Friday, 23 July 2021

Jawaban Kuis Pelajaran 3 Asynchronous : Creativity – Konten dan Teknik Penceritaan

 

Semangat Guru = Seri Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi

Pelajaran 3 Asynchronous : Creativity – Konten dan Teknik Penceritaan

Bercerita Yang Didengar

 


Apa itu kemampuan bercerita? 

Kesanggupan atau kekuatan yang dimiliki oleh individu untuk menyampaikan gagasan/ide secara lisan maupun tulisan yang mengisahkan tentang perbuatan, pengalaman atau kejadian.

 

Apa itu konten?

Segala bentuk komunikasi, terutama audio visual, yang berisi sebuah informasi, hiburan atau ajakan

 

Tiga tahap membuat konten

Praktik ini terdiri dari tiga komponen:

  • Membuat Rencana
  • Mengeksekusi
  • Memasarkan
  •  

Apa kaitannya dengan pembelajaran dengan teknologi?

Kemajuan teknologi dapat membantu kita dalam mengolah kemampuan bercerita. Kejujuran menjadi faktor yang penting.

Selalu kembali dengan melihat diri sendiri. Menarik atau tidak? Informatif atau tidak. Membuat peduli atau tidak? Kita sebagai pembuat  konten selalu dapat menjawab dengan tepat, tapi hambatan terbesarnya: Apakah kita bisa jujur pada diri sendiri?

Mari kita explorasi teknik membuat konten dengan teknik penceritaan. 

Selamat belajar.

Edward Suhadi

===========================================================================

Peserta perlu menyelesaikan semua aktivitas-aktivitas berikut, agar bisa menuju pelajaran berikutnya. Tanda centang biru menunjukkan aktivitas sudah selesai. Pada bagian materi peserta perlu mengetuk atau mengklik tombol “Mark as Complete” jika sudah selesai memahami materi yang diberikan dan pada bagian kuis, peserta perlu menyelesaikan kuis dan mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” jika sudah menyelesaikan pengerjaan kuisnya.

 

Penilaian Tengah

Kerjakan kuis ini. Untuk kali ini, usahakan anda dapat menjawab dengan benar. Jika ada jawaban yang masih salah, silahkan simak kembali rekaman sesi webinar kita.

Selamat mengerjakan kuis.

 

Kuis Penilaian Tengah – Pelajaran 3

Kuis ini terdiri 5 butir pertanyaan. Setiap pertanyaan berfungsi agar Bapak dan Ibu mengingat kembali pembahasan dan/atau tugas anda.

Jika anda masih mengalami kesulitan, luangkan waktu untuk menyimak kembali video rekaman webinar kita.

Selamat mengerjakan.

Jika Anda sudah selesai mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya. Jika tombol untuk lanjut tidak muncul maka Anda belum berhasil mencapai batas minimum kelulusan, coba lagi hingga nilai Anda mencapai 70%

===========================================================================

Apa isi dari sebuah konten?

A.     Informasi

B.     Hiburan

C.     Ajakan

D.     Semua benar

 

Diantara dibawah ini mana tahapan pertama untuk membuat konten?

A.     Membuat rencana

B.     Memasarkan

C.     Mengeksekusi

D.     Memviralkan

 

Dibawah ini yang termasuk tiga komponen utama yang perlu diperhatikan pada saat membuat rencana adalah :

A.    Mengerti persis apa masalahnya

B.    Mengerti persis apa solusi paling tepat

C.   Mengerti persis pemirsanya

D.   Semuanya benar

 

Tiga Kunci dalam eksekusi konten adalah :

A.    Impact, Communication, Execution

B.    Impact, Execution, Persuasion

C.   Impact, Communication, Persuasion

D.   Execuion, Persuasion, Impact

 

Dalam proses pembuatan konten, diperlukan pertanyaan validasi untuk memastikan kontennya bermanfaat, berikut adalah pertanyaan validasi kecuali :

A.    Apakah konten ini menarik?

B.    Apakah konten ini akan viral?

C.   Apakah konten ini informatif?

D.   Apakah konten ini membuat orang lain menjadi peduli?

 

Materi Belajar Mandiri

Instruksi :

  1. Bacalah materi “Mari Membuat Konten dengan Teknik Penceritaan”
  2. Kemudian, lihatlah Dua video yang di bawah ini untuk menganalisa alur dalam teknik penceritaan

Jika sudah selesai memahami materi yang diberikan jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark as Complete“, Agar Anda bisa lanjut ke topik selanjutnya untuk mencoba mengerjakan Tugas Mandiri untuk melatih pemahaman Anda.

 

Latihan Mandiri – Pelajaran 3 – Membuat Konten dengan Teknik Penceritaan

Untuk menajamkan hasil belajar anda di sesi webinar, silakan kerjakan latihan ini. Beberapa catatan tentang latihan ini:

  • Bersifat pilihan.
  • Tidak dikumpulkan ke tim pemateri.
  • Agar anda punya pengalaman praktik perdana.
  • Dirancang untuk membantu anda mengikuti episode berikutnya.

Instruksi Tugas :

Buatlah sebuah konten video dengan teknik penceritaan yang ditujukan kepada murid Anda.

Ketentuan :

  • Video harus berisikan : Hook, Babak 1, Babak 2 dan Babak 3
  • Durasi maksimal 3-5 menit. 
  • Tidak perlu teknis video editing rumit.
  • Unggah ke sosial media Anda dengan tagar #belajarsemangatguru

Selamat mengerjakan.

Jika Anda sudah selesai membaca instruksi dan mencoba mengerjakan, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Mark as Complete” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.

 

Penilaian Akhir

Kerjakanlah kuis ini. Untuk kali ini, usahakan anda dapat menjawab dengan benar. Jika ada jawaban yang masih salah, silahkan simak kembali rekaman sesi webinar kita dan pelajari materi yang disediakan di Belajar Mandiri.

Selamat mengerjakan kuis.

 

Kuis Penilaian Akhir – Pelajaran 3

Kuis ini terdiri 10 butir pertanyaan. Setiap pertanyaan berfungsi agar Bapak dan Ibu mengingat kembali pembahasan dan/atau tugas anda.

Jika anda masih mengalami kesulitan, luangkan waktu untuk menyimak kembali video rekaman webinar kita dan/atau baca kembali naskah belajar mandiri.

Selamat mengerjakan.

Jika Anda sudah selesai mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya. Jika tombol untuk lanjut tidak muncul maka Anda belum berhasil mencapai batas minimum kelulusan, coba lagi hingga nilai Anda mencapai 70%

=========================================================================

 

Hook secara literal dapat diartikan sebagai :

A.    Pengait

B.    Pengikat

C.   Pelindung

D.   Persatuan

 

Manakah dari pernyataan di bawah ini yang merupakan definisi dari struktur tiga babak :

A.    Elemen yang dapat menarik penonton untuk terus mengikuti cerita yang akan disampaikan

B.    Struktur dasar yang digunakan dalam menulis drama, film dan penceritaan

C.   Perkenalan pada cerita dan karakter dengan informasi yang relevan dengan penonton

D.   Konflik dalam sebuah cerita yang diciptakan sehingga menjadi seru

 

Hal apa saja yang termasuk dalam struktur tiga babak :

A.    Evolusi

B.    Revolusi

C.   Ekspresi

D.   Resolusi

 

Apa sajakah kelebihan teknik penceritaan?

A.    Cerita mudah diingat

B.    Cerita menarik perhatian pembaca

C.   Cerita menggugah perasaan pembaca

D.   Cerita mudah ditebak akhirnya

 

Siapa yang menunjukkan bahwa fakta 20 kali lebih mungkin diingat jika itu adalah bagian dari sebuah cerita?

A.    J.K Rowling

B.    Charles Dickens

C.   Jerome Bruner

D.   Anna Freud

 

Apakah fungsi utama hook?

A.    Menjadikan konten yang diciptakan menjadi seru dan menarik untuk terus dilihat

B.    Membuat penonton melihat ke depan dalam beberapa cara, sehingga mereka akan penasaran dan secara sukarela meneruskan untuk melihat konten yang disajikan

C.   Membuat dan membangun konflik dan resolusi yang jelas adalah hal yang membuat seluruh pengalaman belajar berkesan

D.   Memastikan kejelasan cerita

 

Dalam teknik penceritaan, hook adalah :

A.    Penentuan apakah cerita ini menarik

B.    Membuat konten yang membuat kepedulian

C.   Elemen yang dapat menarik penonton untuk terus mengikuti cerita yang akan disampaikan

D.   Perkenalan pada ceita dan karakter dengan informasi yang relevan dengan penonton dan keseluruhan cerita

 

Masalah teratasi merupakan bagian dari struktur tiga babak yaitu :

A.    Ekspresi

B.    Impact

C.   Persuation

D.   Resolusi

 

Apakah yang dapat membuat sebuah konten yng diciptakan menjadi seru?

A.    Konflik dan resolusi

B.    Communication

C.   Plot cerita

D.   Peran utama

 

Manakah yang termasuk dalam tips untuk membangun cerita dalam pengajaran atau pembuatan konten?

A.    Menyampaikan dengan pengantar yang tepat

B.    Mengerti persis masalahnya

C.   Memastikan kejelasan cerita

D.   Biarkan konflik menggantung

Soal dan Jawaban Listrik Dinamis

  LISTRIK DINAMIS   1.        Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan suatu penghantar! Jawab : Faktor yang mempengaruhi h...