Semangat Guru ; Seri
Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi
Pelajaran 1 Asynchronous
– Resilience : Tangguh & Teknologi
Nama saya Adi
Respati. Saya bekerja sebagai konsultan adopsi teknologi dalam pembelajaran
di Websis for Edu. Topik sharing kita saat ini adalah resiliensi dalam
memelajari teknologi untuk pembelajaran.
Apa itu resiliensi?
Ilmuwan psikologi biasanya
menggunakan istilah ‘lenting’ untuk menyepadankan kata resiliensi (resilience),
yaitu: kemampuan sesorang untuk bangkit setiap kali mengalami desakan mundur,
atau bahkan kegagalan.
Perjalanan menjadi
matang menggunakan teknologi.
Sebagai konsultan
teknologi, kami melihat jelas betapa melimpah ruahnya potensi teknologi dalam
meningkatkann pembelajaran. Namun, perjalanan menjadi pembelajar untuk mencapai
tingkat-tingkat manfaat teknologi tersebut cukup panjang. Dalam marathon
pembelajaran ini, kadang kita akan unggul kadang ketinggalan.
Di sinilah Bapak dan Ibu
perlu menjadi resilien. Gunakan setiap momen keunggulan sebagai tenaga untuk
semakin melaju, dan menyadari bawah setiap momen ketinggalan adalah wajar dan
kita perlu mengatur tenaga untuk mengejar.
Seperti dalam marathon,
mengatur tenaga (baca: mengeolola resilensi) semakin efektif jika kita tahu
masih berapa jauh atau berapa dekat kita dengan garis finish. Dalam marathon
menunju elearning yang baik ini, peta kita adalah Kerangka SAMR.
Kerangka SAMR sebagai
peta perjalanan menjadi matang dalam marathon menuju elearning yang efektif
SAMR adalah suatu kerangka
yang mengilustrasikan tingkat kematangan seseorang memanfaatkan teknologi dalam
pembelajaran. Tingkat kematangan ini terdiri dari (mulai dari tingkat pemula ke
mahir): Substitution, Augmentation, Modification, dan Redefinition. Semakin
matang kita dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, semakin besar
peningkatan proses dan hasil yang terjadi dalam pembelajaran.
Apa kaitannya SAMR dan
Resiliensi dengan Bapak dan Ibu memelajari teknologi?
Pertanyaan paling menjebak
dalam elearning adalah aplikasi apa (lagi) yang harus pelajari untuk
mengembangkan permbelajaran? Jika anda terjebak di pertanyaan ini, maka anda
tersangkut terus-menerus di tingkat Substitution.
Pertanyaan yang tepat
adalah: bagaimana lagi cara saya menggunakan teknologi (hardware dan aplikasi)
yang sudah saya pelajari ini untuk mengembangan pembelajaran? Setiap tingkat
lanjut (Augmentation, Modification, dan Redefinition) menuntut kita untuk
mengubah kegiatan dan/atau tujuan pembelajaran. Mengetahui ini (kegiatan dan
tujuan pembelajaran) membantu Bapak dan Ibu bisa menakar dengan lebih akurat
berapa besar resliensi yang diharapkan dari Anda untuk menerobos masing-masing
tingkat tersebut.
Sampai ketemu di sesi
Webinar
Adi Respati
===========================================================================
Rekaman Webinar
Ini adalah rekaman
pelajaran kedua mengenai “Resiliensi”.
Video Rekaman Webinar
Resiliensi membahas:
- Apa itu sebenarnya resiliensi?
- Apa itu SAMR?
- Bagaimana strategi saya melalui
tingkatan-tingkatan SAMR?
Silahkan menonton rekaman
webinar Resilience : Tangguh & Teknologi di bawah ini.
Jika Anda sudah selesai,
jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark as Complete” agar bisa
melanjutkan ke bagian selanjutnya.
Peserta perlu
menyelesaikan semua aktivitas-aktivitas berikut, agar bisa menuju pelajaran
berikutnya. Tanda centang biru menunjukkan aktivitas sudah selesai. Pada bagian
materi peserta perlu mengetuk atau mengklik tombol “Mark as Complete”
jika sudah selesai memahami materi yang diberikan dan pada bagian kuis, peserta
perlu menyelesaikan kuis dan mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue”
jika sudah menyelesaikan pengerjaan kuisnya.
Penilaian Tengah
Kerjakanlah kuis ini.
Untuk kali ini, usahakan anda dapat menjawab dengan benar. Jika ada jawaban
yang masih salah, silahkan simak kembali rekaman sesi webinar kita dan pelajari
materi yang disediakan di Belajar Mandiri.
Selamat mengerjakan kuis
Kuis Penilaian Tengah –
Pelajaran 1
Kuis ini terdiri 7 butir
pertanyaan. Setiap pertanyaan berfungsi agar Bapak dan Ibu mengingat kembali
pembahasan dan/atau tugas anda.
Jika anda masih mengalami
kesulitan, luangkan waktu untuk menyimak kembali video rekaman webinar kita
dan/atau baca kembali naskah belajar mandiri.
Selamat mengerjakan.
Jika Anda sudah selesai
mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here
to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya. Jika tombol untuk
lanjut tidak muncul maka Anda belum berhasil mencapai batas minimum kelulusan,
coba lagi hingga nilai Anda mencapai 70%
===========================================================================
Apakah itu resiliensi?
Kemampuan seseorang
untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran
Kemampuan seseorang
untuk merumuskan kegiatan elearning
Kemampuan seseorang
untuk mengelola stress elearning
Kemampuan
seseorang untuk bangkit dari desakan kemunduran (atau kegagalan)
Apa hubungan SAMR dengan
resiliensi?
Mengetahui
SAMR memberikan gambaran kita harus seberapa resilien
Resiliensi adalah
tingkat kematangan kematangan adopsi teknologi
Resiliensi adalah R
pada akronim SAMR
SAMR adalah ukuran
tingkat resiliensi
Apakah itu SAMR?
Risiko-risiko akses
teknologi oleh murid.
Langkah-langkah
penggunaan teknologi dalam pembelajaran
Tingkat
kematangan seorang guru memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran
Jenis-jenis aplikasi
untuk digunakan dalam pembelajaran
SAMR adalah singkatan
dari…
Substitution,
Anticipation, Modification, Redefinition
Substitution,
Augmentation, Modification, Redefinition
Substitution,
Automation, Modification, Redefinition
Substitution, Access,
Modification, Redefinition
Pernyataan yang BENAR
tentang adopsi teknologi adalah
Saya harus menguasai
banyak aplikasi
Saya harus menguasai
semua aplikasi baru
Saya harus
mengkombinasikan beberapa aplikasi
Saya harus
fokus pada tingkat berpikir dalam pembelajaran murid
Dengan cara apa saya dapat
menjadi resilien dalam mengembangkan kompetensi elearning saya?
Berikan waktu untuk
belajar. Tidak perlu terburu-buru.
Usahakan bisa belajar
bersama orang lain untuk saling bertukar keterampilan dan dukungan semangat.
Buat kelompok kecil, bergabung dengan komunitas, dll.
Tidak perlu tergoda
dengan kecemasan bahwa harus sering belajar aplikasi baru.
Semua jawaban
benar
Apakah
karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Substitution?
Kegiatan pembelajaran
setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada peningkatan sedikit
karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru diadopsi.
Kegiatan
pembelajaran sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).
Setelah adopsi
teknologi (baru), kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa
diselenggarakan tanpa teknologi yang baru diadopsi.
Ada banyak kegiatan
pembelajaran yang berubah setelah adopsi teknologi (baru)
Materi Belajar Mandiri
Di
halaman ini, sudah disiapkan dua naskah dalam bentuk PDF yang bisa digunakan
sebagai referensi bacaan lebih lanjut untuk mendalami topik
Resiliensi. Silahkan baca dokumen pertama lalu beralih ke dokumen
selanjutnya untuk menunjang pembelajaran yang lebih maksimal.
- Kerangka
SAMR. Berisi pemaparan tentang Kerangka SAMR. Naskah ini disusun khusus
agar anda dapat langsung membayangkan pengembangan skenario KBM
anda.
- Resiliensi
dan Kerangka SAMR. Naskah ini menindaklanjuti naskah sebelumnya.
Naskah ini berisi uraian pendek tentang keterampilan apa yang perlu anda
kenal untuk menempuh tingkat-tingkat SAMR, dan potensi tantangan-tantangan
pada masing-masing tingkat SAMR.
Materi
webinar sebelumnya dan naskah ini disiapkan untuk membantu anda memahami topik
Resiliensi dan mengerjakan Tugas Mandiri.
Dokumen 1 – Kerangka
SAMR
Dokumen 2 – Resiliensi
dan Kerangka SAMR
Jika
sudah selesai memahami materi yang diberikan jangan lupa untuk mengetuk atau
mengklik “Mark as Complete“, Agar Anda bisa lanjut ke topik selanjutnya
untuk mencoba mengerjakan Tugas Mandiri untuk melatih pemahaman Anda.
Latihan Mandiri –
Pelajaran 1 – Rencana Pengembangan Diri
Untuk
menajamkan hasil belajar anda di sesi webinar, silakan kerjakan latihan ini.
Beberapa catatan tentang latihan ini:
- Bersifat
pilihan.
- Tidak
dikumpulkan ke tim pemateri.
- Agar anda
punya pengalaman praktik perdana.
- Dirancang
untuk membantu anda mengikuti episode berikutnya.
Seperti
telah dipaparkan, posisi praktik pembelajaran anda dalam SAMR ditentukan oleh bagaimana
teknologi digunakan dalam kegiatan belajar dan setinggi apa sasaran belajar
yang anda tetapkan.
- Bacalah
naskah “Kerangka SAMR”
- Bacalah
naskah “Resiliensi dan Kerangka SAMR”
- Isilah
naskah “Rencana Pengembangan Diri”
Instruksi Umum
Anda
akan membuat plan perjalanan pertama pengembangan diri anda dalam praktik
e-learning dan mengantisipasi tantangan yang akan anda hadapi dalam perjalanan
pertama tersebut. Gunakan naskah “Rencana Pengembangan Diri” yang sudah
disiapkan di topik ini. .
Silakan
mengerjakan dengan menggunakan template yang sudah disediakan. Template ini
dibuat di Google Docs. Silakan menyalin dokumen ini dengan mengklik tombol di
bawah ini.
Catatan tambahan:
- Tugas ini
pilihan (sesuai kesepakatan)
- Mengerjakan
tugas ini akan membantu mengikuti Pelajaran Berpikir Kritis (Episode 2)
- Tugas ini
personal, bukan kelompok
- Anda
tidak dinilai berdasarkan benar atau salah
- Anda
tidak dinilai berdasarkan target SAMR yang tinggi
- Dokumen
ini membantu pengenalan diri anda
- Dokumen ini
adalah alat pandu pengembangan anda.
Ketentuan Mengunggah di
Sosial Media
Selamat
mengerjakan.
Jika
Anda sudah selesai membaca instruksi dan mencoba mengerjakan, jangan lupa untuk
mengetuk atau mengklik “Mark as Complete” agar bisa melanjutkan ke
bagian selanjutnya.
Penilaian Akhir
Kerjakanlah
kuis ini. Untuk kali ini, usahakan anda dapat menjawab dengan benar. Jika ada
jawaban yang masih salah, silakan simak kembali rekaman sesi webinar kita dan
pelajari materi yang disediakan di Belajar Mandiri.
Selamat
mengerjakan kuis.
Pesan terakhir:
Ikuti
dengan konsisten Rencana Pengembangan Diri anda. Tidak perlu kaku, anda dapat
merevisinya jika dibutuhkan. Praktikkan secara konsisten minimal 3 bulan.
Kuis Penilaian Akhir –
Pelajaran 1
Kuis
ini terdiri 7 butir pertanyaan. Setiap pertanyaan berfungsi agar Bapak dan Ibu
mengingat kembali pembahasan dan/atau tugas anda.
Jika
anda masih mengalami kesulitan, luangkan waktu untuk menyimak kembali video
rekaman webinar kita dan/atau baca kembali naskah belajar mandiri.
Selamat
mengerjakan.
Jika
Anda sudah selesai mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau
mengklik “Click Here to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian
selanjutnya. Jika tombol untuk lanjut tidak muncul maka Anda belum berhasil
mencapai batas minimum kelulusan, coba lagi hingga nilai Anda mencapai 70%
===========================================================================
Apakah
karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Redefinition?
Kegiatan pembelajaran
setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada peningkatan sedikit
karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru diadopsi.
Setelah adopsi
teknologi (baru), kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa
diselenggarakan tanpa teknologi yang baru diadopsi.
Kegiatan pembelajaran
sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).
Ada banyak kegiatan
pembelajaran yang berubah setelah adopsi teknologi (baru)
Apakah
karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Modification?
Kegiatan pembelajaran
setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada peningkatan sedikit
karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru diadopsi.
Kegiatan pembelajaran
sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).
Setelah adopsi
teknologi (baru), kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa
diselenggarakan tanpa teknologi yang baru diadopsi.
Ada banyak
kegiatan pembelajaran yang berubah setelah adopsi teknologi (baru)
Apakah
karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Augmentation?
Kegiatan
pembelajaran setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada
peningkatan sedikit karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru
diadopsi.
Kegiatan pembelajaran
sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).
Setelah adopsi
teknologi (baru), kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa
diselenggarakan tanpa teknologi yang baru diadopsi.
Ada banyak kegiatan
pembelajaran yang berubah setelah adopsi teknologi (baru)
Saya menggunakan aplikasi
video meeting untuk sesi diskusi mandiri dan tanya jawab dengan murid.
Pemanfaatan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat:
Substitution
Augmentation
Modification
Redefinition
Saya
menggunakan aplikasi video meeting untuk metode ceramah. Pemanfaatan teknologi
dengan cara ini mencerminkan tingkat:
Substitution
Augmentation
Modification
Redefinition
Saya
menggunakan aplikasi video meeting untuk murid-murid saya bisa bertemu dengan
para pakar dan membawa murid saya ke luar kelas melalui field trip virtual.
Pemanfaatkan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat:
Substitution
Augmentation
Modification
Redefinition
Saya
menggunakan aplikasi video meeting untuk murid-murid saya mengadakan festival
webinar projek pameran dan/atau pentas virtual. Pemanfaatan teknologi dengan
cara ini mencerminkan tingkat.
Substitution
Augmentation
Modification
Redefinition
Selamat Anda telah
Berhasil Menyelesaikan Pelajaran 1