Semangat Guru ; Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi
Pelajaran 2 Asynchronous
– Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi
Nama saya Adi Respati. Saya akan berbagi tentang berpikir kritis dan integrasinya dalam pembelajaran menggunakan teknologi.
Kata ‘berpikir kritis’
sudah menjadi kosa kata harian kita. Dunia pendidikan menuntut guru mampu
menumbuhkan berpikir kritis pada murid-murid mereka, bukan hanya sebagai
kemampuan, tapi sebagai keterampilan.
Namun demikian, banyak
dari kita yang tidak sadar apa sebetulnya berpikir kritis. CriticalThinking.org mendefinisikan berpikir kritis sebagai,
“proses berpikir (observasi, refleksi, menalar) yang disiplin, mahir, dan aktif
dalam membuat konsep dari, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan/atau
mengevaluasi informasi.
Kolegas saya, Prof. Dr.
Bagus Takwin, mendefinisikan berpikir kritis sebagai, “ keterampilan seseorang
dengan akurat memutuskan sikapnya terhadap suatu informasi: setuju, tunda, atau
tidak setuju”.
Perhatikan bahwa setiap
kata kunci dalam berpikir kritis adalah kosa kata kita sehari-hari. Untungnya,
ini membuat berpikir kritis mudah dipahami dan dipelajari.
Bagaimana menumbuhkan
berpikir kritis menjadi keterampilan?
Setiap orang mampu
berpikir kritis. Namun demikian, untuk menjadi keterampilan, berpikir kritis
harus dipraktikkan setiap saat. Semakin dilatih, semakin akurat, dan akhirnya
semakin menjadi insting.
‘Saya jadi sadar, saya
jadi terpikir” sebagai teknik latihan berpikir kritis.
Episode ini membekali anda
dengan keterampilan sederhana untuk menumbuhkan berpikir kritis pada murid
anda.
Praktik ini terdiri dari
dua komponen:
- Observasi: Diekspresikan lewat
pernyataan, “Saya baru sadar bahwa…”
- Insight: Diekspresikan lewat
pernyataan, “Saya jadi terpikir …. (bahwa/jangan-jangan/pantesan)”
Latihan ini sangat
sederhana, hanya menuntut dua syarat. Anda harus:
- Menjadikannya sebagai kebiasaan
anda dulu.
- Mendemonstrasikan di hadapan murid
- Mengintegrasikan kebiasaan ini
dalam tugas murid
Apa kaitannya dengan
pembelajaran dengan teknologi?
Teknologi adalah mitra
yang tepat untuk mempraktikkan berpikir kritis. Perhatikan fitur apa (dalam
aplikasi yang anda gunakan) yang dapat digunakan untuk mendemonstrasikan
berpikir kritis. Pastikan murid mempraktikkan “saya sadar, saya berpikir” di
berbagai kesempatan murid menggunakan teknologi (ketika tanya jawab di video
meeting, ketika menyusun materi presentasi, ketika diskusi online di chat
group, ketika memberikan komentar di LMS, dan lain-lain).
Sampai ketemu di sesi
Webinar
Adi Respati
===========================================================================
Peserta perlu
menyelesaikan semua aktivitas-aktivitas berikut, agar bisa menuju pelajaran
berikutnya. Tanda centang biru menunjukkan aktivitas sudah selesai. Pada bagian
materi peserta perlu mengetuk atau mengklik tombol “Mark as Complete”
jika sudah selesai memahami materi yang diberikan dan pada bagian kuis, peserta
perlu menyelesaikan kuis dan mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue”
jika sudah menyelesaikan pengerjaan kuisnya..
Rekaman Webinar
Video
Rekaman Webinar Berpikir Kritis membahas:
- Apa itu
sebenarnya berpikir kritis?
- Bagaimana
melatih “saya sadar, saya berpikir”
- Bagaimana
integrasi “saya sadar, saya berpikir” dalam pembelajaran menggunakan
teknologi?
Silahkan
menonton rekaman webinar Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi di
bawah ini.
Jika Anda sudah selesai, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark as Complete” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.
Penilaian Tengah
Kerjakan kuis ini. Untuk
kali ini, usahakan anda dapat menjawab dengan benar. Jika ada jawaban yang
masih salah, silahkan simak kembali rekaman sesi webinar kita.
Selamat mengerjakan kuis.
Kuis Penilaian Tengah –
Pelajaran 2
Kuis ini terdiri 5 butir
pertanyaan. Setiap pertanyaan berfungsi agar Bapak dan Ibu mengingat kembali
pembahasan dan/atau tugas anda.
Jika anda masih mengalami
kesulitan, luangkan waktu untuk menyimak kembali video rekaman webinar kita.
Selamat mengerjakan.
Jika Anda sudah selesai
mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here
to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya. Jika tombol untuk
lanjut tidak muncul maka Anda belum berhasil mencapai batas minimum kelulusan,
coba lagi hingga nilai Anda mencapai 70%
===========================================================================
Apa produk berpikir
kritis?
Penilaian dan
keyakinan
Solusi
Konsep
Gagasan baru
Apa itu berpikir kritis?
Merumuskan solusi
terhadap suatu masalah
Membuat konsep dan
mengkomunikasikannya pada orang lain
Menciptakan gagasan
yang baru dan bermanfaat
Memutuskan
apakah menerima, menolak, atau menunda suatu pernyataan
Apa itu berpikir kritis?
Merumuskan solusi
terhadap suatu masalah
Membuat konsep dan
mengkomunikasikannya pada orang lain
Menciptakan gagasan
yang baru dan bermanfaat
Memutuskan
apakah menerima, menolak, atau menunda suatu pernyataan
Pernyataan
yang benar tentang berpikir kritis
Setiap orang
mampu berpikir kritis.
Ada orang yang tidak
bisa berpikir kritis.
Setiap orang terampil
berpikir kritis.
Semua jawaban benar.
Apa hubungan antara
berpikir kritis dengan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir” (SSSP)?
SSSP adalah praktik
berpikir kritis
SSSP adalah
pemasan untuk siap berpikir kritis.
SSSP tidak ada
hubungannya dengan berpikir kritis
Semua jawaban benar
Materi Belajar Mandiri
Di halaman ini, sudah
disiapkan sebuah naskah dalam bentuk PDF yang bisa digunakan sebagai referensi
bacaan lebih lanjut untuk mendalami topik Berpikir Kritis. Silahkan baca
dokumen ”Berpikir Kritis dan Praktik Saya Sadar Saya Berpikir” untuk
menunjang pembelajaran yang lebih maksimal.
Materi webinar sebelumnya
dan naskah ini disiapkan untuk membantu anda memahami topik Resiliensi dan
mengerjakan Tugas Mandiri.
Jika sudah selesai memahami materi yang diberikan jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark as Complete“, agar Anda bisa lanjut ke topik selanjutnya untuk mencoba mengerjakan Tugas Mandiri untuk melatih pemahaman Anda.
Untuk menajamkan hasil
belajar anda di sesi webinar, silakan kerjakan latihan ini. Beberapa catatan
tentang latihan ini:
- Bersifat pilihan.
- Tidak dikumpulkan ke tim pemateri.
- Agar anda punya pengalaman praktik
perdana.
- Dirancang untuk membantu anda
mengikuti episode berikutnya.
Seperti telah dipaparkan,
berpikir kritis hanya tumbuh lewat kebiasaan, dan murid hanya akan berpikir
kritis jika gurunya menunjukkan kebiasaan yang sama.
- Ada dua tugas yang disiapkan untuk
episode ini.
- Tugas pertama akan membantu anda
mengerjakan tugas kedua.
- Sesuai kesepakatan, kedua tugas ini
bersifat pilihan.
Instruksi Tugas 1:
- Buatlah tiga refleksi Saya Sadar,
Saya Bepikir
- Isilah di dokumen template yang
sudah disediakan
- Template ini dibuat di Google
Docs.
- Silakan membuat salinannya dengan
mengetuk tombol di bawah ini.
Buatlah video pendek anda
mendemonstrasikan “Saya Sadar, Saya Berpikir” tentang materi ajar anda.
Instruksi Tugas 2:
- Pilihlah satu dari tiga refleksi
yang anda sudah tulis
- Rancanglah menjadi sebuah konten
carousel / micro-blog Instagram / Media sosial
- Unggah ke akun instagram / media
sosial anda
- Ikuti panduan tambahan yang
tersedia di dokumen template Tugas 1.
Ketentuan Mengunggah di
Sosial Media
Selamat mengerjakan.
Jika Anda sudah selesai
membaca instruksi dan mencoba mengerjakan, jangan lupa untuk mengetuk atau
mengklik “Mark as Complete” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.
Kerjakanlah kuis ini.
Untuk kali ini, usahakan anda dapat menjawab dengan benar. Jika ada jawaban
yang masih salah, silahkan simak kembali rekaman sesi webinar kita dan pelajari
materi yang disediakan di Belajar Mandiri.
Selamat mengerjakan
kuis.
Pesan terakhir:
Ikuti dengan konsisten
Rencana Pengembangan Diri anda. Tidak perlu kaku, anda dapat merevisinya jika
dibutuhkan. Praktikkan secara konsisten minimal 3 bulan.
Kuis Penilaian Akhir –
Pelajaran 2
Kuis ini terdiri 5 butir
pertanyaan. Setiap pertanyaan berfungsi agar Bapak dan Ibu mengingat kembali
pembahasan dan/atau tugas anda.
Jika anda masih mengalami
kesulitan, luangkan waktu untuk menyimak kembali video rekaman webinar kita
dan/atau baca kembali naskah belajar mandiri.
Selamat mengerjakan.
Jika Anda sudah selesai
mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here
to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya. Jika tombol untuk
lanjut tidak muncul maka Anda belum berhasil mencapai batas minimum kelulusan,
coba lagi hingga nilai Anda mencapai 70%
===========================================================================
Tujuan utama pernyataan
“Saya menjadi sadar …” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran
dalam
Insight
Emosi
Ingatan
Observasi
Tujuan utama pernyataan
“Saya jadi terpikir ….” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran
dalam
Emosi
Ingatan
Observasi
Insight
Dalam
bentuk apa saja Guru bisa mempraktikkan “Saya Sadar, Saya Berpikir”?
Semua jawaban
benar.
Sesering mungkin menyisipkan
dalam ucapan pemaparan materi ajar
Sesering mungkin
menyisipkan dalam umpan balik tugas murid.
Menjadikan penilain
tugas murid (misalnya di presentasi)
Apa
yang ingin dilatih melalui berpikir kritis dan praktik “Saya Sadar, Saya
Berpikir”?
Hindari menerima atau
menolak suatu gagasan/klaim terlalu cepat
Selalu siap berpikir
divergen, sebelum mengambil keputusan
JIka terlalu banyak
yang luput dari observasi, akan banyak juga insight yang saya dapat
Semua benar.
Mana
yang bisa menjadi stimulus untuk mempraktikkan ?
Topik pelajaran.
LIrik lagu pop.
Alur cerita film fiksi
sains.
Semua jawaban
benar
Selamat Anda telah
Berhasil Menyelesaikan Pelajaran 2