KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS 7 TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
1. Peserta didik mampu menentukan salah satu yang
dilakukan jika menemukan suatu objek
2.
Peserta didik mampu
menentukan besaran pokok dengan satuan dan alat ukur yang benar menurut SI
3.
Melalui
pernyataan, peserta didik mampu menunjukkan pengukuran dengan satuan yang tidak baku
4.
Peserta didik mampu menghitung pengukuran
dengan mikrometer dengan benar
5.
Peserta didik mampu menentukan satuan
pada panjang meja dengan benar
6.
Peserta didik
mampu memilih besaran turunan dan satuan dalam SI dengan benar.
7.
Melalui
percobaan, peserta didik mampu menghitung volume benda tak beraturan dengan
benar.
8.
Peserta didik
mampu menentukan besaran turunan dengan benar
9.
Melalui
percobaan, peserta didik mampu menghitung volume benda tak beraturan dengan
benar
10.
Melalui
percobaan, peserta didik mampu menghitung massa dengan benar
11.
Melalui
gambar, peserta didik mampu menunjukkan alat ukur dan besaran yang diukur
dengan benar
12.
Melalui
gambar, peserta didik dapat
mengidentifikasi ciri makhluk hidup dengan benar
13.
Peserta didik
dapat menunjukkan beberapa contoh dariciri makhluk hidup berupa kepekaan
terhadap lingkungan.
14.
Melalui
gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri makhluk hidup berupa makan
dan menanggapi rangsang dengan benar
15.
Melalui
gambar, peserta didik dapat
menunjukkan bentuk zat berdasar letak partikel penyusunannya
16.
Melalui tabel, peserta didik dapat menghubungkan wujud zat dengan sifat partikel zat yang dimiliki dengan benar
17.
Peserta didik dapat menunjukkan rumus kimia yang merupakan molekul unsur dengan benar
18.
Peserta didik dapat memilih
beberapa materi yang termasuk senyawa dengan benar.
19.
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian larutan dengan benar
20.
Peserta didik dapat memilih
salah satu campuran yang termasuk campuran heterogen dengan benar
21.
Peserta didik dapat memilih 3
zat yang masuk dalam kelompok campuran dengan benar
22.
Berdasarkan
hasil pengujian terhadap larutan, peserta didik dapat menentukan larutan yang bersifat basa.
23.
Peserta didik dapat memilih
salah satu indikator asam basa alami dengan benar
24.
Peserta didik dapat menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup dengan benar.
25.
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian klasifikasi dengan kunci dikotomi
26.
Peserta didik dapat mengurutkan urutan takson dalam klasifikasi makhluk hidup dengan benar
27.
Peserta didik dapat mengelompokkan
tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya
28.
Berdasar
gambar, Peserta didik dapat
menyebutkan bagian mikroskop berdasarkan fungsinya dengan
benar
29.
Berdasarkan
gambar, Peserta didik dapat
mengidentifikasi hewan cacing dengan benar
30.
Berdasarkan
gambar, Peserta didik dapat
mengidentifikasi dan menggolongkan hewan dengan benar
31.
Peserta didik dapat mengurutkan susunan
organisasi kehidupan pada organisme multiseluler
32.
Peserta didik dapat menjelaskan peranan sel
sebagai tempat berlangsungnya segala fungsi tubuh.
33.
Peserta didik dapat membedakansel hewan dengan
sel tumbuhan dengan benar
34.
Melalui
gambar, Peserta didik dapat
menunjuk jaringan epidermis atas dan bawah
35.
Melalui
gambar, Peserta didik dapat menyebutkan fungsi salah satu organ pada manusia
36.
Melalui
gambar demonstrasi, Peserta
didik dapat menganalisis perubahan fisika dan perubahan
kimia dengan benar
37.
Disajikan gambar, peserta didik dapat membedakan perubahan fisika dan perubahan kimia
38.
Melalui data
yang tersedia, Peserta didik
dapat memilih beberapa perubahan kimia dengan benar
39.
Melalui
gambar pemisahan campuran, Peserta
didik dapat menjelaskan dasar prinsip kerjanya dengan
benar.
40. Peserta didik dapat
menyebutkan pemisahan campuran yang didasarkan pada perbedaan
ukuran partikel.
Essay
41. Peserta didik dapat melengkapi tabel besaran pokok dan
satuannya dalam SI dengan benar.
42.
Peserta didik
mampu menggolongkan beberapa zat menjadi 3 golongan yakni : unsur, campuran,
senyawa
43.
Peserta didik dapat menjelaskan
pemberian nama pada makhluk hidup dengan sistem binomial nomenklatur
44.
Peserta didik dapat menjelaskan
pemberian nama pada makhluk hidup dengan sistem binomial nomenklatur
45. Melalui pernyataan, Peserta didik dapat menyebutkan metode pemisahan
campuran dengan benar