Semangat Guru ; Seri
Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi
Pelajaran 4 Synchronous
– Communication : Komunikasi Efektif
Komunikasi Efektif
Nama Kami Vivit Kavi (Instagram: @vivitkavi) dan Vena Annisa (Instagram: @venaannisa), konsultan Komunikasi dan Trainer dari V&V Communications. Kami akan akan berbagi tentang komunikasi efektif dalam pembelajaran virtual yang menggunakan teknologi, maupun tatap muka langsung di dalam kelas.
Apa itu Komunikasi
Efektif?
Komunikasi yang efektif
adalah proses pertukaran ide, pemikiran, pengetahuan dan informasi yang
disajikan dengan cara yang paling dipahami oleh penerima sehingga tujuan
atau niat dapat terpenuhi dengan sebaik mungkin.
Komunikasi Efektif
di Era Komunikasi Virtual
Dalam keadaan pandemi
dimana manusia tidak dapat bertemu, dibutuhkan sebuah metode komunikasi yang
sesuai sehingga interaksi dan hubungan baik tetap dapat terjalin dengan adanya
komunikasi yang efektif. Disinilah teknologi berperan sebagai perangkat
yang menghubungkan interaksi sosial.
Komunikasi yang efektif
mencakup keterampilan seperti komunikasi verbal dan nonverbal,
mendengarkan dengan penuh perhatian, kemampuan untuk memahami dan mengendalikan
emosi dan mengelola stres. Keterampilan ini perlu dikembangkan dan
diasah.
Di era komunikasi virtual,
tantangan bagi kita adalah bagaimana menerapkan dan mengasah kemampuan
komunikasi dengan baik ketika harus selalu siap beralih metode komunikasi ,
baik secara virtual maupun tatap langsung.
Bagaimana Mengasah
Kemampuan Komunikasi secara Virtual maupun Tatap Langsung?
Pada dasarnya komunikasi
secara langsung maupun virtual mempunyai beberapa kegiatan sebagai berikut:
- Membina hubungan baik
- Membagikan Informasi
- Saling mendengar
- Saling mengerti
4 Kegiatan tersebut bisa
dipraktekkan dalam pembelajaran virtual atau tatap langsung dengan
mempertimbangkan beberapa faktor berikut ini :
- Keadaan
- Perasaan/Emosi
- Kebutuhan
- Permintaan berdasarkan perasaan dan
kebutuhan.
Dengan menyadari beberapa
faktor-faktor di atas, komunikasi akan selalu dilakukan dengan sebuah
kesadaran akan sebuah tujuan yang ingin dicapai secara bertahap, untuk
kemampuan komunikasi yang selalu berkembang dan lebih baik.
Komunikasi dan
Teknologi
Teknologi adalah sarana
untuk mempraktikkan kesadaran untuk berkomunikasi di masa yang terus berkembang
dan seringkali tidak menentu. Teknologi adalah alat untuk menguji ketangguhan
kita untuk terus memperbaiki metode komunikasi yang dibutuhkan. . Tetapi apapun
gawai yang kita gunakan, alat yang paling canggih adalah kemampuan nonteknis
diri sendiri yang senantiasa kita kembangkan sesuai dengan kemajuan
zaman.
Selamat belajar.
Vivit Kavi dan Vena Annisa
===========================================================================
Peserta perlu
menyelesaikan semua aktivitas-aktivitas berikut, agar bisa menuju pelajaran
berikutnya. Tanda centang biru menunjukkan aktivitas sudah selesai. Pada bagian
materi peserta perlu mengetuk atau mengklik tombol “Mark as Complete”
jika sudah selesai memahami materi yang diberikan dan pada bagian kuis, peserta
perlu menyelesaikan kuis dan mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue”
jika sudah menyelesaikan pengerjaan kuisnya.
Penilaian Awal
Kerjakanlah kuis pra
asesmen ini. Tujuan kuis ini adalah pemanasan (belajar selalu lebih baik jika
gagasan-gagasan terkait sudah diaktifkan sebelum anda mulai belajar).
Tidak perlu kuatir dengan
skor yang anda akan peroleh. Namun demikian, perhatikan baik-baik kata-kata
kunci yang muncul dalam pertanyaan-pertanyaannya. Kata-kata kunci ini akan
kembali anda temui di sesi Webinar. Peka dengan kata-kata kunci tersebut sebelum
mengikuti Webinar akan menguatkan proses dan hasil belajar anda.
Selamat mengerjakan.
Kuis Penilaian Awal –
Pelajaran 4
Kuis ini terdiri 15 butir
pertanyaan. Setiap pertanyaan memperkenalkan Bapak dan Ibu ke kata kunci.
Silakan jawab pertanyaan ini.
Tidak perlu terburu-buru
sehingga Bapak dan Ibu bisa mengingat kata-kata kuncinya.
Selamat mengerjakan.
Jika Anda sudah selesai
mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here
to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.
===========================================================================
Dalam komunikasi terjadi
pertukaran :
A.
Informasi
B.
Mata
uang
C.
Barang
D.
Jasa
Komunikasi efektif
tercapai ketika :
A.
Adanya komunikasi verbal dan non verbal
B.
Komunikator mengenal lawan bicara
C.
Pesan disampaikan dengan jelas
D. Pesan yang disampai dapat
dimengerti oleh lawan bicara
Komunikasi efektif harus
terjadi dalam dua arah yang berarti :
A.
Pemberi pesan seorang komunikator yang handal
B.
Pemberi pesan berbicara, mendengarkan dan mengerti lawan bicara
C.
Pemberi pesan memakai metode yang tepat
D.
Pemberi pesan menyampaikan komunikasi verbal dan non
verbal
Tujuan mendengar lawan
bicara adalah :
A.
Untuk dapat merespon dengan benar
B.
Untuk memenangkan argumen
C.
Untuk mengerti lawan bicara
D.
Untuk menguji pengetahuan lawan bicara
Ketika Ibu Sophia bertemu
dengan orang tua siswa, ia tersenyum sambil menganggukkan kepala. Komunikasi
yang diberikan Ibu Sophia kepada orang tua tersebut merupakan jenis komunikasi
:
A.
Kesopanan
B.
Nonverbal
C.
Efektif
D.
Virtual
Faktor utama untuk
memahami lawan bicara dalam komunikasi sehingga terciptanya sebuah hubungan
yang baik adalah :
A.
Simpati
B.
Emosi
C.
Empati
D.
Strategi Komunikasi
Berikut ini adalah contoh
komunikasi efektif, kecuali :
A.
Pesan diterima, dimengerti dan dipahami sesuai
maksud komunikator
B.
Pesan yang disampaikan dipahami dan disetujui
penerima, kemudian ditindaklanjuti dengan perbuatannya
C.
Pesan diterima sebagai bentuk penghormatan kepada sang komunikator,
kemudian disebarluaskan
D.
Tidak ada hambatan berarti bagi penerima pesan untuk
paham dan menindaklanjuti dengan perbuatan
Dalam komunikasi virtual,
berikut ini yang dapat membantu terciptanya komunikasi yang efektif, kecuali :
A.
Mengerti emosi, kebutuhan dan situasi murid
B.
Teknologi komunikasi yang canggih
C.
Perencanaan yang matang
D.
Penulisan pesan yang personal
Dalam komunikasi efektif
untuk membina hubungan yang baik berdasarkan teori non-violence communication
(NVC), berikut ini pola pikir yang harus difokuskan :
A.
Menganalisa dan menentukan tingkat kesalahan
seseorang orang lain
B.
Fokus untuk mengetahui kebutuhan kita dan orang lain
C.
Melakukan kritik yang membangun
D.
Memberikan saran yang sesuai dengan keadaan lawan
bicara
Apa yang harus ditentukan
di awal ketika ingin menyusun strategi komunikasi yang efektif di sekolah dalam
konteks pembelajaran jarak jauh atau tatap muka?
A.
Penggunaan teknologi yang tepat
B.
Alasan dan tujuan komunikasi
C.
Pesan yang detail dan lengkap
D.
Lawan bicara
Manakah yang termasuk
dalam pedoman dalam menulis komunikasi yang tepat, relevan dan berguna bagi
siswa online?
A.
Bersikap jelas
B.
Pesan tidak sampai kepada pendengar
C.
Gaya komunikasi tidak berkesan
D.
Jalur komunikasi tidak jelas?
Berikut ini adalah pedoman
yang dapat digunakan untuk membantu Anda menulis komunikasi yang tepat,
relevan, dan berguna bagi siswa online Anda, kecuali :
A.
Pendek namun efektif
B.
Bersikap jelas
C.
Detail, lengkap dan tertata
D.
Sampaikan apa yang harus dicapai
Tujuan merencanakan kapan dan mengapa
kita harus berkomunikasi dengan siswa online adalah
A.
Cara untuk memastikan bahwa Anda dapat memberikan siswa Anda
komunikasi yang bermakna, tepat waktu, dan konsisten
B.
Merencanakan terlebih dahulu seberapa sering Anda
akan memposting pengumuman untuk kelas Anda
C.
Memahami orang lain sembari memahami diri sendiri
lebih dalam
D.
Keterampilan yang perlu dikembangkan dan diasah
Pesan Anda kepada siswa
tidak hanya harus singkat, tetapi juga jelas hingga tidak menimbulkan kebingungan
di pihak siswa merupakan definisi dari :
A.
Bersikap jelas
B.
Pendek namun efektif
C.
Jelaskan jalur komunikasi yang tepat
D.
Sampaikan apa yang harus dicapai
Hal apa yang tidak dapat
dimaksimalkan dalam komunikasi virtual yang efektif?
A.
Penggunaan tulisan
B.
Gambar
C.
Media online
D.
Penggunaan bahasa tubuh