Disediakan dua magnet dan
paku. Siswa melakukan percobaan tarik menarik magnet. Komponen tujuan
pembelajaran yang kurang adalah ....
A.
Degree
B.
Audience
C.
Condition
D.
Behavior
dan degree
E.
Condition
dan degree
Pembahasan:
Audience
Secara bahasa audience artinya pendengar,
tetapi audience disini merupakan subjek sekaligus objek dalam
pembelajaran. Dengan demikian, perumusan tujuan pembelajaran harus menempatkan siswa sebagai pusat (subjek sekaligus
objek) dalam pembelajaran.
Behavior
Behavior berarti tingkah laku / aktivitas suatu
proses. Dalam konteks KBM, behavior terlihat pada aktivitas siswa dalam
pembelajaran. Maka, tidak mungkin pembelajaran dilakukan tanpa adanya tingkah
laku atau aktivitas dari siswa. Dalam perumusan tujuan pembelajaran behavior
(aktivitas siswa) ditulis menggunakan kata kerja operasional (KKO), seperti:
memahami, mendemonstrasikan, menelaah, menerapkan dan lain-lain. Penggunaan KKO
dalam satu tujuan pembelajaran tidak boleh lebih dari satu. Artinya dalam
sebuah aktivitas pembelajaran, siswa melakukan satu perbuatan. Dengan demikian,
siswa lebih fokus pada satu perbuatan tersebut sehingga pembelajaran lebih
optimal
Condition
Condition berarti suatu keadaan. Dalam konteks
KBM, condition adalah keadaan siswa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
pembelajaran, serta persyaratan yang perlu dipenuhi agar hasil yang diharapkan
bisa tercapai. Perumusan condition adalah dengan menjawab pertanyaan,
“aktivitas apa yang dilakukan siswa agar hasil yang diharapkan bisa tercapai?
Condition ditulis dalam bentuk kata kerja. Contoh: disediakan, dll.
Degree
Degree berarti suatu perbandingan. Dalam
konteks KBM, degree berarti membandingkan kondisi sebelum dan setelah belajar.
Tingkat degree berbeda-beda bergantung pada bobot materi yang akan dipelajari,
serta sejauh mana siswa harus menguasai suatu materi atau menunjukan suatu
perubahan tingkah laku, misalnya melakukan dengan benar, baik, dll.
Jadi komponen
tujuan pembelajaran disingkat ABCD.dari uraian di atas yang kurang adalah
degree (A)