Sunday, 7 February 2021

PREDIKSI SOAL PPPK 2021 – 20 SOAL KOMPETENSI TEKNIS GURU



PREDIKSI SOAL PPPK 2021 – KOMPETENSI TEKNIS GURU

1.      

Pemberian umpan balik kepada siswa penting dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan, memperbaiki kesalahan, membantu untuk mengungkapkan kesalahpahaman, menyarankan perbaikan tertentu, jenis umpan balik jika siswa homogen adalah ....

A.     Eksternal feedback

B.     Comulatif feedback

C.     Quantitative feedback

D.     Representative feedback

E.     Institutionalized feedback

 

Pembahasan

1)     Eksternal Feedback adalah umpan balik yang berasal dari komunikan. Dalam hal ini komunikan dapat menunjukkannya dengan memberikan ekspresi wajah tertentu, gerak-gerik, perilaku atau bahkan suara-suara yang muncul ketika komunikasi sementara berlangsung.

2)     Cumulative feedback adalah umpan balik yang datang kepada komunikator dihimpun dahulu dan tidak segera diubah dalam pesan berikutnya, karena komunikator harus mempertimbangkannya dahulu untuk dapat membuat kebijaksanaan selanjutnya.

3)     Quantitative feedback adalah umpan balik yang dilakukan pengukuran berdasarkan jumlahnya.

4)     Representative feedback adalah sebuah feedback yang dimana akan dianggap mampu didalam memberikan perwakilan komunikan secara keseluruhan meskipun dari yang memberikan hanyalah untuk sebagian orang-orang itu saja. Sesuai dengan karakteristik komunikasi massa yang komunikannya bersifat heterogen, maka tidak mudah untuk mengukur umpan balik yang dari semua komunikan. Karena itu umpan balik yang datang biasanya merupakan representative (wakil) sampel, sehingga walaupun yang ditanggapi hanya satu atau dua komunikan, namun hal tersebut sudah dianggap dapat mewakili sejumlah komunikan yang lainnya.

5)     Institutionalized Feedback adalah umpan balik yang terlembagakan, artinya umpan balik yang diupayakan oleh lembaga, yang dilakukan dengan cara mendatangi langsung khalayak untuk mengumpulkan pendapatnya, kemudian dianalisis oleh lemb aga tersebut.

Jadi yang cocok untuk siswa homogen adalah B

 

2.       

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya merupakan penilaian ....

A.     Proyek

B.     Produk

C.     Kinerja

D.     Praktek

E.     Portofolio

 

Pembahasan:

1)     Penilaian proyek adalah suatu kegiatan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya melalui penyelesaian suatu instrumen projek dalam periode/waktu tertentu

2)     Penilaian produk adalah penilaian terhadap keterampilan peserta didik dalam mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki ke dalam wujud produk dalam waktu tertentu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan baik dari segi proses maupun hasil akhir

3)     penilaian kinerja merupakan penilaian terhadap perolehan, penerapan pengetahuan dan keterampilan yang menunjukkan kemampuan siswa dalam proses maupun produk.

4)     Penilaian praktek adalah penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas sesuai dengan tuntutan kompetensi, bertujuan untuk dapat menilai kemampuan siswa dalam mendemonstrasikan keterampilannya dalam melakukan suatu kegiatan.

5)     Penilaian Portofolio adalah teknik penilaian yang dilakukan dengan cara menilai hasil karya peserta didik yang berupa kumpulan tugas, karya, prestasi akademik/non akademik, yang dikerjakan/dihasilkan peserta didik.

Karena menyanyi merupakan kata kerja, sehingga yang dilihat aktivitas kegiatannya, maka jawabannya adalah D.

 

3.       

Siswa membuat laporan hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian ....

A.     Proyek

B.     Produk

C.     Kinerja

D.     Praktek

E.     Portofolio

 

Pembahasan:

1)     Penilaian proyek adalah suatu kegiatan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya melalui penyelesaian suatu instrumen projek dalam periode/waktu tertentu

2)     Penilaian produk adalah penilaian terhadap keterampilan peserta didik dalam mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki ke dalam wujud produk dalam waktu tertentu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan baik dari segi proses maupun hasil akhir

3)     penilaian kinerja merupakan penilaian terhadap perolehan, penerapan pengetahuan dan keterampilan yang menunjukkan kemampuan siswa dalam proses maupun produk.

4)     Penilaian praktek adalah penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas sesuai dengan tuntutan kompetensi, bertujuan untuk dapat menilai kemampuan siswa dalam mendemonstrasikan keterampilannya dalam melakukan suatu kegiatan.

5)     Penilaian Portofolio adalah teknik penilaian yang dilakukan dengan cara menilai hasil karya peserta didik yang berupa kumpulan tugas, karya, prestasi akademik/non akademik, yang dikerjakan/dihasilkan peserta didik.

 

Siswa membuat laporan, berarti memiliki hasil karya, maka penilaian yang sesuai adalah produk. Jadi jawabnya B

 

4.       

Dalam pembelajaran di kelas anda terdapat 2 siswa anda yang berkebutuhan khusus, pembelajaran apa yang tepat dilakukan dalam menghadapi kondisi seperti ini?

A.     Membagi kelompok diskusi

B.     Melakukan pembimbingan di tempat duduk mereka

C.     Mengelompokkan dengan siswa yang pintar agar terimbas

D.     Menyuruh anak itu mengerjakan soal ke depan dan membimbingnya

E.     Memisahkan dengan siswa normal lainnya dengan perlakuan yang berbeda

 

Pembahasan:

Penanganan anak siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran di kelas :

1)     menggunakan beberapa pendekatan, seperti memberi peraturan sejak awal pembelajaran, memberi nasehat pada siswa, memberi peringatan, mendekati siswa yang masih saling berbicara, dan memberi pujian secara langsung pada siswa.

2)     memberikan reward, karena siswa berkebutuhan khusus senang mendapat reward daripada punishment. Reward dapat berupa stiker atau hak istimewa. Reward yang menarik bagi siswa akan membuatnya bersemangat untuk melakukan yang diperintahkan guru.

3)     memberikan dukungan dan pendampingan yang lebih dibanding siswa yang normal

4)     berusaha mengkomunikasikan perkembangan seluruh siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus kepada orangtua masing-masing.

 

dari uraian di atas jawaban yang tepat adalah B.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.       

Guru menguasai bidang keilmuan lain yang menunjang proses pembelajaran, adalah kompetensi ....

A.     sosial

B.     budaya

C.     pedagogik

D.     profesional

E.     kepribadian

 

Pembahasan :

4 kompetensi guru yaitu :

1)     Kompetensi Pedagogik Guru adalah kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik.

2)     Kompetensi Kepribadian berkaitan dengan karakter personal. Ada indikator yang mencerminkan kepribadian positif seorang guru yaitu: supel, sabar, disiplin, jujur, rendah hati, berwibawa, santun, empati, ikhlas, berakhlak mulia, bertindak sesuai norma sosial & hukum, dll.

3)     Kompetensi Profesional Guru adalah kemampuan atau keterampilan yang wajib dimiliki supaya tugas-tugas keguruan bisa diselesaikan dengan baik.

4)     Kompetensi Sosial berkaitan dengan keterampilan komunikasi, bersikap dan berinteraksi secara umum, baik itu dengan peserta didik, sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua siswa, hingga masyarakat secara luas.

Bidang kelimuan lain yang menunjang proses pembelajaran, antara lain Karakteristik para peserta didik, Teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik, Pengembangan kurikulum, Pembelajaran yang mendidik, Pengembangan potensi para peserta didik, Cara berkomunikasi, Penilaian dan evaluasi belajar. yang semuanya masuk dalam kompetensi pedagogik, jadi jawabnya C.

 

6.       

Dalam mengawali pelajarannya, Pak Adi merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengomunikasikan hasilnya yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah yang dilakukan Pak Adi merupakan bagian model pembelajaran ....

A.     Saintifik

B.     Autentik

C.     Portofolio

D.     Penemuan

E.     Kontekstual

 

Pembahasan :

Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik

menanya; mengumpulkan informasi/eksperimen; mengasosiasikan/mengolah informasi; dan. Mengkomunikasikan

Pembelajaran Autentik berarti pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata dan proyek-proyek dan yang memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi dan membahas masalah-masalah ini dengan cara yang relevan untuk mereka.

Model pembelajaran portofolio adalah suatu proses pembelajaran dalam mempelajari suatu materi tertentu yang prosesnya dari awal sampai akhir, dan kumpulan hasil pekerjaan siswa tersebut dikumpulkan atau didokumentasikan yang disimpan dalam satu bendel.

Model Pembelajaran Discovery Learning atau Penemuan adalah teori  belajar yang didefinisikan  sebagai proses pembelajaran yang  terjadi  apabila  materi pembelajaran  tidak  disajikan  dengan    dalam  bentuk finalnya,  tetapi  diharapkan  peserta didik itu sendiri yang mengorganisasi  sendiri.

Model pembelajaran kontekstual merupakan model yang mengusahakan untuk membuat siswa aktif dalam menggali kemampuan diri siswa dengan mempelajari konsep-konsep sekaligus menerapkannya dan mengaitkannya dengan dunia nyata di sekitar lingkungan siswa.

Dari pembahasan di atas yang sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran Pak Adi adalah saintifik, jadi jawabannya A

 

 

7.       

Penilaian yang dilakukan guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ....

A.     Adil

B.     Sahih

C.     Terbuka

D.     Bermakna

E.     Menyeluruh

 

Pembahasan :

Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.

Sahih, berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.

Terbuka, berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.

Bermakna, Penilaian  hasil  belajar  diharapkan  mempunyai  makna  yang signifikan  bagi  semua  pihak, hendaknya  mudah dipahami  dan  dapat  ditindaklanjuti  oleh  pihak-pihak  yang berkepentingan, hasil  penilaian  hendaknya  mencerminkan gambaran  yang  utuh  tentang  prestasi  siswa  yang  mengandung

informasi  keunggulan  dan  kelemahan,  minat  dan  tingkat penguasaan  siswa  dalam  pencapaian  kompetensi  yang  telah ditetapkan.

Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.

Dari pembahasan di atas, maka penilaian yang dilakukan guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek sesuai dengan prinsip menyeluruh dan berkesinambungan, jadi jawabnya D.

 

8.       

Media pembelajaran adalah media yang berfungsi mempermudah pemberian informasi dalam pembelajaran. Media yang cocok untuk menjelaskan materi Ken Arok dan Ken Dedes adalah ....

A.     Gambar candi

B.     Sumber buku paket

C.     Gambar peta dan globe

D.     Sejarah tokoh masyarakat Jawa

E.     Video kisah Ken Arok dan Ken Dedes

 

Pembahasan :

Karena fungsi media pembelajaran untuk mempermudah pemberian informasi, maka yang paling cocok adalah video kisah Ken Arok dan Ken Dedes, jadi jawabnya E.

 

9.       

Jika ingin membangkitkan rasa ingin tahu siswa, maka cara yang efektif dilakukan adalah ....

A.     Lomba menulis naskah drama

B.     Memajang hasil karya puisi siswa

C.     Diajak ke perpus rutin dan membuat mading poster

D.     Diajak ke laboratorium sains dan mencari literatur sains

E.     Kegiatan rutin membaca setiap pagi sebelum masuk ruangan dan membuat mading

 

Pembahasan:

Cara membangkitkan rasa ingin tahu siswa antara lain :

1)     Ajari siswa untuk selalu membuka pemikiran mereka terhadap hal-hal baru, ataupun hal-hal yang sudah pernah mereka pelajari.

2)     Ajari siswa tidak selalu menerima suatu hal sebagai sesuatu kebenaran yang bersifat final.

3)     Ajari siswa untuk selalu dan banyak bertanya.

4)     Ajari anak untuk melihat dan menyadari bahwa belajar itu sesuatu yang menyenangkan.

5)     Biasakan siswa untuk membaca beragam jenis bacaan untuk mengeksplorasi dunia

Dari uraian di atas maka, yang lebih tepat adalah mengajak siswa ke laboratorium sains dan membaca literatur sains (D).

10.    

Dalam mengawali pelajaran, Pak Adi menyampaikan suatu permasalahan untuk menggugah dan menimbulkan rasa penasaran pada siswanya. Langkah tersebut bertujuan mendorong para siswa mengembangkan kreativitasnya. Langkah Pak Adi merupakan model pembelajaran ....

A.     Saintifik

B.     Autentik

C.     Portofolio

D.     Discovery Learning

E.     Contekstual Teaching and Learning

 

Pembahasan:

Tujuan pendekatan saintifik dalam pembelajaran antara lain untuk meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik, membentuk kemampuan dalam menyelesaikan masalah secara sistematik, menciptakan kondisi pembelajaran supaya peserta didik merasa bahwa belajar merupakan suatu kebutuhan.

Tujuan Pembelajaran Autentik antara lain menjadikan siswa pembelajar yang berhasil menguasai pengetahuan, melatih keterampilan siswa menggunakan pengetahuannya dalam konteks kehidupannya, memberi kesempatan siswa menyelesaikan masalah nyata

Pembelajaran berbasis portofolio dapat juga dikatakan sebagai upaya mendekatkan siswa kepada objek yang dibahas. Pengajaran yang menjadikan materi pelajaran yang dibahas secara langsung dihadapkan kepada siswa, atau siswa secara langsung mencari informasi tentang hal yang dibahas kealam atau masyarakat sekitarnya.

Model discovery learning memudahkan siswa untuk menemukan sendiri konsep-konsep pembelajaran yang tidak diperoleh siswa dengan cara mendengarkan penjelasan dari guru, membantu peserta didik untuk memperbaiki dan meningkatkan keterampilan-keterampilan dan proses-proses kognitif.

Tujuan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yaitu, memotivasi siswa untuk memahami materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengaitkan materi tersebut sesuai dengan pengalaman belajarnya.

Dari uraian di atas, maka yang lebih tepat pembelajaran Pak Adi sesuai dengan model pembelajaran Discovery Learning (D)

 

11.    

Media yang cocok untuk menggambarkan tentang banjir adalah ....

A.     Video

B.     Gambar banjir

C.     Berita perkiraan cuaca televisi

D.     Peta persebaran potensi banjir

E.     Potongan artikel berita media cetak

 

Pembahasan:

Tujuan pembelajaran tentang banjir:

-        Apa yang menyebabkan banjir

-        Bagaimana gambaran bahaya banjir

-        Berapa kerugian akibat banjir

-        Bagaimana cara menanggulangi banjir, dll

Dari pembahasan di atas, maka yang bisa memuat secara keseluruhan adalah media cetak, jadi jawabnya potongan artikle dari berita media cetak (E).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12.    

Penilaian seorang guru harus memiliki kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektifitas penilai. Hal ini sesuai dengan prinsip penilaian ....

A.     Adil

B.     Objektif

C.     Terbuka

D.     Bermakna

E.     Menyeluruh

 

Pembahasan:

Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.

Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai.

Terbuka, berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.

Bermakna, Penilaian  hasil  belajar  diharapkan  mempunyai  makna  yang signifikan  bagi  semua  pihak, hendaknya  mudah dipahami  dan  dapat  ditindaklanjuti  oleh  pihak-pihak  yang berkepentingan, hasil  penilaian  hendaknya  mencerminkan gambaran  yang  utuh  tentang  prestasi  siswa  yang  mengandung

informasi  keunggulan  dan  kelemahan,  minat  dan  tingkat penguasaan  siswa  dalam  pencapaian  kompetensi  yang  telah ditetapkan.

Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.

Dari uraian di atas, maka jawabannya adalah B (objektif).

 

13.    

Bu Iwan adalah seorang guru seni, hari ini akan melakukan penilaian kemampuan siswa membuat lukisan, selain hasil lukisan, teknik menggambar, kemampuan menggunakan alat dan perlengkapan, juga sikap siswa dalam menghargai hasil karya temannya yang lain juga menjadi acuan penilaian. Prinsip penilaian Bu Iwan adalah menggunakan prinsip penilaian ....

A.     Sahih

B.     Objektif

C.     Sistematis

D.     Menyeluruh

E.     Beracuan kriteria

 

Pembahasan:

Sahih, berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur. Oleh karena itu, instrumen yang digunakan perlu disusun melalui prosedur sebagaimana dijelaskan dalam panduan agar memiliki bukti kesahihan dan keandalan

Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai.

Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku. Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan. Akuntabel, berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.

Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.

Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan. Oleh karena itu, instrumen penilaian disusun dengan merujuk pada kompetensi (SKL, KI, dan KD). Selain itu, pengambilan keputusan didasarkan pada kriteria pencapaian yang telah ditetapkan.

Dari uraian di atas, maka penilaian Bu Iwan adalah menyeluruh aspek (D).

 

 

 

 

14.    

Pak Adi mengadakan penilaian harian dengan jumlah soal 10. Siswa dengan nomor absen ganjil mengerjakan soal nomor ganjil, siswa dengan nomor absen genap mengerjakan soal nomor genap. Yang dilakukan pak Adi tidak sesuai dengan prinsip penilaian ....

A.     Adil

B.     Objektif

C.     Sistematis

D.     Menyeluruh

E.     Beracuan kriteria

 

Pembahasan :

Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender

Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai.

Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.

Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.

Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan. Oleh karena itu, instrumen penilaian disusun dengan merujuk pada kompetensi (SKL, KI, dan KD). Selain itu, pengambilan keputusan didasarkan pada kriteria pencapaian yang telah ditetapkan.

Dari uraian di atas, maka bertentangan dengan prinsip penilaian adil (A)

 

15.    

Dalam pembelajarannya, Pak Adi setelah mengadakan penilaian selalu mengamati daya serap siswanya terhadap materi pelajaran. Yang dilakukan Pak Adi merupakan prinsip pembelajaran ....

A.     Objektif

B.     Terpadu

C.     Akuntabel

D.     Sistematis

E.     Beracuan kriteria

 

Pembahasan :

Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai.

Terpadu, artinya penilaian guru merupakan salah satu komponen yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran.

Akuntabel, berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya. Oleh karena itu, penilaian dilakukan dengan mengikuti prinsip-prinsip keilmuan dalam penilaian dan keputusan yang diambil memiliki dasar yang objektif.

Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.

Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan. Oleh karena itu, instrumen penilaian disusun dengan merujuk pada kompetensi (KI L, KI, dan KD). Selain itu, pengambilan keputusan didasarkan pada kriteria pencapaian yang telah ditetapkan.

Dari uraian di atas, maka yang dilakukan Pak Adi sesuai dengan prinsip pembelajaran Terpadu (B)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16.    

Dari banyaknya pengertian portofolio oleh para ahli, esensi penilaian portofolio adalah ....

A.     Kumpulan siswa

B.     Kumpulan nilai siswa

C.     Rekaman hasil karya siswa

D.     Kumpulan hasil karya siswa

E.     Rangkaian hasil karya siswa

 

Pembahasan:

Penilaian Portofolio adalah teknik penilaian yang dilakukan dengan cara menilai hasil karya peserta didik yang berupa kumpulan tugas, karya, prestasi akademik/non akademik, yang dikerjakan/dihasilkan peserta didik.

Jadi jawabnya D. kumpulan hasil karya siswa.

17.    

Disediakan dua magnet dan paku. Siswa melakukan percobaan tarik menarik magnet. Komponen tujuan pembelajaran yang kurang adalah ....

A.     Degree

B.     Audience

C.     Condition

D.     Behavior dan degree

E.     Condition dan degree

 

Pembahasan:

Audience

Secara bahasa audience artinya pendengar, tetapi audience disini merupakan subjek sekaligus objek dalam pembelajaran. Dengan demikian, perumusan tujuan pembelajaran harus menempatkan siswa sebagai pusat (subjek sekaligus objek) dalam pembelajaran.

Behavior

Behavior berarti tingkah laku / aktivitas suatu proses. Dalam konteks KBM, behavior terlihat pada aktivitas siswa dalam pembelajaran. Maka, tidak mungkin pembelajaran dilakukan tanpa adanya tingkah laku atau aktivitas dari siswa. Dalam perumusan tujuan pembelajaran behavior (aktivitas siswa) ditulis menggunakan kata kerja operasional (KKO), seperti: memahami, mendemonstrasikan, menelaah, menerapkan dan lain-lain. Penggunaan KKO dalam satu tujuan pembelajaran tidak boleh lebih dari satu.

Condition berarti suatu keadaan. Dalam konteks KBM, condition adalah keadaan siswa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran, serta persyaratan yang perlu dipenuhi agar hasil yang diharapkan bisa tercapai. Perumusan condition adalah dengan menjawab pertanyaan, “aktivitas apa yang dilakukan siswa agar hasil yang diharapkan bisa tercapai? Condition ditulis dalam bentuk kata kerja. Contoh: disediakan, dll.

Degree berarti suatu perbandingan. Dalam konteks KBM, degree berarti membandingkan kondisi sebelum dan setelah belajar. Tingkat degree berbeda-beda bergantung pada bobot materi yang akan dipelajari, serta sejauh mana siswa harus menguasai suatu materi atau menunjukan suatu perubahan tingkah laku, misalnya melakukan dengan benar, baik, dll.

Jadi komponen tujuan pembelajaran disingkat ABCD.dari uraian di atas yang kurang adalah degree (A)

 

18.    

Media pembelajaran yang tepat untuk mengajarkan kebutuhan ekonomi yang melonjak tinggi adalah ....

A.     Buku paket

B.     Potongan artikel

C.     Video di kanal youtube

D.     Tayangan berita di televisi

E.     Daftar harga barang pokok terbaru

 

Pembahasan :

Tujuan pembelajaran kebutuhan ekonomi yang melonjak :

1)     Apa penyebabnya

2)     Bagaimana situasinya

3)     Apa dampaknya

Dari media-media yang ada yang bisa menggambar secara visual dan audio adalah tayangan berita di televisi. Jadi jawabnya D.

19.    

Pak Wawan adalah guru olahraga, pagi akan mengadakan penilaian praktik berenang. Prinsip penilaian yang dilakukan Pak Wawan adalah ....

A.     Sahih

B.     Objektif

C.     Sistematis

D.     Menyeluruh

E.     Beracuan kriteria

 

Pembahasan :

Sahih, berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur. Oleh karena itu, instrumen yang digunakan perlu disusun melalui prosedur sebagaimana dijelaskan dalam panduan agar memiliki bukti kesahihan dan keandalan

Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai.

Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.

Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.

Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan. Oleh karena itu, instrumen penilaian disusun dengan merujuk pada kompetensi (SKL, KI, dan KD). Selain itu, pengambilan keputusan didasarkan pada kriteria pencapaian yang telah ditetapkan.

Dari uraian di atas, maka yang sesuai penilaian praktik berenang adalah sahih (A)

 

20.    

Pak Hani adalah guru PKn di sekolah “Makin Maju”. Dia tinggal di desa Maju Aman. Siska adalah tetangga Pak Hani. Setiap pembagian hasil ulangan Siska selalu diberi nilai 90, sedangkan Rudi siswa yang paling pintar di kelasnya diberi nilai 80. Dari kasus di atas Pak Hani tidak melakukan prinsip penilaian ....

A.     Adil

B.     Objektif

C.     Sistematis

D.     Menyeluruh

E.     Beracuan kriteria

 

Pembahasan:

Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender

Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai.

Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.

Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.

Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan. Oleh karena itu, instrumen penilaian disusun dengan merujuk pada kompetensi (SKL, KI, dan KD). Selain itu, pengambilan keputusan didasarkan pada kriteria pencapaian yang telah ditetapkan.

Karena Pak Hani memperhitungkan tetangganya, berarti penilaiannya tidak objektif, jadi jawabnya B.

 

 

Sumber : Mediaeduka.com. PREDIKSI SOAL PPPK 2021 – KOMPETENSI TEKNIS GURU

  

Soal dan Jawaban Listrik Dinamis

  LISTRIK DINAMIS   1.        Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan suatu penghantar! Jawab : Faktor yang mempengaruhi h...