Tuesday 27 July 2021

Jawaban Kuis Pelajaran 1 Asynchronous – Resilience : Tangguh & Teknologi - Semangat Guru

 


Semangat Guru ; Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi

Pelajaran 1 Asynchronous – Resilience : Tangguh & Teknologi


Nama saya Adi Respati. Saya bekerja sebagai konsultan adopsi teknologi dalam pembelajaran di Websis for Edu. Topik sharing kita saat ini adalah resiliensi dalam memelajari teknologi untuk pembelajaran.

 


 

 

Apa itu resiliensi?

Ilmuwan psikologi biasanya menggunakan istilah ‘lenting’ untuk menyepadankan kata resiliensi (resilience), yaitu: kemampuan sesorang untuk bangkit setiap kali mengalami desakan mundur, atau bahkan kegagalan. 

 

Perjalanan menjadi matang menggunakan teknologi. 

Sebagai konsultan teknologi, kami melihat jelas betapa melimpah ruahnya potensi teknologi dalam meningkatkann pembelajaran. Namun, perjalanan menjadi pembelajar untuk mencapai tingkat-tingkat manfaat teknologi tersebut cukup panjang. Dalam marathon pembelajaran ini, kadang kita akan unggul kadang ketinggalan. 

Di sinilah Bapak dan Ibu perlu menjadi resilien. Gunakan setiap momen keunggulan sebagai tenaga untuk semakin melaju, dan menyadari bawah setiap momen ketinggalan adalah wajar dan kita perlu mengatur  tenaga untuk mengejar. 

Seperti dalam marathon, mengatur tenaga (baca: mengeolola resilensi) semakin efektif jika kita tahu masih berapa jauh atau berapa dekat kita dengan garis finish. Dalam marathon menunju elearning yang baik ini, peta kita adalah Kerangka SAMR. 

 

Kerangka SAMR sebagai peta perjalanan menjadi matang dalam marathon menuju elearning yang efektif

SAMR adalah suatu kerangka yang mengilustrasikan tingkat kematangan seseorang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Tingkat kematangan ini terdiri dari (mulai dari tingkat pemula ke mahir): Substitution, Augmentation, Modification, dan Redefinition. Semakin matang kita dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, semakin besar peningkatan proses dan hasil yang terjadi dalam pembelajaran. 

 

Apa kaitannya SAMR dan Resiliensi dengan Bapak dan Ibu memelajari teknologi?

Pertanyaan paling menjebak dalam elearning adalah aplikasi apa (lagi) yang harus pelajari untuk mengembangkan permbelajaran? Jika anda terjebak di pertanyaan ini, maka anda tersangkut terus-menerus di tingkat Substitution.

Pertanyaan yang tepat adalah: bagaimana lagi cara saya menggunakan teknologi (hardware dan aplikasi) yang sudah saya pelajari ini untuk mengembangan pembelajaran? Setiap tingkat lanjut (Augmentation, Modification, dan Redefinition) menuntut kita untuk mengubah kegiatan dan/atau tujuan pembelajaran. Mengetahui ini (kegiatan dan tujuan pembelajaran) membantu Bapak dan Ibu bisa menakar dengan lebih akurat berapa besar resliensi yang diharapkan dari Anda untuk menerobos masing-masing tingkat tersebut. 

Sampai ketemu di sesi Webinar 

Adi Respati

===========================================================================

Rekaman Webinar

Ini adalah rekaman pelajaran kedua mengenai “Resiliensi”.

Video Rekaman Webinar Resiliensi membahas:

  • Apa itu sebenarnya resiliensi?
  • Apa itu SAMR?
  • Bagaimana strategi saya melalui tingkatan-tingkatan SAMR?

Silahkan menonton rekaman webinar Resilience : Tangguh & Teknologi di bawah ini.

Jika Anda sudah selesai, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark as Complete” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.

 

Peserta perlu menyelesaikan semua aktivitas-aktivitas berikut, agar bisa menuju pelajaran berikutnya. Tanda centang biru menunjukkan aktivitas sudah selesai. Pada bagian materi peserta perlu mengetuk atau mengklik tombol “Mark as Complete” jika sudah selesai memahami materi yang diberikan dan pada bagian kuis, peserta perlu menyelesaikan kuis dan mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” jika sudah menyelesaikan pengerjaan kuisnya.

 

Penilaian Tengah

Kerjakanlah kuis ini. Untuk kali ini, usahakan anda dapat menjawab dengan benar. Jika ada jawaban yang masih salah, silahkan simak kembali rekaman sesi webinar kita dan pelajari materi yang disediakan di Belajar Mandiri.

Selamat mengerjakan kuis

 

Kuis Penilaian Tengah – Pelajaran 1

Kuis ini terdiri 7 butir pertanyaan. Setiap pertanyaan berfungsi agar Bapak dan Ibu mengingat kembali pembahasan dan/atau tugas anda.

Jika anda masih mengalami kesulitan, luangkan waktu untuk menyimak kembali video rekaman webinar kita dan/atau baca kembali naskah belajar mandiri.

Selamat mengerjakan.

Jika Anda sudah selesai mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya. Jika tombol untuk lanjut tidak muncul maka Anda belum berhasil mencapai batas minimum kelulusan, coba lagi hingga nilai Anda mencapai 70%

===========================================================================

 

Apakah itu resiliensi?

Kemampuan seseorang untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran

Kemampuan seseorang untuk merumuskan kegiatan elearning

Kemampuan seseorang untuk mengelola stress elearning

Kemampuan seseorang untuk bangkit dari desakan kemunduran (atau kegagalan)

 

Apa hubungan SAMR dengan resiliensi?

Mengetahui SAMR memberikan gambaran kita harus seberapa resilien

Resiliensi adalah tingkat kematangan kematangan adopsi teknologi

Resiliensi adalah R pada akronim SAMR

SAMR adalah ukuran tingkat resiliensi

 

Apakah itu SAMR?

Risiko-risiko akses teknologi oleh murid.

Langkah-langkah penggunaan teknologi dalam pembelajaran

Tingkat kematangan seorang guru memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran

Jenis-jenis aplikasi untuk digunakan dalam pembelajaran

 

SAMR adalah singkatan dari…

Substitution, Anticipation, Modification, Redefinition

Substitution, Augmentation, Modification, Redefinition

Substitution, Automation, Modification, Redefinition

Substitution, Access, Modification, Redefinition

 

Pernyataan yang BENAR tentang adopsi teknologi adalah

Saya harus menguasai banyak aplikasi

Saya harus menguasai semua aplikasi baru

Saya harus mengkombinasikan beberapa aplikasi

Saya harus fokus pada tingkat berpikir dalam pembelajaran murid

 

Dengan cara apa saya dapat menjadi resilien dalam mengembangkan kompetensi elearning saya?

Berikan waktu untuk belajar. Tidak perlu terburu-buru.

Usahakan bisa belajar bersama orang lain untuk saling bertukar keterampilan dan dukungan semangat. Buat kelompok kecil, bergabung dengan komunitas, dll.

Tidak perlu tergoda dengan kecemasan bahwa harus sering belajar aplikasi baru.

Semua jawaban benar

 

Apakah karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Substitution?

Kegiatan pembelajaran setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada peningkatan sedikit karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru diadopsi.

Kegiatan pembelajaran sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).

Setelah adopsi teknologi (baru), kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa diselenggarakan tanpa teknologi yang baru diadopsi.

Ada banyak kegiatan pembelajaran yang berubah setelah adopsi teknologi (baru)

Materi Belajar Mandiri

Di halaman ini, sudah disiapkan dua naskah dalam bentuk PDF yang bisa digunakan sebagai referensi bacaan lebih lanjut untuk mendalami topik Resiliensi. Silahkan baca dokumen pertama lalu beralih ke dokumen selanjutnya untuk menunjang pembelajaran yang lebih maksimal.

  1. Kerangka SAMR. Berisi pemaparan tentang Kerangka SAMR. Naskah ini disusun khusus agar anda dapat langsung membayangkan pengembangan skenario KBM anda. 
  2. Resiliensi dan Kerangka SAMR.  Naskah ini menindaklanjuti naskah sebelumnya. Naskah ini berisi uraian pendek tentang keterampilan apa yang perlu anda kenal untuk menempuh tingkat-tingkat SAMR, dan potensi tantangan-tantangan pada masing-masing tingkat SAMR.

Materi webinar sebelumnya dan naskah ini disiapkan untuk membantu anda memahami topik Resiliensi dan mengerjakan Tugas Mandiri.

 

Dokumen 1 – Kerangka SAMR

 

Dokumen 2 – Resiliensi dan Kerangka SAMR

Jika sudah selesai memahami materi yang diberikan jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark as Complete“, Agar Anda bisa lanjut ke topik selanjutnya untuk mencoba mengerjakan Tugas Mandiri untuk melatih pemahaman Anda.

 

Latihan Mandiri – Pelajaran 1 – Rencana Pengembangan Diri

Untuk menajamkan hasil belajar anda di sesi webinar, silakan kerjakan latihan ini. Beberapa catatan tentang latihan ini:

  • Bersifat pilihan.
  • Tidak dikumpulkan ke tim pemateri.
  • Agar anda punya pengalaman praktik perdana.
  • Dirancang untuk membantu anda mengikuti episode berikutnya.

Seperti telah dipaparkan, posisi praktik pembelajaran anda dalam SAMR ditentukan oleh bagaimana teknologi digunakan dalam kegiatan belajar dan setinggi apa sasaran belajar yang anda tetapkan.

  1. Bacalah naskah “Kerangka SAMR”
  2. Bacalah naskah “Resiliensi dan Kerangka SAMR”
  3. Isilah naskah “Rencana Pengembangan Diri”

 

Instruksi Umum

Anda akan membuat plan perjalanan pertama pengembangan diri anda dalam praktik e-learning dan mengantisipasi tantangan yang akan anda hadapi dalam perjalanan pertama tersebut. Gunakan naskah “Rencana Pengembangan Diri” yang sudah disiapkan di topik ini. .

Silakan mengerjakan dengan menggunakan template yang sudah disediakan. Template ini dibuat di Google Docs. Silakan menyalin dokumen ini dengan mengklik tombol di bawah ini.

 

Catatan tambahan:

  • Tugas ini pilihan (sesuai kesepakatan)
  • Mengerjakan tugas ini akan membantu mengikuti Pelajaran Berpikir Kritis (Episode 2)
  • Tugas ini personal, bukan kelompok
  • Anda tidak dinilai berdasarkan benar atau salah
  • Anda tidak dinilai berdasarkan target SAMR yang tinggi
  • Dokumen ini membantu pengenalan diri anda
  • Dokumen ini adalah alat pandu pengembangan anda.

 

Ketentuan Mengunggah di Sosial Media

Selamat mengerjakan.

Jika Anda sudah selesai membaca instruksi dan mencoba mengerjakan, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark as Complete” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.

 

Penilaian Akhir

Kerjakanlah kuis ini. Untuk kali ini, usahakan anda dapat menjawab dengan benar. Jika ada jawaban yang masih salah, silakan simak kembali rekaman sesi webinar kita dan pelajari materi yang disediakan di Belajar Mandiri.

Selamat mengerjakan kuis. 

Pesan terakhir:

Ikuti dengan konsisten Rencana Pengembangan Diri anda. Tidak perlu kaku, anda dapat merevisinya jika dibutuhkan. Praktikkan secara konsisten minimal 3 bulan.

 

Kuis Penilaian Akhir – Pelajaran 1

Kuis ini terdiri 7 butir pertanyaan. Setiap pertanyaan berfungsi agar Bapak dan Ibu mengingat kembali pembahasan dan/atau tugas anda.

Jika anda masih mengalami kesulitan, luangkan waktu untuk menyimak kembali video rekaman webinar kita dan/atau baca kembali naskah belajar mandiri.

Selamat mengerjakan.

Jika Anda sudah selesai mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya. Jika tombol untuk lanjut tidak muncul maka Anda belum berhasil mencapai batas minimum kelulusan, coba lagi hingga nilai Anda mencapai 70%

===========================================================================

 

Apakah karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Redefinition?

Kegiatan pembelajaran setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada peningkatan sedikit karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru diadopsi.

Setelah adopsi teknologi (baru), kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa diselenggarakan tanpa teknologi yang baru diadopsi.

Kegiatan pembelajaran sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).

Ada banyak kegiatan pembelajaran yang berubah setelah adopsi teknologi (baru)

 

Apakah karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Modification?

Kegiatan pembelajaran setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada peningkatan sedikit karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru diadopsi.

Kegiatan pembelajaran sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).

Setelah adopsi teknologi (baru), kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa diselenggarakan tanpa teknologi yang baru diadopsi.

Ada banyak kegiatan pembelajaran yang berubah setelah adopsi teknologi (baru)

 

Apakah karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Augmentation?

Kegiatan pembelajaran setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada peningkatan sedikit karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru diadopsi.

Kegiatan pembelajaran sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).

Setelah adopsi teknologi (baru), kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa diselenggarakan tanpa teknologi yang baru diadopsi.

Ada banyak kegiatan pembelajaran yang berubah setelah adopsi teknologi (baru)

 

Saya menggunakan aplikasi video meeting untuk sesi diskusi mandiri dan tanya jawab dengan murid. Pemanfaatan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat:

Substitution

Augmentation

Modification

Redefinition

 

Saya menggunakan aplikasi video meeting untuk metode ceramah. Pemanfaatan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat:

Substitution

Augmentation

Modification

Redefinition

 

Saya menggunakan aplikasi video meeting untuk murid-murid saya bisa bertemu dengan para pakar dan membawa murid saya ke luar kelas melalui field trip virtual. Pemanfaatkan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat:

Substitution

Augmentation

Modification

Redefinition

 

Saya menggunakan aplikasi video meeting untuk murid-murid saya mengadakan festival webinar projek pameran dan/atau pentas virtual. Pemanfaatan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat.

Substitution

Augmentation

Modification

Redefinition

 

Selamat Anda telah Berhasil Menyelesaikan Pelajaran 1

SOAL DAN JAWABAN STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA IPA KELAS 8 KURMER

  Struktur Bumi dan Perkembangannya   1.      Ilmu Geologi merupakan cabang-cabang ilmu Sains yang mempelajari tentang bumi dan perubaha...