PREDIKSI SOAL PPPK 2021 – KOMPETENSI TEKNIS
GURU
1.
Pemberian umpan balik
kepada siswa penting dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan, memperbaiki
kesalahan, membantu untuk mengungkapkan kesalahpahaman, menyarankan perbaikan
tertentu, jenis umpan balik jika siswa homogen adalah ....
A.
Eksternal
feedback
B.
Comulatif feedback
C.
Quantitative
feedback
D.
Representative
feedback
E. Institutionalized feedback
Pembahasan
1) Eksternal Feedback adalah umpan balik
yang berasal dari komunikan. Dalam hal ini komunikan dapat menunjukkannya
dengan memberikan ekspresi wajah tertentu, gerak-gerik, perilaku atau bahkan
suara-suara yang muncul ketika komunikasi sementara berlangsung.
2) Cumulative feedback adalah umpan balik yang datang
kepada komunikator dihimpun dahulu dan tidak segera diubah dalam pesan
berikutnya, karena komunikator harus mempertimbangkannya dahulu untuk dapat
membuat kebijaksanaan selanjutnya.
3) Quantitative
feedback adalah umpan
balik yang dilakukan pengukuran berdasarkan jumlahnya.
4) Representative feedback adalah sebuah feedback yang dimana akan
dianggap mampu didalam memberikan perwakilan komunikan secara keseluruhan
meskipun dari yang memberikan hanyalah untuk sebagian orang-orang itu saja.
Sesuai dengan karakteristik komunikasi massa yang komunikannya bersifat heterogen,
maka tidak mudah untuk mengukur umpan balik yang dari semua komunikan. Karena
itu umpan balik yang datang biasanya merupakan representative (wakil) sampel,
sehingga walaupun yang ditanggapi hanya satu atau dua komunikan, namun hal
tersebut sudah dianggap dapat mewakili sejumlah komunikan yang lainnya.
5) Institutionalized
Feedback adalah umpan
balik yang terlembagakan, artinya umpan balik yang diupayakan oleh lembaga,
yang dilakukan dengan cara mendatangi langsung khalayak untuk mengumpulkan
pendapatnya, kemudian dianalisis oleh lemb aga tersebut.
Jadi yang cocok
untuk siswa homogen adalah B
2.
Menyanyikan Lagu Indonesia
Raya merupakan penilaian ....
A.
Proyek
B.
Produk
C.
Kinerja
D.
Praktek
E.
Portofolio
Pembahasan:
1) Penilaian proyek adalah suatu kegiatan untuk mengetahui
kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya melalui
penyelesaian suatu instrumen projek dalam periode/waktu tertentu
2) Penilaian produk adalah penilaian terhadap
keterampilan peserta didik dalam mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki ke
dalam wujud produk dalam waktu tertentu sesuai dengan kriteria
yang telah ditetapkan baik dari segi proses maupun hasil akhir
3) penilaian kinerja merupakan penilaian terhadap
perolehan, penerapan pengetahuan dan keterampilan yang menunjukkan
kemampuan siswa dalam proses maupun produk.
4) Penilaian praktek adalah penilaian yang
menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas sesuai dengan
tuntutan kompetensi, bertujuan untuk dapat menilai kemampuan siswa dalam
mendemonstrasikan keterampilannya dalam melakukan suatu kegiatan.
5) Penilaian Portofolio adalah teknik penilaian yang
dilakukan dengan cara menilai hasil karya peserta didik yang berupa kumpulan
tugas, karya, prestasi akademik/non akademik, yang dikerjakan/dihasilkan
peserta didik.
Karena menyanyi
merupakan kata kerja, sehingga yang dilihat aktivitas kegiatannya, maka
jawabannya adalah D.
3.
Siswa membuat laporan
hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian ....
A.
Proyek
B.
Produk
C.
Kinerja
D.
Praktek
E.
Portofolio
Pembahasan:
1) Penilaian proyek adalah suatu kegiatan untuk mengetahui
kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya melalui
penyelesaian suatu instrumen projek dalam periode/waktu tertentu
2) Penilaian produk adalah penilaian terhadap
keterampilan peserta didik dalam mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki ke
dalam wujud produk dalam waktu tertentu sesuai dengan kriteria
yang telah ditetapkan baik dari segi proses maupun hasil akhir
3) penilaian kinerja merupakan penilaian terhadap
perolehan, penerapan pengetahuan dan keterampilan yang menunjukkan
kemampuan siswa dalam proses maupun produk.
4) Penilaian praktek adalah penilaian yang
menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas sesuai dengan
tuntutan kompetensi, bertujuan untuk dapat menilai kemampuan siswa dalam
mendemonstrasikan keterampilannya dalam melakukan suatu kegiatan.
5) Penilaian Portofolio adalah teknik penilaian yang
dilakukan dengan cara menilai hasil karya peserta didik yang berupa kumpulan
tugas, karya, prestasi akademik/non akademik, yang dikerjakan/dihasilkan
peserta didik.
Siswa membuat
laporan, berarti memiliki hasil karya, maka penilaian yang sesuai adalah
produk. Jadi jawabnya B
4.
Dalam pembelajaran di
kelas anda terdapat 2 siswa anda yang berkebutuhan khusus, pembelajaran apa
yang tepat dilakukan dalam menghadapi kondisi seperti ini?
A.
Membagi
kelompok diskusi
B.
Melakukan pembimbingan di tempat duduk mereka
C.
Mengelompokkan
dengan siswa yang pintar agar terimbas
D.
Menyuruh
anak itu mengerjakan soal ke depan dan membimbingnya
E.
Memisahkan
dengan siswa normal lainnya dengan perlakuan yang berbeda
Pembahasan:
Penanganan anak siswa
berkebutuhan khusus dalam pembelajaran di kelas :
1)
menggunakan
beberapa pendekatan, seperti memberi peraturan sejak awal pembelajaran, memberi
nasehat pada siswa, memberi peringatan, mendekati siswa yang masih saling
berbicara, dan memberi pujian secara langsung pada siswa.
2)
memberikan
reward, karena siswa berkebutuhan
khusus senang mendapat reward daripada
punishment. Reward dapat berupa stiker
atau hak istimewa. Reward yang
menarik bagi siswa akan membuatnya bersemangat untuk melakukan yang
diperintahkan guru.
3)
memberikan
dukungan dan pendampingan yang lebih dibanding siswa yang normal
4)
berusaha
mengkomunikasikan perkembangan seluruh siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus
kepada orangtua masing-masing.
dari uraian di
atas jawaban yang tepat adalah B.
5.
Guru menguasai bidang
keilmuan lain yang menunjang proses pembelajaran, adalah kompetensi ....
A.
sosial
B.
budaya
C.
pedagogik
D.
profesional
E.
kepribadian
Pembahasan :
4 kompetensi guru yaitu :
1)
Kompetensi
Pedagogik Guru adalah kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola
suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik.
2)
Kompetensi
Kepribadian berkaitan dengan karakter personal. Ada indikator yang mencerminkan
kepribadian positif seorang guru yaitu: supel, sabar, disiplin, jujur, rendah
hati, berwibawa, santun, empati, ikhlas, berakhlak mulia, bertindak sesuai
norma sosial & hukum, dll.
3)
Kompetensi
Profesional Guru adalah kemampuan atau keterampilan yang wajib dimiliki supaya
tugas-tugas keguruan bisa diselesaikan dengan baik.
4)
Kompetensi
Sosial berkaitan dengan keterampilan komunikasi, bersikap dan berinteraksi
secara umum, baik itu dengan peserta didik, sesama guru, tenaga kependidikan,
orang tua siswa, hingga masyarakat secara luas.
Bidang kelimuan
lain yang menunjang proses pembelajaran, antara lain Karakteristik para peserta
didik, Teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik, Pengembangan
kurikulum, Pembelajaran yang mendidik, Pengembangan potensi para peserta didik,
Cara berkomunikasi, Penilaian dan evaluasi belajar. yang semuanya masuk dalam
kompetensi pedagogik, jadi jawabnya C.
6.
Dalam mengawali
pelajarannya, Pak Adi merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi)
dengan berbagai teknik, mengasosiasi/menganalisis/mengolah data (informasi) dan
menarik kesimpulan serta mengomunikasikan hasilnya yang terdiri dari kesimpulan
untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah yang dilakukan
Pak Adi merupakan bagian model pembelajaran ....
A.
Saintifik
B.
Autentik
C.
Portofolio
D.
Penemuan
E.
Kontekstual
Pembahasan :
Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik
menanya; mengumpulkan
informasi/eksperimen; mengasosiasikan/mengolah informasi; dan. Mengkomunikasikan
Pembelajaran
Autentik berarti
pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata dan proyek-proyek dan yang
memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi dan membahas masalah-masalah ini dengan
cara yang relevan untuk mereka.
Model
pembelajaran portofolio
adalah suatu proses pembelajaran dalam mempelajari suatu materi tertentu yang
prosesnya dari awal sampai akhir, dan kumpulan hasil pekerjaan siswa tersebut
dikumpulkan atau didokumentasikan yang disimpan dalam satu bendel.
Model Pembelajaran Discovery
Learning atau Penemuan adalah
teori belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran
yang terjadi apabila materi pembelajaran tidak
disajikan dengan dalam bentuk finalnya,
tetapi diharapkan peserta didik itu sendiri yang mengorganisasi
sendiri.
Model pembelajaran
kontekstual merupakan
model yang mengusahakan untuk membuat siswa aktif dalam menggali kemampuan diri
siswa dengan mempelajari konsep-konsep sekaligus menerapkannya dan
mengaitkannya dengan dunia nyata di sekitar lingkungan siswa.
Dari pembahasan
di atas yang sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran Pak Adi adalah
saintifik, jadi jawabannya A
7.
Penilaian yang dilakukan
guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan
meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ....
A.
Adil
B.
Sahih
C.
Terbuka
D.
Bermakna
E.
Menyeluruh
Pembahasan :
Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan
atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar
belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.
Sahih, berarti penilaian didasarkan pada data
yang mencerminkan kemampuan yang diukur.
Terbuka, berarti prosedur penilaian, kriteria
penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.
Bermakna, Penilaian hasil
belajar diharapkan mempunyai makna yang signifikan
bagi semua pihak, hendaknya mudah dipahami dan
dapat ditindaklanjuti oleh pihak-pihak yang
berkepentingan, hasil penilaian hendaknya mencerminkan gambaran
yang utuh tentang prestasi siswa yang
mengandung
informasi
keunggulan dan kelemahan, minat dan tingkat penguasaan
siswa dalam pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan.
Menyeluruh
dan berkesinambungan,
berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan
menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan
kemampuan peserta didik.
Dari pembahasan
di atas, maka penilaian yang dilakukan guru harus dapat menilai kemampuan siswa
sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek sesuai dengan
prinsip menyeluruh dan berkesinambungan, jadi jawabnya D.
8.
Media pembelajaran adalah
media yang berfungsi mempermudah pemberian informasi dalam pembelajaran. Media
yang cocok untuk menjelaskan materi Ken Arok dan Ken Dedes adalah ....
A.
Gambar
candi
B.
Sumber
buku paket
C.
Gambar
peta dan globe
D.
Sejarah
tokoh masyarakat Jawa
E.
Video kisah Ken Arok dan Ken Dedes
Pembahasan :
Karena fungsi
media pembelajaran untuk mempermudah pemberian informasi, maka yang paling
cocok adalah video kisah Ken Arok dan Ken Dedes, jadi jawabnya E.
9.
Jika ingin membangkitkan
rasa ingin tahu siswa, maka cara yang efektif dilakukan adalah ....
A.
Lomba
menulis naskah drama
B.
Memajang
hasil karya puisi siswa
C.
Diajak
ke perpus rutin dan membuat mading poster
D.
Diajak ke laboratorium sains dan mencari literatur sains
E.
Kegiatan
rutin membaca setiap pagi sebelum masuk ruangan dan membuat mading
Pembahasan:
Cara membangkitkan rasa
ingin tahu siswa antara lain :
1)
Ajari
siswa untuk selalu membuka pemikiran mereka terhadap hal-hal baru, ataupun
hal-hal yang sudah pernah mereka pelajari.
2)
Ajari
siswa tidak selalu menerima suatu hal sebagai sesuatu kebenaran yang bersifat
final.
3)
Ajari
siswa untuk selalu dan banyak bertanya.
4)
Ajari
anak untuk melihat dan menyadari bahwa belajar itu sesuatu yang menyenangkan.
5)
Biasakan
siswa untuk membaca beragam jenis bacaan untuk mengeksplorasi dunia
Dari uraian di
atas maka, yang lebih tepat adalah mengajak siswa ke laboratorium sains dan
membaca literatur sains (D).
10.
Dalam mengawali pelajaran,
Pak Adi menyampaikan suatu permasalahan untuk menggugah dan menimbulkan rasa
penasaran pada siswanya. Langkah tersebut bertujuan mendorong para siswa
mengembangkan kreativitasnya. Langkah Pak Adi merupakan model pembelajaran ....
A.
Saintifik
B.
Autentik
C.
Portofolio
D.
Discovery Learning
E.
Contekstual
Teaching and Learning
Pembahasan:
Tujuan pendekatan saintifik dalam pembelajaran antara lain untuk meningkatkan kemampuan
berpikir peserta didik, membentuk kemampuan dalam menyelesaikan masalah secara sistematik,
menciptakan kondisi pembelajaran supaya
peserta didik merasa bahwa belajar merupakan
suatu kebutuhan.
Tujuan
Pembelajaran Autentik
antara lain menjadikan siswa pembelajar yang berhasil menguasai pengetahuan, melatih
keterampilan siswa menggunakan pengetahuannya dalam konteks kehidupannya, memberi
kesempatan siswa menyelesaikan masalah nyata
Pembelajaran berbasis portofolio dapat juga dikatakan sebagai upaya
mendekatkan siswa kepada objek yang dibahas. Pengajaran yang menjadikan materi
pelajaran yang dibahas secara langsung dihadapkan kepada siswa, atau siswa
secara langsung mencari informasi tentang hal yang dibahas kealam atau
masyarakat sekitarnya.
Model discovery
learning memudahkan
siswa untuk menemukan sendiri konsep-konsep pembelajaran yang tidak diperoleh siswa dengan cara mendengarkan
penjelasan dari guru, membantu peserta didik untuk memperbaiki dan meningkatkan
keterampilan-keterampilan dan proses-proses kognitif.
Tujuan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning yaitu, memotivasi siswa untuk memahami materi
pelajaran yang dipelajarinya dengan mengaitkan materi tersebut sesuai dengan
pengalaman belajarnya.
Dari uraian di
atas, maka yang lebih tepat pembelajaran Pak Adi sesuai dengan model
pembelajaran Discovery Learning (D)
11.
Media yang cocok untuk
menggambarkan tentang banjir adalah ....
A.
Video
B.
Gambar
banjir
C.
Berita
perkiraan cuaca televisi
D.
Peta
persebaran potensi banjir
E.
Potongan artikel berita media cetak
Pembahasan:
Tujuan pembelajaran
tentang banjir:
-
Apa
yang menyebabkan banjir
-
Bagaimana
gambaran bahaya banjir
-
Berapa
kerugian akibat banjir
-
Bagaimana
cara menanggulangi banjir, dll
Dari pembahasan
di atas, maka yang bisa memuat secara keseluruhan adalah media cetak, jadi
jawabnya potongan artikle dari berita media cetak (E).
12.
Penilaian seorang guru
harus memiliki kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektifitas penilai. Hal
ini sesuai dengan prinsip penilaian ....
A.
Adil
B.
Objektif
C.
Terbuka
D.
Bermakna
E.
Menyeluruh
Pembahasan:
Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan
atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar
belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.
Objektif, berarti penilaian didasarkan
pada prosedur dan kriteria yang jelas tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas
penilai.
Terbuka, berarti prosedur penilaian, kriteria
penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.
Bermakna, Penilaian hasil
belajar diharapkan mempunyai makna yang signifikan
bagi semua pihak, hendaknya mudah dipahami dan
dapat ditindaklanjuti oleh pihak-pihak yang
berkepentingan, hasil penilaian hendaknya mencerminkan gambaran
yang utuh tentang prestasi siswa yang
mengandung
informasi
keunggulan dan kelemahan, minat dan tingkat penguasaan
siswa dalam pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan.
Menyeluruh
dan berkesinambungan,
berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan
menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan
kemampuan peserta didik.
Dari uraian di
atas, maka jawabannya adalah B (objektif).
13.
Bu Iwan adalah seorang
guru seni, hari ini akan melakukan penilaian kemampuan siswa membuat lukisan,
selain hasil lukisan, teknik menggambar, kemampuan menggunakan alat dan
perlengkapan, juga sikap siswa dalam menghargai hasil karya temannya yang lain
juga menjadi acuan penilaian. Prinsip penilaian Bu Iwan adalah menggunakan
prinsip penilaian ....
A.
Sahih
B.
Objektif
C.
Sistematis
D.
Menyeluruh
E.
Beracuan
kriteria
Pembahasan:
Sahih, berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang
diukur. Oleh karena itu, instrumen yang digunakan perlu disusun melalui
prosedur sebagaimana dijelaskan dalam panduan agar memiliki bukti kesahihan dan
keandalan
Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas
tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai.
Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan
mengikuti langkah-langkah baku. Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran
pencapaian kompetensi yang ditetapkan. Akuntabel, berarti penilaian dapat
dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.
Menyeluruh
dan berkesinambungan,
berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan
menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan
kemampuan peserta didik.
Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang
ditetapkan. Oleh karena itu, instrumen penilaian disusun dengan merujuk pada kompetensi (SKL, KI,
dan KD). Selain itu, pengambilan keputusan didasarkan pada kriteria pencapaian
yang telah ditetapkan.
Dari uraian di
atas, maka penilaian Bu Iwan adalah menyeluruh aspek (D).
14.
Pak Adi mengadakan
penilaian harian dengan jumlah soal 10. Siswa dengan nomor absen ganjil
mengerjakan soal nomor ganjil, siswa dengan nomor absen genap mengerjakan soal
nomor genap. Yang dilakukan pak Adi tidak sesuai dengan prinsip penilaian ....
A.
Adil
B.
Objektif
C.
Sistematis
D.
Menyeluruh
E.
Beracuan
kriteria
Pembahasan :
Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan
atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar
belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender
Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas
tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai.
Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan
mengikuti langkah-langkah baku.
Menyeluruh
dan berkesinambungan,
berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan
menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan
kemampuan peserta didik.
Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang
ditetapkan. Oleh karena itu, instrumen penilaian disusun dengan merujuk pada kompetensi (SKL, KI,
dan KD). Selain itu, pengambilan keputusan didasarkan pada kriteria pencapaian
yang telah ditetapkan.
Dari uraian di
atas, maka bertentangan dengan prinsip penilaian adil (A)
15.
Dalam pembelajarannya, Pak
Adi setelah mengadakan penilaian selalu mengamati daya serap siswanya terhadap
materi pelajaran. Yang dilakukan Pak Adi merupakan prinsip pembelajaran ....
A.
Objektif
B.
Terpadu
C.
Akuntabel
D.
Sistematis
E.
Beracuan
kriteria
Pembahasan :
Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas
tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai.
Terpadu, artinya penilaian guru merupakan salah
satu komponen yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran.
Akuntabel, berarti penilaian dapat
dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya. Oleh
karena itu, penilaian dilakukan dengan mengikuti prinsip-prinsip keilmuan
dalam penilaian dan keputusan yang diambil memiliki dasar yang objektif.
Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan
mengikuti langkah-langkah baku.
Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang
ditetapkan. Oleh karena itu, instrumen penilaian disusun dengan merujuk pada kompetensi (KI L, KI,
dan KD). Selain itu, pengambilan keputusan didasarkan pada kriteria pencapaian
yang telah ditetapkan.
Dari uraian di
atas, maka yang dilakukan Pak Adi sesuai dengan prinsip pembelajaran Terpadu
(B)
16.
Dari banyaknya pengertian
portofolio oleh para ahli, esensi penilaian portofolio adalah ....
A.
Kumpulan
siswa
B.
Kumpulan
nilai siswa
C.
Rekaman
hasil karya siswa
D.
Kumpulan hasil karya siswa
E.
Rangkaian
hasil karya siswa
Pembahasan:
Penilaian Portofolio adalah teknik penilaian yang
dilakukan dengan cara menilai hasil karya peserta didik yang berupa kumpulan
tugas, karya, prestasi akademik/non akademik, yang dikerjakan/dihasilkan
peserta didik.
Jadi jawabnya D.
kumpulan hasil karya siswa.
17.
Disediakan dua magnet dan
paku. Siswa melakukan percobaan tarik menarik magnet. Komponen tujuan
pembelajaran yang kurang adalah ....
A.
Degree
B.
Audience
C.
Condition
D.
Behavior
dan degree
E.
Condition
dan degree
Pembahasan:
Audience
Secara bahasa audience artinya pendengar,
tetapi audience disini merupakan subjek sekaligus objek dalam
pembelajaran. Dengan demikian, perumusan tujuan pembelajaran harus menempatkan siswa sebagai pusat (subjek sekaligus
objek) dalam pembelajaran.
Behavior
Behavior berarti tingkah laku / aktivitas suatu
proses. Dalam konteks KBM, behavior terlihat pada aktivitas siswa dalam
pembelajaran. Maka, tidak mungkin pembelajaran dilakukan tanpa adanya tingkah
laku atau aktivitas dari siswa. Dalam perumusan tujuan pembelajaran behavior
(aktivitas siswa) ditulis menggunakan kata kerja operasional (KKO), seperti:
memahami, mendemonstrasikan, menelaah, menerapkan dan lain-lain. Penggunaan KKO
dalam satu tujuan pembelajaran tidak boleh lebih dari satu.
Condition berarti suatu keadaan. Dalam konteks
KBM, condition adalah keadaan siswa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
pembelajaran, serta persyaratan yang perlu dipenuhi agar hasil yang diharapkan
bisa tercapai. Perumusan condition adalah dengan menjawab pertanyaan,
“aktivitas apa yang dilakukan siswa agar hasil yang diharapkan bisa tercapai?
Condition ditulis dalam bentuk kata kerja. Contoh: disediakan, dll.
Degree berarti suatu perbandingan. Dalam
konteks KBM, degree berarti membandingkan kondisi sebelum dan setelah belajar.
Tingkat degree berbeda-beda bergantung pada bobot materi yang akan dipelajari,
serta sejauh mana siswa harus menguasai suatu materi atau menunjukan suatu
perubahan tingkah laku, misalnya melakukan dengan benar, baik, dll.
Jadi komponen
tujuan pembelajaran disingkat ABCD.dari uraian di atas yang kurang adalah
degree (A)
18.
Media pembelajaran yang
tepat untuk mengajarkan kebutuhan ekonomi yang melonjak tinggi adalah ....
A.
Buku
paket
B.
Potongan
artikel
C.
Video
di kanal youtube
D.
Tayangan berita di televisi
E.
Daftar
harga barang pokok terbaru
Pembahasan :
Tujuan pembelajaran
kebutuhan ekonomi yang melonjak :
1)
Apa
penyebabnya
2)
Bagaimana
situasinya
3)
Apa
dampaknya
Dari media-media
yang ada yang bisa menggambar secara visual dan audio adalah tayangan berita di
televisi. Jadi jawabnya D.
19.
Pak Wawan adalah guru
olahraga, pagi akan mengadakan penilaian praktik berenang. Prinsip penilaian
yang dilakukan Pak Wawan adalah ....
A.
Sahih
B.
Objektif
C.
Sistematis
D.
Menyeluruh
E.
Beracuan
kriteria
Pembahasan :
Sahih, berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang
diukur. Oleh karena itu, instrumen yang digunakan perlu disusun melalui
prosedur sebagaimana dijelaskan dalam panduan agar memiliki bukti kesahihan dan
keandalan
Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas
tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai.
Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan
mengikuti langkah-langkah baku.
Menyeluruh
dan berkesinambungan,
berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan
menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan
kemampuan peserta didik.
Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang
ditetapkan. Oleh karena itu, instrumen penilaian disusun dengan merujuk pada kompetensi (SKL, KI,
dan KD). Selain itu, pengambilan keputusan didasarkan pada kriteria pencapaian
yang telah ditetapkan.
Dari uraian di
atas, maka yang sesuai penilaian praktik berenang adalah sahih (A)
20.
Pak Hani adalah guru PKn di
sekolah “Makin Maju”. Dia tinggal di desa Maju Aman. Siska adalah tetangga Pak
Hani. Setiap pembagian hasil ulangan Siska selalu diberi nilai 90, sedangkan
Rudi siswa yang paling pintar di kelasnya diberi nilai 80. Dari kasus di atas
Pak Hani tidak melakukan prinsip penilaian ....
A.
Adil
B.
Objektif
C.
Sistematis
D.
Menyeluruh
E.
Beracuan
kriteria
Pembahasan:
Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan
atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar
belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender
Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas
tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai.
Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan
mengikuti langkah-langkah baku.
Menyeluruh
dan berkesinambungan,
berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan
menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan
kemampuan peserta didik.
Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang
ditetapkan. Oleh karena itu, instrumen penilaian disusun dengan merujuk pada kompetensi (SKL, KI,
dan KD). Selain itu, pengambilan keputusan didasarkan pada kriteria pencapaian
yang telah ditetapkan.
Karena Pak Hani
memperhitungkan tetangganya, berarti penilaiannya tidak objektif, jadi jawabnya
B.
Sumber : Mediaeduka.com. PREDIKSI
SOAL PPPK 2021 – KOMPETENSI TEKNIS GURU