Penilaian yang dilakukan
guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan
meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ....
A.
Adil
B.
Sahih
C.
Terbuka
D.
Bermakna
E.
Menyeluruh
Pembahasan :
Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan
atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar
belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.
Sahih, berarti penilaian didasarkan pada data
yang mencerminkan kemampuan yang diukur.
Terbuka, berarti prosedur penilaian, kriteria
penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang
berkepentingan.
Bermakna, Penilaian hasil
belajar diharapkan mempunyai makna yang signifikan
bagi semua pihak, hendaknya mudah dipahami dan
dapat ditindaklanjuti oleh pihak-pihak yang berkepentingan,
hasil penilaian hendaknya mencerminkan gambaran
yang utuh tentang prestasi siswa yang
mengandung
informasi
keunggulan dan kelemahan, minat dan tingkat penguasaan
siswa dalam pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan.
Menyeluruh
dan berkesinambungan,
berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan
menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan
kemampuan peserta didik.
Dari pembahasan
di atas, maka penilaian yang dilakukan guru harus dapat menilai kemampuan siswa
sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek sesuai dengan
prinsip menyeluruh dan berkesinambungan, jadi jawabnya D.