Thursday, 7 November 2013

RPP IPA Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 : Sistem Organ dan Organisme



RencanaPelaksanaanPembelajaran
Pertemuan 07


Satuan Pendidikan                             :      SMP
Mata Pelajaran                                   :      IPA
Kelas/Semester                                  :      VII/ I
Topik                                                  :      Sistem Organisasi Kehidupan
Sub Topik                                           :      Sistem Organ dan Organisme
Alokasi Waktu                                    :      3 X 40 menit (1 x TM)

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan diskusi dan observasi, siswa dapat :
1.   Menjelaskan konsep sistem organ dan organisme.
2.   Menyebutkan  sistem organ yang menyusun organisme.
3.   Menyampaikan di muka kelas melalui kegiatan presentasi hasil proyek sel

B.  KOMPETENSI DASAR
1.1   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;  hati-hati;  bertanggung  jawab;  terbuka;  kritis;  kreatif;  inovatif  dan  peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
3.3.  Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
4.3.  Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar

C.   INDIKATOR
1.    Menjelaskan konsep sistem organ dan organisme.
2.    Menyebutkan  3 contoh sistem organ yang menyusun organisme.
3.    Menyampaikan  di muka kelas melalui kegiatan presentasi hasil proyek sel

D.  MATERI
Sistem Organ dan Organisme
  1. Beberapa organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi kerja tertentu disebut dengan sistem organ.
  2. Macam-macam organ
a.    Sistem pencernaan

1)    Mulut (lidah, gigi),
2)    faring,
3)    esofagus,
4)    lambung,
5)    usus halus,
6)    usus besar,
7)    hati,
8)    rektum,
9)    pankreas,
10) anus
b.    Sistem pernapasan
1)    Hidung,
2)    faring,
3)    epiglottis,
4)    laring,
5)    trakea,
6)    bronkus,
7)    paru-paru,
8)    diafragma

c.    Sistem gerak (rangka)
Tulang

d.    (Otot)

Terdiri dari:
Otot polos
Otot lurik/rangka
Otot jantung
 
e.    Sistem transportasi/ sirkulasi/ peredaran darah



Berlangsung dengan aktifitas jantung, darah dan Pembuluh darah
 
 


f.    
Terdiri dari:
Hati, paru-paru, ginjal dan kulit
 
 Sistem ekskresi

  
g.    Sistem Reproduksi
Wanita terdiri dari: ovarium (menghasilkan sel telur), tuba falopi, rahim, dan vagina
Laki-laki terdiri dari: testis (menghasilkan sperma), vasdeveren dan penis
 

E.   PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan              : Scientific
2.      Metode                      : Observasi dan Diskusi
3.      Model                        : Discovery Learning

F.    MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.       Media                                   :  Charta,LCD
2.       Alat                                       : Mata dan pensil/pulpen
3.       Sumber Belajar
a.   Buku IPA SMP kelas VII,Puskurbuk2013
b.   Bagan gambar organ dan sistem organ

G.  Kegiatan Pembelajaran
       Pertemuan Ketujuh (3JP)
Langkah-langkah pembelajaran

Kegiatan
TahapanPokok
KegiatanPembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Persiapan

Motivasi


·      Guru memberi salam pada siswa, menanyakan keadaan siswa
·      Guru menanyakan kepada  siswa pengertian “ organ dan sistem organ dan memberi contoh.
·      Guru menyampaikan tujuan  dan manfaat mempelajari organ, sistem organ dan organisme
10 menit
Kegiatan Inti
Orientasi siswa pada masalah
·      Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan observasi dan diskusi
·      Membagi siswa dalam kelompok-kelompok
·      Guru menyajikan  gambar sistem organ pencernaan  dan meminta siswa menyebutkan alat-alat pencernaan secara urut dilanjutkan menyebutkan fungsi masing-masing organ.
·      Guru menyajikan  gambar sistem organ pernapasan  dan meminta siswa menyebutkan alat-alat pernapasan secara urut dilanjutkan menyebutkan fungsi masing-masing organ.
·      Disajikan  gambar sistem organ gerak  dan meminta menyebutkan alat-alat gerak secara urut dilanjutkan menyebutkan fungsi masing-masing organ.
·      Disajikan  gambar sistem organ otot , guru menyebutkan macam otot (polos, lurik, jantung) dan meminta siswa mengamati dan memahami
·      Disajikan  gambar sistem organ tranportasi  dan meminta siswa menjelaskan fungsi tranportasi pada tubuh (mengangkut oksigen dan zat makanan atau mengangkut hasil metabolisme dan sisanya untuk dikeluarkan dari tubuh.
·      Disajikan  gambar sistem organ ekskresi  dan meminta siswa menyebutkan nama organ dan fungsinya pada gambar tersebut.
·      Disajikan  gambar dan menunukan nama sistem organ reproduksi  dan meminta siswa memahami.
·      Siswa diberi LKS
·      Siswa Siswa melakukan pengamatan pada LKS
·      Siswa mencatat hasil observasi gambar
50 menit

Mengorganisasi siswa dalam belajar
·      Siswa membentuk kelompok belajar sesuai arahan guru
·      Siswa diminta mendiskusikan organ dan sistem organ

Mengembangkan dan menyajikan hasil diskusi
·      Siswa menyajikan laporan  pembahasan hasil temuan, penarikan kesimpulan di depan kelas (diskusi kelas).
Penutup

·      Memberikan  penghargaan pada kelompok yang bisa menjawab dengan baik dari gambar-gambar yang disajikan.
·      Siswa dan Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari siswa
10 menit
H.  PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen

Metode
Bentuk Instrumen
·         Observasi Perilaku
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes tertulis
·         Lembar tes tertulis dan rubrik
·         Penilaian Produk
·         Lembar Penilaian Produk dan rubrik

2. Contoh Instrumen
Lembar Pengamatan Sikap

No
Aspekyangdinilai
3
2
1
Keterangan
1
Rasa ingin tahu(curiosity)




2
Ketelitian dalam melihat gambar




3
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar





Rubrik Penilaian Sikap

No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3:    menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiatan kelompok
2:    menunjukkan rasa ingin tahu,namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1:    tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat
2.
Ketelitian
3. mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,hati-hati dalam melakukan percobaan
2.   mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,kurang hati- hati dalam melakukan percobaan
1.   mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kuran ghati- hati dalam melakukan percobaan




3
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3:    tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bias dilakukan, berupaya tepat waktu.
2:    berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas,namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1:    tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas,dan tugasnya tidak selesai
4
Berkomunikasi
3.    aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.    aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1.   aktif dalam tanyaj awab,  tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide,kurang menghargai pendapat siswa lain

Penilaian Pemahaman

1.    Jelakan apa pengertian dari sistem organ dan organisme.
2.    Sebutkan  semua sistem organ yang menyusun organisme.
3.    Sebutkan organ –organ yang menyusun sistem pencernaan


Kunci Jawaban
  1. Sistem organ adalah gabungan dari organ yang mempunyai fungsi sama dalam satu sistem.
Organisme adalah Makluk hidup/induvidu yang sudah merupakan  kesatuan sistem organ
  1. Sistem organ terdiri dari sistem pencernaan, pernapasan, gerak, , otot, trasportasi, ekskresi dan reproduksi
  2. Organ dari sistem pencernaan terdiri dari
1)    Mulut (lidah, gigi),
2)    faring,
3)    esofagus,
4)    lambung,
5)    usus halus,
6)    usus besar,
7)    hati,
8)    rektum,
9)    pankreas,
10) anus

Penilaian Produk
Materi Pelajaran         : sistem organ dan organisme
Nama Produk             : Laporan Diskusi hasil pengamatan
Alokasi Waktu             : Nama Peserta didik :                                               Kelas  :

No.
Tahapan
Skor (1 –5)*
1
Struktur laporan

2
Kesesuaian dengan materi

3
Kreatifitas

TOTAL SKOR

Catatan :
*) Skor diberikan dengan rentang skor 1 sampai dengan 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam proses pembuatan maka semakin tinggi nilainya

LEMBAR KEGIATAN SISWA
NAMA KELOMPOK   :
  1.   ......
  2. .......
  3. ..........
  4. .........
TOPIK                         :

SEBUTKAN BAGIAN-BAGIAN DARI GAMBAR DIATAS:
1. ….
2. ….
3. …..
4. …..
5. ……..


SEBUTKAN BAGIAN-BAGIAN DARI GAMBAR DIATAS:
1. ….
2. ….
3. …..
4. …..
5. …..






SEBUTKAN BAGIAN-BAGIAN DARI GAMBAR DIATAS:
1. ….
2. ….
3. …..
4. …..
5. …..
6. ……
7. …….
8. …….
9. ……..
10. ……..
11. ……………























Diskusikan
Perhatikan gambar dibawah ini!
SEBUTKAN BAGIAN-BAGIAN DARI GAMBAR DIATAS:
1. ….
2. ….
3. …..
4. …..
5. …..
6. ……
Asah Kemampuan
1.    Apa yang dimaksud dengan
a. sistem organ
b. organisme
2.    Jelaskan salah satu sistem organ yang terdapat pada manusia dan sistem organ yang terdapat pada tumbuhan!





















EVALUASI
 


  1. Apa yang terjadi apabila salah satu organ penyusun sistem organ mengalami gangguan fungsi?
  2. Perhatikan gambar sel dibawah ini!
 














a.   Apakah sel tersebut memiliki dinding sel? Mengapa sel ini memiliki dinding sel?
b.   Apa yang terjadi bila bagian yang ditunjuk huruf A tidak berfungsi dengan baik?
c.   Bagian sel manakah yang menjadi pemasok energi sel tersebut?
  1. Mengapa penemuan mikroskop sangat berguna bagi manusia?
  2. Perhatikan gambar sistem dibawah ini!


 














  1. Mengapa burung angsa dapat terbang diatas pegunungan himalaya?










                       

Soal dan Jawaban Listrik Dinamis

  LISTRIK DINAMIS   1.        Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan suatu penghantar! Jawab : Faktor yang mempengaruhi h...