RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
03
Satuan Pendidikan : SMP/Mts
Mata
Pelajaran : IPA
Kelasa /
Smester : VII / 1
Topik : KLASIFIKASI BENDA
Sub Topik : ZAT PADAT, ZAT CAIR DAN GAS(ke-3)
Alokasi Waktu : 2 JP [
2 x 40 Menit ]
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta
didik dapat:
1. Melalui
pengamatan lingkungan sekitar, peserta didik dapat membedakan benda hidup dan
benda tak hidup sebagai
ciptaan Tuhan.
2. Melalui
pengamatan lingkungan sekitar,peserta didik dapat mengembangkan keterampilan
perilaku rasa ingintahu,
teliti, jujur, tekun,
tanggungjawab, mengagumi keteraturan dan kompleksitas dalam mengelompokan benda
tak hidup melalui kegiatan pengamatan
dan observasi.
3. Melalui
pengamatan sekelompok
benda, pesertadidik
dapat mengidentifikasi benda-benda
tak hidup berdasarkan sifatnya dengan cermat dan teliti.
4. Melalui pengamatan sekelompok benda,
peserta didik dapat membedakan ciri-ciri zat padat, zat cair dan zat gas.
5. Berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
oleh zat, peserta didik dapat menjelaskan sifat yang dimiliki zat cair
6. Ditunjukkan reaksi fotositesis,
peserta didik dapat menjelaskan zat gas yang terdapat dalam reaksi tersebut.
7. Ditunjukkan sebatang rokok, peserta
didik dapat menjelaskan asap rokok termasuk gas yang berbahaya bagi kesehatan
tubuh manusia.
B.KOMPETENSI
DASAR
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif;
inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi.
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan.
3.2
Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di
lingkungan sekitar.
4.2
Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup
dan tak hidup.
C. INDIKATOR
1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
benda tak hidup sebagai
ciptaan Tuhan
2. Menunjukkan sikap teliti, cermat,
tekun, kritis dan bertanggungjawab ketika melakukan pengamatan benda tak
hidup sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
pengamatan, percobaan, dan berdiskusi.
3. Mengidentifikasi
benda - benda tak hidup
berdasarkan sifat yang dimiliki.
4. Mengklasifikaskan benda berdasakan
sifat yang dimiliki.
5. Menjelaskan sifat-sifat yang dimiliki
zat padat, zat cair dan zat gas.
6. Menjelaskan zat gas yang ada dalam
proses fotosintesis.
7. Memberi contoh zat gas yang berbahaya
bagi kesehatan manusia.
D.
MATERI
1. Tuhan telah menciptakan alam semesta ini dengan sempurna, seperti
air, udara, batuan, dan berbagai macam mineral yang terdapat dalam perut bumi. Oleh
karena itu, kalian wajib selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan kalian sebagai makhuk
yang paling sempurna. Kalian jugawajib menjaga alam semesta ini agar tetap
lestari dan tidak dicemari oleh berbagai macam zat berbahaya yang dapat merusak
lingkungan. Karena itu kalian harus bersungguh-sungguh mempelajari
karakteristik benda-benda di sekitar kalian kemudian mengklasifikasinya
berdasarkan sifat-sifat benda-benda tersebut.Zat adalah segala sesuatu yang
mempunyai massa dan menempati ruang.Zat dikelompokkan menjadi tiga wujud yaitu:
padat,cair dan gas.
2. Air, udara, batuan dan berbagai macam mineral
yang terdapat dalam perut bumi termasuk benda tak
hidup atau benda mati yang
mempunyai sifat-sifat berbeda.
3. Benda-benda tak hidup berdasarkan wujudnya
dikelompokkan menjadi zat padat, zat cairdan zat gas.
4. Asap rokok merupakan salah satu contoh gas
yang berbahaya bagi kesehatan, karena asap rokok yang terhisap oleh orang lain
yang tidak merokok maka orang tersebut bisa menjadi perokok pasif.
5.
Tabel Perbedaan sifat zat Padat, zat cair dan gas.
Zat Padat
|
Zat Cair
|
Zat Gas
|
Bentuk
dan volume tetap
|
Bentuk
tidak tetap tergantung media yang digunakan, volume tetap
|
Tidak
mempunyai bentuk dan volume tertentu
|
Jarak antar partikel sangat rapat
|
Jarak
antar partikel lebih renggang
|
Jarak
antar partikel sangat renggang
|
Partikel-Partikel
zat padat tidak dapat bergerak bebas
|
Partikel-partikel
zat cair dapat bergerak namun terbatas
|
Partikel-partikel
gas dapat bergerak bebas
|
o
Gambar : Molekul-molekul zat padat
Gambar:
Molekul-molekul zat cair
Gambar : Molekul-molekul gas
E.
PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Observasi dan Diskusi
3. Model
: Discovery Learning
F. MEDIA, ALAT,
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
Lingkungan,
Charta , Laptop, LCD
2. AlatdanBahan
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
1
|
Benda
takhidup
|
Sebanyak-banyaknya
|
|
|
|
Nama dan alat
praktikum sesuai dengan yang tertulisdalam LKS
3. SumberBelajar
a) Buku
IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b)
LKS Klasifikasi Benda
c)
ArtikelKlasifikasi Benda
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuanke Tiga( 2 JP)
Kegiatan
|
Langkah-Langkah Model Discovery
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
|
Pendahuluan
|
1.MenciptakanSituasi (Stimulasi)
|
1.1.
Pemusatanperhatian :
a.
Guru meminta salah seorang siswa untuk meniup balon karet kemudian
guru mengajukan pertanyaan :
- Apa
yang terdapat dalam balon karet?
b.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10 mnt
|
Kegiatan Inti
|
2.Pembahasan
Tugas dan
Identifikasi
Masalah
3. Observasi
4.Pengumpulan data
5.Pengolahan
data dananalisis
6. Verifikasi
|
2.1.Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu pengelompokan benda-benda berdasarkan sifatnya
2.2.Membagi
lembar kerja yang berisi table pengamatan.
3.1.Membagi
siswa menjadi 7kelompok
3.2.
Peserta didik mengamati benda-benda
tak hidup di sekitar sekolah secara kelompok.
4.1.
Mengumpulkan benda-banda dan mengelompokan
berdasarkan sifatnya
4.2.
Diskusi kelompok untuk mempelajari LKS
dan mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui observasi
4.3. Siswa mencatat data yang
diperoleh pada LKS yang tersedia
5.1.
Diskusi kelompok untuk
mengolah dan menganalisis
data yang diperoleh guna menjawab
pertanyaan-pertanyaanpada LKS
6.1.
Presentasi hasil percobaan
6.2. Membuat
kesimpulan tentang sifat-sifat
zat padat, zat cair dan zat gas.
|
50 mnt
|
Penutup
|
7. Generalisasi
|
7.1.
Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
7.2.
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk
penghargaan lain yang
relevan) kepada kelompok yang
berkinerja baik
7.3.
Siswa menjawab kuis tentang sifat-sifat
zat
7.4.
Pemberian tugas: Siswa
membuat laporan tentang zat padat, zat car dan zat gas yang dijumpai dan sering digunakan dalam rumah
tangga/kehidupan sehari-hari
|
20 mnt
|
H. PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen
No
|
Metode
|
Bentuk
Instrumen
|
1
|
Sikap
|
Lembar pengamatan
|
2
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes Penilaian kinerja
|
3
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian
|
2. Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap
Pengamatan
Perilaku Ilmiah
Tanda cek (√) jika sikap sesuai penyataan
Tanda strip (- ) jika sikap tidak sesuai
pernyataan
NO
|
NAMA
|
SIKAP
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Jumlah
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pernyataan:
1.
Rasa
ingin tahu terhadap ciri makhluk hidup
2.
Objektif
dalam mengelompok data pengamatan
3.
Teliti
dalam mengidentifikasi makhluk hidup
4.
Jujur
dalam mengisi tabel pengamatan
5.
Tanggung
jawab dalam diskusi kelompok
Rubrik
Penilaian:
1.
Jika tampak 5 sikap (√), score 10
2.
Jika tampak 4 sikap (√), score 8
3.
Jika tampak 3 sikap (√), score 6
4.
Jika tampak 2 sikap (√), score 4
5.
Jika tampak 1 sikap (√), score 5
b. Penilaian Kinerja Melakukan Observasi
Nama Peserta Didik :
Kelas / Semester :
Topik / Sub Topik :
No
|
Aspek yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
1
|
Menafsirkan sifat-sifat benda
|
|
|
|
2
|
Mengelompokkan
benda berdasarkan sifatnya
|
|
|
|
3
|
Menafsikan
data
|
|
|
|
4
|
Mengkomunikasikan
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian Kinerja Melakukan Observasi
Aspek yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
Menafsirkan sifat-sifat benda
|
Hanya menyebutkan salah satu Sifat benda
yaitu bentuk dan volume /Jarak partikel / gerak partikel
|
Hanya
menyebutkan dua Sifat benda yaitu bentuk dan volume serta Jarak partikel / gerak partikel serta
jarak partikel atau sebaliknya
|
Sifat
benda yang disebutkan benar semua yaitu bentuk dan volume, Jarak partikel dan
gerak partikel
|
Mengelompokkan
benda berdasarkan sifatnya
|
pengelompokan
sebagian bsar salah
|
pengelompokan
ada beberapa yang salah
|
pengelompokan
benar semua
|
Menafsirkan data
|
Tdak
melakukan penafsiran data
|
Melakukan
analisis namun tidak mengkaitkan antar variabel
|
Melakukan
analisis dan mencoba mengkaitkan antar
variabel yang diselidiki
|
Mengkomunikasikan
|
Dilakukan
lisan
|
Lisan
dan tertulis, namun tidak dipadukan
|
Memadukan
hasil tulis dan lisan
|
I. Instrumen Soal Pengetahuan
Soal
Uraian
1. Dari hasil Pengamatan yang kalian
lakukan benda apa saja yang tergolong,
a) Zat padat : . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
b) Zat Cair : . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
c) Zat gas : . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Lengkapi data dibawah ini
Sifat Zat
|
Zat Padat
|
Zat Cair
|
Zat Gas
|
Volume
dan Bentuk
|
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
Jarak
antar partikel
|
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
Gerak
partikel
|
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
3. Mengapa asap rokok berbahaya bagi
kesehatan tubuh ? . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
4. Gas apa saja yang berperan dalam
reaksi fotosintesis? Jelas peran dari masing-masing gas tersebut ! . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . .. . . . . . . . . .
5. Tuliskan
perbedaan sifat partikel zat cair dan zat padat ! . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kunci
jawaban dan Penilain
No Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor Penilaian
|
1
|
Zat
padat : Plastik, besi, keramik, serat, kaca
Zat
cair :
Air, kecap, saos
Zat
gas :
Udara, asap rokok
|
6
|
2
|
Zat
Padat : - Bentuk dan volume tetap
-
Jarak
antar partikel sangat rapat
-
Partkel
tidak dapat bergerak
Zat Cair : -
Bentuk tergantung tempatnya, volume tetap
-
Jarak
antar partikel sangat renggang
-
Gerak
partikel terbatas
Zat
Gas :
- Bentuk dan volume tidak
menentu
-
Jarak
antar partikel sangat renggang
-
Gerak
Partikel sangat bebas
|
12
|
3
|
Asap
rokok termasuk gas yang mengandung nikotin, bila dalam paru-paru banyak
terdapat nikotin bisa menyebabkan berbagai penyakit
|
4
|
4
|
Gas
CO2 dan O2
CO2 berperan sebagai bahan yang diperlukan
dalam fotositesis, O2 gas yang dihasilan oleh fotositesis
|
4
|
5
|
a. Volume zat cair dan zat padat tetap
b. Bentuk zat cair menyesuaikan
tempatnya, zat padat tetap
c. Jarak antar partikel zat cair lebih
renggang, pada zat padat sangat rapat
d. Gerak partikel zat cair terbatas,
partikel zat padat tidak dapat begerak
|
4
|
Penilaian =
Jumlah skor diperoleh / Skor maxsimal x 100