Asesmen Pasca
Program Bimtek Guru Belajar Seri AKM Tingkat SMP
1. Pernyataan
yang benar mengenai Asesmen Nasional yaitu….
A.
Digunakan sebagai dasar perbaikan kualitas
pembelajaran
B. Digunakan
sebagai penilaian untuk penentuan nilai individu
C. Diberikan
di akhir jenjang sebagai penentuan kelulusan siswa
D. Diberikan
untuk menilai prestasi pendidikan setiap daerah
Pembahasan :
Asesmen Nasional diberikan untuk mengukur kualitas pembelajaran di setiap satuan pendidikan, bukan untuk mengukur capaian hasil belajar siswa.
2. Dalam Asesmen
Nasional pemetaan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah
dilakukan melalui….
A. Survei
karakter
B.
Survei lingkungan belajar
C. Asesmen
Kompetensi Minimum
D. Survei
kualitas sekolah
Pembahasan:
Survei lingkungan belajar
dilakukan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran
3. Salah
satu instrumen Asesmen Nasional adalah survei karakter. Dalam pelaksanaannya
survei karakter memilikitujuan utama yaitu….
A. Mengukur
kualitas pembelajaran dan iklim di sekolah yang menunjang pembelajaran siswa
B.
Mengukur hasil belajar non kognitif menyangkut
sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila
C. Mengukur
hasil belajar secara kognitif melalui kompetensi dasar literasi membaca dan
numerasi
D. Mengukur
kemampuan akademik siswa dilihat dari nilai akhir siswa sebagai penentu
kualitas sekolah
Pembahasan:
Survei karakter dirancang
untuk mengukur capaian siswa dari hasil belajar sosial-emosional yang mencakup
karakter (sifat, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila).
4. Perbedaan
Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional adalah….
A. Ujian
Nasional dilakukan pada siswa kelas V, VII, dan XI sedangkan Asesmen Nasional
untuk tingkat akhir
B. Ujian
Nasional dilakukan selama 1 minggu sedangkan Asesmen Nasional dilakukan selama
4 hari
C.
Ujian Nasional dilakukan pada semua siswa
sedangkan Asesmen Nasional pada siswa sampel
D. Ujian
Nasional dilakukan secara daring, luring, dan blended sedangkan Asesmen
Nasional dilakukan secara daring
Pembahasan:
Siswa yang mengikuti Asesmen
Nasional adalah siswa pada tingkat kelas 5, 8, dan 11, dan tidakdilakukan pada
semua siswa, sedangkan ujian nasional diwajibkan bagi semua siswa padatingkat
akhir.
Asesmen Nasional dilakukan
selama 2 hari sedangkan ujian nasional dilakukan 4 hari
5. Pernyataan
yang tepat mengenai ragam butir soal yang digunakan dalam Asesmen Kompetensi
Minimum yaitu….
A. Jumlah
butir soal yang diujikan pada semua setiap jenjang sama yaitu sejumlah 30 soal
B. Semua
siswa pada setiap jenjang pendidikan akan mengerjakan soal dengan tingkat
kesulitan sama
C. Soal
asesmen terdiri atas pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dan uraian
D. Kompetensi
mendasar yang dipelajari setiap siswa berbeda sesuai dengan peminatannya
Pembahasan:
Siswa pada jenjang SD/MI akan
diberikan 30, sedangkan siswa jenjang SMP/MTS dan SMA/SMK/MA akan diberikan 36
soal
AKM dilaksanakan secara
adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan kemampuan
siswa itu sendiri.
AKM mengukur kompetensi
mendasar yang perlu dipelajari semua siswa tanpa membedakan peminatannya.
6. Dalam
pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca
mencakup….
A.
Teks informasi dan teks fiksi
B. Teks
prosedur dan teks prosedur kompleks
C. Teks
observasi dan teks deskripsi
D. Teks
wacana dan teks argumentasi
Pembahasan:
Dalam pelaksanaan AKM konten
literasi terdiri atas teks fiksi (cerita) dan teks informasi (berisi informasi
fakta).
7. Kompetensi
minimum yang dimaksudkan dalam AKM adalah….
A.
Kompetensi dasar siswa untuk mempelajari
materi apapun
B. Kompetensi
dasar yang harus dimiliki sekolah
C. Kompetensi
matematika dan Bahasa Indonesia siswa
D. Kompetensi
minimal setara yang harus dimiliki siswa
Pembahasan:
Dalam penilaiannya asesmen
literasi dan numerasi, mengukur konten tertentu yang didasarkan padakompetensi
dasar yang harus dimiliki siswa untuk mempelajari materi apapun.
8. Asesmen
Kompetensi Minimum dan Ujian Nasional memiliki beberapa perbedaan termasuk
dalam konteks soal. Dari pernyataan berikut manakah yang menunjukkan ciri-ciri
soal Asesmen Kompetensi Minimum?
A. Konteks
masalah yang diberikan bersifat rutin dan sederhana
B.
Soal bersifat relevan dengan dunia nyata dan
aplikatif
C. Soal
mengacu pada penyelesaian sesuai konsep yang dipelajari
D. Dalam
soal teks yang disajikan pendek namun kurang mendalam
Pembahasan:
Asesmen Kompetensi Minimum
melihat bagaimana siswa mampu mengaplikasikan kontenpembelajaran ke
dalam kehidupan sehari-hari, sehingga konteks soal yang diberikan harus relevan
dengan dunia nyata. Sedangkan Ujian Nasional memberikan soal yang lebih
menekankan pada bagaimana penguasaan konten untuk mengerjakan soal yang
diberikan.
9. Manakah
dalam pernyataan berikut yang merupakan kelebihan dari Asesmen Kompetensi
Minimumdibandingkan dengan soal Ujian Nasional?
A. Mutu
pendidikan diukur dari penilaian konten yang esensial pada mata pelajaran
tertentu
B. Penentuan
dan pemetaan kemampuan siswa untuk dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya
C. Kemampuan
kognitif menjadi hal utama sehingga lebih menekankan pada penguasaan materi
D.
Menekankan pada penguasaan kompetensi, dan
penerapannya dalam berbagai konteks kehidupan
Pembahasan:
Asesmen Kompetensi Minimum
menekankan pada penguasaan kompetensi dan pengaplikasiandalam kehidupan
sehari-hari, sedangkan Kompetensi yang diukur pada Ujian Nasional sudah
sampaipada level interpretasi (pemahaman) namun kurang mengevaluasi maupun
merefleksi.
10. Dari
yang sudah dipelajari mengenai Asesmen Kompetensi Minimum maka dapat
disimpulkan bahwa….
A. Asesmen
Kompetensi Minimum akan mempengaruhi penyelenggaraan kegiatan kelulusan siswa
B. Dengan
Asesmen Kompetensi Minimum sekolah tidak lagi melaksanakan Ujian Sekolah (US)
C.
Hasil Asesmen Kompetensi Minimum untuk
mengevaluasi di berbagai aspek pembelajaran
D. Asesmen
Kompetensi Minimum dilakukan juga untuk mengukur penguasaan siswa terhadap
konten
Pembahasan:
Hasil pelaksanaan Asesmen
Kompetensi Minimum untuk mengevaluasi berbagai bidangpembelajaran. Asesmen
Kompetensi Minimum tidak dilakukan untuk penentuan kelulusan siswa, danbukan
untuk mengukur penguasaan konten tetapi mengukur kemampuan bernalar siswa.
Meskipuntelah dilaksanakan asesmen, ujian sekolah tetap akan dilaksanakan.
11. Guru
Rani memberikan pembelajaran mengenai pola pada barisan bilangan dan
konfigurasi objek hal ini merupakan konten pembelajaran….
A. Bilangan
B. Pengukuran
dan geometri
C.
Aljabar
D. Data
dan ketidakpastian
Pembahasan:
Memahami pola pada bilangan
barisan dan konfigurasi objek adalah materi mengenai relasi danfungsi yang
termasuk dalam konten pembelajaran aljabar.
12. Asesmen
numerasi untuk jenjang SMP/MTS, terdapat berapa level pembelajaran….
A.
1 level pembelajaran
B. 2
level pembelajaran
C. 3
level pembelajaran
D. 4
level pembelajaran
Pembahasan:
Untuk asesmen numerasi pada
jenjang SMP/MTS hanya diujikan satu level pembelajaran untuk kelas7 dan 8 yang
akan diujikan di kelas 8.
13. Guru
Sandi memberikan sebuah bacaan sastra, kemudian Guru Sandi meminta siswanya
untuk menganalisis perubahan pada kejadian, karakter, setting, alur cerita
serta konflik yang terjadi. Hal yang dilakukan oleh Guru Sandimerupakan bagian
dari tingkat kognitif dalam asesmen literasi yaitu….
A. Menemukan
informasi
B.
Memahami informasi
C. Mengevaluasi
dan merefleksi
D. Menyusun
inferensi
Pembahasan:
Menganalisis perubahan pada
elemen intrinsik pada teks sastra, merupakan salah satu kegiatanmemahami teks
literal yang terdapat dalam tingkat kognitif memahami.
14. Guru
Ratna memberikan sebuah teks informasi kepada siswanya kemudian Guru Sandi
meminta siswanya menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks
informasi, hal yang dilakukan Guru Ratna termasuk dalam kegiatan kognitif
literasi yaitu….
A. Menemukan
informasi
B.
Memahami informasi
C. Mengevaluasi
dan merefleksi
D. Menilai
kualitas dan kredibilitas informasi
Pembahasan:
Menjelaskan/ menyimpulkan/
membandingkan adalah kegiatan yang dilakukan untuk memahami sebuah informasi.
15. Guru
Reza meminta siswanya untuk menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan
pendukung visual yang digunakan oleh penulis dalam menyampaikan pesan. Dalam
asesmen literasi hal yang dilakukan oleh guru Reza merupakan tingkat kognitif
literasi yaitu….
A. Menemukan
informasi
B. Memahami
informasi
C. Menyusun
inferensi
D.
Mengevaluasi dan merefleksi
Pembahasan:
Menilai/ merefleksikan
pengetahuan adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengevaluasi dan merefleksikan
suatu bacaan
16. Asesmen
literasi untuk jenjang SMP/MTS, akan diujikan….
A. 1
level pembelajaran
B.
2 level pembelajaran
C. 3
level pembelajaran
D. 4
level pembelajaran
Pembahasan:
Untuk asesmen literasi pada
jenjang SMP/MTS diujikan 2 level pembelajaran yaitu level 1 untuk kelas 7 dan 8
yang akan diujikan di kelas 8 dan level 2 untuk kelas 9.
17. Manakah
diantara kegiatan numerasi berikut yang termasuk dalam konten aljabar?
A.
Memahami pola pada barisan bilangan dan
konfigurasi objek
B. Menghitung
volume bangun ruang dan luas permukaan
C. Memahami
bilangan cacah maksimal 6 angka
D. Menentukan
dan menggunakan mean, median, modus
Pembahasan:
Pola pada barisan bilangan dan
konfigurasi objek termasuk dalam kategori konten aljabar. Volume dan luas
termasuk dalam konten geometri dan pengukuran. Bilangan cacah termasuk dalam
konten bilangan, sedangkan mean, median, dan modus adalah materi dalam konten
data dan ketidakpastian.
18. Manakah
di antara materi berikut ini yang menunjukkan hubungan antara numerasi dengan
mata pelajaran IPASMP/MTS?
A. Menghitung
persentase pajak
B. Menghitung
luas segitiga dan lingkaran
C. Mengurutkan
bilangan cacah
D.
Membandingkan berat berbagai benda
Pembahasan:
Membandingkan berat adalah
salah satu keterkaitan antara numerasi dan pembelajaran IPA. Menghitung
persentase pajak merupakan keterkaitan antara kemampuan numerasi dengan IPS (ekonomi),
menghitung luas bangun datar, dan mengurutkan bilangan cacah adalah kemampuan kognitif
matematika saja.
19. Perbedaan
asesmen literasi SMP/MTS antara level 1 dan 2 yaitu….
A.
Memiliki proses kognitif yang sama namun
tingkat kesulitan berbeda sesuai dengan jenjangnya
B. Memiliki
konten yang sama namun proses kognitif yang berbeda sesuai dengan jenjangnya
C. Memiliki
konten dan proses kognitif yang sama, hanya konteks yang berbeda
D. Memiliki
proses kognitif, konten literasi, dengan kesulitan yang sama untuk setiap
jenjangnya
Pembahasan:
Pada tingkat SMP/MTS, asesmen
literasi level pembelajaran 1 dan 2 memiliki tingkat kognitif yangsama pada
literasi membaca hanya saja konten yang terus meningkat sesuai dengan
jenjangnya.
20. Bagaimana
keterkaitan antara Asesmen Kompetensi Minimum dengan kecakapan abad 21 yang
harus dimiliki oleh siswa pada jenjang SMP/MTS?
A. Mengharuskan
siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan di berbagai bidang pembelajaran
B.
Mendorong siswa berpikir kritis untuk
penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari
C. Mendorong
siswa untuk memperoleh prestasi yang baik untuk melanjutkan pada jenjang
berikutnya
D. Memastikan
semua siswa memiliki pengetahuan sesuai standar yang harus dimiliki oleh siswa
SMP/MTS
Pembahasan:
Pada Asesmen Kompetensi
Minimum siswa dituntut untuk dapat menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk
berusaha menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dengan mandiri seperti menyusun
dan mengungkapkan, menganalisa, dan menyelesaikan masalah. Hal ini sejalan
dengan keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa abad 21 yaitu kemampuan
berpikir kritis dan penyelesaian masalah.
21. Salah
satu ciri pembelajaran berbasis kompetensi adalah….
A. Berpusat
pada materi pembelajaran
B. Belajar
untuk cakupan materi
C. Belajar
untuk pemahaman konsep dan keterampilan
D. Berorientasi
pada nilai akhir
Pembahasan :
Pada pembelajaran berbasis
kompetensi, siswa diharapkan memiliki penguasaan konsep,keterampilan dan
pengetahuan sebagai proses pembelajaran. Pembelajaran berbasis
kompetensiberpusat pada kebutuhan dan berorientasi pada proses dan penguasaan
kompetensi
22. Berikut
adalah beberapa pernyataan mengenai pembelajaran berbasis konten dan
pembelajaran berbasiskompetensi:
(1)Menunjukkan
kinerja dengan menerapkan konsep
(2) Pembelajaran terkait dengan konteks kehidupan nyata siswa
(3) Belajar untuk cakupan materi yang harus dikuasai
(4) Berorientasi pada konteks dan penguasaan kompetensi
(5) Berorientasi pada nilai akhir
(6) Menjawab serangkaian pertanyaan topik berdasarkan teks
Manakah pernyataan yang
menunjukkan pembelajaran berbasis konten?
A. 1),
3), 5)
B. 2),
4), 5)
C.
3), 5), 6)
D. 1),
4), 6)
Pembahasan:
Pernyataan nomor 1, 2, dan 4
menunjukkan karakteristik pembelajaran berbasis kompetensi,sedangkan pernyataan
nomor 3, 5, dan 6, menunjukkan karakteristik pembelajaran berbasis konten
23. Dari
hasil AKM ditemukan bahwa siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki
dalam konteks yang lebih beragam maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam
kelompok….
A. Perlu
intervensi khusus
B. Dasar
C.
Cakap
D. Mahir
Pembahasan:
Siswa dikategorikan ‘cakap’
apabila mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki dalam konteks yang
lebih beragam sedangkan kategori ‘mahir’ jika mampu bernalar untuk
menyelesaikan masalah berdasarkan konsep literasi mau pun numerasi yang
dimilikinya
24. Guru
Cleo memberikan soal teks dan ditemukan siswa mampu mengintegrasikan beberapa
informasi teks pada bacaan yang berbeda maka siswa tersebut dapat dikategorikan
dalam kelompok….
A. Perlu
intervensi khusus
B. Dasar
C. Cakap
D.
Mahir
Pembahasan:
Siswa dikategorikan ‘mahir’
apabila mampu mengintegrasikan beberapa informasi lintas teks; mengevaluasi
isi, kualitas, cara penulisan suatu teks, dan bersikap reflektif terhadap isi
teks.
25. Bagaimana
keterkaitan antara Asesmen Kompetensi Minimum dengan standar kurikulum secara
keseluruhan?
A. Asesmen
Kompetensi Minimum terikat secara erat dengan konten kurikulum
B. Asesmen
Kompetensi Minimum mengukur penguasaan siswa atas konten kurikulum secara
keseluruhan
C.
Asesmen Kompetensi Minimum memperhatikan apa
yang seharusnya diajarkan oleh guru pada tiap kelas
D. Asesmen
Kompetensi Minimum terlepas dari keseluruhan kurikulum sekolah
Pembahasan:
Asesmen Kompetensi Minimum
tidak terikat erat dengan konten kurikulum. Namun, dari sisi
konten,memperhatikan apa yang (seharusnya) diajarkan oleh guru pada tiap kelas
dan jenjang pendidikan.
26. Soal
dalam asesmen literasi menggunakan proses kognitif yang lebih baik dibandingkan
Ujian Nasional karenaterdapat proses baru yaitu….
A. Mencari,
mengakses, serta menemukan informasi dari bacaan
B. Memahami
informasi tersirat maupun tersurat dari bacaan
C. Memadukan
interpretasi (pemahaman) pada bagian teks untuk menghasilkan kesimpulan
D.
Mengevaluasi dan merefleksikan isi teks dengan
hal lain diluar teks maupun pengalamannya
Pembahasan:
Kompetensi yang diukur pada
Ujian Nasional sudah sampai pada level interpretasi (pemahaman) namun belum
sampai pada tahap mengevaluasi maupun merefleksi isi teks. Hal ini baru
diterapkan pada Asesmen Kompetensi Minimum.
27. Bagaimana
hasil Asesmen Kompetensi Minimum (literasi dan numerasi) dapat digunakan untuk
menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas terhadap
pembelajaran lain?
A.
Menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat
kompetensi siswa
B. Melakukan
penilaian mandiri untuk mata pelajaran lain
C. Menyusun
pembelajaran sesuai konten materi pada asesmen
D. Menyesuaikan
pembelajaran dengan tingkat kompetensi terendah siswa
Pembahasan:
Fokus asesmen adalah
kompetensi berpikir sehingga hasil pengukuran tidak sekedar
mencerminkanprestasi akademik pelajaran Bahasa Indonesia dan matematika saja.
Literasi dan numerasi justru bisadan seharusnya memang dikembangkan melalui
berbagai mata pelajaran, termasuk IPA, IPS,kewarganegaraan, agama, seni, dan
mata pelajaran lainnya.
Pelaporan tingkat kompetensi
dapat dimanfaatkan guru berbagai mata pelajaran untuk menyusunstrategi
pembelajaran yang efektif dan berkualitas sesuai dengan tingkat kompetensi siswa
28. Dalam
asesmen numerasi siswa dituntut untuk bernalar menggunakan konsep matematika
dan memberikan solusi yang lebih aplikatif sehingga soal yang diberikan akan
mendorong siswa untuk….
A. Menyelesaikan
soal sesuai konsep matematika
B.
Mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
C. Memahami
data dalam bentuk tabel maupun grafik
D. Memahami
fakta, prosedur, serta alat matematika
Pembahasan:
Melalui soal AKM, siswa
melatih kemampuan bernalar dan mengaplikasikan konsep matematika yangtelah
dipelajari sehingga mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
29. Apa
tindak lanjut yang dapat diambil oleh sekolah terkait hasil AKM?
A. Memetakan
pencapaian siswa dalam AKM yang dapat digunakan untuk seleksi masuk ke jenjang
sekolah yang lebih tinggi
B. Menyusun
dan melaksanakan program pengayaan untuk mendorong prestasi belajar siswa lebih
baik lagi
C. Mendorong
siswa untuk mendapatkan skor tinggi dan mengesampingkan pelajaran yang tidak
relevan dengan AKM
D.
Merefleksi hasil AKM dalam pembelajaran
sehingga guru-guru dapat membangun kompetensi serta karakter siswa
Pembahasan:
Seperti yang sering dijelaskan
sebelumnya bahwa tujuan Asesmen Nasional bukan untuk memetakan prestasi siswa
namun mendorong mutu pendidikan dan peningkatan prestasi siswa sehingga hasil Asesmen
Kompetensi Minimum dapat digunakan untuk refleksi dan melakukan perbaikan pembelajaran
di sekolah untuk membangun kompetensi dan karakter siswa.
30. Bagaimana
keterkaitan antara pelaksanaan AKM dan tantangan pembelajaran berbasis
kompetensi yang dihadapi guru?
A.
Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum
dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada
kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
B. Pelaporan
hasil Asesmen Kompetensi Minimum berupa nilai yang sejalan dengan karakteristik
utama dari pembelajaran berbasis kompetensi yang berfokus capaian hasil akhir
berupa nilai
C. Pelaporan
Asesmen Kompetensi Minimum akan membantu guru mempersiapkan materi pembelajaran
untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan pembelajaran berbasis kompetensi
D. Pelaporan
hasil Asesmen Kompetensi Minimum akan memberikan standar penguasaan yang harus
dimiliki oleh siswa sehingga semua siswa akan mencapai level mahir bersamaan
Pembahasan:
Tantangan pembelajaran
berbasis kompetensi bagi guru antara lain adalah kemampuan untuk mengidentifikasi
tahapan kompetensi dasar siswa termasuk literasi dan numerasi. Laporan hasil
AKM dapat membantu memetakan tahapan kompetensi siswa