Bimtek Guru Belajar Seri AKM Tingkat SMP
Kuis Tindak Lanjut Laporan Hasil AKM
Pelaporan
hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai
tingkatkompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
pada satuan pendidikan.
Benar
Salah
Pembahasan:
Sesuai dengan tujuannya, Asesmen Kompetensi Minimum dirancang
untuk memberikan informasimengenai tingkat kompetensi dasar siswa, berupa
kompetensi literasi membaca dan numerasi. Dari laporan hasil Asesmen Kompetensi
tersebut, satuan pendidikan dapat melihat tingkat penguasaan kompetensi
siswanya.
Pembelajaran
yang dirancang dengan memperhatikan tingkat kompetensi siswa akan memudahkan
siswa menguasai konsep, keterampilan dan konten yang diharapkan pada suatu mata
pelajaran.
Benar
Salah
Pembahasan:
Pembelajaran yang dirancang dengan memperhatikan tingkat
kompetensi siswa akan memudahkan siswa menguasai konsep, keterampilan dan
konten yang diharapkan pada suatu mata pelajaran.
Pada
pembelajaran berbasis kompetensi, siswa diharapkan mampu mendemonstrasikan
penguasaan konsep,keterampilan dan pengetahuan sebagai proses pembelajaran.
Benar
Salah
Pembahasan:
Pada
pembelajaran berbasis kompetensi, siswa diharapkan mampu mendemonstrasikan
pengetahuan,penguasaan konsep, dan keterampilan dalam dan sebagai proses
pembelajaran
Karakteristik
utama dari pembelajaran berbasis kompetensi adalah fokusnya pada capaian hasil
akhir berupa nilai.
Benar
Salah
Pembahasan:
Karakteristik utama dari pembelajaran berbasis kompetensi adalah
fokusnya pada tingkat penguasaan.
Tantangan
pembelajaran berbasis kompetensi bagi guru semua mata pelajaran antara lain
adalah, kemampuan untuk mengidentifikasi tahapan kompetensi dasar siswanya
termasuk literasi dan numerasi.
Benar
Salah
Pembahasan:
Tantangan pembelajaran berbasis kompetensi bagi guru antara lain
adalah, kemampuan untuk mengidentifikasi tahapan kompetensi dasar siswa
termasuk literasi dan numerasi karena kemampuan siswa yang beragam. Namun
laporan hasil AKM dapat membantu memetakan tahapan kompetensi siswa.
Pembelajaran
berbasis konten belajar untuk cakupan materi. Pembelajaran berbasis kompetensi
belajar untukpemahaman konsep dan menerapkan keterampilan
Benar
Salah
Pembahasan:
Pembelajaran berbasis konten belajar untuk cakupan materi karena
berpusat pada materi pelajaran.Pembelajaran berbasis kompetensi belajar untuk
pemahaman konsep dan menerapkan keterampilankarena berpusat pada kebutuhan
siswa.
Laporan
hasil Asesmen Kompetensi Minimum dapat menjadi rekomendasi bagi guru-guru dari
setiap matapelajaran untuk memperbaiki atau menyesuaikan strategi pembelajaran
yang lebih sesuai dengan tingkatkompetensi yang aktual.
Benar
Salah
Pembahasan:
Laporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dapat menjadi
rekomendasi bagi guru-guru dari setiapmata pelajaran untuk memperbaiki atau
menyesuaikan strategi pembelajaran yang lebih sesuaidengan tingkat kompetensi
yang aktual siswa.
Kompetensi
diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan suatu kinerja dengan baik, misalnya
mampumelakukan tugas atau pekerjaan secara efektif
Benar
Salah
Pembahasan:
Kompetensi diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan sesuatu
dengan baik, misalnya mampumelakukan tugas atau pekerjaan secara efektif.
Kompetensi juga mencakup pengetahuan danketerampilan yang dibutuhkan untuk
menyelesaikan soal, atau bahkan keterampilan yang jauh lebihbesar dan lebih
beragam. Misalnya memimpin organisasi.
Kekuatan
pembelajaran berbasis kompetensi terletak pada materi yang telah disediakan.
Benar
Salah
Pembahasan:
Kekuatan pembelajaran berbasis kompetensi terletak pada
fleksibilitasnya karena siswa dapatbergerak dengan kecepatan belajar mereka
sendiri.
Sebaiknya
semua siswa mencapai level mahir dalam waktu yang bersamaan
Benar
Salah
Pembahasan:
Tidak semua siswa akan mencapai level mahir dalam waktu yang
bersamaan. Akan tetapi setiap usahadan proses yang dilakukan siswa untuk
mencapai level yang lebih tinggi, tentu akan menunjukanpeningkatan kinerja
siswa. Keterampilan mengacu pada kemampuan untuk beradaptasi dan
bereaksiterhadap situasi baru untuk “bergerak dengan cepat” berdasarkan
informasi baru.