Thursday 10 December 2020

KONSISTEN BERAMAL MESKI SEDIKIT

 KONSISTEN BERAMAL MESKI SEDIKIT

 

PEPATAH mengatakan, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Begitu pula dalam hal amal salih. Amal sedikit, tetapi dilakukan secara konsisten, itu lebih baik daripada amal banyak, tetapi kemudian berhenti.

 

NABI MUHAMMAD SAW bersabda, “Jangan membiasakan ibadah, lalu meninggalkannya.” (HR Ad-Dailami).

 

SEPERTI dikatakan pada hadis di atas7 bahwa kita jangan sampai melakukan satu ibadah atau amal beberapa hari saja. Kemudian, kita  tidak lagi melakukannya.

 

SESUATU yang baik terkadang bisa menjadi buruk ketika kita berhenti melakukannya. Misalnya, berhenti beramal salih setelah sebelumnya melakukan.

 

DIRIWAYATKAN bahwa  pada suatu ketika Alqamah bertanya kepada Aisyah, istri Rasulullah, mengenai amal suaminya itu, “Apakah beliau mengkhususkan hari-hari tertentu untuk beramal?”

 

AISYAH menjawab, "Beliau tidak mengkhususkan waktu tertentu untuk beramal. Jika beliau beramal, beliau selalu konsisten melakukannya.” (HR al-Bukhari dan Muslim).

 

NABI MUHAMMAD SAW selalu melakukan amal secara konsisten. Beliu melarang memutuskan atau meninggalkan amal begitu saja.

 

PERINTAH untuk konsisten dalam beramal ini sejatinya untuk kepentingan kita sendiri. Kita didorong untuk terbiasa dengan hal-hal baik tanpa pernah meninggalkannya.

 

DENGAN begitu, hal tersebut menjadi budaya atau kebiasaan  positif kita sehari-hari. Hal itu sebagaimana yang  dikatakan oleh Nabi Muhmmad SAW di bawah ini.

 

“Siapa yang membiasakan suatu sunah (tradisi) yang baik, maka ia mendapatkan pahalanya, dan pahala orang yang mengikutinya setelahnya tanpa dikurangi sedikit pun pahalanya.”  (HR. Bukhari dan Muslim).

 

AMAL salih sedikit yang konsisten dilakukan akan melanggengkan ketaatan, zikir, taqarub kepada Allah, niat, dan keikhlasan dalam beramal. Pun pula hal itu  juga akan membuat amal tersebut diterima oleh Allah.

 

Ya Allah, Tuhan kami. Kami mohon agar Engkau ridho menganugerahkan keselamatan, rahmat, berkah, kesehatan, umur panjang, rezeki halal, ilmu yang bermanfaat, serta kemudahan menghadapi aneka persoalan hidup ini

SOAL DAN JAWABAN STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA IPA KELAS 8 KURMER

  Struktur Bumi dan Perkembangannya   1.      Ilmu Geologi merupakan cabang-cabang ilmu Sains yang mempelajari tentang bumi dan perubaha...