengamatan
Sikap
1. Pengamatan
Perilaku Ilmiah
No
|
Aspekyangdinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa ingin tahu(curiosity)
|
|
|
|
|
2
|
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan pengamatan
|
|
|
|
|
3
|
Ketekunan dan tanggungjawab dalam
belajar
dan bekerja baik
secara individu
maupun berkelompok
|
|
|
|
|
4
|
Keterampilan
berkomunikasi
pada saat
belajar
|
|
|
|
|
RubrikPenilaian Perilaku
No
|
Aspekyang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukkan rasa
ingin
tahu
|
3: menunjukkan
rasa ingin tahu
yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan
rasa ingin tahu,namun
tidak terlalu antusias,
dan baru terlibat
aktif dalam kegiatan
kelompok
ketika disuruh
1: tidak menunjukkan
antusias
dalam pengamatan, sulit
terlibat aktif dalam
kegiatan
kelompok
walaupun
telah didorong
untuk
terlibat
|
2.
|
Ketelitian dan
hati-hati
|
3. mengamati gambar dengan sangat teliti
dan hati-hati
2. mengamati gambar dengan teliti dan
hati-hati
1. mengamati
gambar
dengan kurang teliti dan kurang hati-hati
|
3
|
Ketekunan dan tanggungjawab
dalam belajar
dan bekerja baik
secara individu
maupun berkelompok
|
3: tekun dalam
menyelesaikan
tugas dengan
hasil terbaik yang
bisa
dilakukan,
berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu
dalam menyelesaikan tugas,namun
Belum menunjukkan
upaya
terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan
tugas,dan tugasnya
tidak selesai
|
4
|
Berkomunikasi
|
4. aktif dalam
tanya jawab,
dapat mengemukaan
gagasan
Atau ide,menghargai
pendapat
siswa lain
3. aktif dalam
tanya jawab,
tidak ikut
mengemukaan
gagasan
Atau ide,menghargai
pendapat
siswa lain
1. aktif
dalam tanya jawab,
tidak ikut
mengemukaan
gagasan
atau ide,kurang
menghargai
pendapat
siswa lain
|
I.
Penilaian
pemahaman
II.
Instrumen soal Pengetahuan
SOAL URAIAN
1.
Jelaskan apa yang dimaksud jaringan
2.
Sebutkan macam jaringan hewan dan tumbuhan
3.
Jelaskan fungsi jaringan pada hewan
4.
Jelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan
Jawaban
- Jaringan adalah kumpulan dari sel-sel yang mempunyai bentuk dan fungsi sama
- Jaringan Hewan terdiri dari: epitel, konektif/penghubung, otot, dan syaraf
Jaringan Tumbuhan terdiri dari: Jaringan maristem dan jaringan permanen
- Jaringan pada hewan:
·
Epitel berfungsi untuk melindungi jaringan dibawahnya
·
konektif/penghubung berfungsi membeir kekuatan ,
bantuan dan pelindung pada bagian-bagian tubuh yang lemah/lunak
·
otot berfungsi sebagai alat gerak aktif
·
syaraf berfungsi sebagai penghubung /menanggapi adanya
rangsangan
- Jaringan pada Tumbuhan:
Jaringan maristem berfungsi untuk
pertumbuhan primer
jaringan permanen
jaringan epidermis berfungsi sebagai pelindung bagian daun, bunga, buah dan
akar;
jaringan skleremkin berfungsi untuk melindungi dan menguatkan bagian dalam
sel;
jaringan kolenkim berfungsi untuk menguatkan tubuh tumbuhan;
jaringan parenkim berfungsi menyimpan cadangan makanan;
jaringan xylem berfungsi mengangkut air dan zat mineral dari tanah ke daun
jaringan floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh
tubuh tumbuhan
jaringan gabus berfungsi untuk melindungi jalur transportasi air
RUBRIK PENILAIAN URAIAN
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
2
3
4
|
Jika jawaban terjawab dengan benar
Jika jawaban terjawab dengan benar
Jika jawaban terjawab dengan benar
Jika jawaban terjawab dengan benar
|
2
2
3
3
|
|
|
10
|
Contoh Penilaian Produk
Materi Pelajaran : system
organ dan organisme
NamaProduk :
Laporan Diskusi hasil
pengamatan
AlokasiWaktu : NamaPesertadidik
: Kelas :
No.
|
Tahapan
|
Skor (1 –5)*
|
1
|
Struktur laporan
|
|
2
|
Kesesuaian dengan materi
|
|
3
|
Kreatifitas
|
|
TOTALSKOR
|
|
Catatan :
*) Skor diberikan dengan rentang skor 1 sampai dengan 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepa tandalamproses
pembuatanmakasemakin
tinggi nilainya
|
LEMBAR KEGIATAN SISWA PERTEMUAN IV
I.
TUJUAN :
Mengetahui perbedaan antara jaringan hewan dan
tumbuhan
II.
ALAT DAN BAHAN:
Gambar jaringan hewan dan tumbuhan
III.
LANGKAH KEGIATAN;
1. Siswa akan memulai membaca buku dan mengamati
gambar jaringan pada hewan dan tumbuhan
2. Setiap
kelompok mendiskusikan bagian-bagian jaringan pada hewan dan tumbuhan
3. Setiap
kelompok mendiskusikan fungsi bagian-bagian jaringan pada hewan dan tumbuhan
4. Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi
tentang jaringan hewan dan tumbuhan
5. Membuat kesimpulan
tentang jaringan hewan dan tumbuhan
IV.
HASIL DISKUSI:
V.
KESIMPULAN:
VI.
KESIMPULAN
LEMBAR KEGIATAN SISWA PERTEMUAN V
I.
TUJUAN :
Apakah jaringan terbentuk dari kumpulan sel?
II.
ALAT DAN BAHAN:
1. Daun
2. Mikroskop
3. Gelas objek dan kaca penutup
4. Silet
5. Pewarna metilen biru
6. Pipet tetes.
III.
LANGKAH KEGIATAN
1) Pada
jaringan tumbuhan
a) Sayat
daun atau batang tumbuhan dengan membujur atau melintang setipis
mungkin!
b) Letakkan
di atas gelas objek dan tetes dengan pewarna metilen biru!
Kemudian,
tutup dengan kaca penutup!
c) Amati
di bawah mikroskop! Gambarlah jaringan tumbuhannya!
d) Kemudian
bandingkan dengan Gambar 4.8.
2) Pada
jaringan hewan
a) Siapkan
preparat awetan hewan yang ada di sekolahmu!
b) Amati
di bawah mikroskop! Gambarlah jaringan-jaringan hewan tersebut!
IV.
TABEL PENGAMATAN
Gambar jaringan tumbuhan dan keterangannya
gambar
|
keterangan
|
|
|
Gambar jaringan hewan dan keterangannya
gambar
|
keterangan
|
|
|
V.
KESIMPULAN