Monday 28 October 2013

RPP IPA KELAS 7 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 : MEMISAHKAN CAMPURAN



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Pertemuan o2



Satuan Pendidikan            : SMP .......................................
Mata Pelajaran                : IPA
Kelas/Semester                : VII /1
Topik                                 : Perubahan Benda-benda di Sekitar Kita
Sub Topik                          : Bagaimana Memisahkan Campuran
Waktu                               : 1 X 40 Menit


 
           
A.             KOMPETENSI DASAR
1.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
1.2   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3   Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
3.5   Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
4.6  Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia zat

B.             INDIKATOR
1.  Mengidentifikasi perangkat alat percobaan pemisahan campuran dengan metode filtrasi, evaporasi, dan kristalisasi
2.   Menjelaskan prinsip pemisahan campuran pada setiap metode berdasarkan data percobaan
3.   Terampil melakukan pemisahan campuran dengan metode metode filtrasi, evaporasi, dan kristalisasi
4.   Mengidentifikasi contoh pemanfaatan pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari
5.   Menjelaskan proses penjernihan air dengan metode pemisahan campuran
6.   Memisahkan bahan-bahan yang masih dapat digunakan menggunakan metode pemisahan campuran
7.   Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan praktikum pemisahan campuran
8.   Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
9.   Menjaga kehidupan dalam ekosistem dari bahan kimia berbahaya dengan melakukan pemisahan limbah sebelum membuang ke lingkungan.
10. Membuat alat penjernihan air dari alat sederhana menggunakan metode pemisahan campuran
C.             TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Melalui kajian LKS, siswa dapat mengidentifikasi alat-alat untuk percobaan pemisahan campuran dengan metode filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi, destilasi, dekantasi dan kromatografi
2.   Siswa dapat mengembangkan keterampilan memisahkan campuran melalui praktikum pemisahan campuran dengan metode filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi, destilasi, dekantasi dan kromatografi
3.   Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip dan metode pemisahan campuran metode filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi, destilasi, dekantasi dan kromatografi melalui diskusi data hasil percobaan
4.   Siswa dapat menjelaskan pemanfaatan metode pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari melalui diskusi kelompok
5.   Siswa dapat merancang dan membuat alat penjernihan air mengunakan metode pemisahan campuran
6.   Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, jujur, tekun, tanggungjawab, saling menghargai pendapat melalui kegiatan praktikum dan diskusi kelompok
7.   Siswa dapat menerapkan prinsip-prinsip pemisahan campuran untuk menjaga lingkungan dalam kehidupan sehari-hari setelah mengikuti pembelajaran

D.            MATERI
Metode Pemisahan Campuran
Metode pemisahan merupakan suatu cara yang digunakan untuk memisahkan atau memurnikan suatu senyawa atau kelompok senyawa yang mempunyai susunan kimia yang berkaitan dari suatu bahan, baik dalam skala laboratorium maupun skala industri. Metode pemisahan bertujuan untuk mendapatkan zat murni atau beberapa zat murni dari suatu campuran, sering disebut sebagai pemurnian dan juga untuk mengetahui keberadaan suatu zat dalam suatu sampel (analisis laboratorium).
1.        Beberapa dasar pemisahan campuran antara lain adalah ukuran partikel, titik didih, kelarutan, dan pengendapan
2.        Jenis-jenis metode pemisahan campuran
a. Filtrasi
 Filtrasi atau penyaringan merupakan metode pemisahan untuk memisahkan  zat padat dari cairannya dengan menggunakan alat berpori (penyaring)
b.  Evaporasi
Evaporasi merupakan metode pemisahan campuran dengan cara menguapkan pelarut pada campuran
c.   Kristalisasi Kristalisasi merupakan metode pemisahan untuk memperoleh zat padat yang terlarut dalam suatu larutan


E.             PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi dan Eksperimen
3. Model : Discovery Learning

F.              MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
        - Komputer
        - LCD
2. Alat dan Bahan
·                          Alat
-          Gelas piric
-          Corong
-          Pengaduk
-          Pemanas spirtus
-          Kaki tiga
-          Kawat kasa
-          Cawan penguap
-          Kertas saring
·                          Bahan 
-     Air
-     Garam dapur
-     Pasir

3. Sumber Belajar
a) Buku IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b) LKS metode pemisahan campuran
c) Buku-buku yang relevan yang membahas pemisahan campuran

G.            Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Langkah-langkah Model Discoveri
Kegiatan
Waktu
Pendahuluan

Menciptakan Situasi (Stimulasi)

Pemusatan Perhatian
·      Guru memberi salam dan mengabsen siswa.
·      Guru memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan :
1. Bagaimana cara membuat garam ?
2. Pernahkah kamu melihat tukang batu yang sedang melakukan pemisahan antar pasir dengan kerikil ?
·      Guru menyampaikan tujuan dan manfaat membelajaran metode pemisahan campuran.
5 menit
Kegiatan Inti
Pembahasan Tugas dan Identifikasi Masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
·      Guru menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa yaitu melakukan eksperimen pemisahan campuran dengan metode filtrasi, kristaisasidengan penguapan.
·      Guru membimbing siswa dalam pembentukan sebanyak 5 kelompok
·      Guru membimbing siswa dalam diskusi kelompok.untuk mengkaji LKS pemisahan campuran dengan metode filtrasi, kristaisasidengan penguapan.

·      Guru membimbing siswa dalam eksperimen dan  melibatkan siswa secara aktif dalam eksperimen
·      Siswa mengamati percobaan dan menuliskan hasil percobaan  kelompoknya.
·      Mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS
·      Presentasi hasil percobaan
·      Diskusi metode pemisahan campuran berdasarkan data hasil percobaan
·      Membuat kesimpulan tentang metode pemisahan campuran

30 menit
Penutup


·      Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
·      Guru memberikan penghargaan berupa pujian kepada kelompok yang berkinerja paling baik
·       Siswa menjawab kuis tentang metode pemisahan campuran
·      Guru memberian tugas dirumah untuk mempelajari pemanfaatan pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari dan tugas membaca pemisahan campuran dengan cara dekantasi, destilasi, sublimasi dan kromatografi

 5 menit

H.            PENILAIAN

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Judul Praktikum           : Pemisahan Campuran dengan metode Filtrasi dan Kristalisasi dengan Penguapan
Nama     : .....................................................
Kelas      : .....................................................

NO
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
KETR.
3
2
1
JML
1
Keingintahuan





2
Ketelitian dan kehati-hatian dalam percobaan





3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar





4
Ketrampilan berkomunikasi






Jumlah skor



Rubrik Penilaian
1.        Aspek Keingintahuan
Skor 3 : Jika menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kelompok
Skor 2 : Jika menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, tidak terlalu antusias, aktif dalam kelompok jika didorong
Skor 1  : Jika tidak menunjukkan antusias, sulit terlibat aktif dalam kelompok meski sudah didorong
2.        Aspek ketelitian dan kehati-hatian
Skor 3 : Jika melakukan kegiatan sesuai dengan prosedur dan menunjukkan sikap hati-hati
Skor 2 : Jika melakukan kegiatan sesuai dengan prosedur dan menunjukkan sikap kurang hati-hati/ ceroboh
Skor 1 : Jika melakukan kegiatan kurang sesuai dengan prosedur dan menunjukkan sikap ceroboh
3.        Aspek ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar
Skor 3 jika melakukan kegiatan dengan tekun berupaya menghasilkan yang terbaik dan  tepat waktu
Skor 2 jika melakukan kegiatan dengan tekun tidak tepat waktu
Skor 1 jika kurang tekun dalam melakukan kegiatan dan tidak tepat waktu
4.        Aspek keterampilan berkomunikasi
Skor 3 jika aktif tanya jawab, mengemukakan gagasan sendiri, menghargai gagasan orang lain
Skor 2 jika aktif tanya jawab, tidak mengemukakan gagasan, menghargai gagasan orang lain
Skor 1 jika aktif tanya jawab, tidak mengemukakan gagasan, kurang menghargai gagasan orang lain


LEMBAR PENGAMATAN KEGIATAN PRAKTIKUM
Nama                : .....................................................
Kelas                  : .....................................................
Judul Praktikum          : Pemisahan Campuran dengan metode Filtrasi dan Kristalisasi dengan Penguapan
NO
KETERAMPILAN YANG DINILAI
SKOR
KETR.
3
2
1
JML
1
Cara melipat kertas saring





2
Cara meletakkan kertas saring pada corong





3
Cara menuangkan campuran





4
Cara menguapkan air garam






Jumlah skor



Rubrik Penilaian
1.      Cara melipat kertas saring
Aspek:
a.      Lipatan awal simetris
b.      Ukuran disesuaikan dengan corong
c.       Lipatan kedua ada perbedaan ukuran
d.      Ujung lipatan disobek sedikit
Skor:
Skor 3 jika semua aspek dilakukan dengan benar
Skor 2 jika 3 aspek dilakukan dengan benar
Skor 1 jika 2 aspek dilakukan dengan benar
2.      Cara meletakkan kertas saring pada corong
Aspek:
a.      Tinggi kertas saring pas dengan corong
b.      Rapat dengan corong
c.       Dibasahi air terlebih dahulu
Skor:
Skor 3 jika 3 aspek dilakukan dengan benar
Skor 2 jika 2 aspek dilakukan dengan benar
Skor 1 jika 1 aspek dilakukan dengan benar
3.      Cara menuangkan campuran
a.      Campuran dalam keadaan homogen
b.      Dialirkan perlahan melewati batang pengaduk
c.       Posisi batang pengaduk tegak di atas batang corong
d.      Campuran tidak melimpah (tumpah) dari corong
Skor:
Skor 3 jika semua aspek dilakukan dengan benar
Skor 2 jika 3 aspek dilakukan dengan benar
Skor 1 jika 2 aspek dilakukan dengan benar

4.      Cara menguapkan air garam
a. Air garam di masukkan gelas pirex
b. Pembakar spirtus dinyalakan kemudian menggunakan kaki tiga untuk menaruh gelas pirex yang berisi air garamDialirkan perlahan melewati batang pengaduk
c. Sambil dipanasi air diaduk dengan batang pengaduk
d. Menghasilkan garam yang bersih tidak gosong
Skor:
Skor 3 : Jika semua aspek dilakukan dengan benar
kor 2 : Jika 3 aspek dilakukan dengan benar
Skor 1  : Jika 2 aspek dilakukan dengan benar

Penilaian Pengetahuan
SOAL
1. Perhatikan gambar alat pemiahan campuran berikut.


a. Metode pemisahan campuran apa yang menggunakan perangkat pada gambar?
b. Jelaskan prinsip pemisahan campuran dengan metode tersebut!
c. Sebutkan nama masing-masing alat pada perangkat tersebut!

2.  Air yang masuk ke dalam kondenser letaknya salah.Suatu campuran mengandung 3 macam senyawa yaitu air , minyak goreng, bensin. Jika campuran itu dipisahkan dengan destilasi maka urutan senyawa yang keluar dari pendingin adalah ....
A. air, minyak goreng dan bensin
B. air, bensin, dan minyak goreng
C. minyak goreng, air, dan bensin
D. bensin, air , dan minyak goreng




            KUNCI JAWABAN

            1.  a. kromatografi
b. didasarkan pada perbedaan kecepatan merambat antara partikel-partikel yang bercampur dalam suatu mediumdiam ketika dialiri suatu medium yang bergerak
c. kertas saring, spidol bermacam-macam warna, gelas kimia
            2. d
           
            SKOR PENILAIAN                                
No
Skor
1
30
2
10
JML Skor
40






NILAI  = JUMLAH SKOR X 2,5

LEMBAR KERJA
Materi yang terdapat di alam semesta ini tidaklah murni, melainkan masih berupa campuran. Seperti halnya udara yang kita hirup setiap hari sampai air laut yang berada di samudera. Udara sendiri terdiri dari beberapa macam zat seperti oksigen, nitrogen, air dan yang lainnya. Sedangkan air laut terdiri dari air, garam, dan zat yang lainnya.
Metode pemisahan merupakan suatu cara yang digunakan untuk memisahkan atau memurnikan suatu senyawa atau skelompok senyawa yang mempunyai susunan kimia yang berkaitan dari suatu bahan, baik dalam skala laboratorium maupun skala industri.
Metode pemisahan bertujuan untuk mendapatkan zat murni atau beberapa zat murni dari suatu campuran, sering disebut sebagai pemurnian dan juga untuk mengetahui keberadaan suatu zat dalam suatu sampel (analisis laboratorium).
Pemisahan komponen-komponen penyusun campuran dapat dipisahkan dengan beberapa cara, diantaranya: 1) Penyaringan, 2) Pengkristalan dengan penguapan, 3) Sublimasi, 4) Destilasi 5), Kromatografi , 6) Dekantasi
Untuk mempelajari metode pemisahan campuran ini cobalah lakukan kegiatan di bawah ini.

Kegiatan Memisahkan Garam Dapur dari Pengotor dengan Metode Filtrasi dan kristalisasi dengan penguapan

I.   Tujuan:
Memisahkan garam dapur dari zat pengotor dengan cara penyaringan/filtrasi dan filtrasi dengan penguapan/evaporasi.
II.   Alat dan Bahan :
Alat:
- Kertas saring
- Corong gelas
- Gelas kimia
- Labu Erlenmeyer
- Cawan penguap
- Batang pengaduk
- Kaki tiga
- Kawat kasa
- Pembakar spirtus
Bahan :
- Garam dapur kotor.
- Aquades

III. Cara Kerja :
1. Larutkan garam dapur, pasir  sebanyak 3 sendok dengan aquades secukupnya dalam gelas kimia.
2. Siapkan kertas saring dan lipat dengan cara sebagai berikut:


1.      Letakkan kertas saring di dalam corong dan semprotkan sedikit air sampai kertas saring menempel pada corong.
2.       Letakkan corong di atas labu Erlenmeyer atau letakkan corong pada alat penyangganya.
3.       Masukkan filtrat (hasil saringan) ke dalam cawan penguap.
4.      Panaskan filtrat tersebut sampai mendidih dan airnya menguap.
5.      Zat apakah yang tersisa pada cawan penguap?

IV. Pengamatan :

No
Bahan
Hasil Pengamatan
1
Campuran (garam kotor)
Wujud : ………………………
Warna : ……………………..
2
Larutan garam setelah disaring (filtrat)
Wujud : ……………………
Warna : ……………………..
3.
Filtrat setelah dipanaskan
Wujud : ……………………
Warna : ……………………..

Pengembangan Kompetensi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar

  Pada tanggal 19 Desember 2023 GTK Kemdikbudristek telah merilis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Meng...