Contoh Butir Asesmen Literasi Tingkat Membaca SMP
Pada
aktivitas sebelumnya Bapak dan Ibu telah belajar menganalisis tahap asesmen
literasi membaca pada tingkat SMP, sekarang pada topik ini Bapak dan Ibu akan
mengenal contoh-contoh butir asesmen literasi membaca teks fiksi dan juga teks
informasi tingkat SMP.
Anda
dapat melihat salah satu contoh teks fiksi untuk pembelajaran level 1 kelas 7
dan 8
Dari
teks tersebut, Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa
saja yang diukur menggunakan teks fiksi untuk level ini?
Di
bawah ini adalah hal-hal yang menjadi topik pembicaraan antara tokoh Aku dan
Ayah, kecuali ….
A |
kekurangan
air di musim kemarau |
B |
alat
untuk mengolah air |
C |
pengadaan
biaya untuk pemasangan pandora |
D |
penanaman
belimbing wuluh |
Anda
dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan
berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 1
Dari
teks tersebut, Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa
saja yang diukur menggunakan teks fiksi untuk level ini?
2.
Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang
relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai
jenjangnya.
Di
mana sajakah latar tempat terjadinya peristiwa di dalam drama tersebut?
|
Suatu
tempat. |
|
Jalan. |
|
Bengkel
motor |
Rumah
tante |
|
Rumah
DIna |
Anda
dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan
berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 1
Dari
teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa
saja yang diukur menggunakan teks fiksi untuk level ini?
3.
Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar
cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam
teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Untuk
apa perempuan-perempuan itu membawa bakul ke kereta?
Untuk
membawa barang dagangan ke kota |
Anda
dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan
berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 1
Dari
teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa
saja yang diukur menggunakan teks fiksi untuk level ini?
4.
Menyusun inferensi (kesimpulan) dan prediksi berdasarkan unsur-unsur pendukung
(grafik, gambar, tabel, dll) disertai bukti-bukti yang mendukung di dalam teks
sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Dari
wacana di atas, bisa disimpulkan bahwa perbincangan antara tokoh Aku dan Ayah
terjadi pada musim apa?
Musim
kemarau. |
Anda
dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan
berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 1
5.
Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik
lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Bandingkan
sikap tokoh Aku dan Ayah terhadap situasi yang ada pada cerita tersebut!
Anda
dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan
berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 1
Anda
juga dapat melihat salah satu contoh teks informasi untuk pembelajaran level 1
kelas 7 dan 8.
Dari
teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa
saja yang diukur menggunakan teks informasi untuk level ini?
- Menemukan informasi tersurat
(siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks
informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Katherine
Johnson mampu bersekolah di West Virginia State College saat pendidikan bagi
orang Afrika-Amerika dibatasi di Virginia Barat. Hal tersebut disebabkan oleh
….
A |
kemampuan
yang luar biasa |
B |
kesehatan
yang tidak memadai |
C |
orang
tua yang pindah kerja |
D |
rasisme
yang berkembang |
Anda
dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan
berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 1
2. Mengidentifikasi
kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks
sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Beri
klik pada kolom (S) jika pernyataan salah dan (B) jika pernyataan benar.
Menurut teks tersebut, Katherine Johnson layak disebut sebagai ….
Anda
dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan
berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 1
3.
Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus
meningkat sesuai jenjangnya.
Kondisi
sosial budaya yang digambarkan dalam teks tersebut memberikan gambaran tentang
…
A |
Kemampuan
Katherine Johnson untuk mendobrak batasan atas perlakuan ras yang tidak adil. |
B |
Kerumitan
hidup Katherine Johnson membuatnya lebih kuat mentalnya. |
C |
Pengalaman
Katherine Johnson dalam kehidupan pribadinya yang banyak. |
D |
Penggambaran
kemampuan Katherine Johnson dalam perkembangan NASA. |
Anda
dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan
berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 1
Dari teks
tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa saja
yang diukur menggunakan teks informasi untuk level ini?
4.
Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks
informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Jika
teripang yang tampaknya tidak mencolok memiliki potensi untuk membuat dampak
sebesar ini, coba pikirkan hal apa lagi yang ada di bawah lautan Indonesia yang
juga memiliki dampak untuk Indonesia dan masyarakatnya.’
Dari
kalimat tersebut, kita bisa memahami bahwa …. (Pilihan jawaban bisa lebih dari
satu.)
V |
Teripang
adalah hewan laut yang tampaknya tidak mencolok. |
V |
Lautan
indonesia memiliki dampak untuk Indonesia dan masyarakatnya. |
Teripang
memiliki potensi untuk menghasilkan dampak yang besar. |
|
V |
Lautan
Indonesia memiliki potensi besar yang bisa digali. |
Teripang
berpotensi untuk memberi dampak pada lautan Indonesia. |
Anda
dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan
berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 1
Dari
teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa
saja yang diukur menggunakan teks informasi untuk level ini?
5.
Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri
benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Perhatikan
fakta berikut!
“Sekitar 20,1 juta anak di bawah usia 2 tahun di Indonesia, mengalami stunting.”
Pernyataan
yang sesuai dengan kutipan teks tersebut adalah ….
A |
Stunting
terjadi pada anak-anak bukan orang dewasa. |
B |
Perlunya
pencegahan stunting dimulai sejak dini. |
C |
Terjadinya
stunting di usia dini akan memiliki IQ rendah. |
D |
Anak
stunting ketika dewasa mudah menjadi kegemukan. |
Anda
dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan
berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 1
Dari
teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa
saja yang diukur menggunakan teks informasi untuk level ini?
6.
Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca
teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi
asumsi/opini dari fakta).
Teks
tentang Katherine Johnson tersebut dapat menggambarkan kehebatannya sebagai
seorang perempuan yang luar biasa.
Setujukah
kamu dengan pernyataan tersebut?
Berikan alasan atas pilihanmu …
Musim
kemarau.jawaban bisa bervariasi, tetapi diharapkan jawaban mayoritas adalah
setuju karena Katherine Johnson adalah perempuan pekerja keras yang menjadi
pahlawan dalam bidang antariksa. |
Anda
dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan
berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 1
Dari
teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa
saja yang diukur menggunakan teks informasi untuk level ini?
7.
Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang
terus meningkat sesuai jenjangnya.
Alasan
Amalia memilih menggunakan ziolit, pasir aktif, dan filter akuarium adalah ….
A |
bahan
mudah dicari |
B |
bahan
lumayan murah |
C |
mudah
dibuat |
D |
efektif
hasilnya |
Anda
dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan
berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 7 level 1
Dari
teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa kompetensi. Kompetensi apa
saja yang diukur menggunakan teks informasi untuk level ini?
8.
Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain
(grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra
atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Bisa
pilih jawaban lebih dari satu!
Pendapat
yang tepat mengenai kualitas data informasi yang tersaji di dalam infografis
tersebut adalah ….
|
Informasi
sahih dari sumber yang mampu dipertanggungjawabkan. |
|
Relevansi
informasi dipertanyakan sebagai sumber di tahun 2020. |
Penjelasan
dari BKKBN tentang stunting bermanfaat bagi masyarakat. |
|
Cara
mencegah stunting sangat lengkap dalam infografik tersebut. |
Anda
dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan
berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 8 level 1
Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa
kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks informasi untuk
level ini?
9. Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra
atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimilikinya yang terus meningkat
sesuai jenjangnya.
Perhatikan pernyataan berikut!
Pada masa pandemi Covid 19 ini banyak karyawan yang mengalami
pemotongan gaji tiap bulan bahkan dikeluarkan dari tempat kerja (kantor). Andai
salah satu dari saudara kalian mengalami kejadian di PHK dari kantor dan
memilih untuk membuat makanan ringan untuk dipasarkan. Pendapatan hasil
pemasaran tidak sebaik saat saudara kalian bekerja di kantor.
Penilaian informasi yang tepat untuk pembaca yang akan membantu
orang lain dari rumah adalah ….
No |
Pernyataan |
Benar |
Salah |
1 |
Pembaca
mendapatkan memilih cara menyalurkan bantuan sesuai kebutuhan sehingga
informasi tersebut bermanfaat. |
|
|
2 |
Pembaca
kurang mendapatkan informasi tentang bagaimana cara menyalurkan bantuan lewat
aplikasi. |
|
|
3 |
Informasi
tersebut bermanfaat bagi yang belum pernah membantu dan dapat menggugah hati
pembaca untuk mau membantu sesama. |
|
Anda dapat melihat lebih banyak contoh-contoh soal kompetensi ini
melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 9 level 1
Level Pembelajaran 2 Teks Fiksi untuk kelas 9 dan 10.
Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa
kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks fiksi untuk level
ini?
1. Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa,
bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai
jenjangnya.
Mengapa penulis menganggap bahwa lilin kecil itu sangat berarti?
A |
Sinar lilin itu tidak banyak |
B |
Lilin itu membawa harapan |
C |
Kehadiran lilin itu dapat meruntuhkan cemara |
D |
Langkah lilin itu laksana embusan angin |
E |
Lilin itu dapat menerangi dalam kegelapan |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 2
2. Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan
sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus
meningkat sesuai jenjangnya.
Kalimat atau baris-baris di dalam puisi dapat meninggalkan
pengalaman indrawi bagi pembacanya. Pengalaman indrawi ini disebut dengan
imaji. Tentukan imaji yang ditimbulkan melalui baris-baris puisi berikut ini!
Kalimat |
Penglihatan |
Perasaan |
Pendengaran |
Menepis lara, mendamaikan hati dan menyejukkan cinta |
|
||
Sepasang telingaku pun tak mampu mendengar bisikmu |
|
||
Dengan mata, tapi tak kuasa melihatmu |
|
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 2
Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa
kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks fiksi untuk level
ini?
3. Menganalisis perubahan pada elemen intrinsik
(kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra yang terus
meningkat sesuai jenjangnya.
Mengapa Ratu Aji Bidara Putih menolak pinangan sang Pangeran?
karena Sang Pangeran hendak menaklukkan Muara Kaman dengan
pura-pura menikahi Sang Ratu. |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 2
4. Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik
lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi
rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Menurut kalian setelah membaca cerita tersebut manakah karakter
Ratu Aji Bidara Putih yang sesuai dengan teks?
Karakter |
Sesuai |
Tidak Sesuai |
Sombong |
|
|
Penuh perhitungan |
|
|
Tidak mudah percaya |
|
|
Selalu ingin menang sendiri |
|
|
Semena-mena terhadap bawahan |
|
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 2
Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa
kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks fiksi untuk level
ini?
5. Menyusun inferensi (kesimpulan) dan prediksi berdasarkan
unsur-unsur pendukung (grafik, gambar, tabel, dll) disertai bukti-bukti yang
mendukung di dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai
jenjangnya.
Kesimpulan apakah yang dapat kalian ambil dari puisi tersebut?
tokoh aku dalam puisi tersebut merindukan kehadiran seseorang |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 2
Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa
kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks fiksi untuk level
ini?
6. Menilai tujuan penulis dalam menggunakan diksi dan kosa kata
pada teks sastra sesuai jenjangnya.
Dalam konteks cerita tersebut,
apa yang dimaksud dengan kalimat Ramin membeku?
Ramin tidak bergerak sama sekali |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 2
Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa
kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks fiksi untuk level
ini?
7. Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung
visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam
teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Menurut pendapatmu, apakah ilustrasi cerita ini sesuai dengan
isi ceritanya? Jelaskan alasanmu!
Sesuai, karena di dalam cerita disebutkan ada lipan yang
menyerang rombongan, lalu rombongan naik ke atas perahu. Hal itu tergambar di
dalam ilustrasi. |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 7 level 2
Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa
kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks fiksi untuk level
ini?
8. Menilai elemen intrinsik (karakterisasi, alur cerita, latar)
serta autentisitas penggambaran masyarakat pada teks sastra sesuai jenjangnya.
Dari konteks cerita tersebut, kejadian apa yang paling minimal
harus ditambahkan penulis untuk melengkapi cerita tersebut?
A |
Pengenalan situasi cerita |
B |
Penyelesaian konflik |
C |
Peningkatan masalah |
D |
Munculnya konflik |
E |
Puncak konflik |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 8 level 2
Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa
kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks fiksi untuk level
ini?
9. Menjustifikasi pendapat orang lain berdasarkan isi teks
sastra atau teks informasi sesuai jenjangnya.
Setelah membaca puisi ini, Emir merasa bahwa puisi ini cocok
dengan suasana hatinya karena baru saja ia kehilangan kucing kesayangannya.
Setujukah kamu dengan pendapat Emir tersebut? Jelaskan
jawabanmu.
Setuju. Karena puisi tersebut bercerita tentang kehilangan.
Situasi tersebut sesuai dengan kondisi Emir. |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 9 level 2
Level Pembelajaran 2 Teks Informasi untuk kelas 9 dan 10.
Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa
kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks informasi untuk
level ini?
1. Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa,
bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai
jenjangnya.
Setelah kalian mencermati infografis ‘UMKM Menopang Ekonomi
Indonesia’, kalian akan mendapatkan beberapa informasi.
Berdasarkan informasi yang
terdapat pada infografis tersebut, klik pada kolom benar atau salah untuk
tiap pernyataan berikut!
Pernyataan |
Benar |
Salah |
Pemerintah mendorong pertumbuhan UMKM melalui pemberian
subsidi pajak. |
|
|
Peningkatan penerimaan Pph UMKM orang pribadi dan Pph UMKM
badan selalu meningkat. |
|
|
Pada tahun 2016, penerimaan Pph UMKM badan lebih kecil
daripada penerimaan Pph UMKM orang pribadi. |
|
|
Pemerintah menurunkan tarif pajak penghasilan (Pph) final bagi
UMKM sebesar 1 %. |
|
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 2
2. Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan
sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus
meningkat sesuai jenjangnya.
Mengapa UMKM perlu didukung oleh sumber daya manusia yang
memiliki kemampuan yang sesuai? Jelaskan alasanmu!
Jawaban yang mungkin: karena pengusaha UMKM perlu mengembangkan
kreativitas dan berinovasi sehingga bisnis dapat bertahan dan berkembang. |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 2
3. Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks
informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Setelah mencermati infografik dan teks tersebut, kalian
mendapatkan pemahaman bahwa UMKM perlu dilindungi dan didukung oleh pemerintah
dengan alasan berikut.
Berikan tanda ceklis ( √ ) pada alasan yang sesuai dengan
pemahamanmu!
|
UMKM dapat menyerap tenaga kerja sangat banyak. |
Untuk merintis UMKM diperlukan modal yang besar. |
|
|
Bisnis UMKM mendominasi perekonomian di Indonesia. |
|
Pelaku UMKM harus memiliki keterampilan profesional. |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 2
4. Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau
konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Berdasarkan infografik tersebut, kalian dapat melihat bahwa
penerimaan pajak penghasilan (Pph) UMKM naik dalam lima tahun (2014–2017),
tetapi pemerintah menurunkan Pph UMKM. Berikan dua alasan mengapa pemerintah
menurunkan Pph UMKM!
Pertama, agar UMKM terus tumbuh. Kedua, agar pelaku UMKM tidak
merasa terbebani pajak. |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 1
Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa
kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks informasi untuk
level ini?
5. Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian,
prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai
jenjangnya.
Kamu ingin membuang sampah di rumah dengan memisahkan sampah
menjadi dua kelompok: kelompok sampah B3 dan kelompok sampah yang tidak
mengandung B3. Kelompokkanlah sampah berikut sesuai dengan jenis limbahnya!
Sampah |
Mengandung B3 |
Tidak Mengandung B3 |
A. Daun pembungkus lontong |
|
|
B. Sabun pembersih lantai |
|
|
C. Obat nyamuk |
|
|
D. Potongan sayuran |
|
|
E. Kardus mie goreng |
|
|
F. Detergen |
|
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 1
6. Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman
pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya
mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta).
Apakah dapat dikatakan bahwa subsidi listrik dari tahun 2011
hingga 2018 mengutamakan rumah tangga yang berasal dari kelas menengah ke
bawah?
Tidak karena persentase golongan penerima subsidi yang
ditampilkan pada grafik hanya menunjukkan persentase pada tahun 2018, bukan
keseluruhan periode 2011-2018. |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 1
Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa
kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks informasi untuk
level ini?
7. Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam
teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Berdasarkan teks, terdapat pernyataan bahwa UMKM di bidang
kuliner adalah salah satu jenis usaha yang menguntungkan dan selalu laris.
Apakah pernyataan itu dapat dikatakan akurat? Jelaskan pendapatmu!
Tidak akurat karena usaha kuliner bisa saja tidak laris jika
tidak dikemas dengan kreatif dan inovatif. Jika terlalu banyak orang yang
berbisnis kuliner, persaingan makin ketat sehingga perlu cara lain untuk
membuat makanan tersebut laris. Selain itu, terdapat bisnis lain yang juga
berpotensi laris, yaitu yang berhubungan dengan kebutuhan mendasar, seperti
pakaian dan peralatan rumah tangga. |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 7 level 1
Perhatikan grafik berikut!
Dari grafik tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa
kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks informasi untuk
level ini?
8. Menilai efektivitas format penyajian data (format visual,
struktur perbandingan, contoh, dll) untuk mendukung ide pokok pada teks
informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Misalnya, pada tahun 2019, subsidi pengguna listrik mengalami
kenaikan dan sebagian besar dialokasikan untuk pengguna 450 VA dibandingkan
dengan pengguna 900 VA.
Apakah hal itu menjadi indikator bahwa penduduk kelas menengah
ke bawah di Indonesia mengalami kenaikan? Jelaskan alasanmu.
Benar, karena pengguna listrik 450 VA sebagian besar adalah
kelas menengah ke bawah. |
Anda dapat melihat lebih
banyak contoh-contoh soal kompetensi ini melalui tautan berikut Contoh-contoh butir soal kompetensi 8 level 1
Dari teks tersebut Bapak dan Ibu dapat mengukur beberapa
kompetensi. Kompetensi apa saja yang diukur menggunakan teks informasi untuk
level ini?
9. Menjustifikasi pendapat orang lain berdasarkan isi teks sastra
atau teks informasi sesuai jenjangnya.
Pulang sekolah adik kehujanan di jalan. Sesampainya di rumah,
adik mandi tapi tidak keramas. Malam harinya kepala adik pusing dan badannya
demam. Menurut pendapatmu, apakah pusing yang diderita adik berpotensi penyebab
stroke? Sertakan alasanmu!
Tidak berpotensi penyebab stroke karena penyebab adik pusing
itu kehujanan. |