Dalam pembelajaran di
kelas anda terdapat 2 siswa anda yang berkebutuhan khusus, pembelajaran apa
yang tepat dilakukan dalam menghadapi kondisi seperti ini?
A.
Membagi
kelompok diskusi
B.
Melakukan pembimbingan di tempat duduk mereka
C.
Mengelompokkan
dengan siswa yang pintar agar terimbas
D.
Menyuruh
anak itu mengerjakan soal ke depan dan membimbingnya
E.
Memisahkan
dengan siswa normal lainnya dengan perlakuan yang berbeda
Pembahasan:
Penanganan anak siswa
berkebutuhan khusus dalam pembelajaran di kelas :
1)
menggunakan
beberapa pendekatan, seperti memberi peraturan sejak awal pembelajaran, memberi
nasehat pada siswa, memberi peringatan, mendekati siswa yang masih saling
berbicara, dan memberi pujian secara langsung pada siswa.
2)
memberikan
reward, karena siswa berkebutuhan
khusus senang mendapat reward daripada
punishment. Reward dapat berupa
stiker atau hak istimewa. Reward yang
menarik bagi siswa akan membuatnya bersemangat untuk melakukan yang
diperintahkan guru.
3)
memberikan
dukungan dan pendampingan yang lebih dibanding siswa yang normal
4)
berusaha
mengkomunikasikan perkembangan seluruh siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus
kepada orangtua masing-masing.
dari uraian di
atas jawaban yang tepat adalah B.