RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
03
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/ Semesteran : VII / Semester I
Topik : Perubahan benda-benda di sekitar kita
Sub
topik : Manakah yang termasuk perubahan fisika dan
perubahan kimia
Alokasi
waktu : 2
x 40 menit ( 1
kali tatap muka )
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan kajian LKS ,Siswa dapat
mengidentifikasi bahan percobaan untuk perubahan fisika dan kimia
2.
Disediakan beberapa bahan,siswa terampil
melakukan percobaan perubahan fisika dan kimia
3.
Dengan percobaan memanaskan
es,mengunting kertas,melarutkan gula,siswa dapat menjelaskan pengertian
perubahan fisika
4.
Dengan percobaan membakar kertas,siswa
dapat menjelaskan pengertian perubahan kimia
5.
Dari hasil pengamatan percobaan siswa dapat
menjelaskan perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia
6.
Dengan mengamati apel yang diiris,mendekatkan
nyala api diatas baking soda dan cuka ,meniup larutan air kapur ,Siswa dapat
menjelaskan ciri-ciri perubahan kimia
7.
Siswa dapat mengembangkan perilaku rasa
ingin tahu ,teliti,jujur,tekun,tanggung jawab dan saling menghargai pendapat
melalui kegiatan praktikum dan diskusi kelompok.
8.
Siswa dapat mengidentifikasi peristiwa terjadinya perubahan fisika dan
kimia didalam kehidupan sehari-hari.
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingin
tahu,objectif,jujur,teliti,cermat,tekun,hati-hati,bertanggung jawab,terbuka,kritis,kreatif,inovatif,dan
peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari
1.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam akrivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
2.3. Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
3.5. Memahami karakteristik
zat,sertaperubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan
untuk kehidupan
sehari-hari.
4.6.
Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia zat.
C.
INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi bahan percobaan untuk
perubahan fisika dan kimia
2.
Menjelaskan pengertian perubahan fisika dan
perubahan kimia
3.
Terampil melakukan percobaan perubahan
fisika dan kimia
4.
Mengidentifikasi perubahan fisika dan
perubahan kimia
5.
Menjelaskan ciri – ciri perubahan kimia
6.
Mengembangkan rasa ingin tahu,teliti,dan
peduli lingkungan melalui diskusi,kerja kelompok dan melakukan percobaan
perubahan fisika dan kimia.
7.
Menunjukkan ketekunan ,tanggung
jawab,saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu
maupun kelompok.
8.
Menunjukkan peristiwa perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari
.
D.
MATERI
·
Perubahan zat ada 2 yaitu perubahan
fisika dan perubahan kimia
·
Perubahan fisika yaitu perubahan zat
yang tidak disertai dengan terbentuknnya zat
baru
·
Perubahan kimia yaitu perubahan zat yang
menghasilkan zat baru dengan sifat kimia yang berbeda dengan sifat kimia yang
berbeda dengan zat asalnya.
·
Ciri-ciri perubahan kimia :
-
Terbentuk gas
-
Terbentuk endapan
-
Terjadi perubahan warna
-
Terjadi perubahan suhu
E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
-
1.
|
Pendekatan
|
:Scientific
|
2.
|
Metode
|
:DiskusidanEksperimen
|
3.
|
Model
|
: Discovery
Learning
|
-
F.
MEDIA,ALAT, DANSUMBERPEMBELAJARAN
1. Media
* Komputer,LCD
2. Alatdan Bahan
:
* Alat :
gunting,pisau,pembakar spirtus,gelas,sendok,korek api
*
Bahan : kertas,gula,apel,air,baking
soda,sedotan minuman,es,air kapur, cuka
3. Sumber Belajar
a. Buku IPA siswa kelas VII
,Puskurbuk 2013
b. LKS
percobaan perubahan fisika dan kimia
c.
sumber lain dari internet
G.KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah –langkah model Discovery Learning
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi (Stimulasi )
|
Pemusatan perhatian:
Guru
memperlihatkan percobaan kertas dibakar . Kemudian guru mengajukan pertanyaan
:
·
Dari
percobaan tersebut zat apa yang dihasilkan ?
·
Apakah sifat zat tersebut sama dengan kertas ?
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Pembahasan
tugas
Observasi
Pengumpulan
data
Pengolahan
data dan analisa
Verifikasi
Generalisasi
|
· Guru
menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu perubahan
kimia dan ciri-ciri yang ditimbulkan
· Guru membagi
siswa dalam 6 kelompok
· Diskusi
kelompok untuk mengkaji LKS perubahan
kimia.
· Melakukan
percobaan perubahan kimia.
Siswa
mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan pada LKS
· Mengolah data
dan menganalisis dari setiap percobaan untuk menjawab pertanyaan pada LKS
· Presentasi
hasil percobaan
· Diskusi ciri –
ciri perubahan kimia
· Membuat
kesimpulan tentang perubahan kimia serta ciri-cirinya.
|
50 menit
|
Penutup
|
|
·
Siswa dan guru mereview hasil kegiatan
pembelajaran
·
Guru memberikan reward kepada kelompok yang
kinerjanya baik
·
Siswa menjawab pertanyaan tentang perubahan kimia
dan ciri-cirinya.
·
Pemberian tugas untuk mencari contoh perubahan
kimia yang ada disekitar kehidupan siswa.
|
20 menit
|
H .PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Penilaian
Metode
|
Bentuk
Penilaian
|
·
Sikap
|
·
Lembar
pengamatan sikap dan rubrik
|
·
Tes unjuk
kerja
|
·
Tes penulisan
kinerja
|
·
Tes tertulis
|
·
Tes uraian
|
Pengamatan Sikap
1. Pengamatan Perilaku Ilmiah
NO
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
SKOR
|
KETR.
|
|||
3
|
2
|
1
|
JML
|
|||
1
|
Keingintahuan
|
|
|
|
|
|
2
|
Ketelitian dan
kehati-hatian dalam percobaan
|
|
|
|
|
|
3
|
Ketekunan dan
tanggung jawab dalam belajar
|
|
|
|
|
|
4
|
Ketrampilan
berkomunikasi
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor
|
|
|
Rubrik Penilaian
1.
Aspek
Keingintahuan
Skor 3 jika
menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kelompok
Skor
2 jika menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, tidak terlalu antusias, aktif
dalam kelompok jika didorong
Skor
1 jika tidak menunjukkan antusias, sulit terlibat aktif dalam kelompok meski
sudah didorong
2.
Aspek
ketelitian dan kehati-hatian
Skor 3 jika melakukan kegiatan sesuai
dengan prosedur dan menunjukkan sikap hati-hati
Skor
2 jika melakukan kegiatan sesuai dengan prosedur dan menunjukkan sikap kurang
hati-hati/ ceroboh
Skor
1 jika melakukan kegiatan kurang sesuai dengan prosedur dan menunjukkan sikap
ceroboh
3.
Aspek
ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar
Skor
3 jika melakukan kegiatan dengan tekun berupaya menghasilkan yang terbaik
dan tepat waktu
Skor
2 jika melakukan kegiatan dengan tekun tidak tepat waktu
Skor
1 jika kurang tekun dalam melakukan kegiatan dan tidak tepat waktu
4.
Aspek
keterampilan berkomunikasi
Skor
3 jika aktif tanya jawab, mengemukakan gagasan sendiri, menghargai gagasan
orang lain
Skor
2 jika aktif tanya jawab, tidak mengemukakan gagasan, menghargai gagasan orang
lain
Skor
1 jika aktif tanya jawab, tidak mengemukakan gagasan, kurang menghargai gagasan
orang lain
LEMBAR PENGAMATAN KEGIATAN PRAKTIKUM
Nama :
.....................................................
Kelas :
.....................................................
Judul Praktikum : Perubahan Kimia dan ciri-cirinya
NO
|
ASPEK
KINERJA YANG DINILAI
|
PENILAIAN
|
KETERANGAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
A
|
PERSIAPAN
|
|
|
|
|
1.
Membawa bahan praktikum
|
|
|
|
|
2.
Membersihkan alat yang digunakan
|
|
|
|
|
3.
Mengecek kesiapan alat
|
|
|
|
|
4.
Membaca prosedur dan langkah kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B
|
SELAMA
KEGIATAN PRAKTIKUM
|
|
|
|
|
a.
Menggunakan alat dan bahan
|
|
|
|
|
1.
Membawa bahan tidak berceceran
|
|
|
|
|
2.
Mengambil alat dan bahan sesuai kebutuhan
|
|
|
|
|
3.
Merancang alat dengan benar
|
|
|
|
|
4.
Langkah sesuai prosedur
|
|
|
|
|
b.
Sikap
|
|
|
|
|
1.
Konsentrasi pada kegiatan
|
|
|
|
|
2.
Aktif
|
|
|
|
|
3.
Bekerja sama
|
|
|
|
C
|
KEGIATAN AKHIR
PRAKTIKUM
|
|
|
|
|
1.
Membersihkan alat dengan baik
|
|
|
|
|
2.
Membersihkan meja praktikum
|
|
|
|
|
3.
Mengembalikan alat ke tempat semula
|
|
|
|
INSTRUMEN PENILAIAN
1.
Mengapa
ketela menjadi tape termasuk perubahan kimia ?jelaskan berdasarkan pengamatanmu sehari - hari
2.
Identifikasikan
perubahan berikut ini kedalam perubahan fisika atau kimia ?
a.
Susu
jadi keju
b.
Pembuatan
yogurt
c.
Pernafasan
d.
Bom
meledak
e.
Makan
menjadi basi
3.
Pada
saat kalian membakar sampah ,hal apa saja yang bisa menunjukkan adanya
perubahan kimia ? jelaskan.
LEMBAR KERJA SISWA
Benda-benda yang
kita kenal dalam kehidupan sehari –hari seringkali mengalami
perubahan.Perubahan tersebut ada yang dapat diamati secara langsung ada juga
yang memerlukan waktu lama untuk mengamatinya.perubahan benda tersebut dikenal
dengan perubahan materi.Perubahan materi dapat berlangsung melalui dua cara
yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia.
Untuk
mengidentifikasi perubahan kimia kita perlu mengetahui ciri-ciri yang
ditimbulkan.Untuk itu cobalah lakukan kegiatan berikut ini :
Kegiatan 1
PERUBAHAN KIMIA
PADA BUAH APEL
I . Tujuan : Mengamati perubahan kimia pada buah
apel yang dikupas
II. Alat dan
Bahan :
Buah
apel 1 buah
Pisau /cater 1 buah
III. Cara Kerja
:
-
Siapkan
satu buah apel
-
Belah
menjadi 3 bagian dengan menggunakan kater
-
Letakkan
buah apel yang sudah dipotong diatas
meja
-
Biarkan
beberapa saat
-
Amati
apa yang terjadi pada buah apel tersebut ?
-
Catat
hasil pengamatanmu pada lembar LKS
IV.
Pengamatan :
Nama
|
Kondisi warna
|
|
Saat dikupas
|
Setelah
beberapa saat
|
|
Apel
|
....................
|
.............................
|
V. PERTANYAAN
1. Apa yang dihasilkan oleh buah apel
setelah dikupas ?
2. Mengapa hal itu bisa terjadi ?
3. Apa kesimpulan yang dapat di ambil dari percobaan tersebut
diatas
Kegiatan II
Membuat
pemadam api
I . Tujuan : Mengamati reaksi antara cuka dan baking
soda
II Alat dan bahan :
-
Gelas
beker
-
Sedotan
minuman
-
Korek
api
-
Baking
soda ( soda kue )= NaHCO3
-
Cuka
III Cara Kerja :
-
Sediakan
2 buah gelas bekker tandai dengan gelas A dan gelas B
-
Tuangkan
3 sendok cuka kedalam gelas A
-
Tuangkan
1 sendok penuh baking soda kedalam gelas B
-
Nyalakan
sedotan minuman dan arahkan di atas gelas A kemudian amati apa yang terjadi ?
-
Campur
cuka dari gelas A dengan baking soda dari gelas B ke gelas C.arahkan nyala api sedotan
diatas campuran tersebut amati apa yang terjadi ?
-
Catat
hasil pengamatanmu dalam LKS
IV Hasil
Pengamatan
Nama benda
|
Kondisi api
|
Gelas A ( cuka
)
|
|
Gelas B (
Baking soda )
|
|
Gelas C ( Cuka
+ Baking soda )
|
|
V. Pertanyaan
1. Bagaimana kondisi api saat berada
diatas gelas berisi cuka ?mengapa hal itu bisa terjadi
2. Bagaimana kondisi api saat berada
diatas gelas berisi baking soda ? mengapa hal itu bisa terjadi ?
3. Bagaimana kondisi api saat berada
diatas campuran cuka dan baking soda ? mengapa hal itu bisa
terjadi ?