Semangat Guru = Seri
Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi
Pelajaran 3 Asynchronous
: Creativity – Konten dan Teknik Penceritaan
Bercerita Yang Didengar
Apa itu kemampuan
bercerita?
Kesanggupan atau kekuatan
yang dimiliki oleh individu untuk menyampaikan gagasan/ide secara lisan maupun
tulisan yang mengisahkan tentang perbuatan, pengalaman atau kejadian.
Apa itu konten?
Segala bentuk komunikasi,
terutama audio visual, yang berisi sebuah informasi, hiburan atau ajakan
Tiga tahap membuat
konten
Praktik ini terdiri dari
tiga komponen:
- Membuat Rencana
- Mengeksekusi
- Memasarkan
Apa kaitannya dengan
pembelajaran dengan teknologi?
Kemajuan teknologi dapat
membantu kita dalam mengolah kemampuan bercerita. Kejujuran menjadi faktor yang
penting.
Selalu kembali dengan
melihat diri sendiri. Menarik atau tidak? Informatif atau tidak. Membuat peduli
atau tidak? Kita sebagai pembuat konten selalu dapat menjawab dengan
tepat, tapi hambatan terbesarnya: Apakah kita bisa jujur pada diri sendiri?
Mari kita explorasi teknik
membuat konten dengan teknik penceritaan.
Selamat belajar.
Edward Suhadi
===========================================================================
Peserta perlu
menyelesaikan semua aktivitas-aktivitas berikut, agar bisa menuju pelajaran
berikutnya. Tanda centang biru menunjukkan aktivitas sudah selesai. Pada bagian
materi peserta perlu mengetuk atau mengklik tombol “Mark as Complete”
jika sudah selesai memahami materi yang diberikan dan pada bagian kuis, peserta
perlu menyelesaikan kuis dan mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue”
jika sudah menyelesaikan pengerjaan kuisnya.
Penilaian Tengah
Kerjakan kuis ini. Untuk
kali ini, usahakan anda dapat menjawab dengan benar. Jika ada jawaban yang
masih salah, silahkan simak kembali rekaman sesi webinar kita.
Selamat mengerjakan kuis.
Kuis Penilaian Tengah –
Pelajaran 3
Kuis ini terdiri 5 butir
pertanyaan. Setiap pertanyaan berfungsi agar Bapak dan Ibu mengingat kembali
pembahasan dan/atau tugas anda.
Jika anda masih mengalami
kesulitan, luangkan waktu untuk menyimak kembali video rekaman webinar kita.
Selamat mengerjakan.
Jika Anda sudah selesai
mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here
to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya. Jika tombol untuk
lanjut tidak muncul maka Anda belum berhasil mencapai batas minimum kelulusan,
coba lagi hingga nilai Anda mencapai 70%
===========================================================================
Apa isi dari sebuah
konten?
A.
Informasi
B.
Hiburan
C.
Ajakan
D.
Semua benar
Diantara dibawah ini mana
tahapan pertama untuk membuat konten?
A. Membuat
rencana
B.
Memasarkan
C.
Mengeksekusi
D.
Memviralkan
Dibawah ini yang termasuk
tiga komponen utama yang perlu diperhatikan pada saat membuat rencana adalah :
A.
Mengerti persis apa masalahnya
B.
Mengerti persis apa solusi paling tepat
C.
Mengerti persis pemirsanya
D.
Semuanya benar
Tiga Kunci dalam eksekusi konten adalah
:
A.
Impact, Communication, Execution
B.
Impact, Execution, Persuasion
C.
Impact, Communication, Persuasion
D.
Execuion, Persuasion, Impact
Dalam proses pembuatan konten,
diperlukan pertanyaan validasi untuk memastikan kontennya bermanfaat, berikut
adalah pertanyaan validasi kecuali :
A.
Apakah konten ini menarik?
B.
Apakah konten ini akan viral?
C.
Apakah konten ini informatif?
D.
Apakah konten ini membuat orang lain menjadi peduli?
Materi Belajar Mandiri
Instruksi :
- Bacalah materi “Mari Membuat Konten
dengan Teknik Penceritaan”
- Kemudian, lihatlah Dua video yang
di bawah ini untuk menganalisa alur dalam teknik penceritaan
Jika sudah selesai memahami materi yang
diberikan jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark as Complete“,
Agar Anda bisa lanjut ke topik selanjutnya untuk mencoba mengerjakan Tugas
Mandiri untuk melatih pemahaman Anda.
Latihan Mandiri – Pelajaran 3 – Membuat
Konten dengan Teknik Penceritaan
Untuk menajamkan hasil belajar anda di
sesi webinar, silakan kerjakan latihan ini. Beberapa catatan tentang latihan
ini:
- Bersifat pilihan.
- Tidak dikumpulkan ke tim pemateri.
- Agar anda punya pengalaman praktik
perdana.
- Dirancang untuk membantu anda
mengikuti episode berikutnya.
Instruksi Tugas :
Buatlah sebuah konten video dengan
teknik penceritaan yang ditujukan kepada murid Anda.
Ketentuan :
- Video harus berisikan : Hook, Babak
1, Babak 2 dan Babak 3
- Durasi maksimal 3-5 menit.
- Tidak perlu teknis video editing
rumit.
- Unggah ke sosial media Anda dengan
tagar #belajarsemangatguru
Selamat mengerjakan.
Jika Anda sudah selesai membaca
instruksi dan mencoba mengerjakan, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark
as Complete” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.
Penilaian Akhir
Kerjakanlah kuis ini. Untuk kali ini,
usahakan anda dapat menjawab dengan benar. Jika ada jawaban yang masih salah,
silahkan simak kembali rekaman sesi webinar kita dan pelajari materi yang
disediakan di Belajar Mandiri.
Selamat mengerjakan kuis.
Kuis Penilaian Akhir – Pelajaran 3
Kuis ini terdiri 10 butir pertanyaan.
Setiap pertanyaan berfungsi agar Bapak dan Ibu mengingat kembali pembahasan
dan/atau tugas anda.
Jika anda masih mengalami kesulitan,
luangkan waktu untuk menyimak kembali video rekaman webinar kita dan/atau baca
kembali naskah belajar mandiri.
Selamat mengerjakan.
Jika Anda sudah selesai mengerjakan kuis
ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue”
agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya. Jika tombol untuk lanjut tidak
muncul maka Anda belum berhasil mencapai batas minimum kelulusan, coba lagi
hingga nilai Anda mencapai 70%
=========================================================================
Hook secara literal dapat diartikan
sebagai :
A. Pengait
B.
Pengikat
C.
Pelindung
D.
Persatuan
Manakah dari pernyataan di bawah ini
yang merupakan definisi dari struktur tiga babak :
A.
Elemen yang dapat menarik penonton untuk terus
mengikuti cerita yang akan disampaikan
B.
Struktur dasar yang digunakan dalam
menulis drama, film dan penceritaan
C.
Perkenalan pada cerita dan karakter dengan informasi
yang relevan dengan penonton
D.
Konflik dalam sebuah cerita yang diciptakan sehingga
menjadi seru
Hal apa saja yang termasuk dalam
struktur tiga babak :
A.
Evolusi
B.
Revolusi
C. Ekspresi
D.
Resolusi
Apa sajakah kelebihan teknik
penceritaan?
A. Cerita
mudah diingat
B. Cerita menarik perhatian pembaca
C. Cerita
menggugah perasaan pembaca
D.
Cerita mudah ditebak akhirnya
Siapa yang menunjukkan bahwa fakta 20
kali lebih mungkin diingat jika itu adalah bagian dari sebuah cerita?
A.
J.K Rowling
B.
Charles Dickens
C.
Jerome Bruner
D.
Anna Freud
Apakah fungsi utama hook?
A.
Menjadikan konten yang diciptakan menjadi seru dan
menarik untuk terus dilihat
B.
Membuat penonton melihat ke depan dalam
beberapa cara, sehingga mereka akan penasaran dan secara sukarela meneruskan
untuk melihat konten yang disajikan
C.
Membuat dan membangun konflik dan resolusi yang
jelas adalah hal yang membuat seluruh pengalaman belajar berkesan
D.
Memastikan
kejelasan cerita
Dalam teknik penceritaan, hook adalah :
A.
Penentuan apakah cerita ini menarik
B.
Membuat konten yang membuat kepedulian
C.
Elemen yang dapat menarik penonton untuk
terus mengikuti cerita yang akan disampaikan
D.
Perkenalan pada ceita dan karakter dengan informasi
yang relevan dengan penonton dan keseluruhan cerita
Masalah teratasi merupakan bagian dari
struktur tiga babak yaitu :
A.
Ekspresi
B.
Impact
C.
Persuation
D.
Resolusi
Apakah yang dapat membuat sebuah konten
yng diciptakan menjadi seru?
A. Konflik
dan resolusi
B.
Communication
C.
Plot cerita
D.
Peran utama
Manakah yang termasuk dalam tips untuk
membangun cerita dalam pengajaran atau pembuatan konten?
A.
Menyampaikan dengan pengantar yang tepat
B.
Mengerti persis masalahnya
C.
Memastikan kejelasan cerita
D.
Biarkan konflik menggantung