Saturday 24 July 2021

Jawaban Kuis Pelajaran 4 Asynchronous – Communication : Komunikasi Efektif ; Semangat Guru ; Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi

 

Semangat Guru ; Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi

Pelajaran 4 Asynchronous – Communication : Komunikasi Efektif



Komunikasi Efektif

Nama Kami Vivit Kavi (Instagram: @vivitkavi) dan Vena Annisa (Instagram: @venaannisa), konsultan Komunikasi dan Trainer dari V&V Communications. Kami akan akan berbagi tentang komunikasi efektif dalam pembelajaran virtual  yang menggunakan teknologi, maupun tatap muka langsung di dalam kelas.

 

Apa itu Komunikasi Efektif? 

Komunikasi yang efektif adalah proses pertukaran ide, pemikiran, pengetahuan dan informasi  yang disajikan dengan cara yang paling dipahami oleh penerima  sehingga tujuan atau niat dapat terpenuhi dengan sebaik mungkin. 

 

Komunikasi Efektif di Era Komunikasi Virtual

Dalam keadaan pandemi dimana manusia tidak dapat bertemu, dibutuhkan sebuah metode komunikasi yang sesuai sehingga interaksi dan hubungan baik tetap dapat terjalin dengan adanya komunikasi yang efektif. Disinilah teknologi berperan sebagai perangkat  yang menghubungkan interaksi sosial. 

Komunikasi yang efektif mencakup keterampilan seperti komunikasi  verbal dan nonverbal, mendengarkan dengan penuh perhatian, kemampuan untuk memahami dan mengendalikan emosi dan mengelola stres. Keterampilan ini perlu dikembangkan dan diasah. 

Di era komunikasi virtual, tantangan bagi kita adalah bagaimana menerapkan dan mengasah kemampuan komunikasi dengan baik ketika harus selalu siap beralih metode komunikasi , baik secara virtual maupun tatap langsung. 

 

Bagaimana Mengasah Kemampuan Komunikasi secara Virtual maupun Tatap Langsung? 

Pada dasarnya komunikasi secara langsung maupun virtual mempunyai beberapa kegiatan sebagai berikut: 

  1. Membina hubungan baik
  2. Membagikan Informasi
  3. Saling mendengar
  4. Saling mengerti

4 Kegiatan tersebut bisa dipraktekkan dalam pembelajaran virtual atau tatap langsung dengan mempertimbangkan  beberapa faktor berikut ini : 

  1. Keadaan
  2. Perasaan/Emosi
  3. Kebutuhan
  4. Permintaan berdasarkan perasaan dan kebutuhan. 

Dengan menyadari beberapa faktor-faktor di atas, komunikasi akan selalu dilakukan dengan  sebuah kesadaran  akan sebuah tujuan yang ingin dicapai secara bertahap, untuk kemampuan komunikasi yang selalu berkembang dan lebih baik. 

 

Komunikasi dan Teknologi 

Teknologi adalah sarana untuk mempraktikkan kesadaran untuk berkomunikasi di masa yang terus berkembang dan seringkali tidak menentu. Teknologi adalah alat untuk menguji ketangguhan kita untuk terus memperbaiki metode komunikasi yang dibutuhkan. . Tetapi apapun gawai yang kita gunakan, alat yang paling canggih adalah kemampuan nonteknis diri sendiri yang senantiasa kita kembangkan sesuai dengan kemajuan zaman. 

Selamat belajar.

Vivit Kavi dan Vena Annisa

===========================================================================

Peserta perlu menyelesaikan semua aktivitas-aktivitas berikut, agar bisa menuju pelajaran berikutnya. Tanda centang biru menunjukkan aktivitas sudah selesai. Pada bagian materi peserta perlu mengetuk atau mengklik tombol “Mark as Complete” jika sudah selesai memahami materi yang diberikan dan pada bagian kuis, peserta perlu menyelesaikan kuis dan mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” jika sudah menyelesaikan pengerjaan kuisnya.

 

Penilaian Tengah

Kerjakan kuis ini. Untuk kali ini, usahakan anda dapat menjawab dengan benar. Jika ada jawaban yang masih salah, silahkan simak kembali rekaman sesi webinar kita.

Selamat mengerjakan kuis.

 

Kuis Penilaian Tengah – Pelajaran 4

Kuis ini terdiri 10 butir pertanyaan. Setiap pertanyaan berfungsi agar Bapak dan Ibu mengingat kembali pembahasan dan/atau tugas anda.

Jika anda masih mengalami kesulitan, luangkan waktu untuk menyimak kembali video rekaman webinar kita.

Selamat mengerjakan.

Jika Anda sudah selesai mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya. Jika tombol untuk lanjut tidak muncul maka Anda belum berhasil mencapai batas minimum kelulusan, coba lagi hingga nilai Anda mencapai 70%.

===========================================================================

 

Dalam komunikasi terjadi pertukaran :

A.     Informasi

B.     Mata uang

C.     Barang

D.     Jasa

 

Komunikasi efektif tercapai ketika :

A.     Adanya komunikasi verbal dan non verbal

B.     Komunikator mengenal lawan bicara

C.     Pesan disampaikan dengan jelas

D.     Pesan yang disampai dapat dimengerti oleh lawan bicara

 

Komunikasi efektif harus terjadi dalam dua arah yang berarti :

A.     Pemberi pesan seorang komunikator yang handal

B.     Pemberi pesan berbicara, mendengarkan dan mengerti lawan bicara

C.     Pemberi pesan memakai metode yang tepat

D.     Pemberi pesan menyampaikan komunikasi verbal dan non verbal

 

Tujuan mendengar lawan bicara adalah :

A.     Untuk dapat merespon dengan benar

B.     Untuk memenangkan argumen

C.     Untuk mengerti lawan bicara

D.     Untuk menguji pengetahuan lawan bicara

 

Ketika Ibu Sophia bertemu dengan orang tua siswa, ia tersenyum sambil menganggukkan kepala. Komunikasi yang diberikan Ibu Sophia kepada orang tua tersebut merupakan jenis komunikasi :

A.     Kesopanan

B.     Nonverbal

C.     Efektif

D.     Virtual

 

Faktor utama untuk memahami lawan bicara dalam komunikasi sehingga terciptanya sebuah hubungan yang baik adalah :

A.     Simpati

B.     Emosi

C.     Empati

D.     Strategi Komunikasi

 

Berikut ini adalah contoh komunikasi efektif, kecuali :

A.     Pesan diterima, dimengerti dan dipahami sesuai maksud komunikator

B.     Pesan yang disampaikan dipahami dan disetujui penerima, kemudian ditindaklanjuti dengan perbuatannya

C.     Pesan diterima sebagai bentuk penghormatan kepada sang komunikator, kemudian disebarluaskan

D.     Tidak ada hambatan berarti bagi penerima pesan untuk paham dan menindaklanjuti dengan perbuatan

 

Dalam komunikasi virtual, berikut ini yang dapat membantu terciptanya komunikasi yang efektif, kecuali :

A.     Mengerti emosi, kebutuhan dan situasi murid

B.     Teknologi komunikasi yang canggih

C.     Perencanaan yang matang

D.     Penulisan pesan yang personal

 

Dalam komunikasi efektif untuk membina hubungan yang baik berdasarkan teori non-violence communication (NVC), berikut ini pola pikir yang harus difokuskan :

A.     Menganalisa dan menentukan tingkat kesalahan seseorang orang lain

B.     Fokus untuk mengetahui kebutuhan kita dan orang lain

C.     Melakukan kritik yang membangun

D.     Memberikan saran yang sesuai dengan keadaan lawan bicara

 

Apa yang harus ditentukan di awal ketika ingin menyusun strategi komunikasi yang efektif di sekolah dalam konteks pembelajaran jarak jauh atau tatap muka?

A.     Penggunaan teknologi yang tepat

B.     Alasan dan tujuan komunikasi

C.     Pesan yang detail dan lengkap

D.     Lawan bicara

 

Materi Belajar Mandiri

Instruksi :

1.      Bacalah materi “Komunikasi Efektif Tatap Muka dan Jarak Jauh.

2.      Kemudian, lihatlah video yang tersedia untuk materi pengayaan tips komunikasi efektif

3.      Cobalah mempelajari cara presentasi efektif melalui platform gratis HP Life

 

Jika sudah selesai memahami materi yang diberikan jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark as Complete“, Agar Anda bisa lanjut ke topik selanjutnya untuk mencoba mengerjakan Tugas Mandiri untuk melatih pemahaman Anda.

 

Latihan Mandiri – Pelajaran 4 – Praktik Membuat Sapaan Pembukaan Kelas Yang Menarik dan Efektif

Untuk menajamkan hasil belajar anda di sesi webinar, silakan kerjakan latihan ini. Beberapa catatan tentang latihan ini:

  • Bersifat pilihan.
  • Tidak dikumpulkan ke tim pemateri.
  • Agar anda punya pengalaman praktik perdana.
  • Dirancang untuk membantu anda mengikuti episode berikutnya.

Instruksi Tugas :

Buatlah sebuah konten video yang berisikan ucapan sapaan pembuka pelajaran bagi murid-murid Anda di kelas daring.

Ketentuan :

Video harus berisikan : Pesan yang akrab dan hangat, sesuai dengan materi komunikasi efektif yang telah diajarkan. Cobalah untuk:

  1. Menyapa dengan suara yang ramah dan bahasa tubuh yang baik (Ingat postur tubuh, gerakan tangan dan ekspresi wajah ceria).
  2. Gunakan kalimat yang akan membuat murid-murid tertarik.
  3. Jika ada instuksi, gunakan kalimat yang jelas dan efektif sehingga murid-murid mengerti akan ekspektasi dari kelas yang akan mereka ikuti.
  • Durasi 3-5 menit.
  • Tidak perlu teknis video editing rumit.
  • Unggah ke sosial media Anda dengan tagar #belajarsemangatguru

Selamat mengerjakan!

Jika Anda sudah selesai membaca instruksi dan mencoba mengerjakan, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark as Complete” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.

 

Penilaian Akhir

Kerjakanlah kuis ini. Untuk kali ini, usahakan anda dapat menjawab dengan benar. Jika ada jawaban yang masih salah, silahkan simak kembali rekaman sesi webinar kita dan pelajari materi yang disediakan di Belajar Mandiri.

Selamat mengerjakan kuis.

 

Kuis Penilaian Akhir – Pelajaran 4

Kuis ini terdiri 5 butir pertanyaan. Setiap pertanyaan berfungsi agar Bapak dan Ibu mengingat kembali pembahasan dan/atau tugas anda.

Jika anda masih mengalami kesulitan, luangkan waktu untuk menyimak kembali video rekaman webinar kita dan/atau baca kembali naskah belajar mandiri.

Selamat mengerjakan.

Jika Anda sudah selesai mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya. Jika tombol untuk lanjut tidak muncul maka Anda belum berhasil mencapai batas minimum kelulusan, coba lagi hingga nilai Anda mencapai 70%

===========================================================================

 

Manakah yang termasuk dalam pedoman dalam menulis komunikasi yang tepat, relevan dan berguna bagi siswa online?

A.     Bersikap jelas

B.     Pesan tidak sampai kepada pendengar

C.     Gaya komunikasi tidak berkesan

D.     Jalur komunikasi tidak jelas?

 

Berikut ini adalah pedoman yang dapat digunakan untuk membantu Anda menulis komunikasi yang tepat, relevan, dan berguna bagi siswa online Anda, kecuali :

A.     Pendek namun efektif

B.     Bersikap jelas

C.     Detail, lengkap dan tertata

D.     Sampaikan apa yang harus dicapai

 

Tujuan merencanakan kapan dan mengapa kita harus berkomunikasi dengan siswa online adalah

A.     Cara untuk memastikan bahwa Anda dapat memberikan siswa Anda komunikasi yang bermakna, tepat waktu, dan konsisten

B.     Merencanakan terlebih dahulu seberapa sering Anda akan memposting pengumuman untuk kelas Anda

C.     Memahami orang lain sembari memahami diri sendiri lebih dalam

D.     Keterampilan yang perlu dikembangkan dan diasah

 

Pesan Anda kepada siswa tidak hanya harus singkat, tetapi juga jelas hingga tidak menimbulkan kebingungan di pihak siswa merupakan definisi dari :

A.     Bersikap jelas

B.     Pendek namun efektif

C.     Jelaskan jalur komunikasi yang tepat

D.     Sampaikan apa yang harus dicapai

 

Hal apa yang tidak dapat dimaksimalkan dalam komunikasi virtual yang efektif?

A.     Penggunaan tulisan

B.     Gambar

C.     Media online

D.     Penggunaan bahasa tubuh

 

Selamat Anda telah Berhasil Menyelesaikan Pelajaran 4


SOAL DAN JAWABAN STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA IPA KELAS 8 KURMER

  Struktur Bumi dan Perkembangannya   1.      Ilmu Geologi merupakan cabang-cabang ilmu Sains yang mempelajari tentang bumi dan perubaha...