Semangat Guru ; Seri
Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi
Pelajaran 4 Asynchronous
– Communication : Komunikasi Efektif
Komunikasi Efektif
Nama Kami Vivit Kavi (Instagram: @vivitkavi) dan Vena Annisa (Instagram: @venaannisa), konsultan Komunikasi dan Trainer dari V&V Communications. Kami akan akan berbagi tentang komunikasi efektif dalam pembelajaran virtual yang menggunakan teknologi, maupun tatap muka langsung di dalam kelas.
Apa itu Komunikasi
Efektif?
Komunikasi yang efektif
adalah proses pertukaran ide, pemikiran, pengetahuan dan informasi yang
disajikan dengan cara yang paling dipahami oleh penerima sehingga tujuan
atau niat dapat terpenuhi dengan sebaik mungkin.
Komunikasi Efektif
di Era Komunikasi Virtual
Dalam keadaan pandemi
dimana manusia tidak dapat bertemu, dibutuhkan sebuah metode komunikasi yang
sesuai sehingga interaksi dan hubungan baik tetap dapat terjalin dengan adanya
komunikasi yang efektif. Disinilah teknologi berperan sebagai perangkat
yang menghubungkan interaksi sosial.
Komunikasi yang efektif
mencakup keterampilan seperti komunikasi verbal dan nonverbal,
mendengarkan dengan penuh perhatian, kemampuan untuk memahami dan mengendalikan
emosi dan mengelola stres. Keterampilan ini perlu dikembangkan dan
diasah.
Di era komunikasi virtual,
tantangan bagi kita adalah bagaimana menerapkan dan mengasah kemampuan
komunikasi dengan baik ketika harus selalu siap beralih metode komunikasi ,
baik secara virtual maupun tatap langsung.
Bagaimana Mengasah
Kemampuan Komunikasi secara Virtual maupun Tatap Langsung?
Pada dasarnya komunikasi
secara langsung maupun virtual mempunyai beberapa kegiatan sebagai
berikut:
- Membina hubungan baik
- Membagikan Informasi
- Saling mendengar
- Saling mengerti
4 Kegiatan tersebut bisa
dipraktekkan dalam pembelajaran virtual atau tatap langsung dengan
mempertimbangkan beberapa faktor berikut ini :
- Keadaan
- Perasaan/Emosi
- Kebutuhan
- Permintaan berdasarkan perasaan dan
kebutuhan.
Dengan menyadari beberapa
faktor-faktor di atas, komunikasi akan selalu dilakukan dengan sebuah
kesadaran akan sebuah tujuan yang ingin dicapai secara bertahap, untuk
kemampuan komunikasi yang selalu berkembang dan lebih baik.
Komunikasi dan
Teknologi
Teknologi adalah sarana
untuk mempraktikkan kesadaran untuk berkomunikasi di masa yang terus berkembang
dan seringkali tidak menentu. Teknologi adalah alat untuk menguji ketangguhan
kita untuk terus memperbaiki metode komunikasi yang dibutuhkan. . Tetapi apapun
gawai yang kita gunakan, alat yang paling canggih adalah kemampuan nonteknis
diri sendiri yang senantiasa kita kembangkan sesuai dengan kemajuan
zaman.
Selamat belajar.
Vivit Kavi dan Vena Annisa
===========================================================================
Peserta perlu
menyelesaikan semua aktivitas-aktivitas berikut, agar bisa menuju pelajaran
berikutnya. Tanda centang biru menunjukkan aktivitas sudah selesai. Pada bagian
materi peserta perlu mengetuk atau mengklik tombol “Mark as Complete”
jika sudah selesai memahami materi yang diberikan dan pada bagian kuis, peserta
perlu menyelesaikan kuis dan mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue”
jika sudah menyelesaikan pengerjaan kuisnya.
Penilaian Tengah
Kerjakan
kuis ini. Untuk kali ini, usahakan anda dapat menjawab dengan benar. Jika ada
jawaban yang masih salah, silahkan simak kembali rekaman sesi webinar kita.
Selamat
mengerjakan kuis.
Kuis Penilaian Tengah –
Pelajaran 4
Kuis
ini terdiri 10 butir pertanyaan. Setiap pertanyaan berfungsi agar Bapak dan Ibu
mengingat kembali pembahasan dan/atau tugas anda.
Jika
anda masih mengalami kesulitan, luangkan waktu untuk menyimak kembali video rekaman
webinar kita.
Selamat
mengerjakan.
Jika
Anda sudah selesai mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau
mengklik “Click Here to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian
selanjutnya. Jika tombol untuk lanjut tidak muncul maka Anda belum berhasil
mencapai batas minimum kelulusan, coba lagi hingga nilai Anda mencapai 70%.
===========================================================================
Dalam komunikasi terjadi
pertukaran :
A.
Informasi
B.
Mata
uang
C.
Barang
D.
Jasa
Komunikasi efektif
tercapai ketika :
A.
Adanya komunikasi verbal dan non verbal
B.
Komunikator mengenal lawan bicara
C.
Pesan disampaikan dengan jelas
D. Pesan yang disampai dapat
dimengerti oleh lawan bicara
Komunikasi efektif harus
terjadi dalam dua arah yang berarti :
A.
Pemberi pesan seorang komunikator yang handal
B.
Pemberi pesan berbicara, mendengarkan dan mengerti lawan bicara
C.
Pemberi pesan memakai metode yang tepat
D.
Pemberi pesan menyampaikan komunikasi verbal dan non
verbal
Tujuan mendengar lawan
bicara adalah :
A.
Untuk dapat merespon dengan benar
B.
Untuk memenangkan argumen
C.
Untuk mengerti lawan bicara
D.
Untuk menguji pengetahuan lawan bicara
Ketika Ibu Sophia bertemu dengan
orang tua siswa, ia tersenyum sambil menganggukkan kepala. Komunikasi yang
diberikan Ibu Sophia kepada orang tua tersebut merupakan jenis komunikasi :
A.
Kesopanan
B.
Nonverbal
C.
Efektif
D.
Virtual
Faktor utama untuk
memahami lawan bicara dalam komunikasi sehingga terciptanya sebuah hubungan
yang baik adalah :
A.
Simpati
B.
Emosi
C.
Empati
D.
Strategi Komunikasi
Berikut ini adalah contoh
komunikasi efektif, kecuali :
A.
Pesan diterima, dimengerti dan dipahami sesuai
maksud komunikator
B.
Pesan yang disampaikan dipahami dan disetujui
penerima, kemudian ditindaklanjuti dengan perbuatannya
C.
Pesan diterima sebagai bentuk penghormatan kepada sang komunikator,
kemudian disebarluaskan
D.
Tidak ada hambatan berarti bagi penerima pesan untuk
paham dan menindaklanjuti dengan perbuatan
Dalam komunikasi virtual,
berikut ini yang dapat membantu terciptanya komunikasi yang efektif, kecuali :
A.
Mengerti emosi, kebutuhan dan situasi murid
B.
Teknologi komunikasi yang canggih
C.
Perencanaan yang matang
D.
Penulisan pesan yang personal
Dalam komunikasi efektif
untuk membina hubungan yang baik berdasarkan teori non-violence communication
(NVC), berikut ini pola pikir yang harus difokuskan :
A.
Menganalisa dan menentukan tingkat kesalahan
seseorang orang lain
B.
Fokus untuk mengetahui kebutuhan kita dan orang lain
C.
Melakukan kritik yang membangun
D.
Memberikan saran yang sesuai dengan keadaan lawan
bicara
Apa yang harus ditentukan
di awal ketika ingin menyusun strategi komunikasi yang efektif di sekolah dalam
konteks pembelajaran jarak jauh atau tatap muka?
A.
Penggunaan teknologi yang tepat
B.
Alasan dan tujuan komunikasi
C.
Pesan yang detail dan lengkap
D.
Lawan bicara
Materi Belajar Mandiri
Instruksi :
1.
Bacalah
materi “Komunikasi Efektif Tatap Muka dan Jarak Jauh.
2.
Kemudian,
lihatlah video yang tersedia untuk materi pengayaan tips komunikasi efektif
3.
Cobalah
mempelajari cara presentasi efektif melalui platform gratis HP Life
Jika sudah selesai
memahami materi yang diberikan jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark
as Complete“, Agar Anda bisa lanjut ke topik selanjutnya untuk mencoba
mengerjakan Tugas Mandiri untuk melatih pemahaman Anda.
Latihan Mandiri –
Pelajaran 4 – Praktik Membuat Sapaan Pembukaan Kelas Yang Menarik dan Efektif
Untuk menajamkan hasil
belajar anda di sesi webinar, silakan kerjakan latihan ini. Beberapa catatan
tentang latihan ini:
- Bersifat pilihan.
- Tidak dikumpulkan ke tim pemateri.
- Agar anda punya pengalaman praktik
perdana.
- Dirancang untuk membantu anda
mengikuti episode berikutnya.
Instruksi Tugas :
Buatlah sebuah konten
video yang berisikan ucapan sapaan pembuka pelajaran bagi murid-murid Anda di
kelas daring.
Ketentuan :
Video harus berisikan : Pesan
yang akrab dan hangat, sesuai dengan materi komunikasi efektif yang telah
diajarkan. Cobalah untuk:
- Menyapa dengan suara yang ramah dan
bahasa tubuh yang baik (Ingat postur tubuh, gerakan tangan dan ekspresi
wajah ceria).
- Gunakan kalimat yang akan membuat
murid-murid tertarik.
- Jika ada instuksi, gunakan kalimat
yang jelas dan efektif sehingga murid-murid mengerti akan ekspektasi dari
kelas yang akan mereka ikuti.
- Durasi 3-5 menit.
- Tidak perlu teknis video editing
rumit.
- Unggah ke sosial media Anda dengan
tagar #belajarsemangatguru
Selamat mengerjakan!
Jika Anda sudah selesai
membaca instruksi dan mencoba mengerjakan, jangan lupa untuk mengetuk atau
mengklik “Mark as Complete” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.
Penilaian Akhir
Kerjakanlah kuis ini.
Untuk kali ini, usahakan anda dapat menjawab dengan benar. Jika ada jawaban
yang masih salah, silahkan simak kembali rekaman sesi webinar kita dan pelajari
materi yang disediakan di Belajar Mandiri.
Selamat mengerjakan kuis.
Kuis Penilaian Akhir –
Pelajaran 4
Kuis ini terdiri 5 butir
pertanyaan. Setiap pertanyaan berfungsi agar Bapak dan Ibu mengingat kembali
pembahasan dan/atau tugas anda.
Jika anda masih mengalami
kesulitan, luangkan waktu untuk menyimak kembali video rekaman webinar kita
dan/atau baca kembali naskah belajar mandiri.
Selamat mengerjakan.
Jika Anda sudah selesai
mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here
to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya. Jika tombol untuk
lanjut tidak muncul maka Anda belum berhasil mencapai batas minimum kelulusan,
coba lagi hingga nilai Anda mencapai 70%
===========================================================================
Manakah yang termasuk
dalam pedoman dalam menulis komunikasi yang tepat, relevan dan berguna bagi
siswa online?
A.
Bersikap jelas
B.
Pesan tidak sampai kepada pendengar
C.
Gaya komunikasi tidak berkesan
D.
Jalur komunikasi tidak jelas?
Berikut ini adalah pedoman
yang dapat digunakan untuk membantu Anda menulis komunikasi yang tepat,
relevan, dan berguna bagi siswa online Anda, kecuali :
A.
Pendek namun efektif
B.
Bersikap jelas
C.
Detail, lengkap dan tertata
D.
Sampaikan apa yang harus dicapai
Tujuan merencanakan kapan dan mengapa
kita harus berkomunikasi dengan siswa online adalah
A.
Cara untuk memastikan bahwa Anda dapat memberikan siswa Anda
komunikasi yang bermakna, tepat waktu, dan konsisten
B.
Merencanakan terlebih dahulu seberapa sering Anda
akan memposting pengumuman untuk kelas Anda
C.
Memahami orang lain sembari memahami diri sendiri
lebih dalam
D.
Keterampilan yang perlu dikembangkan dan diasah
Pesan Anda kepada siswa
tidak hanya harus singkat, tetapi juga jelas hingga tidak menimbulkan
kebingungan di pihak siswa merupakan definisi dari :
A.
Bersikap jelas
B.
Pendek namun efektif
C.
Jelaskan jalur komunikasi yang tepat
D.
Sampaikan apa yang harus dicapai
Hal apa yang tidak dapat
dimaksimalkan dalam komunikasi virtual yang efektif?
A.
Penggunaan tulisan
B.
Gambar
C.
Media online
D.
Penggunaan bahasa tubuh
Selamat Anda telah
Berhasil Menyelesaikan Pelajaran 4