Dalam mengawali pelajaran,
Pak Adi menyampaikan suatu permasalahan untuk menggugah dan menimbulkan rasa
penasaran pada siswanya. Langkah tersebut bertujuan mendorong para siswa
mengembangkan kreativitasnya. Langkah Pak Adi merupakan model pembelajaran ....
A.
Saintifik
B.
Autentik
C.
Portofolio
D.
Discovery Learning
E.
Contekstual
Teaching and Learning
Pembahasan:
Tujuan pendekatan saintifik dalam pembelajaran antara lain untuk meningkatkan kemampuan
berpikir peserta didik, membentuk kemampuan dalam menyelesaikan masalah secara sistematik,
menciptakan kondisi pembelajaran supaya
peserta didik merasa bahwa belajar merupakan
suatu kebutuhan.
Tujuan
Pembelajaran Autentik
antara lain menjadikan siswa pembelajar yang berhasil menguasai pengetahuan, melatih
keterampilan siswa menggunakan pengetahuannya dalam konteks kehidupannya, memberi
kesempatan siswa menyelesaikan masalah nyata
Pembelajaran berbasis portofolio dapat juga dikatakan sebagai upaya
mendekatkan siswa kepada objek yang dibahas. Pengajaran yang menjadikan materi
pelajaran yang dibahas secara langsung dihadapkan kepada siswa, atau siswa
secara langsung mencari informasi tentang hal yang dibahas kealam atau
masyarakat sekitarnya.
Model discovery
learning memudahkan
siswa untuk menemukan sendiri konsep-konsep pembelajaran yang tidak diperoleh siswa dengan cara mendengarkan
penjelasan dari guru, membantu peserta didik untuk memperbaiki dan meningkatkan
keterampilan-keterampilan dan proses-proses kognitif.
Tujuan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning yaitu, memotivasi siswa untuk memahami materi
pelajaran yang dipelajarinya dengan mengaitkan materi tersebut sesuai dengan
pengalaman belajarnya.
Dari uraian di
atas, maka yang lebih tepat pembelajaran Pak Adi sesuai dengan model
pembelajaran Discovery Learning (D)