Kuis
Rancangan Pembelajaran Kelas/ Mata Pelajaran Tahun Ajaran 2021/2022
Bapak Ibu guru kita telah sama-sama membedah mengenai rancangan pembelajaran
di kelas/ mata pelejaran di Tahun Ajaran 2021/2022. Dengan contoh-contoh
penerapan yang diberikan, harapannya Bapak dan Ibu Guru dapat semakin memahami
pentingnya memahami konsep dan menyesuaikannya dengan berbagai kondisi dan
konteks berbeda-beda di lapangan.
Nah, sekarang tiba saatnya bagi Bapak dan Ibu Guru untuk mengukur sejauh
mana pemahaman dalam menguasai topik ini. Silakan mengikuti kuis berikut ini.
Tentukan pendapat Anda dengan memilih “Benar” atau “Salah”.
Jika Bapak Ibu merasa kurang puas dengan hasil kuis yang diperoleh,
silahkan melihat kembali materi-materi pada bagian ini dan menjawab ulang kuis
untuk memastikan pemahaman Anda.
1. Langkah pertama yang dapat guru lakukan dalam melakukan penyusunan RPP adalah menganalisis rencana dan jadwal pembelajaran yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.
Benar
Salah
2. Guru Atika telah merencanakan untuk melakukan
asesmen diagnosis pada siswa dan orang tua di awal kelas Tahun Ajaran
2021/2022. Hal ini akan ia gunakan untuk menyesuaikan kurikulum dengan
kebutuhan siswa-siswinya.
Benar
Salah
3. Guru Ria diberi tahu bahwa salah siswa kelasnya
terkonfirmasi positif setelah kunjungannya dari luar kota. Guru Ria kemudian
melaporkan kepada tim kesehatan sehingga PTM tetap berjalan seperti jadwal
biasa.
Benar
Salah
4. Guru Patria menyusun komposisi PTM dan PJJ di
kelasnya dengan menekankan komposisi terbanyak pada PTM yaitu 4 kali seminggu.
Hal ini dilakukan dengan pertimbangan banyaknya beban materi belajar yang perlu
dikuasai dan dilatih oleh siswa kelas 5 menghadapi AKM.
Benar
Salah
5. Berkaca dari pengalaman pembelajaran di Tahun
Ajaran yang lalu, Guru Dito bertekad untuk melakukan strategi asesmen formatif
yang lebih beragam di Tahun Ajaran 2021/2022, dan memberikan umpan balik yang
berkala pada siswa-siswinya sehingga mereka dapat melakukan perbaikan jangka
pendek.
Benar
Salah
6. Guru Ima mengajar di TK A dan memberikan
tugas-tugas mandiri yang harus dilakukan bersama-sama oleh murid dan orangtua
di rumah. Hal ini dilakukan untuk tetap memberikan stimulasi langsung pada
murid TK A yang tidak dapat dilakukan secara maksimal melalui PTM.
Benar
Salah
7.Karena banyaknya Rombel di jenjang kelas VII, maka
jumlah klombel untuk setiap kelas terpaksa dibuat sedikit lebih besar dari batasan
ketentuan maksimal sehingga dapat mengakomodasi semua siswa untuk mengalami PTM
minimal 2 kali seminggu.
Benar
Salah
8. Untuk memastikan semua guru tetap bekerja dan
menjalankan tugasnya sesuai jam mengajar, semua guru, baik mereka yang akan
mengajar di sesi PTM maupun yang tidak, tetap diharuskan bekerja dari sekolah.
Benar
Salah
9. Sebelum Tahun Ajaran baru dimulai, Sekolah tempat
Guru Wahyudi mengajar, menjadwalkan sosialisasi kepada orangtua murid untuk
memahami ketentuan PTM terbatas sekolah secara umum, dan memahami jadwal
pelajaran kelas secara khusus. Hal ini penting, agar orangtua memiliki
pemahaman yang sama akan protokol kesehatan dan tujuan pembelajaran anaknya
untuk memberikan dukungan penuh.
Benar
Salah
10. Guru Suci mengajar Matematika di kelas IX SMP.
Beban mengajar Guru Suci saat Pembelajaran di Tahun Ajaran 2021/2022 akan
berkali-kali lipat, karena ia harus mengajar berkali-kali sehari.
Benar
Salah
Sumber :