RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 04
Satuan
Pendidikan :
SMP
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester
: Kelas VII / I
Topik : Klasifikasi Benda
Sub
Topik : Unsur,senyawa dan Campuran(ke-4)
Alokasi Waktu :
3
X 40 menit ( 1 kali tatap muka)
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pesrta
didik dapat:
1.
Melalui
pengamatan bahan-bahan/ materi yang sudah tersedia dan memperhatikan informasi dari guru,
peserta didik dapat mengidentifikasi unsur, senyawa dan campuran
2.
Melalui
pengamatan bahan-bahan yang sudah tersedia,
peserta didik dapat menunjukkan unsur,senyawa atau campuran dalam
kehidupan sehari-hari
3.
Mengembangkan keterampilan perilaku rasa ingin tahu,
teliti, jujur, tekun, tanggungjawab, dan
rasa syukur atas semua ciptaan Tuhan yang dapat dimanfaatkan manusia
4.
Mengembangkan
sikap saling menghargai pendapat melalui kegiatan pengamatan dan diskusi
kelompok
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif;
inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
3.2
Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di
lingkungan sekitar
4.2
Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup
dan tak hidup
C. INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi
benda-benda/ materi ke dalam jenis unsur, senyawa, atau campuran
2.
Menunjukkan
unsur, senyawa dan campuran yang sudah dikenal dalam kehidupan sehari-hari
3.
Mengidentifikasi
contoh pemanfaatan unsur, senyawa atau
campuran dalam kehidupan sehari-hari
4.
Memiliki
rasa ingin tahu , teliti dan peduli lingkungan melalui diskusi kerja kelompok
dan melakukan observasi
5.
Menunjukkan
rasa syukur dan tanggung jawab dengan memanfaatkan unsur-unsur yang sudah tersedia
di alam pada hal-hal yang baik
D. MATERI
Ilmuwan
menggolongkan materi berdsarkan susunan dan sifatnya.
Berdasarkan
susunannya, materi yang ada di alam dapat diklasifikasikan menjadi 2 yaitu:
a.
zat
tunggal :
Zat tunggal dapat dibedakan menjadi 2
yaitu :
1.
Unsur
2.
senyawa
b.
campuran.
Unsur : zat tunggal yang tidak dapat
dibagi lagi menjadi bagian yang lebih sederhana dan akan tetap mempertahankan
karakteristik asli dari unsur tersebut.
( Unsur
: zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana
dengan cara kimia biasa )
Contoh unsur
yang ada dialam : besi, oksigen, seng,
hydrogen, tembag, nikel.dll.
Senyawa : zat tunggal yang dapat diuraikan
menjadi dua jenis atau lebih dari zat yang lebih sederhana dengan cara kimia.
Misalnya
air yang memiliki rumus kimia H2O dapat diuraikan menjadi unsur
Hidrogen dan Oksigen.
Campuran : suatu materi yang terdiri atas
dua zat atau lebih dan masih mempunyai sifat asalnya.
Contoh
campuran : larutan gula, air sungai,
udara, batuan, garam beryodium, dll..
E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific
2. Metode
: Observasi dan Diskusi
3. Model : Discovery Learning
F. MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
Lingkungan , Laptop, LCD
2. Alat dan Bahan
·
HP
·
Gula
·
Larutan gula
·
Benda-benda yang ada di sekitar kita
·
Obat sakit maag
·
Botol plastik bekas minuman mineral
3. Sumber
Belajar
a) Buku
IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b)
LKS Klasifikasi Benda
c)
Artikel Klasifikasi Benda
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama ( 2 JP)
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
|
Pendahu
Luan
|
1. Menciptakan
Situasi (Stimulasi)
|
1.1.
Pemusatan perhatian :
a.
Guru
memperlihatkan HP kemudian guru mengajukan pertanyaan :
- komponen-komponen apa saja
yang menyusun Hp tersebut,mengapa tersusun atas komponen-komponen tersebut?
b.
Guru
menanyakan topik yang sudah dipelajari tentang zat berdasarkan
wujudnya/sifat-sifat zat kepada peserta didik.
c.
Guru menyampaikan tujuan
dan manfaat mempelajari unsur, senyawa dan campuran.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
2.Pembahasan
Tugas dan
Identifikasi
Masalah
3. Observasi
4. Pengumpulan
data
5.Pengolahan
data dan analisis
6. Verifikasi
|
2.1.Menyampaikan informasi tentang
Unsur,senyawa dan campuran
.
2.2.Membagi lembar kerja yang
berisi tabel pengamatan.
3.1.Membagi siswa menjadi 8
kelompok
3.2.Peserta didik mengamati benda-benda/bahan-bahan yang sudah
tersedia secara kelompok.
4.1. Peserta didik mengidentifikasi benda-benda yang tersedia termasuk
jenis unsur,senyawa atau campuran.
4.2. Peserta didik mengidentifikasi benda-benda yang tersedia
mengandung unsur,senyawa atau campuran.
5.1. Diskusi kelompok untuk mengolah dan menganalisis data hasil
observasi sehingga dapat mengklasifikasi benda-benda ke dalam kelompok
unsur,senyawa, atau campuran.
6.1. Presentasi hasil observasi
6.2.Membuat
kesimpulan tentang pemanfatan
unsur,senyawa atau campuran dalam kehidupan sehari-hari
|
50 menit
|
Penutup
|
7.Generalisasi
|
7.1. Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
7.2. Guru memberikan penghargaan
(misalnya pujian atau bentuk
penghargaan lain yang
relevan) kepada kelompok yang
berkinerja baik
7.3. Siswa menjawab kuis
tentang unsur, senyawa dan
campuran
7.4. Pemberian tugas untuk mempelajari penyalahgunaan unsur, senyawa
atau campuran
|
20 menit
|
H.
PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen
No
|
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
1.
|
Sikap
|
|
2.
|
Tes Tertulis
|
2. Instrumen
a.
Lembar
Pengamatan Sikap
PENILAIAN SIKAP
Format Lambar Pengamatan Sikap Peserta
Didik
Tanda
cek (√) jika sikap sesuai penyataan
Tanda
strip (- ) jika sikap tidak sesuai pernyataan
NO
|
NAMA
|
SIKAP
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Jumlah
|
||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
Pernyataan:
1. Rasa ingin tahu terhadap materi unsur, senyawa dan campuran
2. Objektif dalam mengelompok data
pengamatan
3. Teliti dalam mengidentifikasi unsur, senyawa dan campuran
4. Jujur dalam mengisi tabel pengamatan
5. Tanggung jawab dalam diskusi kelompok
b.
Instrumen
Soal Pengetahuan
Soal Uraian
1.
Zat
di bawah ini yang manakah yang termasuk unsur, senyawa atau campuran ?
a.
Amoniak e. udara i Hidrogen m. seng
b.
gula f.
kuningan j air laut
c.
besi g garam k. tanah
d.
stainless
steel h.
air l. urea
2.
Uraikan
jenis dan jumlah atom dari rumus kimia senyawa di bawah ini :
a.
Magnesium
hidroksida/Mg(OH)2
b.
asam cuka/CH3COOH
c.
Carbon
dioksida / CO2
KUNCI
1.
Unsur : besi, hydrogen,seng
Senyawa : amoniak, gula, air, urea, garam
Campuran :stainless steel, kuningan, air laut, tanah
2.
a.Mg
: 1 atom, O : 2 atom, H : 2 atom
b.C : 2
atom, H : 4 atom, O : 2 atom
c.C : 1
atom, O : 2 atom
Rubrik
Penilaian
NO
|
Aspek
|
Skor
|
1
|
Jika semua jawaban terjawab dengan benar
|
12
|
2
|
Jika
semua jawaban terjawab dengan benar:
Jawaban
a
Jawaban
b
Jawaban
c
|
3
3
2
|
total
|
20
|
Nilai akhir
= skor total x 5
Jika jawaban
benar semua maka nilai:
N = 20 x 5 = 100