RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 03
Satuan Pendidikan :
Sekolah Menegah Pertama
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : Kelas VII / Semester I
Topik :
Klasifikasi Makhluk Hidup
Sub Topik : Klasifikasi Mikroskopis dan
Jamur
Alokasi Waktu : 2 X
40 menit ( 1 kali
tatap muka)
A. KOMPETENSI
DASAR
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif;
inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
3.3
Memahami prosedur
pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak hidup sebagai bahan
kerja ilmiah, serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda
tak hidup
4.2
Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup
dan tak hidup
B. INDIKATOR
1.
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas makhluk hidup dan benda tak hidup sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengamati dan
memahami tentang makhluk hidup yang berukuran kecil pada kingdom monera dan
protista uniseluler.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui
pengamatan lingkungan sekitar, peserta didik dapat mengembangkan keterampilan
perilaku rasa ingin
tahu, teliti, jujur,
tekun, tanggungjawab, mengagumi keteraturan dan kompleksitas
makhluk hidup dan benda tak hidup sebagai ciptaan Tuhan dan saling menghargai pendapat melalui kegiatan
pengamatan, diskusi kelompok.
2.
Peserta didik dapat melakukan pengamatan
terhadap Kingdom Protista dan Monera dan mengenal masing-masing karakteristik
dari kingdom dan anggota kingdom tersebut
3.
Mengenal dan mampu menggunakan mikroskop untuk
mengamati mikroorganisme uniseluler
D. MATERI
Tuhan
telah menciptakan berbagai jenis makhluk hidup dengan keanekaragaman yang luar
biasa serta dengan ukuran yang bermacam-macam pula. Ada yang bisa kita lihat
secara langsung ada pula yang tidak bisa dilihat secara langsung tanpa bantuan
alat. Organism seperti ini biasa kita sebut mikroorganisme.
Kingdom Monera dan Protista Uniseluler
a.
Kingdom Monera
Cirinya:
belum memiliki membrane inti (prokariotik)
1)
Bakteri
2)
Cyanobacteria (ganggang biru)
b.
Protista
Cirinya:
telah memiliki membrane inti (eukariotik)
E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
: Scientific
2. Metode
: Observasi dan Diskusi
3. Model
:
Problem Based Learning
F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
Slide
gambar, Laptop, LCD
2.
Alat dan Bahan
·
Mikroskop
·
Kaca obyek
·
Kaca penutup
·
Pipet tetes
·
Air kolam yang berwarna hijau
·
Air jernih
·
Preparat awetan jamur tempe
3. Sumber
Belajar
a) Buku
IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b)
LKS Klasifikasi Benda
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Alokasi
Waktu ( 2 JP)
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
|
Pendahu
luan
|
1.
Pendefinisian Masalah (Define the Problem)
|
-
Siswa menyimak penjelasan sebuah masalah yang
disampaikan guru tentang beberapa organisme yang ada dialam dan bisa ditemui
kapan saja dimana saja. Organisme tersebut mempunyai manfaat dalam kehidupan
sehari-hari namun demikian juga bisa menimbulkan kerugian.
-
Siswa diminta memberikan tanggapan dan
pendapatnya
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menjelaskan cara pembelajaran yang akan dilaksananakan
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
2.
Mengorganisasi siswa dalam belajar
3.
Membimbing penyelidikan mandiri maupun kelompok
4.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
5.
Menganalisis dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah
|
-
Siswa membentuk kelompok sesuai arahan guru
dengan mempertimbangkan kemampuan akademik,gender dan ras
-
Siswa menerima LKS ( tentang mikroorganisme
dalam kehidupan sehaari-hari)
-
Siswa melakukan penyelidikan sesuai LKS dan
berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang
sebelumnya telah teridentifikasi (pengamatan self learning dan pengamatan
mikroskop)
-
Guru memfasilitasi dan membimbing kelompok
belajar berdiskusi.
-
Siswa menjawab pertanyaan pada LKS dan
menyajikannya dalam laporan tertulis
-
Siswa menyajikan laporan pembahasan hasil
temuan,penarikan kesimpulan didepan kelas (diskusi kelas)
-
Siswa dbimbing guru melakukan analisis
terhadap pemecahan-pemecahan masalah yang ditemukan siswa
-
Kelompok siswa yang berhasil memecahkan
masalah diberi penghargaan
|
60 menit
|
Penutup
|
Generalisasi dan evaluasi
|
-
Guru melakukan evaluasi hasil belajar
mengenai materi yang telah dipelajari siswa
|
10 menit
|
H. PENILAIAN
1.
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap
dan Rubrik
|
Tes Tertulis
|
Pilihan Ganda
|
Tes Unjuk Kerja
|
Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
Portofolio
|
Panduan Penyusunan
Portofolio
|
2. Instrumen
a.
Lembar Pengamatan Sikap
Rubrik Penilaian
Sikap
No
|
Aspek yang
dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Rubrik
|
1
|
Mengagumi makhluk hidup dan benda tak hidup sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
1: menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap makhluk hidup dan
benda tak hidup dan/atau ungkapan
verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
2: belum secara eksplisit menunjukkan
ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap
mekanisme penglihatan mata manusia dan mata serangga.
3: belum menunjukkan ekspresi kekaguman,
atau menaruh minat terhadap makhluk
hidup dan benda tak hidup atau
ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
|
2
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
|
|
|
1: menunjukkan rasa ingin
tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin
tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok ketika disuruh
3: tidak menunjukkan
antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
walaupun telah didorong untuk terlibat
|
3
|
Menunjukkan ketekunan dan
tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
|
|
|
1: tekun dalam menyelesaikan
tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu
dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
3: tidak berupaya
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
b.
Penilaian psikomotorik
Lembar observasi kegiatan penggunaan mikroskop
|
No
|
Aspek
Keterampilan
|
Jawaban
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
Persiapan
|
|
|
|
|
|
1
|
Membawa mikroskop
|
|
|
|
|
|
2
|
Meletakkan
mikroskop di meja
|
|
|
|
|
|
|
Pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengatur cahaya
|
|
|
|
|
|
4
|
Mengatur posisi/
kemiringan meja kerja
|
|
|
|
|
|
5
|
Menggunakan
lensa/memutar revolver
|
|
|
|
|
|
6
|
Mengatur
tubus/jarak
|
|
|
|
|
|
7
|
Mengamati
preparat
|
|
|
|
|
|
8
|
Menggambar
|
|
|
|
|
|
|
Penyelesaian
|
|
|
|
|
|
9
|
Membersihkan
mikroskop
|
|
|
|
|
|
10
|
Menyimpan
mikroskop
|
|
|
|
|
|
Penilaian Laporan
MateriPelajaran :
mikroskop
AlokasiWaktu :
NamaPesertadidik :
Kelas :
No.
|
Tahapan
|
Skor
(1 –5)*
|
1
|
Struktur laporan
|
|
2
|
Kesesuaian dengan
materi
|
|
3
|
Kreatifitas
|
|
TOTALSKOR
|
|
Catatan :
*) Skor diberikan dengan rentang skor 1 sampai dengan 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam proses pembuatan maka semakin tinggi
nilainya.
c.
Penilaian kognitif
Soal: Pilihan Ganda
1.
Organisme uniseluler bisa dilihat menggunakan
alat bantu….
a.
Kaca mata
b.
Lup
c.
Mikroskop
d.
google
2.
Bagian mikroskop yang digunakan untuk mengatur
focus secara halus adalah…
a.
Makrometer
b.
Micrometer
c.
Revolver
d.
Diarfagma
3.
Bagian mikroskop yang digunakan untuk memilih
lensa yang akan digunakan adalah…
a.
Revolver
b.
Diafragma
c.
Makrometer
d.
Micrometer
e.
4.
Ali mengamati menggunakan lensa okuler
denganperbesaran 10 x dan lensa obbyektif 40x maka obyek yang diamati Ali akan
diperbesar sebanyak….
a.
4 x
b.
10 x
c.
40 x
d.
400
e.
x
5.
Fungsi diafragma adalah…
a.
Meletakkan preparat
b.
Memilih lensa obyektif yang akan dipakai
c.
Mengatur besar kecilnya cahaya yang masuk
d.
Mengatur focus benda secara halus
6.
Cirri utama kingdom monera adalah…
a.
Uniseluler
b.
Prokariotik
c.
Eukariotik
d.
multiseluler
7.
Sudah memiliki membrane inti disebut…
a.
Uniseluler
b.
Prokariotik
c.
Eukariotik
d.
multiseluler
Perhatikan data berikut untuk menjawab pertanyaan no
7-8
P. Bakteri T. Rhizopus oryzae
Q. Euchema spinosum U. Oscilatoria
R. Paramaecium V. Myxomycotina
S. Escherichia coli W Gleocapsa
8.
Anggota kingdom monera adalah …
a. P, S
b. Q, R
c. T, U
d. V,W
9.
Anggota kingdom protista adalah…
a. P, S
b. Q, R
c. T, U
d. V,W
10.
Anggota kingdom fungi adalah…
a. P, S
b. Q, R
c. T, U
d. V,W
d.
Lembar Kerja Siswa
LEMBAR KERJA SISWA
Perhatikan bacaan dan gambar dibawah ini !
KASUS 1
Perhatikan gambar di bawah ini!
KASUS 2
http://artesis.wordpress.com/2013/04/12/awas-serangan-bakteri-e-coli-pada-air-tercemar Posted by: cheriatna on: April 12, 2013
Awas, Serangan Bakteri E. Coli
pada Air Tercemar
Air
merupakan unsur kehidupan yang sangat dibutuhkan makhluk hidup di bumi ini
khususunya bagi kehidupan manusia,tumbuhan dan hewan. Hal ini,anda perlu
sekali untuk mengetahuinya tentang perbedaan antara air yang tercemar dan air
bersih. Bisa anda bayangkan ,jika air yang anda konsumsi sehari-hari tercemar
maka akan banyak penyakit yang timbul dan bahkan mengakibatkan kematian dan
mengganggu rantai makanan anda.
Air
tanah yang berkualitas bisa didapatkan pada sumur dengan kedalaman
tertentu. Untuk mengetahui tercemar atau tidaknya sumber air bisa diamati lewat
uji laboratorium. Namun,jika cara tersebut dianggap sulit, terdapat cara
sederhana dalam menganalisis pencemaran air, yaitu lewat pengamatan fisik.
Sumur
yang terlalu dangkal tentu lebih mudah terkontaminasi pencemaran dan polutan.
Sumber pencemaran dari polutan alami berupa mineral dan mikroorganisme. Ada pula
polutan yang lebih berbahaya daripada polutan alami, yaitu polutan buatan
berupa residu atau bahan kimia yang berbahaya. Polutan ini berasal dari limbah
rumah tangga berupa air sabun bekas cucian serta limbah industri dan pertanian
seperti pupuk dan pestisida.
Setelah memperhatikan
bacaan dan gambar diatas jawab pertanyaan berikut dan lakukanlah kegiatan
selanjutnya sesuai petunjuk:
- Apa yang terjadi pada roti dan nasi tersebut?
2.
Apakah
penyebab roti dan nasi menjadi seperti pada gambar?
3.
Perhatikan
pada kasus 2, Apakah bakteri E.coli itu?
4.
Apakah bisa dilihat secara langsung oleh mata?
5.
Alat
bantu apakah yang bisa digunakan untuk melihat organisme tersebut?
6.
Apakah
akibatnya bila seseorang meminum/mengkonsumsi air yang tercemar dengan bakteri
E.coli?
Lakukan kegiatan berikut!
Pengamatan mikroorganisme
menggunakan mikroskop
1.
Tujuan:
untuk mengamati mikroorganisme
menggunakan mikroskop
2.
Alat
dan bahan:
Alat :
-
Mikroskop
-
Kaca
obyek
-
Kaca
penutup
-
Beaker
glass
-
pinset
Bahan :
-
air
jernih
-
air
keruh
-
tempe
3.
Landasan
Teori
Buku siswa halaman 62-66
Buku guru halaman 76-83
(bisa ditambahkan sendiri)
4.
Langkah
kerja
Pengamatan air kolam
a.
Siapkan
air yang jernih dan air kolam ke dalam beaker glass yang berbeda
b.
Ambilah
kaca obyek yang bersih
c.
Ambilah
setetes air kolam, dan teteskan pada kaca obyek
d.
Tutuplah
dengan kaca penutup
e.
Amati
dibawah mikroskop
f.
Gambar
hasil pengamatan
Pengamatan air jernih
a.
Ambilah
kaca obyek yang bersih
b.
Ambilah
setetes air jernih, dan teteskan pada kaca obyek
c.
Tutuplah
dengan kaca penutup
d.
Amati
dibawah mikroskop
e.
Gambar
hasil pengamatan
Pengamatan tempe
a.
Ambilah
serat-serat berwarna hitam pada tempe
b.
Letakkan
pada kaca benda
c.
Tetesi
dengan air
d.
Tutup
dengan kaca penutup
e.
Amati
di bawah mikroskop
f.
Gambar
hasil pengamatan
5.
Hasil
pengamatan
Gambar :
Perbesaran :
|
|
Gambar :
Perbesaran :
|
|
Gambar :
Perbesaran :
|
|
6.
Pertanyaan
a.
Apakah
perbedaan hasil pengamatan pada air jernih dan air kolam?
Air kolam :
…………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………….
Air jernih :
…………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………...
b.
Mikroorganisme
apa sajakah yang telah diamati?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
c.
Masuk
kedalam kingdom manakah organisme tersebut?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
d.
Apakah
cirri utama kingdom tersebut?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………..
7.
Kesimpulan
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………