Semangat Guru ; Seri
Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi
Pelajaran 1 Synchronous
– Resilience : Tangguh & Teknologi
Nama saya Adi
Respati. Saya bekerja sebagai konsultan adopsi teknologi dalam pembelajaran
di Websis for Edu. Topik sharing kita saat ini adalah resiliensi dalam
memelajari teknologi untuk pembelajaran.
Apa itu resiliensi?
Ilmuwan psikologi biasanya
menggunakan istilah ‘lenting’ untuk menyepadankan kata resiliensi (resilience),
yaitu: kemampuan sesorang untuk bangkit setiap kali mengalami desakan mundur,
atau bahkan kegagalan.
Perjalanan menjadi
matang menggunakan teknologi.
Sebagai konsultan
teknologi, kami melihat jelas betapa melimpah ruahnya potensi teknologi dalam
meningkatkann pembelajaran. Namun, perjalanan menjadi pembelajar untuk mencapai
tingkat-tingkat manfaat teknologi tersebut cukup panjang. Dalam marathon
pembelajaran ini, kadang kita akan unggul kadang ketinggalan.
Di sinilah Bapak dan Ibu
perlu menjadi resilien. Gunakan setiap momen keunggulan sebagai tenaga untuk
semakin melaju, dan menyadari bawah setiap momen ketinggalan adalah wajar dan
kita perlu mengatur tenaga untuk mengejar.
Seperti dalam marathon,
mengatur tenaga (baca: mengeolola resilensi) semakin efektif jika kita tahu
masih berapa jauh atau berapa dekat kita dengan garis finish. Dalam marathon
menunju elearning yang baik ini, peta kita adalah Kerangka SAMR.
Kerangka SAMR sebagai
peta perjalanan menjadi matang dalam marathon menuju elearning yang efektif
SAMR adalah suatu kerangka
yang mengilustrasikan tingkat kematangan seseorang memanfaatkan teknologi dalam
pembelajaran. Tingkat kematangan ini terdiri dari (mulai dari tingkat pemula ke
mahir): Substitution, Augmentation, Modification, dan Redefinition. Semakin
matang kita dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, semakin besar
peningkatan proses dan hasil yang terjadi dalam pembelajaran.
Apa kaitannya SAMR dan
Resiliensi dengan Bapak dan Ibu memelajari teknologi?
Pertanyaan paling menjebak
dalam elearning adalah aplikasi apa (lagi) yang harus pelajari untuk
mengembangkan permbelajaran? Jika anda terjebak di pertanyaan ini, maka anda
tersangkut terus-menerus di tingkat Substitution.
Pertanyaan yang tepat
adalah: bagaimana lagi cara saya menggunakan teknologi (hardware dan aplikasi)
yang sudah saya pelajari ini untuk mengembangan pembelajaran? Setiap tingkat
lanjut (Augmentation, Modification, dan Redefinition) menuntut kita untuk
mengubah kegiatan dan/atau tujuan pembelajaran. Mengetahui ini (kegiatan dan
tujuan pembelajaran) membantu Bapak dan Ibu bisa menakar dengan lebih akurat
berapa besar resliensi yang diharapkan dari Anda untuk menerobos masing-masing
tingkat tersebut.
Sampai ketemu di sesi
Webinar
Adi Respati
===========================================================================
Peserta perlu
menyelesaikan semua aktivitas-aktivitas berikut, agar bisa menuju pelajaran
berikutnya. Tanda centang biru menunjukkan aktivitas sudah selesai. Pada bagian
materi peserta perlu mengetuk atau mengklik tombol “Mark as Complete”
jika sudah selesai memahami materi yang diberikan dan pada bagian kuis, peserta
perlu menyelesaikan kuis dan mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue”
jika sudah menyelesaikan pengerjaan kuisnya.
Penilaian Awal
Kerjakanlah kuis pra
asesmen ini. Tujuan kuis ini adalah pemanasan (belajar selalu lebih baik jika
gagasan-gagasan terkait sudah diaktifkan sebelum anda mulai belajar).
Tidak perlu kuatir dengan
skor yang anda akan peroleh. Namun demikian, perhatikan baik-baik kata-kata
kunci yang muncul dalam pertanyaan-pertanyaannya. Kata-kata kunci ini
akan kembali anda temui di sesi Webinar. Peka dengan kata-kata kunci tersebut
sebelum mengikuti Webinar akan menguatkan proses dan hasil belajar anda.
Selamat mengerjakan.
Kuis Penilaian Awal –
Pelajaran 1
Kuis ini terdiri 14 butir
pertanyaan. Setiap pertanyaan memperkenalkan Bapak dan Ibu ke kata kunci.
Silakan jawab pertanyaan ini.
Tidak perlu terburu-buru
sehingga Bapak dan Ibu bisa mengingat kata-kata kuncinya.
Selamat mengerjakan.
Jika Anda sudah selesai
mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here
to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.
===========================================================================
Apakah itu resiliensi?
Kemampuan seseorang
untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran
Kemampuan seseorang
untuk merumuskan kegiatan elearning
Kemampuan
seseorang untuk bangkit dari desakan kemunduran (atau kegagalan)
Kemampuan seseorang
untuk mengelola stress elearning
Apa hubungan SAMR dengan
resiliensi?
SAMR adalah ukuran
tingkat resiliensi
Resiliensi adalah R
pada akronim SAMR
Resiliensi adalah
tingkat kematangan kematangan adopsi teknologi
Mengetahui
SAMR memberikan gambaran kita harus seberapa resilien
Apakah itu SAMR?
Risiko-risiko akses
teknologi oleh murid.
Tingkat
kematangan seorang guru memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran
Langkah-langkah
penggunaan teknologi dalam pembelajaran
Jenis-jenis aplikasi
untuk digunakan dalam pembelajaran
SAMR adalah singkatan
dari…
Substitution,
Augmentation, Modification, Redefinition
Substitution,
Anticipation, Modification, Redefinition
Substitution,
Automation, Modification, Redefinition
Substitution, Access,
Modification, Redefinition
Pernyataan yang BENAR
tentang adopsi teknologi adalah
Saya harus menguasai
banyak aplikasi
Saya harus menguasai
semua aplikasi baru
Saya harus
mengkombinasikan beberapa aplikasi
Saya harus
fokus pada tingkat berpikir dalam pembelajaran murid
Dengan cara apa saya dapat
menjadi resilien dalam mengembangkan kompetensi elearning saya?
Berikan waktu untuk
belajar. Tidak perlu terburu-buru.
Usahakan bisa belajar
bersama orang lain untuk saling bertukar keterampilan dan dukungan semangat.
Buat kelompok kecil, bergabung dengan komunitas, dll.
Tidak perlu tergoda
dengan kecemasan bahwa harus sering belajar aplikasi baru.
Semua jawaban
benar
Apakah
karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Substitution?
Kegiatan pembelajaran
setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada peningkatan sedikit
karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru diadopsi.
Kegiatan
pembelajaran sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).
Setelah adopsi
teknologi (baru), kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa
diselenggarakan tanpa teknologi yang baru diadopsi.
Ada banyak kegiatan
pembelajaran yang berubah setelah adopsi teknologi (baru)
Apakah
karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Redefinition?
Kegiatan pembelajaran
setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada peningkatan sedikit
karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru diadopsi.
Kegiatan pembelajaran
sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).
Setelah
adopsi teknologi (baru), kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa
diselenggarakan tanpa teknologi yang baru diadopsi.
Ada banyak kegiatan
pembelajaran yang berubah setelah adopsi teknologi (baru)
Apakah
karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Modification?
Kegiatan pembelajaran
setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada peningkatan sedikit
karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru diadopsi.
Kegiatan pembelajaran
sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).
Setelah adopsi
teknologi (baru), kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa
diselenggarakan tanpa teknologi yang baru diadopsi.
Ada banyak
kegiatan pembelajaran yang berubah setelah adopsi teknologi (baru)
Apakah
karakteristik penggunaan teknologi dalam belajar dianggap tingkat Augmentation?
Kegiatan
pembelajaran setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada
peningkatan sedikit karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru
diadopsi.
Kegiatan pembelajaran
sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).
Setelah adopsi
teknologi (baru), kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa
diselenggarakan tanpa teknologi yang baru diadopsi.
Ada banyak kegiatan
pembelajaran yang berubah setelah adopsi teknologi (baru)
Saya menggunakan aplikasi
video meeting untuk sesi diskusi mandiri dan tanya jawab dengan murid.
Pemanfaatan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat:
Substitution
Augmentation
Modification
Redefinition
Saya
menggunakan aplikasi video meeting untuk metode ceramah. Pemanfaatan teknologi
dengan cara ini mencerminkan tingkat:
Substitution
Augmentation
Modification
Redefinition
Saya
menggunakan aplikasi video meeting untuk murid-murid saya bisa bertemu dengan
para pakar dan membawa murid saya ke luar kelas melalui field trip virtual.
Pemanfaatkan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat:
Substitution
Augmentation
Modification
Redefinition
Saya
menggunakan aplikasi video meeting untuk murid-murid saya mengadakan festival
webinar projek pameran dan/atau pentas virtual. Pemanfaatan teknologi dengan
cara ini mencerminkan tingkat.
Substitution
Augmentation
Modification
Redefinition
Ruang Webinar
Webinar berpikir kritis
akan membahas:
- Apa itu sebenarnya resiliensi?
- Apa itu SAMR?
- Bagaimana strategi saya melalui
tingkatan-tingkatan SAMR?
Persiapan sebelum Webinar:
- Ingat kembali kata-kata kunci dari
pra asesmen
- Tulis pertanyaan anda untuk
pemateri
Silahkan menonton live
webinar Resilience : Tangguh & Teknologi pada Rabu, 30 Juni 2021 di bawah
ini.
Jika Anda sudah selesai,
jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark as Complete” agar bisa
melanjutkan ke bagian selanjutnya.