RencanaPelaksanaanPembelajaran
Pertemuan 07
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: VII/ I
Topik : Sistem Organisasi Kehidupan
Sub Topik : Sistem Organ dan Organisme
Alokasi
Waktu : 3 X 40 menit (1 x TM)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan diskusi
dan observasi, siswa dapat :
1.
Menjelaskan
konsep sistem
organ dan organisme.
2.
Menyebutkan
sistem
organ yang menyusun organisme.
3.
Menyampaikan di muka kelas
melalui kegiatan
presentasi hasil proyek sel
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia
dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah
(memiliki
rasa
ingin
tahu; objektif;
jujur; teliti;
cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam
aktivitas
sehari-hari
3.3. Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan
benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan
berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
4.3. Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap
benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
C. INDIKATOR
1.
Menjelaskan
konsep sistem
organ dan organisme.
2.
Menyebutkan
3 contoh sistem organ yang menyusun
organisme.
3.
Menyampaikan di
muka kelas melalui kegiatan
presentasi hasil proyek sel
D. MATERI
Sistem Organ dan Organisme
- Beberapa organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi kerja tertentu disebut dengan sistem organ.
- Macam-macam organ
a.
Sistem
pencernaan
1)
Mulut
(lidah, gigi),
2)
faring,
3)
esofagus,
4)
lambung,
5)
usus
halus,
6)
usus
besar,
7)
hati,
8)
rektum,
9)
pankreas,
10)
anus
b.
Sistem
pernapasan
1)
Hidung,
2)
faring,
3)
epiglottis,
4)
laring,
5)
trakea,
6)
bronkus,
7)
paru-paru,
8)
diafragma
c. Sistem gerak (rangka)
Tulang
d.
(Otot)
|
e. Sistem transportasi/
sirkulasi/ peredaran darah
|
f.
|
g. Sistem Reproduksi
|
E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Observasi dan Diskusi
3.
Model : Discovery Learning
F. MEDIA, ALAT DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
1.
Media : Charta,LCD
2.
Alat : Mata dan pensil/pulpen
3.
Sumber
Belajar
a. Buku IPA SMP kelas VII,Puskurbuk2013
b. Bagan gambar
organ dan sistem organ
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh
(3JP)
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan
|
TahapanPokok
|
KegiatanPembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Persiapan
Motivasi
|
· Guru memberi salam pada siswa,
menanyakan keadaan siswa
· Guru menanyakan
kepada siswa pengertian “
organ dan sistem organ dan memberi contoh.
· Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat mempelajari organ, sistem organ dan organisme
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Orientasi siswa pada masalah
|
· Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan observasi dan
diskusi
· Membagi siswa dalam kelompok-kelompok
· Guru menyajikan gambar sistem organ pencernaan dan meminta siswa menyebutkan alat-alat
pencernaan secara urut dilanjutkan menyebutkan fungsi masing-masing organ.
· Guru menyajikan gambar sistem organ pernapasan dan meminta siswa menyebutkan alat-alat
pernapasan secara urut dilanjutkan menyebutkan fungsi masing-masing organ.
· Disajikan gambar sistem organ gerak
dan meminta menyebutkan alat-alat gerak secara urut dilanjutkan
menyebutkan fungsi masing-masing organ.
· Disajikan gambar sistem organ otot , guru menyebutkan macam otot
(polos, lurik, jantung) dan meminta siswa mengamati dan memahami
· Disajikan gambar sistem organ tranportasi dan meminta siswa menjelaskan fungsi tranportasi pada
tubuh (mengangkut oksigen dan zat makanan atau mengangkut hasil metabolisme dan sisanya
untuk dikeluarkan dari tubuh.
· Disajikan gambar sistem organ ekskresi dan meminta siswa menyebutkan nama organ
dan fungsinya pada gambar tersebut.
· Disajikan gambar dan menunukan
nama sistem organ reproduksi dan meminta siswa memahami.
· Siswa diberi LKS
· Siswa Siswa melakukan pengamatan pada LKS
· Siswa mencatat hasil observasi gambar
|
50 menit
|
|
Mengorganisasi siswa dalam belajar
|
· Siswa membentuk kelompok belajar sesuai
arahan guru
· Siswa diminta
mendiskusikan organ dan sistem organ
|
|
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil diskusi
|
· Siswa menyajikan laporan pembahasan hasil temuan, penarikan
kesimpulan di depan kelas (diskusi kelas).
|
|
Penutup
|
· Memberikan penghargaan pada kelompok
yang bisa menjawab dengan baik dari gambar-gambar yang disajikan.
· Siswa dan Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah
dipelajari siswa
|
10 menit
|
H. PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
·
Observasi Perilaku
|
·
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
·
Tes tertulis
|
·
Lembar tes tertulis dan rubrik
|
·
Penilaian
Produk
|
·
Lembar
Penilaian Produk dan rubrik
|
2. Contoh
Instrumen
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspekyangdinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa ingin tahu(curiosity)
|
|
|
|
|
2
|
Ketelitian dalam melihat gambar
|
|
|
|
|
3
|
Ketekunan
dan tanggungjawab dalam
belajar dan bekerja baik secara
individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
4
|
Keterampilan berkomunikasi pada
saat belajar
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu
|
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
antusias, aktif dalam
dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu,namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat
aktif dalam kegiatan kelompok ketika
disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan,
sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
2.
|
Ketelitian
|
3. mengamati hasil percobaan
sesuai prosedur,hati-hati dalam melakukan percobaan
2. mengamati hasil percobaan
sesuai prosedur,kurang hati- hati dalam melakukan percobaan
1. mengamati hasil percobaan
sesuai prosedur,
kuran ghati-
hati dalam
melakukan percobaan
|
3
|
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
3: tekun dalam menyelesaikan
tugas dengan hasil terbaik yang bias dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas,namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas,dan tugasnya tidak selesai
|
4
|
Berkomunikasi
|
3. aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai
pendapat siswa lain
1. aktif dalam tanyaj awab, tidak
ikut mengemukaan gagasan
atau ide,kurang menghargai pendapat siswa lain
|
Penilaian Pemahaman
1. Jelakan
apa pengertian dari sistem
organ dan organisme.
2. Sebutkan semua sistem
organ yang menyusun organisme.
3. Sebutkan
organ –organ yang menyusun sistem
pencernaan
Kunci Jawaban
- Sistem organ adalah gabungan dari organ yang mempunyai fungsi sama dalam satu sistem.
Organisme adalah Makluk hidup/induvidu
yang sudah merupakan kesatuan sistem organ
- Sistem organ terdiri dari sistem pencernaan, pernapasan, gerak, , otot, trasportasi, ekskresi dan reproduksi
- Organ dari sistem pencernaan terdiri dari
1)
Mulut
(lidah, gigi),
2)
faring,
3)
esofagus,
4)
lambung,
5)
usus
halus,
6)
usus
besar,
7)
hati,
8)
rektum,
9)
pankreas,
10)
anus
Penilaian Produk
Materi Pelajaran : sistem organ dan organisme
Nama Produk : Laporan Diskusi hasil pengamatan
Alokasi Waktu :
Nama Peserta didik : Kelas :
No.
|
Tahapan
|
Skor (1 –5)*
|
1
|
Struktur laporan
|
|
2
|
Kesesuaian dengan materi
|
|
3
|
Kreatifitas
|
|
TOTAL SKOR
|
|
Catatan :
*) Skor diberikan
dengan rentang skor
1 sampai
dengan 5, dengan
ketentuan
semakin
lengkap
jawaban
dan
ketepatan dalam proses
pembuatan maka semakin tinggi
nilainya
LEMBAR KEGIATAN SISWA
NAMA KELOMPOK :
- ......
- .......
- ..........
- .........
TOPIK :
SEBUTKAN BAGIAN-BAGIAN DARI GAMBAR DIATAS:
1. ….
2. ….
3. …..
4. …..
5. ……..
SEBUTKAN BAGIAN-BAGIAN DARI GAMBAR DIATAS:
1. ….
2. ….
3. …..
4. …..
5. …..
SEBUTKAN BAGIAN-BAGIAN DARI GAMBAR DIATAS:
1. ….
2. ….
3. …..
4. …..
5. …..
6. ……
7. …….
8. …….
9. ……..
10. ……..
11. ……………
Diskusikan
Perhatikan gambar dibawah ini!
SEBUTKAN BAGIAN-BAGIAN DARI GAMBAR DIATAS:
1. ….
2. ….
3. …..
4. …..
5. …..
6. ……
Asah
Kemampuan
1.
Apa
yang dimaksud dengan
a.
sistem organ
b.
organisme
2.
Jelaskan
salah satu sistem organ yang terdapat pada manusia dan sistem organ yang
terdapat pada tumbuhan!
- Apa yang terjadi apabila salah satu organ penyusun sistem organ mengalami gangguan fungsi?
- Perhatikan gambar sel dibawah ini!
a.
Apakah sel tersebut memiliki dinding sel? Mengapa sel ini
memiliki dinding sel?
b.
Apa yang terjadi bila bagian yang ditunjuk huruf A tidak
berfungsi dengan baik?
c.
Bagian sel manakah yang menjadi pemasok energi sel
tersebut?
- Mengapa penemuan mikroskop sangat berguna bagi manusia?
- Perhatikan gambar sistem dibawah ini!
- Mengapa burung angsa dapat terbang diatas pegunungan himalaya?