Monday 7 December 2020

BERSIH ITU WAHANA MENUJU SURGA

 

BERSIH ITU WAHANA MENUJU SURGA

 

AGAMA  sangat menghargai dan menghormati orang yang bersih dan selalu memelihara kebersihan. Orang yang demikian itu selain dicintai Allah, juga tergolong orang yang berhak memasuki surga karena bersih adalah wahana atau sarana menuju surga.

 

HAL itu ditegaskan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya, "Jagalah kebersihan dengan segala usaha yang kamu mampu lakukan. Sesungguhnya Allah menegakkan Islam di atas prinsip  kebersihan. Dan tak akan memasuki surga kecuali orang-orang yang memelihara kebersihan.”  (Hadis Riwayat Thabrani).

 

AGAMA sangat memperhatikan dan peduli pada masalah kebersihan. Rasulullah SAW selalu menyebutkan tentang kebersihan. “Bersihkan dirimu karena sesungguhnya Islam itu bersih." (HR. Ibnu Hibban).

 

HAL tersebut menjadi bukti bahwa Rasulullah SAW sangat peduli akan kebersihan. Jika seorang muslim tidak bisa menjaga kebersihan dengan baik, berarti keimanannya kurang sempurna.

 

SESEORANG yang mengaku beriman kepada Allah dan rasul-Nya, tetapi tidak mampu menjaga kebersihan, berarti  keimannya  itu hanya sebatas formalitas.  Sebab, salah satu indikasi orang beriman adalah  selalu menjaga kebersihan. "Kebersihan itu sebagian dari iman." (HR. Muslim).

 

KEBERSIHAN   menjadi wahana atau sarana untuk mendapatkan cinta Allah menuju surga-Nya. Allah senantiasa hanya mencintai orang-orang yang bersih dan memelihara kebersihannya

 

ORANG yang bersih dan memelihara kebersihan  berhak masuk surga yang disebutkan dalam hadis  di atas yang diriwayatkan oleh Thabrani.  Sudah barang tentu bukan hanya bersih jasmaninya, melainkan juga  bersih jasmaninya beserta ruhaninya.

 

BERSIH jasmaninya berarti bersih badannya, pakaiannya, tempat tinggalnya, dan lingkungannya dari segala kotoran dan najis. Sementara itu,  bersih ruhani berarti bersih hatinya, batinnya, dan jiwanya dari sifat-sifat buruk dan tercela yang merusak perangai, perilaku, dan perbuatannya.

 

DALAM kaitannya dengan masalah ini, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah itu bersih, Dia cinta kebersihah."  (HR. Tirmidzi).

 

Dalam hadis lainnya, Rasulullah SAW pun  bersabda, "Sesungguhnya, Islam itu bersih, hendaklah kamu mewujudkan kebersihan karena sesungguhnya tidak akan masuk surga, kecuali orang yang bersih." (HR. Khatib).

 

Ya Allah. Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang Engkau anugerahkan, dan dari siksa-Mu yang datang tiba-tiba, dan juga dari segala murka-Mu.

 

SOAL DAN JAWABAN STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA IPA KELAS 8 KURMER

  Struktur Bumi dan Perkembangannya   1.      Ilmu Geologi merupakan cabang-cabang ilmu Sains yang mempelajari tentang bumi dan perubaha...