Wednesday 28 July 2021

Jawaban Kuis Pelajaran 2 Synchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi - Semangat Guru

 

Semangat Guru ; Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi

Pelajaran 2 Synchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi




Nama saya Adi Respati. Saya akan berbagi tentang berpikir kritis dan integrasinya dalam pembelajaran menggunakan teknologi.

Apa itu berpikir kritis?

Kata ‘berpikir kritis’ sudah menjadi kosa kata  harian kita. Dunia pendidikan menuntut guru mampu menumbuhkan berpikir kritis pada murid-murid mereka, bukan hanya sebagai kemampuan, tapi sebagai keterampilan. 

Namun demikian, banyak dari kita yang tidak sadar apa sebetulnya berpikir kritis. CriticalThinking.org mendefinisikan berpikir kritis sebagai, “proses berpikir (observasi, refleksi, menalar) yang disiplin, mahir, dan aktif dalam membuat konsep dari, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan/atau mengevaluasi informasi.

Kolegas saya, Prof. Dr. Bagus Takwin, mendefinisikan berpikir kritis sebagai, “ keterampilan seseorang dengan akurat memutuskan sikapnya terhadap suatu informasi: setuju, tunda, atau tidak setuju”.

Perhatikan bahwa setiap kata kunci dalam berpikir kritis adalah kosa kata kita sehari-hari. Untungnya, ini membuat berpikir kritis mudah dipahami dan dipelajari. 

 

Bagaimana menumbuhkan berpikir kritis menjadi keterampilan?

Setiap orang mampu berpikir kritis. Namun demikian, untuk menjadi keterampilan, berpikir kritis harus dipraktikkan setiap saat. Semakin dilatih, semakin akurat, dan akhirnya semakin menjadi insting.

 

‘Saya jadi sadar, saya jadi terpikir” sebagai teknik latihan berpikir kritis.

Episode ini membekali anda dengan keterampilan sederhana untuk menumbuhkan berpikir kritis pada murid anda. 

Praktik ini terdiri dari dua komponen:

  1. Observasi: Diekspresikan lewat pernyataan, “Saya baru sadar bahwa…”
  2. Insight: Diekspresikan lewat pernyataan, “Saya jadi terpikir …. (bahwa/jangan-jangan/pantesan)”

Latihan ini sangat sederhana, hanya menuntut dua syarat. Anda harus:

  1. Menjadikannya sebagai kebiasaan anda dulu. 
  2. Mendemonstrasikan di hadapan murid
  3. Mengintegrasikan kebiasaan ini dalam tugas murid

 

Apa kaitannya dengan pembelajaran dengan teknologi?

Teknologi adalah mitra yang tepat untuk mempraktikkan berpikir kritis. Perhatikan fitur apa (dalam aplikasi yang anda gunakan) yang dapat digunakan untuk mendemonstrasikan berpikir kritis. Pastikan murid mempraktikkan “saya sadar, saya berpikir” di berbagai kesempatan murid menggunakan teknologi (ketika tanya jawab di video meeting, ketika menyusun materi presentasi, ketika diskusi online di chat group, ketika memberikan komentar di LMS, dan lain-lain). 

Sampai ketemu di sesi Webinar 

Adi Respati

===========================================================================

Peserta perlu menyelesaikan semua aktivitas-aktivitas berikut, agar bisa menuju pelajaran berikutnya. Tanda centang biru menunjukkan aktivitas sudah selesai. Pada bagian materi peserta perlu mengetuk atau mengklik tombol “Mark as Complete” jika sudah selesai memahami materi yang diberikan dan pada bagian kuis, peserta perlu menyelesaikan kuis dan mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” jika sudah menyelesaikan pengerjaan kuisnya..

 

Penilaian Awal

Kerjakanlah kuis pra asesmen ini. Tujuan kuis ini adalah pemanasan (belajar selalu lebih baik jika gagasan-gagasan terkait sudah diaktifkan sebelum anda mulai belajar).

Tidak perlu kuatir dengan skor yang anda akan peroleh. Namun demikian, perhatikan baik-baik kata-kata kunci yang muncul dalam pertanyaan-pertanyaannya. Kata-kata kunci ini akan kembali anda temui di sesi Webinar. Peka dengan kata-kata kunci tersebut sebelum mengikuti Webinar akan menguatkan proses dan hasil belajar anda. 

Selamat mengerjakan.

 

 

Kuis Penilaian Awal – Pelajaran 2

Kuis ini terdiri 10 butir pertanyaan. Setiap pertanyaan memperkenalkan Bapak dan Ibu ke kata kunci. Silakan jawab pertanyaan ini.

Tidak perlu terburu-buru sehingga Bapak dan Ibu bisa mengingat kata-kata kuncinya.

Selamat mengerjakan.

Jika Anda sudah selesai mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.

===========================================================================

Apa itu berpikir kritis?

Membuat konsep dan mengkomunikasikannya pada orang lain

Menciptakan gagasan yang baru dan bermanfaat

Memutuskan apakah menerima, menolak, atau menunda suatu pernyataan

Merumuskan solusi terhadap suatu masalah

 

Apa produk berpikir kritis?

Konsep

Gagasan baru

Penilaian dan keyakinan

Solusi

 

Apa peran berpikir kritis dalam praktik elearning?

Berpikir kritis adalah prasyarat student-centered learning..

Student-centered learning adalah prasyarat elearning yang efektif

A dan B benar

A dan B salah

 

Apa hubungan antara berpikir kritis dengan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir” (SSSP)?

SSSP adalah praktik berpikir kritis

SSSP adalah pemasan untuk siap berpikir kritis.

SSSP tidak ada hubungannya dengan berpikir kritis

Semua jawaban benar

 

Tujuan utama pernyataan “Saya menjadi sadar …” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam

Observasi

Insight

Emosi

Ingatan

 

Tujuan utama pernyataan “Saya jadi terpikir ….” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam

Observasi

Insight

Emosi

Ingatan

 

Pernyataan yang benar tentang berpikir kritis

Setiap orang terampil berpikir kritis.

Setiap orang mampu berpikir kritis.

Ada orang yang tidak bisa berpikir kritis.

Semua jawaban benar.

 

Dalam bentuk apa saja Guru bisa mempraktikkan “Saya Sadar, Saya Berpikir”?

Sesering mungkin menyisipkan dalam ucapan pemaparan materi ajar

Sesering mungkin menyisipkan dalam umpan balik tugas murid.

Menjadikan penilain tugas murid (misalnya di presentasi)

Semua jawaban benar.

 

 

Mana yang bisa menjadi stimulus untuk mempraktikkan ?

Topik pelajaran.

LIrik lagu pop.

Alur cerita film fiksi sains.

Semua jawaban benar

 

Apa yang ingin dilatih melalui berpikir kritis dan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir”?

Hindari menerima atau menolak suatu gagasan/klaim terlalu cepat

Selalu siap berpikir divergen, sebelum mengambil keputusan

JIka terlalu banyak yang luput dari observasi, akan banyak juga insight yang saya dapat

Semua benar.


 

Ruang Webinar

Webinar berpikir kritis akan membahas:

  • Apa itu sebenarnya berpikir kritis?
  • Bagaimana melatih “saya sadar, saya berpikir”
  • Bagaimana integrasi “saya sadar, saya berpikir” dalam pembelajaran menggunakan teknologi?

Persiapan sebelum Webinar:

  • Ingat kembali kata-kata kunci dari pra asesmen
  • Tulis pertanyaan anda untuk pemateri

Silahkan menonton live webinar Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi pada Rabu, 7 Juli 2021 di bawah ini.

 

Jika Anda sudah selesai, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark as Complete” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.

 

SOAL DAN JAWABAN STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA IPA KELAS 8 KURMER

  Struktur Bumi dan Perkembangannya   1.      Ilmu Geologi merupakan cabang-cabang ilmu Sains yang mempelajari tentang bumi dan perubaha...