Pak Adi mengadakan
penilaian harian dengan jumlah soal 10. Siswa dengan nomor absen ganjil
mengerjakan soal nomor ganjil, siswa dengan nomor absen genap mengerjakan soal
nomor genap. Yang dilakukan pak Adi tidak sesuai dengan prinsip penilaian ....
A.
Adil
B.
Objektif
C.
Sistematis
D.
Menyeluruh
E.
Beracuan
kriteria
Pembahasan :
Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan
atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar
belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender
Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas
tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai.
Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan
mengikuti langkah-langkah baku. Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran
pencapaian kompetensi yang ditetapkan. Akuntabel, berarti penilaian dapat
dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.
Menyeluruh
dan berkesinambungan,
berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan
menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan
kemampuan peserta didik.
Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang
ditetapkan. Oleh karena itu, instrumen penilaian disusun dengan merujuk pada kompetensi (KI L, KI,
dan KD). Selain itu, pengambilan keputusan didasarkan pada kriteria pencapaian
yang telah ditetapkan.
Dari uraian di
atas, maka bertentangan dengan prinsip penilaian adil (A)