Sunday 3 November 2013

RPP IPA KELAS 7 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 : ORGAN PADA TUMBUHAN, HEWAN DAN MANUSIA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(PERTEMUAN VI)


Satuan Pendidikan      :  SMP
Mata Pelajaran            :  IPA
Kelas/Semester          :  Kelas VII / I
Topik                           :   Sistem Organisasi Kehidupan
Sub Topik                    :   Organ pada tumbuhan, hewan , dan manusia
Alokasi  Waktu            :  2 X  40 menit ( 1 kali tatap muka)

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Melalui pengamatan lingkungan sekitar, peserta didik dapat mengembangkan  keterampilan   perilaku  rasa  ingin  tahu,  teliti,  jujur,  tekun,  tanggungjawab,  mengagumi keteraturan dan kompleksitas makhluk hidup dan benda tak hidup sebagai ciptaan Tuhan dan  saling menghargai pendapat melalui kegiatan pengamatan, diskusi kelompok.
2.    Melalui observasi lingkungan sekitar dan penemuan, siswa dapat menjelaskan berbagai macam organ pada tumbuhan, hewan, dan manusia.
3.    Berdasarkan hasil observasi dan penemuan, siswa dapat mengkomunikasikan berbagai macam organ pada tumbuhan, hewan, dan manusia beserta fungsinya masing-masing.

B.   KOMPETENSI DASAR
1.1      Mengagumi keteraturan dan kompleksitas  ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam  pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.4  Mendeskripsikan keragaman pada system organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism, serta komposisi bahan kimia utama penysusn sel.
4.5  Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya.
4.6  Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan.

C.   INDIKATOR
1.    Mengagumi keteraturan dan kompleksitas organ pada tumbuhan, hewan, dan manusia beserta fungsinya, sebagai ciptaan Tuhan.
2.    Menunjukkan sikap teliti, cermat, tekun , kritis dan bertanggung jawab ketika melakukan pengamatan   dan penemuan organ pada tumbuhan, hewan, dan manusia sebagai wujud  implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi.
3.     Mengidentifikasi  organ pada tumbuhan, hewan, dan manusia.
4.    Menyajikan dan mengkomunikasikan hasil observasi dan penemuan tentang organ pada tumbuhan, hewan, dan manusia.

D.   MATERI
1.      Tuhan telah menciptakan berbagai jenis makhluk hidup dengan sangat teratur. Tuhan juga menciptakan alam semesta ini dengan sempurna, Makhluk hidup merupakan organisme yang kompleks.
2.      Organisme hidup (tumbuhan, hewan, dan manusia) tersusun atas satuan terkecil kehidupan yaitu sel. Sel pada organisme membentuk jaringan hidup, yang kemudian jaringan-jaringan dengan fungsi yang sama membentuk organ yang menjalankan fungsi tertentu.
3.    Organ merupakan sekumpulan jaringan yang memiliki fungsi dan struktur sama. Setiap organ menjalankan fungsinya dan didukung oleh organ lainnya sehingga membentuk system organ. Organ pada hewan beragam kelengkapannya, semakin tinggi tingkatan suatu hewan maka organ-organnya semakin lengkap. Misalnya antara ikan dengan sapi, tentunya organ pada sapi lebih banyak dan kompleks dibandingkan organ pada ikan. Organ pada manusia lebih lengkap dibandingkan hewan.
4.    Organ yang dimiliki hewan tingkat tinggi dan manusia antara lain mata, paru-paru, jantung, hati, lambung, ginjal, telinga, dan kulit. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Mata berfungsi untuk melihat. Organ ini antara lain terbentuk dari jaringan otot dan jarigan saraf. Paru-paru berfungsi sebagai alat pernapasan. Organ ini antara lain terbentuk dari jaringan otot dan jaringan saraf. Jantung berfungsi memompa darah supaya beredar ke seluruh tubuh. Organ ini antara lain terbentuk dari jaringan otot jantung, jaringan pengikat, dan jaringan saraf. Hati berfungsi sebagai tempat menawarkan racun yang terbentuk dalam tubuh. Organ ini antara lain terbentuk dari jaringan otot, jaringan pengikat, dan jaringan saraf. Lambung merupakan organ yang berfungsi sebagai salah satu alat pencernaan. Organ ini antara lain terbentuk dari jaringan epitel, jaringan otot polos, dan jaringan pengikat. Telinga berfungsi sebagai alat pendengaran dan keseimbangan tubuh. Organ ini terbentuk antara lain oleh jaringan otot, jaringan epitel, dan jaringan saraf. Kulit berfungsi sebagai pelindung tubuh dan pengaturan suhu. Organ ini terbentuk antara lain oleh jaringan otot, jaringan epitel, dan jaringan saraf.
5.    Organ-organ pokok yang terdapat pada tumbuhan adalah akar, batang, dan daun. Bunga dan buah bukan merupakan organ pokok pada tumbuhan, keduanya merupakan cabang yang berubah bentuk dan tumbuh terbatas. Daun tersusun oleh jaringan epidermis, jaringan tiang, jaringan bunga karang, dan jaringan pengangkut. Fungsi daun adalah sebagai tempat fotosintesis yang menghasilkan makanan untuk kehidupan tumbuhan itu sendiri, dan berfungsi sebagai organ pernapasan. Akar tersusun oleh jaringan epidermis, jaringan parenkim, dan jaringan pengangkut. Jaringan-jaringan tersebut bekerja sama sehingga akar dapat berfungsi sebagai organ penyerap air dan zat hara (mineral), sebagai penegak batang dan organ pernapasan. Batang tersusun oleh jaringan epidermis, jaringan parenkim, jaringan korteks, jaringan silinder pusat, dan jaringan pengangkut. Fungsi batang adalah sebagai alat pengangkutan, dan penopang tubuh tumbuhan. Pada beberapa jenis tumbuhan, batang berperan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan cadangan.
6.    Telinga berfungsi sebagai alat pendengaran dan keseimbangan tubuh. Organ ini terbentuk antara lain oleh jaringan otot, jaringan epitel, dan jaringan saraf.
7.    Kulit berfungsi sebagai pelindung tubuh dan pengaturan suhu. Organ ini terbentuk antara lain oleh jaringan otot, jaringan epitel, dan jaringan saraf.

E.    PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.  Pendekatan                 :  Scientific
2.  Metode                        :  kooperatif dan Diskusi
3.  Model                          :  Discovery-inquiry Learning

F.    MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.  Media
     Lingkungan, Charta , Laptop, LCD 
2.  Alat dan Bahan
a.    Alat          : gunting, silet penyayat, selotip. Spidol, kertas plano
b.    Bahan      : tumbuhan , Torso Manusia
*) siswa diminta membawa tumbuhan dari rumah
3.   Sumber Belajar
a)  Buku  IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013 
b) LKS  Sistem organisasi kehidupan
c) Artikel  system organisasi kehidupan
d) Internet
G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Langkah-Langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Pendahu
luan
Menciptakan Situasi (Stimulasi)
·               Pemusatan perhatian : 
a.    Guru  memperlihatkan fenomena alam melalui Koran atau tayangan video berita orang jual organ untuk sesuap nasi dan video tumbuhan ( sumber : youtube). Berdasar tayangan tersebut peserta didik diminta berpikir kritis terkait organ yang menyusun organisme tumbuhan dan hewan.

b.    Guru  menyampaikan  tujuan  dan  manfaat  mempelajari mempelajari organ pada tumbuhan,hewan, dan manusia.

10 menit
Kegiatan Inti
Pembahasan Tugas  dan  Identifikasi  Masalah





Observasi



Pengumpulan  data


Pengolahan  data dan analisis







Verifikasi







·               Menyampaikan  informasi  tentang  kegiatan    yang  akan dilakukan
·               Membagi  Lembar Kerja dan peserta didik diminta membacanya
·               Guru menjelaskan hal-hal yang ada pada Lembar Kerja

·               Membagi siswa  dalam tatanan kelompok. 
·               Peserta didik melakukan kegiatan sesuai dengan panduan Lembar Kerja

·               Mengumpulkan data yang dibutuhkan sesuai dengan panduan di  Lembar Kerja

·               Mencatat, mengolah  dan  menganalisis  data  dari  setiap  pengamatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada Lembar Kerja.
·               Membuat laporan observasi dan penemuan sesuai dengan panduan pada Lembar Kerja.

·               Presentasi hasil percobaan
·               Diskusi  organ penyusun tumbuhan dan hewan berdasarkan hasil  data hasil observasi dan penemuan
·               Membuat  kesimpulan    tentang   organ pada tumbuhan, hewan, dan manusia beserta fungsinya
60 menit
 Penutup
Generalisasi
·           Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran   
·           Guru  memberikan  penghargaan  (misalnya  pujian  atau bentuk  penghargaan  lain  yang  relevan)  kepada kelompok yang berkinerja baik
·           Siswa  menjawab  kuis  tentang  organ pada tumbuhan dan hewan
·           Pemberian tugas untuk mempelajari pemanfaatan.
·           Ditayangkan video kembali untuk menjawab secara kritis masalah yang tersirat di tayangan tersebut
·           Hasil Kerja kelompok dipajang agar dapat dilihat semua peserta didik
10 menit

H.   PENILAIAN
1.  Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis
Uraian
Tes Unjuk Kerja
Laporan hasil Observasi Siswa

2. Instrumen
a.  Lembar Pengamatan Sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
mengagumi  organ pada tumbuhan dan hewan  beserta fungsinya sebagai wujud kebesaran Tuhan dalam nemcipta




2
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)




3
menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok





    Rubrik Penilaian Sikap
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Mengagumi  organ pada tumbuhan dan hewan  sebagai wujud kebesaran Tuhan dalam mencipta
1: menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap  organ pada tumbuhan dan hewan beserta fungsinya   dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan

 2: belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap organ pada tumbuhan dan hewan beserta fungsinya .

 3: belum menunjukkan ekspresi kekaguman, atau menaruh minat terhadap  organ pada tumbuhan dan hewan beserta fungsinya   dan    atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
2
Menunjukkan rasa ingin tahu
1: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
3: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
3
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
1: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
3: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

b.      Tes Uraian
1.    Apa yang dimaksud dengan organ?
2.    Gambarkan satu contoh tumbuhan, kemudian identifikasikan bagian organ yang sesuai !
3.    Jelaskan fungsi dari organ pada Tumbuhan !
4.    Bagaimanakah jika tumbuhan tidak memiliki salah satu organ pada bagian tubuhnya?
5.    Jelaskan fungsi dari organ pada hewan vertebrata dan manusia !
6.    Bagaimanakah jika hewan atau manusia tidak memiliki satu organ pada bagian tubuhnya?
Kunci jawaban dan pedoman penskoran Tes Soal Uraian
Jawaban soal nomor
1.    Organ adalah bagian yang tersusun atas beberapa jaringan yang sama dan menjalankan fungsi tertentu.
1: bunga
2,4,5: daun
6: buah
7. akar

1.       Dan
 

2.     





3.    Daun: sebagai tempat fotosintesis
Batang:  menegakkan tumbuhan, tempat melekatnya cabang, alat  transprotasi  air dan unsur hara, dan hasil fotosintesis, cadangan makanan
Akar: menegakkan tanaman, alat penyerapan air, cadangan makanan
Buah:  cadangan makanan
Bunga:  alat reproduksi
4.    Jika tumbuhan tidak memiliki salah satu organ utama (daun, batang, atau akar) maka tumbuhan itu tidak bisa hidup. Namun jika tumbuhan tidak memiliki organ tambahan (buah atau bunga) maka tumbuhan tersebut masih bisa hidup.
5.    Mata berfungsi untuk melihat.; Paru-paru berfungsi sebagai alat pernapasan; Jantung berfungsi memompa darah supaya beredar ke seluruh tubuh.; Hati berfungsi sebagai tempat menawarkan racun yang terbentuk dalam tubuh.; Lambung merupakan organ yang berfungsi sebagai salah satu alat pencernaan; Telinga berfungsi sebagai alat pendengaran dan keseimbangan tubuh; Kulit berfungsi sebagai pelindung tubuh dan pengaturan suhu. ; ginjal sebagai alat eksresi, Usus berfungsi sebagai alat pencernaan
6.    Jika hewan atau manusia tidak memiliki salah satu organ saja maka masih bisa hidup tetapi tidak normal. Contoh: jika tidak memiliki mata maanusia masih bisa hidup



Kriteria penilaian Tes Soal uraian
Kriteria
Skor
Jawaban benar dan lengkap
5
Jawaban benar tetapi tidak lengkap
3
Jawaban salah
1
Tidak menjawab
0

Pengembangan Kompetensi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar

  Pada tanggal 19 Desember 2023 GTK Kemdikbudristek telah merilis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Meng...