RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII/Genap
Materi Pokok : 3.8. Tekanan Zat dan Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari
Sub
Materi Pokok : 3.8.4. Aplikasi Tekanan pada Makhluk Hidup
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
(Pertemuan 4)
A.
Kompetensi
Dasar
3.8
Memahami
tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan
darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan
B.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan metode praktikum, diskusi kelompok dan
penugasan, pada ranah pengetahuan peserta
didik dapat Mengamati
berbagai fenomena yang berhubungan dengan tekanan zat cair dan gas serta
tekanan pada pembuluh darah manusia dan jaringan angkut pada tumbuhan sedangkan pada ranah
keterampilan peserta didik dapat Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair,
dan gas serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan menggunakan
literasi media, kerja sama, berfikir kritis dalam
menyelesaikan masalah serta selalu mensyukuri anugrah ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa.
C.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Apersepsi
a. Apa hubungan antara tekanan dengan luas penampang bidang tekan?
2. Guru Menjelaskan materi tentang daya tekan akar, daya kapilaritas batang,
daya isap daun, tekanan darah dan tekanan gas pada pernapasan manusia.
3. Guru membentuk kelompok.
4. Guru membagi tugas.
5. Peserta didik bekerjasama mengumpulkan data dan informasi .
6. Peserta didik mengolah data dalam
diskusi kelompok
7. Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh
kelompok lain, selanjutnya memperbaiki hasil kerja
8. Peserta didik menarik kesimpulan kegiatan
9. Guru memberikan penguatan isi materi tentang aplikasi tekanan pada makhluk
hidup dan kesimpulan hasil kegiatan
D.
Penilaian Pembelajaran
1.
Sikap : Observasi saat pembelajaran tentang rasa ingin tahu, tanggung
jawab, komunikatif
2.
Pengetahuan : Tes tertulis bentuk uraian tentang aplikasi tekanan pada makhluk hidup.
3.
Keterampilan : Produk hasil
menginterpretasi materi tentang aplikasi tekanan pada makhluk hidup.