Wednesday, 9 October 2013

RPP IPA KELAS 7 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 : KLASIFIKASI MIKROSKOPIS DAN JAMUR



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 Pertemuan 03


Satuan Pendidikan                           :  Sekolah Menegah Pertama
Mata Pelajaran                                  :  IPA
Kelas/Semester                                 :  Kelas VII / Semester I
Topik                                                     :   Klasifikasi Makhluk Hidup  
Sub Topik                                            :   Klasifikasi Mikroskopis dan Jamur
Alokasi  Waktu                                 :  2 X  40 menit ( 1 kali tatap muka)


 
A.       KOMPETENSI DASAR
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas  ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam  pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.3  Memahami prosedur  pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak hidup sebagai bahan kerja ilmiah, serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak hidup
4.2  Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
 
B.      INDIKATOR
1.       Mengagumi keteraturan dan kompleksitas makhluk hidup dan benda tak hidup sebagai ciptaan Tuhan
2.        Mengamati dan memahami tentang makhluk hidup yang berukuran kecil pada kingdom monera dan protista uniseluler.
C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Melalui pengamatan lingkungan sekitar, peserta didik dapat mengembangkan  keterampilan   perilaku  rasa  ingin  tahu,  teliti,  jujur,  tekun,  tanggungjawab,  mengagumi keteraturan dan kompleksitas makhluk hidup dan benda tak hidup sebagai ciptaan Tuhan dan  saling menghargai pendapat melalui kegiatan pengamatan, diskusi kelompok.
2.       Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap Kingdom Protista dan Monera dan mengenal masing-masing karakteristik dari kingdom dan anggota kingdom tersebut
3.       Mengenal dan mampu menggunakan mikroskop untuk mengamati mikroorganisme uniseluler
D.      MATERI
Tuhan telah menciptakan berbagai jenis makhluk hidup dengan keanekaragaman yang luar biasa serta dengan ukuran yang bermacam-macam pula. Ada yang bisa kita lihat secara langsung ada pula yang tidak bisa dilihat secara langsung tanpa bantuan alat. Organism seperti ini biasa kita sebut mikroorganisme.
Kingdom Monera dan Protista Uniseluler
a.       Kingdom Monera
Cirinya: belum memiliki membrane inti (prokariotik)
1)      Bakteri
2)      Cyanobacteria (ganggang biru)
b.      Protista
Cirinya: telah memiliki membrane inti (eukariotik)

E.       PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.  Pendekatan                :  Scientific
2.  Metode                        :  Observasi dan Diskusi
3.  Model          :  Problem Based Learning

F.       MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.       Media
                       Slide gambar, Laptop, LCD 
2.       Alat dan Bahan
·         Mikroskop
·         Kaca obyek
·         Kaca penutup
·         Pipet tetes
·         Air kolam yang berwarna hijau
·         Air jernih
·         Preparat awetan jamur tempe
3.   Sumber Belajar
a)  Buku  IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013 
b) LKS  Klasifikasi Benda

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Alokasi Waktu ( 2 JP)
Kegiatan
Langkah-Langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Pendahu
luan
1.       Pendefinisian Masalah (Define the Problem)
-         Siswa menyimak penjelasan sebuah masalah yang disampaikan guru tentang beberapa organisme yang ada dialam dan bisa ditemui kapan saja dimana saja. Organisme tersebut mempunyai manfaat dalam kehidupan sehari-hari namun demikian juga bisa menimbulkan kerugian.
-         Siswa diminta memberikan tanggapan dan pendapatnya
-         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan cara pembelajaran yang akan dilaksananakan


10 menit
Kegiatan Inti
2.     Mengorganisasi siswa dalam belajar






3.     Membimbing penyelidikan mandiri maupun kelompok








4.    Mengembangkan dan menyajikan hasil karya







5.    Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

-     Siswa membentuk kelompok sesuai arahan guru dengan mempertimbangkan kemampuan akademik,gender dan ras
-     Siswa menerima LKS ( tentang mikroorganisme dalam kehidupan sehaari-hari)



-     Siswa melakukan penyelidikan sesuai LKS dan berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang sebelumnya telah teridentifikasi (pengamatan self learning dan pengamatan mikroskop)
-     Guru memfasilitasi dan membimbing kelompok belajar berdiskusi.




-     Siswa menjawab pertanyaan pada LKS dan menyajikannya dalam laporan tertulis

-     Siswa menyajikan laporan pembahasan hasil temuan,penarikan kesimpulan didepan kelas (diskusi kelas)




-     Siswa dbimbing guru melakukan analisis terhadap pemecahan-pemecahan masalah yang ditemukan siswa

-     Kelompok siswa yang berhasil memecahkan masalah diberi penghargaan



60 menit

Penutup

Generalisasi dan evaluasi
-     Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari siswa


10 menit


H.     PENILAIAN
1.    Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis
Pilihan Ganda
Tes Unjuk Kerja
Uji Petik Kerja dan Rubrik
Portofolio
Panduan Penyusunan Portofolio

2. Instrumen
a.    Lembar Pengamatan Sikap
    Rubrik Penilaian Sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Rubrik
1
Mengagumi  makhluk hidup dan benda tak hidup   sebagai ciptaan Tuhan



1: menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap  makhluk hidup dan benda tak hidup   dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
 2: belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap mekanisme penglihatan mata manusia dan mata serangga.
 3: belum menunjukkan ekspresi kekaguman, atau menaruh minat terhadap  makhluk hidup dan benda tak hidup     atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan

2
Menunjukkan rasa ingin tahu



1: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
3: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
3
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok



1: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
3: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

b.      Penilaian psikomotorik
Lembar observasi kegiatan penggunaan mikroskop


Berilah tanda centang dibawah kolom skor:
5, jika siswa melakukan aspek keterampilan sangat tepat
4, jika siswa melakukan aspek keterampilan tepat
3, jika siswa melakukan aspek keterampilan agak tepat
2, jika siswa melakukan aspek keterampilan kurang tepat
1, jika siswa melakukan aspek keterampilan tidak tepat


jika siswa melakukan aspek keterampilan sangat tepat

jika siswa melakukan aspek keterampilan sangat tepat

 
 











No


Aspek Keterampilan
Jawaban
5
4
3
2
1

Persiapan





1
Membawa mikroskop





2
Meletakkan mikroskop di meja






Pelaksanaan





3
Mengatur cahaya





4
Mengatur posisi/ kemiringan meja kerja





5
Menggunakan lensa/memutar revolver





6
Mengatur tubus/jarak





7
Mengamati preparat





8
Menggambar






Penyelesaian





9
Membersihkan mikroskop





10
Menyimpan mikroskop






Penilaian Laporan

MateriPelajaran               : mikroskop  
AlokasiWaktu                    :
NamaPesertadidik          :
Kelas                                     :

No.
Tahapan
Skor (1 –5)*
1
Struktur laporan

2
Kesesuaian dengan materi


3
Kreatifitas

TOTALSKOR

Catatan :
*) Skor diberikan dengan rentang skor 1 sampai dengan 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam proses pembuatan maka semakin tinggi nilainya.


c.       Penilaian kognitif
Soal: Pilihan Ganda
1.       Organisme uniseluler bisa dilihat menggunakan alat bantu….

a.       Kaca mata
b.      Lup
c.       Mikroskop
d.      google

2.       Bagian mikroskop yang digunakan untuk mengatur focus secara halus adalah…

a.       Makrometer
b.      Micrometer
c.       Revolver
d.      Diarfagma

3.       Bagian mikroskop yang digunakan untuk memilih lensa yang akan digunakan adalah…

a.       Revolver
b.      Diafragma
c.       Makrometer
d.      Micrometer

e.       
4.       Ali mengamati menggunakan lensa okuler denganperbesaran 10 x dan lensa obbyektif 40x maka obyek yang diamati Ali akan diperbesar sebanyak….

a.       4 x
b.      10 x
c.       40 x
d.      400

e.      x
5.       Fungsi diafragma adalah…
a.       Meletakkan preparat
b.      Memilih lensa obyektif yang akan dipakai
c.       Mengatur besar kecilnya cahaya yang masuk
d.      Mengatur focus benda secara halus
6.       Cirri utama kingdom monera adalah…

a.       Uniseluler
b.      Prokariotik
c.       Eukariotik
d.      multiseluler

7.       Sudah memiliki membrane inti disebut…

a.       Uniseluler
b.      Prokariotik
c.       Eukariotik
d.      multiseluler

Perhatikan data berikut untuk menjawab pertanyaan no 7-8
                                      P. Bakteri                                       T. Rhizopus oryzae
                                      Q. Euchema spinosum             U. Oscilatoria
                                      R. Paramaecium                         V. Myxomycotina
                                      S. Escherichia coli                       W Gleocapsa
8.       Anggota kingdom monera adalah …

a. P, S
b. Q, R
c. T, U
d. V,W

9.       Anggota kingdom protista adalah…

a. P, S
b. Q, R
c. T, U
d. V,W

10.   Anggota kingdom fungi adalah…

a. P, S
b. Q, R
c. T, U
d. V,W


            


































d.      Lembar Kerja Siswa
LEMBAR KERJA SISWA

Perhatikan bacaan dan gambar dibawah ini !
KASUS 1

Perhatikan gambar di bawah ini!
roti berjamur

KASUS 2

Awas, Serangan Bakteri E. Coli pada Air Tercemar
Air merupakan unsur kehidupan yang sangat dibutuhkan makhluk hidup di bumi ini khususunya bagi kehidupan manusia,tumbuhan dan hewan. Hal ini,anda perlu  sekali untuk mengetahuinya tentang perbedaan antara air yang tercemar dan air bersih. Bisa anda bayangkan ,jika air yang anda konsumsi sehari-hari tercemar maka akan banyak penyakit yang timbul dan bahkan mengakibatkan kematian dan mengganggu rantai makanan anda.
Air tanah  yang berkualitas bisa didapatkan pada sumur dengan kedalaman tertentu. Untuk mengetahui tercemar atau tidaknya sumber air bisa diamati lewat uji laboratorium. Namun,jika cara tersebut dianggap sulit, terdapat cara sederhana dalam menganalisis pencemaran air, yaitu lewat pengamatan fisik.   
Air Tercemar
Sumur yang terlalu dangkal tentu lebih mudah terkontaminasi pencemaran dan polutan. Sumber pencemaran dari polutan alami berupa mineral dan mikroorganisme. Ada pula polutan yang lebih berbahaya daripada polutan alami, yaitu polutan buatan berupa residu atau bahan kimia yang berbahaya. Polutan ini berasal dari limbah rumah tangga berupa air sabun bekas cucian serta limbah industri dan pertanian seperti pupuk dan pestisida. 

pencemaran_air1SUNGAI KITA (11)Sungai-Tercemar-2
Setelah memperhatikan bacaan dan gambar diatas jawab pertanyaan berikut dan lakukanlah kegiatan selanjutnya sesuai petunjuk:
  1. Apa yang terjadi pada roti dan nasi tersebut?
2.       Apakah penyebab roti dan nasi menjadi seperti pada gambar?
3.       Perhatikan pada kasus 2, Apakah bakteri E.coli itu?
4.        Apakah bisa dilihat secara langsung oleh mata?
5.       Alat bantu apakah yang bisa digunakan untuk melihat organisme tersebut?
6.       Apakah akibatnya bila seseorang meminum/mengkonsumsi air yang tercemar dengan bakteri E.coli?




















































Lakukan kegiatan berikut!


Pengamatan mikroorganisme menggunakan mikroskop

1.         Tujuan: untuk mengamati  mikroorganisme menggunakan mikroskop
2.       Alat dan bahan:
Alat               :
-     Mikroskop
-     Kaca obyek
-     Kaca penutup
-     Beaker glass
-     pinset
                      
Bahan           :
-              air jernih
-              air keruh
-              tempe

3.       Landasan Teori

Buku siswa halaman 62-66
Buku guru halaman 76-83
(bisa ditambahkan sendiri)

4.       Langkah kerja
Pengamatan air kolam
a.       Siapkan air yang jernih dan air kolam ke dalam beaker glass yang berbeda
b.      Ambilah kaca obyek yang bersih
c.       Ambilah setetes air kolam, dan teteskan pada kaca obyek
d.      Tutuplah dengan kaca penutup
e.      Amati dibawah mikroskop
f.        Gambar hasil pengamatan
Pengamatan air jernih
a.       Ambilah kaca obyek yang bersih
b.      Ambilah setetes air jernih, dan teteskan pada kaca obyek
c.       Tutuplah dengan kaca penutup
d.      Amati dibawah mikroskop
e.      Gambar hasil pengamatan
Pengamatan tempe
a.       Ambilah serat-serat berwarna hitam pada tempe
b.      Letakkan pada kaca benda
c.       Tetesi dengan air
d.      Tutup dengan kaca penutup
e.      Amati di bawah mikroskop
f.        Gambar hasil pengamatan



5.       Hasil pengamatan
Gambar       :
Perbesaran :









Gambar        :
Perbesaran  :









Gambar        :
Perbesaran  :










6.       Pertanyaan
a.       Apakah perbedaan hasil pengamatan pada air jernih dan air kolam?
Air kolam            : …………………………………………………………………………………………………………………….
                                 …………………………………………………………………………………………………………………….
Air jernih             : …………………………………………………………………………………………………………………….
                                 …………………………………………………………………………………………………………………...
b.      Mikroorganisme apa sajakah yang telah diamati?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
c.       Masuk kedalam kingdom manakah organisme tersebut?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
d.      Apakah cirri utama kingdom tersebut?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
7.       Kesimpulan
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Soal dan Jawaban Listrik Dinamis

  LISTRIK DINAMIS   1.        Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan suatu penghantar! Jawab : Faktor yang mempengaruhi h...