Thursday, 29 July 2021

Jawaban Kuis Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi - Semangat Guru

 

Semangat Guru ; Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi

Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi

Nama saya Adi Respati. Saya akan berbagi tentang berpikir kritis dan integrasinya dalam pembelajaran menggunakan teknologi.

 


 Apa itu berpikir kritis?

Kata ‘berpikir kritis’ sudah menjadi kosa kata  harian kita. Dunia pendidikan menuntut guru mampu menumbuhkan berpikir kritis pada murid-murid mereka, bukan hanya sebagai kemampuan, tapi sebagai keterampilan. 

Namun demikian, banyak dari kita yang tidak sadar apa sebetulnya berpikir kritis. CriticalThinking.org mendefinisikan berpikir kritis sebagai, “proses berpikir (observasi, refleksi, menalar) yang disiplin, mahir, dan aktif dalam membuat konsep dari, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan/atau mengevaluasi informasi.

Kolegas saya, Prof. Dr. Bagus Takwin, mendefinisikan berpikir kritis sebagai, “ keterampilan seseorang dengan akurat memutuskan sikapnya terhadap suatu informasi: setuju, tunda, atau tidak setuju”.

Perhatikan bahwa setiap kata kunci dalam berpikir kritis adalah kosa kata kita sehari-hari. Untungnya, ini membuat berpikir kritis mudah dipahami dan dipelajari. 

 

Bagaimana menumbuhkan berpikir kritis menjadi keterampilan?

Setiap orang mampu berpikir kritis. Namun demikian, untuk menjadi keterampilan, berpikir kritis harus dipraktikkan setiap saat. Semakin dilatih, semakin akurat, dan akhirnya semakin menjadi insting.

 

‘Saya jadi sadar, saya jadi terpikir” sebagai teknik latihan berpikir kritis.

Episode ini membekali anda dengan keterampilan sederhana untuk menumbuhkan berpikir kritis pada murid anda. 

Praktik ini terdiri dari dua komponen:

  1. Observasi: Diekspresikan lewat pernyataan, “Saya baru sadar bahwa…”
  2. Insight: Diekspresikan lewat pernyataan, “Saya jadi terpikir …. (bahwa/jangan-jangan/pantesan)”

Latihan ini sangat sederhana, hanya menuntut dua syarat. Anda harus:

  1. Menjadikannya sebagai kebiasaan anda dulu. 
  2. Mendemonstrasikan di hadapan murid
  3. Mengintegrasikan kebiasaan ini dalam tugas murid

 

Apa kaitannya dengan pembelajaran dengan teknologi?

Teknologi adalah mitra yang tepat untuk mempraktikkan berpikir kritis. Perhatikan fitur apa (dalam aplikasi yang anda gunakan) yang dapat digunakan untuk mendemonstrasikan berpikir kritis. Pastikan murid mempraktikkan “saya sadar, saya berpikir” di berbagai kesempatan murid menggunakan teknologi (ketika tanya jawab di video meeting, ketika menyusun materi presentasi, ketika diskusi online di chat group, ketika memberikan komentar di LMS, dan lain-lain). 

Sampai ketemu di sesi Webinar 

Adi Respati

===========================================================================

Peserta perlu menyelesaikan semua aktivitas-aktivitas berikut, agar bisa menuju pelajaran berikutnya. Tanda centang biru menunjukkan aktivitas sudah selesai. Pada bagian materi peserta perlu mengetuk atau mengklik tombol “Mark as Complete” jika sudah selesai memahami materi yang diberikan dan pada bagian kuis, peserta perlu menyelesaikan kuis dan mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” jika sudah menyelesaikan pengerjaan kuisnya..

 

Rekaman Webinar

Video Rekaman Webinar Berpikir Kritis membahas:

  • Apa itu sebenarnya berpikir kritis?
  • Bagaimana melatih “saya sadar, saya berpikir”
  • Bagaimana integrasi “saya sadar, saya berpikir” dalam pembelajaran menggunakan teknologi?

Silahkan menonton rekaman webinar Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi di bawah ini.

Jika Anda sudah selesai, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark as Complete” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.

 

Penilaian Tengah

Kerjakan kuis ini. Untuk kali ini, usahakan anda dapat menjawab dengan benar. Jika ada jawaban yang masih salah, silahkan simak kembali rekaman sesi webinar kita.

Selamat mengerjakan kuis.

 

Kuis Penilaian Tengah – Pelajaran 2

Kuis ini terdiri 5 butir pertanyaan. Setiap pertanyaan berfungsi agar Bapak dan Ibu mengingat kembali pembahasan dan/atau tugas anda.

Jika anda masih mengalami kesulitan, luangkan waktu untuk menyimak kembali video rekaman webinar kita.

Selamat mengerjakan.

Jika Anda sudah selesai mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya. Jika tombol untuk lanjut tidak muncul maka Anda belum berhasil mencapai batas minimum kelulusan, coba lagi hingga nilai Anda mencapai 70%

===========================================================================

 

Apa produk berpikir kritis?

Penilaian dan keyakinan

Solusi

Konsep

Gagasan baru

 

Apa itu berpikir kritis?

Merumuskan solusi terhadap suatu masalah

Membuat konsep dan mengkomunikasikannya pada orang lain

Menciptakan gagasan yang baru dan bermanfaat

Memutuskan apakah menerima, menolak, atau menunda suatu pernyataan


Apa itu berpikir kritis?

Merumuskan solusi terhadap suatu masalah

Membuat konsep dan mengkomunikasikannya pada orang lain

Menciptakan gagasan yang baru dan bermanfaat

Memutuskan apakah menerima, menolak, atau menunda suatu pernyataan

 

Pernyataan yang benar tentang berpikir kritis

Setiap orang mampu berpikir kritis.

Ada orang yang tidak bisa berpikir kritis.

Setiap orang terampil berpikir kritis.

Semua jawaban benar.

 

Apa hubungan antara berpikir kritis dengan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir” (SSSP)?

SSSP adalah praktik berpikir kritis

SSSP adalah pemasan untuk siap berpikir kritis.

SSSP tidak ada hubungannya dengan berpikir kritis

Semua jawaban benar


Materi Belajar Mandiri

Di halaman ini, sudah disiapkan sebuah naskah dalam bentuk PDF yang bisa digunakan sebagai referensi bacaan lebih lanjut untuk mendalami topik Berpikir Kritis. Silahkan baca dokumen ”Berpikir Kritis dan Praktik Saya Sadar Saya Berpikir” untuk menunjang pembelajaran yang lebih maksimal.

Materi webinar sebelumnya dan naskah ini disiapkan untuk membantu anda memahami topik Resiliensi dan mengerjakan Tugas Mandiri.

Jika sudah selesai memahami materi yang diberikan jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark as Complete“, agar Anda bisa lanjut ke topik selanjutnya untuk mencoba mengerjakan Tugas Mandiri untuk melatih pemahaman Anda.

 Latihan Mandiri – Pelajaran 2 – Saya Sadar, Saya Berpikir

Untuk menajamkan hasil belajar anda di sesi webinar, silakan kerjakan latihan ini. Beberapa catatan tentang latihan ini:

  • Bersifat pilihan.
  • Tidak dikumpulkan ke tim pemateri.
  • Agar anda punya pengalaman praktik perdana.
  • Dirancang untuk membantu anda mengikuti episode berikutnya.

Seperti telah dipaparkan, berpikir kritis hanya tumbuh lewat kebiasaan, dan murid hanya akan berpikir kritis jika gurunya menunjukkan kebiasaan yang sama. 

  • Ada dua tugas yang disiapkan untuk episode ini. 
  • Tugas pertama akan membantu anda mengerjakan tugas kedua. 
  • Sesuai kesepakatan, kedua tugas ini bersifat pilihan. 

Instruksi Tugas 1:

  • Buatlah tiga refleksi Saya Sadar, Saya Bepikir
  • Isilah di dokumen template yang sudah disediakan
  • Template ini dibuat di Google Docs. 
  • Silakan membuat salinannya dengan mengetuk tombol di bawah ini.

Buatlah video pendek anda mendemonstrasikan “Saya Sadar, Saya Berpikir” tentang materi ajar anda.

Instruksi Tugas 2:

  • Pilihlah satu dari tiga refleksi yang anda sudah tulis
  • Rancanglah menjadi sebuah konten carousel / micro-blog Instagram / Media sosial
  • Unggah ke akun instagram / media sosial anda
  • Ikuti panduan tambahan yang tersedia di dokumen template Tugas 1.

Ketentuan Mengunggah di Sosial Media

Selamat mengerjakan.

Jika Anda sudah selesai membaca instruksi dan mencoba mengerjakan, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark as Complete” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.

 Penilaian Akhir

Kerjakanlah kuis ini. Untuk kali ini, usahakan anda dapat menjawab dengan benar. Jika ada jawaban yang masih salah, silahkan simak kembali rekaman sesi webinar kita dan pelajari materi yang disediakan di Belajar Mandiri.

Selamat mengerjakan kuis. 

 

Pesan terakhir:

Ikuti dengan konsisten Rencana Pengembangan Diri anda. Tidak perlu kaku, anda dapat merevisinya jika dibutuhkan. Praktikkan secara konsisten minimal 3 bulan.

 

Kuis Penilaian Akhir – Pelajaran 2

Kuis ini terdiri 5 butir pertanyaan. Setiap pertanyaan berfungsi agar Bapak dan Ibu mengingat kembali pembahasan dan/atau tugas anda.

Jika anda masih mengalami kesulitan, luangkan waktu untuk menyimak kembali video rekaman webinar kita dan/atau baca kembali naskah belajar mandiri.

Selamat mengerjakan.

Jika Anda sudah selesai mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya. Jika tombol untuk lanjut tidak muncul maka Anda belum berhasil mencapai batas minimum kelulusan, coba lagi hingga nilai Anda mencapai 70%

===========================================================================

Tujuan utama pernyataan “Saya menjadi sadar …” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam

Insight

Emosi

Ingatan

Observasi

 

Tujuan utama pernyataan “Saya jadi terpikir ….” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam

Emosi

Ingatan

Observasi

Insight

 

Dalam bentuk apa saja Guru bisa mempraktikkan “Saya Sadar, Saya Berpikir”?

Semua jawaban benar.

Sesering mungkin menyisipkan dalam ucapan pemaparan materi ajar

Sesering mungkin menyisipkan dalam umpan balik tugas murid.

Menjadikan penilain tugas murid (misalnya di presentasi)

 

Apa yang ingin dilatih melalui berpikir kritis dan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir”?

Hindari menerima atau menolak suatu gagasan/klaim terlalu cepat

Selalu siap berpikir divergen, sebelum mengambil keputusan

JIka terlalu banyak yang luput dari observasi, akan banyak juga insight yang saya dapat

Semua benar.

 

Mana yang bisa menjadi stimulus untuk mempraktikkan ?

Topik pelajaran.

LIrik lagu pop.

Alur cerita film fiksi sains.

Semua jawaban benar

 

Selamat Anda telah Berhasil Menyelesaikan Pelajaran 2

Soal dan Jawaban Listrik Dinamis

  LISTRIK DINAMIS   1.        Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan suatu penghantar! Jawab : Faktor yang mempengaruhi h...