Saturday 3 July 2021

Bimtek Semangat Guru : Pelajaran 2 Synchronous - Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi - Penilaian Awal

 

Semangat Guru : Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi

 

Pelajaran 2 Synchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi

 

Apa itu berpikir kritis?

Kata ‘berpikir kritis’ sudah menjadi kosa kata  harian kita. Dunia pendidikan menuntut guru mampu menumbuhkan berpikir kritis pada murid-murid mereka, bukan hanya sebagai kemampuan, tapi sebagai keterampilan. 

Namun demikian, banyak dari kita yang tidak sadar apa sebetulnya berpikir kritis. CriticalThinking.org mendefinisikan berpikir kritis sebagai, “proses berpikir (observasi, refleksi, menalar) yang disiplin, mahir, dan aktif dalam membuat konsep dari, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan/atau mengevaluasi informasi.

Kolegas saya, Prof. Dr. Bagus Takwin, mendefinisikan berpikir kritis sebagai, “ keterampilan seseorang dengan akurat memutuskan sikapnya terhadap suatu informasi: setuju, tunda, atau tidak setuju”.

Perhatikan bahwa setiap kata kunci dalam berpikir kritis adalah kosa kata kita sehari-hari. Untungnya, ini membuat berpikir kritis mudah dipahami dan dipelajari. 

 

Bagaimana menumbuhkan berpikir kritis menjadi keterampilan?

Setiap orang mampu berpikir kritis. Namun demikian, untuk menjadi keterampilan, berpikir kritis harus dipraktikkan setiap saat. Semakin dilatih, semakin akurat, dan akhirnya semakin menjadi insting.

 

‘Saya jadi sadar, saya jadi terpikir” sebagai teknik latihan berpikir kritis.

Episode ini membekali anda dengan keterampilan sederhana untuk menumbuhkan berpikir kritis pada murid anda. 

Praktik ini terdiri dari dua komponen:

  1. Observasi: Diekspresikan lewat pernyataan, “Saya baru sadar bahwa…”
  2. Insight: Diekspresikan lewat pernyataan, “Saya jadi terpikir …. (bahwa/jangan-jangan/pantesan)”

Latihan ini sangat sederhana, hanya menuntut dua syarat. Anda harus:

  1. Menjadikannya sebagai kebiasaan anda dulu. 
  2. Mendemonstrasikan di hadapan murid
  3. Mengintegrasikan kebiasaan ini dalam tugas murid

 

Apa kaitannya dengan pembelajaran dengan teknologi?

Teknologi adalah mitra yang tepat untuk mempraktikkan berpikir kritis. Perhatikan fitur apa (dalam aplikasi yang anda gunakan) yang dapat digunakan untuk mendemonstrasikan berpikir kritis. Pastikan murid mempraktikkan “saya sadar, saya berpikir” di berbagai kesempatan murid menggunakan teknologi (ketika tanya jawab di video meeting, ketika menyusun materi presentasi, ketika diskusi online di chat group, ketika memberikan komentar di LMS, dan lain-lain). 

Sampai ketemu di sesi Webinar

.

Penilaian Awal

Kerjakanlah kuis pra asesmen ini. Tujuan kuis ini adalah pemanasan (belajar selalu lebih baik jika gagasan-gagasan terkait sudah diaktifkan sebelum anda mulai belajar).

 

Tidak perlu kuatir dengan skor yang anda akan peroleh. Namun demikian, perhatikan baik-baik kata-kata kunci yang muncul dalam pertanyaan-pertanyaannya. Kata-kata kunci ini akan kembali anda temui di sesi Webinar. Peka dengan kata-kata kunci tersebut sebelum mengikuti Webinar akan menguatkan proses dan hasil belajar anda. 

 

Selamat mengerjakan.

 

Kuis Penilaian Awal – Pelajaran 2

Kuis ini terdiri 10 butir pertanyaan. Setiap pertanyaan memperkenalkan Bapak dan Ibu ke kata kunci. Silakan jawab pertanyaan ini.

 

Tidak perlu terburu-buru sehingga Bapak dan Ibu bisa mengingat kata-kata kuncinya.

 

Selamat mengerjakan.

 

Apa itu berpikir kritis?

·         Membuat konsep dan mengkomunikasikannya pada orang lain

·         Menciptakan gagasan yang baru dan bermanfaat

·         Memutuskan apakah menerima, menolak, atau menunda suatu pernyataan.

·         Merumuskan solusi terhadap suatu masalah.

 

Apa produk berpikir kritis?

·         Konsep

·         Gagasan baru

·         Penilaian dan keyakinan

·         Solusi

 

Apa peran berpikir kritis dalam praktik elearning?

·         A. Berpikir kritis adalah prasyarat student-centered learning.

·         B. Student-centered learning adalah prasyarat elearning yang efektif

·         A dan B benar

·         A dan B salah

 

Apa hubungan antara berpikir kritis dengan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir” (SSSP)?

·         SSSP adalah praktik berpikir kritis.

·         SSSP adalah pemasan untuk siap berpikir kritis.

·         SSSP tidak ada hubungannya dengan berpikir kritis.

·         Semua jawaban benar

 

Tujuan utama pernyataan “Saya menjadi sadar …” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam

·         Observasi

·         Insight

·         Emosi

·         Ingatan

 

Tujuan utama pernyataan “Saya jadi terpikir ….” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam

·         Observasi

·         Insight

·         Emosi

·         Ingatan

 

Pernyataan yang benar tentang berpikir kritis

·         Setiap orang terampil berpikir kritis

·         Setiap orang mampu berpikir kritis

·         Ada orang yang tidak bisa berpikir kritis

·         Semua jawaban benar

 

 

Dalam bentuk apa saja Guru bisa mempraktikkan “Saya Sadar, Saya Berpikir”?

·         Sesering mungkin menyisipkan dalam ucapan pemaparan materi ajar

·         Sesering mungkin menyisipkan dalam umpan balik tugas murid

·         Menjadikan penilaian tugas murid (misalnya di presentasi)

·         Semua jawaban benar

 

Mana yang bisa menjadi stimulus untuk mempraktikkan ?

·         Topik pelajaran

·         LIrik lagu pop

·         Alur cerita film fiksi sains

·         Semua jawaban benar

 

Apa yang ingin dilatih melalui berpikir kritis dan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir”?

·         Hindari menerima atau menolak suatu gagasan/klaim terlalu cepat.

·         Selalu siap berpikir divergen, sebelum mengambil keputusan

·         JIka terlalu banyak yang luput dari observasi, akan banyak juga insight yang saya dapat

·         Semua benar

 

 

Sumber : https://gurubelajar-pdsg.simpkb.id/topic/penilaian-awal-2/

SOAL DAN JAWABAN STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA IPA KELAS 8 KURMER

  Struktur Bumi dan Perkembangannya   1.      Ilmu Geologi merupakan cabang-cabang ilmu Sains yang mempelajari tentang bumi dan perubaha...