Thursday, 26 September 2013

RPP IPA KELAS 7 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 : KLASIFIKASI



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Pertemuan 01

Satuan Pendidikan                        :      SMP
Mata Pelajaran                                :      IPA
Kelas/Semester                               :      VII/  I
Topik                                                  :      Klasifikasi Makhluk Hidup
Sub Topik                                         :      Klasifikasi
Alokasi Waktu                                  :      2X 40menit (1 kali tatap muka)
A.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Siswa dapat menyebutkan tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup melalui diskusi data hasil observasi
2.    Melalui kajian LKS, siswa dapat  mengklasifikasikan tumbuhan berdasarkan manfaatnya
3.    Melalui kajian LKS,siswa  dapat mengklasifikasikan hewan berdasarkan kesamaan ciri-ciri yang dimiliki
4.    Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, jujur, tekun, tanggungjawab, saling menghargai pendapat melalui kegiatan diskusi kelompok

B.   KOMPETENSI DASAR
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek,fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;  hati-hati;  bertanggung  jawab;  terbuka;  kritis;  kreatif;  inovatif  dan  peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2. Menghargai  kerja   individu  dan  kelompok dalam   aktivitas   sehari-hari   sebagai   wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.3. Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup  
4.3. Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar

C.    INDIKATOR
1.    Menyebutkan tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup
2.    Mengklasifikasikan tumbuhan yang dijumpai pada saat pengamatan berdasarkan manfaatnya
3.    Mengklasifikasikan hewan berdasarkan kesamaan ciri-ciri yang dimiliki
4.    Mengembangkan  perilaku  rasa  ingin  tahu,  teliti,  jujur,  tekun,  tanggungjawab,  saling menghargai pendapat
D.    MATERI
1.    Klasifikasi makhluk hidup bertujuan menyederhanakan objek studi makhluk hidup yang sangat beraneka ragam, sehingga akan lebih mudah dalam mempelajarinya.
2.    Manfaatnya adalah:
a)  Untuk penelitian lebih lanjut sehingga makhluk hidup yang telah dikenal melalui klasifikasi dapat dimanfaatkan.
b)  Untuk dipelajari agar dapat melestarikan keanekaragaman hayati dimasa mendatang.
c)  Untuk mengetahui hubungan antara organisme satu dengan lainnya.
3.    Pengelompokan makhluk hidup dilakukan berdasarkan manfaat/kegunaannya, persamaan dan perbedaan ciri-ciri yang dimiliki berbagai makhluk hidup tersebut
4.    Prinsip utama pemberian nama makhluk hidup dengan menggunakan binomial Carolus Linnaeus adalah :
a)  Menggunakan bahasa Latin.
b)  Menggunakan kategori.
c)  Menggunakan dua kata.

E.   PENDEKATAN / STRATEGI / METODE PEMBELAJARAN
1.     Pendekatan                        : Scientific
2.     Metode                     : Diskusi dan Pengamatan
3.     Model                       : Problem Based Learning

F.    MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.       Media                                   :  Charta,LCD
2.       Sumber Belajar
a.  Buku IPA SMPkelas VII, Puskurbuk 2013
b.  LKS  Klasifikasi makhluk hidup

G.  KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Tahapan Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Persiapan

Motivasi







·      Guru memberi salam pada siswa, menanyakan keadaan siswa
·      Guru mengajak siswa bermain (udara, darat, laut)
·      Jika guru menyebut udara, siswa diminta menyebutkan nama binatang yang bisa terbang, jika darat siswa diminta menyebutkan binatang yang berjalan didarat dan jika laut siswa diminta  menyebutkan binatang yang hidup di air
10 menit
Kegiatan Inti
Orientasi  siswa pada  masalah
·      Guru menayangkan berbagai gambar binatang dan tumbuhan, siswa diminta untuk mengamati
·      Guru menyampaikan pertanyaan kepada siswa
“Bagaimana caranya agar lebih mudah mempelajari keanekaragaman makhluk hidup?”
·      Siswa menyimak masalah yang disampaikan guru tentang kondisidi beberapa daerah yang mengalami kesulitan air bersih, padahal keberadaan air bersih sangat dibutuhkan oleh semua orang. Terdapat banyak kegiatan manusia yang memberikan sumbangan terhadap berkurangnya airbersih.
·      Siswa diminta memberikan tanggapan dan pendapat terhadap masalah tersebut.
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan cara pembelajaran yang akan dilaksanakan
50 menit






















Mengorganisasisisiswa dalam belajar
·      Siswa membentuk kelompok belajar sesuai arahan guru dengan mempertimbangkan kemampuan akademik, gender, dan ras
·      Siswa menerima LKS Klasifikasi Makhluk Hidup
·      Siswa diminta menuju ke halaman/kebun sekolah, mengamati tumbuhan dan binatang yang mereka temukan di kebun dengan ciri-ciri yang dimiliki.
·      Siswa mencatat hasil pengamatannya

Membimbing penyelidikan siswa  secara mandiri  maupun kelompok



·      Siswa melakukan penyelidikan sesuai LKS  dan berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah diidentifikasi.
·      Guru memfasilitasi dan membimbing  kelompok belajar berdiskusi untuk menjawab permasalahan aktual  yang ada di lingkungan.
·      Siswa melakukan diskusi kelompok untuk melakukan kegiatan :
1.    Menklasifikasikan tumbuhan menurut fungsinya
2.    Mengklasifikasikan hewan menurut ciri-ciri yang dimiliki

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
·      Siswa menjawab pertanyaan pada LKS dan menyajikan  dalam laporan tertulis.
·      Siswa menyajikan laporan  pembahasan hasil temuan, penarikan kesimpulan di depan kelas (diskusi kelas).
Penutup
Menganalisis  dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
·      Siswa dibimbing guru melakukan analisis terhadap pemecahan-pemecahan masalah yang telah ditemukan siswa.
·      Kelompok siswa yang berhasil memecahkan permasalahan diberi penghargaan
·      Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari siswa (dapat menggunakan paper and pencil test atau authentic assessment)
menit

H.  PENILAIAN 
1. Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
·         Observasi Perilaku
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes tertulis
·         Lembar tes tertulis dan rubrik
·         Penilaian Produk
·         Lembar Penilaian Produk dan rubrik
2. Contoh Instrumen
Lembar Pengamatan Sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Rasa ingin tahu(curiosity)




2
Ketelitian dan      kehati-hatian dalam melakukan percobaan




3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Keterampilan  berkomunikasi  pada saat belajar






RubrikPenilaian Sikap
No
Aspekyang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan  rasa ingin tahu
3:    menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiatan kelompok
2:    menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1:    tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat
2.
Ketelitian dan hati-hati
3 mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,hati-hati dalam melakukan percobaan
2 mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,kuranghati- hati dalam melakukan percobaan
1.   mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati- hati dalam melakukanpercobaan





3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3:    tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2:    berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas,namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1:    tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas,dan tugasnya tidak selesai
4
Berkomunikasi
3.    aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaangagasanatau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.    aktifdalam tanyajawab,  tidak ikut mengemukaangagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1.   aktifdalam tanya jawab,  tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide,kurang menghargai pendapat siswa lain



Contoh Penilaian Pemahaman
1.    Apa tujuan dan manfaat dari klasifikasi
2.    Dikebun Pak Samidin terdapat beberapa tanaman diantaranya kunyit, bunga sepatu, bayam, jahe, sawi, bunga anggrek, kangkung, singkong, jagung, dan bunga mawar. Butlah pengemlompokan tanaman tersebut menurut kegunaannya sebagai bahan makanan, tanaman hias dan tanaman obat
3.    Seorang pelajar melakukan pengamatan di kebun. Dia mendapatkan beberapa jenis hewan diantaranya belalang, capung, Kambing, kupu-kupu, ayam. Kelompokkan hewan tersebut menurut kesamaan ciri yang dimiliki

Kunci Jawaban
    1.        Klasifikasi makhluk hidup bertujuan menyederhanakan objek studi makhluk hidup yang sangat beraneka ragam, sehingga akan lebih mudah dalam mempelajarinya.
Manfaatnya adalah:
a.  Untuk penelitian lebih lanjut sehingga makhluk hidup yang telah dikenal melalui klasifikasi dapat dimanfaatkan.
b.  Untuk dipelajari agar dapat melestarikan keanekaragaman hayati dimasa mendatang.
c.   Untuk mengetahui hubungan antara organisme satu dengan lainnya

    2.        Klasifikasi Tumbuhan
Bahan Makanan
Tanaman Hias
Tanaman Obat
Bayam, sawi,kangkung, singkong, jagung
bunga sepatu, bunga anggrek, bunga mawar
Kunyit, jahe

    3.        Klasifikasi Hewan

No
Nama Binatang
Bagian tubuh
Jumlah kaki


Belalang
Capung
Kambing
Ayam




Contoh Penilaian Produk
MateriPelajaran        : Klasifikasi Makhluk Hidup
NamaProduk            :
AlokasiWaktu           :
NamaPesertadidik          :
                 Kelas                       :

No.
Tahapan
Skor (1 –5)*
1
Struktur laporan

2
Kesesuaian dengan materi

3
Kreatifitas

TOTAL SKOR



Catatan :
*) Skor diberikan dengan rentang skor1 sampai dengan 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam proses pembuatan maka semakin tinggi nilainya.

Soal dan Jawaban Listrik Dinamis

  LISTRIK DINAMIS   1.        Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan suatu penghantar! Jawab : Faktor yang mempengaruhi h...