Tuesday 8 October 2013

RPP IPA KELAS 7 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 : KLASIFIKASI DIKOTOM DAN KUNCI DETERMINASI



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Pertemuan 02
 
Satuan Pendidikan                             :    SMP
Mata Pelajaran                                   :      IPA
Kelas/Semester                                  :      VII/ I
Topik                                                  :      Klasifikasi Makhluk Hidup
Sub Topik                                           :      Klasifikasi Dikotom dan kunci Determinasi
Alokasi Waktu                                    :      3 X 40menit (1kali tatap muka)
A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Siswa dapat menyebutkan tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup melalui diskusi data hasil observasi
2.    Melalui kajian LKS, siswa dapat  mengklasifikasikan makhluk hidup secara dikotom dengan menggunakan kunci determinasi

B.   KOMPETENSI DASAR
1.1.Mengagumi  keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1.  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;  hati-hati;  bertanggung  jawab;  terbuka;  kritis;  kreatif;  inovatif  dan  peduli lingkungan) dalamaktivitas sehari-nyanhari
2.2.  Menghargai  kerja   individu  dan  kelompok dalam   aktivitas   sehari-hari   sebagai   wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.3.  Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati  
4.3.  Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar

C.    INDIKATOR
1.    Menyebutkan tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup
2.    Mengklasifikasikan tumbuhan yang dijumpai pada saat pengamatan berdasarkan manfaatnya
3.    Mengklasifikasikan hewan berdasarkan kesamaan ciri-ciri yang dimiliki
4.    Mengembangkan  perilaku  rasa  ingin  tahu,  teliti,  jujur,  tekun,  tanggungjawab,  saling menghargai pendapat

D.  MATERI
    1.        Klasifikasi makhluk hidup bertujuan menyederhanakan objek studi makhluk hidup yang sangat beraneka ragam, sehingga akan lebih mudah dalam mempelajarinya.
    2.        Klasifikasi pada awalnya makhluk hidup dikelompokkan berdasarkan ciri yang dimiliki. Kelompok tersebut disusun berdasarkan persamaan dan perbedaan.Makin ke bawah persamaan yang dimiliki anggota didalam tingkatan klasifikasi tersebut makin banyak dan memilki perbedaan makin sedikit. Urutan kelompok ini disebut Takson.
    3.        Spesies.
    4.        Kriteria untuk klasifikasi tumbuhan meliputi:
 Uniseluler atau multiseluler,
 organ perkembangbiakannya
,habitus tumbuhan waktu hidup,
struktur jaringan pengangkutnya,
 tipe stele
,bentuk dan ukuran daun,
cara berkembangbiak
Biji, bunga, buah
    5.        Kriteria untuk klasifikasi hewan meliputi
Saluran pencernaan makanan
Kerangka
Anggota gerak
    6.        Kunci determinasi adalah kunci yang dipergunakan untuk menentukan filum,divisi,kelas,ordo,familia, genus dan spesies
    7.        Dasar yang digunakan kunci determinasi adalah identifikasi dari makhluk hidup dengan menggunakan kunci dikotom.
    8.        Pedoman pembuatan kunci determinasi meliputi
a.    Kunci harus dikotomi
b.    Kata pertama dalam tiap pernyataan dalam satu kuplet harus identik.
c.    Kedua pilihan atau bagian dari kuplet harus kontradiktif sehingga satu bagian bias diterima dan yang lain di tolak.
d.    Hindari pemakaian kisaran yang tumpang tindih
e.    Gunakan sifat yang biasa diamati
f.     Pernyataan dari dua kuplet yang berurutan jangan dimulai dengan kata yang sama.
g.    Setiap kuplet diberi nomor
h.    Buat kalimat pernyataan yang pendek.

E.   PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan              : Scientific
2.      Metode                      : Diskusi dan Pengamatan
3.      Model                        : Problem Based Learning

F.    MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.       Media                                   :  Lingkungan sekitar sekolah
2.       Sumber Belajar
a.   Buku IPA SMP kelas VII,Puskurbuk 2013
b.   LKS Klasifikasi makhluk hidup

G.  Kegiatan Pembelajaran
       Pertemuan Pertama(3 JP)
Langkah-langkahpembelajaran

Kegiatan
Tahapan Pokok
KegiatanPembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Persiapan

Motivasi







·      Guru memberi salam pada siswa, menanyakan keadaan siswa
·      Guru memilih perwakilan peserta didik dengan  tingkat perbedaan tubuh,assesoris yang permanen melekat misalnya kacamata, jilbab.
·      Siswa membentuk berdasarkan jenis kelamin,bentuk tubuh (tinggi pendek, besar kecil)
10 menit
Kegiatan Inti
Orientasi siswa pada masalah
·      Guru menyediakan beberapa tumbuhan diantaranya jagung,padi,rumput dan kacang
·      Guru memberi tugas kepada siswa untuk mencari persamaan ciri dari tanaman jagung, padi, rumput, dan kacang.
50 menit






Mengorganisasi siswa dalam belajar
·      Siswa membentuk kelompok belajar sesuai arahan guru dengan mempertimbangkan kemampuan akademik, gender, dan ras
·      Siswa menerima LKS tentang pengelompokan secara dikotomi
·      Siswa mencatat hasil pengamatannya

Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri maupun kelompok
·      Siswa melakukan penyelidikan sesuai LKS  dan berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah diidentifikasi.
·      Guru memfasilitasi dan membimbing  kelompok belajar berdiskusi untuk menjawab permasalahan aktual  yang ada di lingkungan.
·      Siswa melakukan diskusi kelompok untuk melakukan kegiatan :
1.    Mengklasifikasikan tumbuhan menurut fungsinya
2.    Mengklasifikasikan hewan menurut ciri-ciri yang dimiliki

Mengembangkandan menyajikanhasilkarya
·      Siswa menjawab pertanyaan pada LKS dan menyajikan  dalam laporan tertulis.
·       Siswa menyajikan laporan  pembahasan hasil temuan, penarikan kesimpulan di depan kelas (diskusi kelas).
Penutup
Menganalisis dan mengevaluasiproses pemecahanmasalah
·      Siswa dibimbing guru melakukan analisis terhadap pemecahan-pemecahan masalah yang telah ditemukan siswa.
·      Kelompok siswa yang berhasil memecahkan permasalahan diberi pengahargaan
·      Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari siswa (dapat menggunakan paper and pencil test atau authentic assessment)
menit


H.  PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen

Metode
Bentuk  Instrumen
·         Observasi Perilaku
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes tertulis
·         Lembar tes tertulis dan rubrik
·         Penilaian Produk
·         Lembar Penilaian Produk dan rubrik


2. Contoh Instrumen
Lembar Pengamatan Sikap

No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Rasa ingin tahu(curiosity)




2
Ketelitian dan         kehati-hatian dalam melakukan percobaan




3
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




 4
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar






Rubrik Penilaian Sikap

No
Aspekyang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasaingintahu
3:    menunjukkan rasa ingintahuyangbesar, antusias, aktif dalam dalamkegiatankelompok
2:    menunjukkan rasa ingintahu,namuntidak terlalu antusias, danbaruterlibat aktifdalamkegiatankelompokketika disuruh
1:    tidakmenunjukkanantusias dalampengamatan, sulit terlibat aktifdalamkegiatankelompok  walaupuntelah didoronguntukterlibat
2.
Ketelitiandan hati-hati
3.   mengamatihasilpercobaan sesuaiprosedur,hati-hatidalammelakukanpercobaan
2.   mengamatihasilpercobaan sesuaiprosedur,kuranghati- hatidalam melakukanpercobaan
1.   mengamatihasilpercobaan sesuaiprosedur, kuranghati- hatidalam melakukanpercobaan




3
Ketekunandan tanggungjawab dalambelajar danbekerjabaik secaraindividu maupun berkelompok
3:    tekundalammenyelesaikan tugas dengan hasil terbaikyang bisadilakukan, berupaya tepat waktu.
2:    berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas,namun belummenunjukkanupaya terbaiknya
1:    tidakberupaya sungguh-sungguhdalammenyelesaikan tugas,dan tugasnya tidak selesai
4
Berkomunikasi
3.    aktifdalam tanyajawab, dapatmengemukaangagasanatau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.    aktifdalam tanyajawab,  tidak ikut mengemukaangagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1.   aktifdalam tanyajawab,  tidak ikut mengemukaangagasan atau ide,kurangmenghargaipendapat siswa lain

Contoh Penilaian Pemahaman

1.    Apa tujuan dan manfaat dari klasifikasi
2.    Dikebun Pak Samidin terdapat beberapa tanaman diantaranya kunyit, bunga sepatu, bayam, jahe, sawi, bunga anggrek, kangkung, singkong, jagung, dan bunga mawar. Buatlah pengemlompokan tanaman tersebut menurut kegunaannya sebagai bahan makanan, tanaman hias dan tanaman obat
3.    Seorang pelajar melakukan pengamatan di kebun. Dia mendapatkan beberapa jenis hewan diantaranya belalang, capung, semut, kupu-kupu, cacing, lalat dan kaki seribu.. Kelompokkan hewan tersebut menurut kesamaan ciri yang dimiliki

Kunci Jawaban
    1.        Klasifikasi makhluk hidup bertujuan menyederhanakan objek studi makhluk hidup yang sangat beraneka ragam, sehingga akan lebih mudah dalam mempelajarinya.
Manfaatnya adalah:
a.   Untuk penelitian lebih lanjut sehingga makhluk hidup yang telah dikenal melalui klasifikasi dapat dimanfaatkan.
b.   Untuk dipelajari agar dapat melestarikan keanekaragaman hayati dimasa mendatang.
c.   Untuk mengetahui hubungan antara organisme satu dengan lainnya


    2.        Klasifikasi Tumbuhan
Bahan Makanan
Tanaman Hias
Tanaman Obat
Bayam, sawi,kangkung, singkong, jagung
bunga sepatu, bunga anggrek, bunga mawar
Kunyit, jahe

    3.        Klasifikasi Hewan

No
Nama Binatang









Contoh Penilaian Produk
MateriPelajaran          : Klasifikasi Makhluk Hidup
NamaProduk              :
AlokasiWaktu              :
 NamaPesertadidik         :
 Kelas                          :

No.
Tahapan
Skor (1 –5)*
1
Struktur laporan

2
Kesesuaian dengan materi

3
Kreatifitas

TOTALSKOR




Catatan :
*) Skor diberikan dengan rentang skor 1 sampai dengan 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam proses pembuatan maka semakin tinggi nilainya.

Pengamatan Pertama
1.Disediakan tanaman jagung, kacang, padi, rumput.
Siswa diminta untuk mengklasifikasikan tumbuhan tersebut dengan menggunakan kunci Determinasi

Pengembangan Kompetensi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar

  Pada tanggal 19 Desember 2023 GTK Kemdikbudristek telah merilis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Meng...