Sunday, 18 July 2021

SOAL DAN JAWABAN OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA - PENYELIDIKAN IPA - IPA KELAS 7 SEMESTER 1

 

KUIS PERTEMUAN 1 – PENYELIDIKAN IPA

 

1.     Merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan. Penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau hubungan antar aspek yang diamati dan membuat perkiraan. Kegiatan ini merupakan salah satu proses yang dikuasai dalam penyelidikan IPA yang sering dikenal dengan sebutan ....

a. inferensi.                   

b. mengamati                

c. menyimpulkan         

d. mengelompokkan

2.     Seluruh benda di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola-pola keteraturannya disebut ....

a.     Objek IPA.

b.     Ilmu IPA

c.      Subjek IPA

d.     Cabang IPA

3.     Perhatikan beberapa kejadian berikut!

1)    Di langit pada malam hari nampak adanya bulan dan bintang;

2)    Di pasar ada orang yang membeli makanan dan sayuran hijau;

3)    Nasi dibiarkan beberapa hari akhirnya menjadi busuk;

4)    Membuat puisi yang menggambarkan keindahan alam di pantai pada sore hari.

Kejadian yang dapat menjadi objek IPA adalah ....

a.     1 dan 3.

b.     1 dan 4

c.      2 dan 3

d.     2 dan 4

4.     Penyajian data hasil penyelidikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan merupakan kegiatan ....

a.    Inferensi

b.    Mengamati

c.    Menyimpulkan

d.    Mengomunikasikan.

5.     Proses penyelidikan IPA yang dilakukan oleh para ilmuwan disebut metode ilmiah. Langkah dalam metode ilmiah secara umum terdiri atas.....

a.    Mengamati, menginferensi, dan mengomunikasikan.

b.    Menginferensi, mengamati, dan mengomunikasikan

c.    Mengomunikasikan, menginferensi, dan mengamati

d.    Mengamati, mengomunikasikan, dan menginferensi

6.     Salah satu proses yang harus dikuasai dalam penyelidikan ilmiah pada saat memperhatikan suatu objek adalah ....

a.     Pengamatan.

b.     Mencicipi

c.      Melihat

d.     Meraba

7.     Menggunakan pancaindra, termasuk melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai disebut ....

a.     Inferensi

b.     Pengamatan.

c.      Menyimpulkan

d.     Mengomunikasikan

8.     Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan ....

a.     Teman

b.     Barang

c.      Ilmu pengetahuan

d.     Data dan informasi.

9.     Penjelasan berdasarkan pengamatan digunakan untuk ....

a.     mengumpulkan data dan informasi

b.     mengomunikasikan hasil penyelidikan baik lisan maupun tulisan

c.      menyajikan data dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan

d.     menemukan pola-pola atau hubungan antaraspek yang diamati dan membuat perkiraan.

10.  Ilmu yang mempelajari tentang aspek mendasar alam, misalnya materi, energi, gaya, gerak, panas, cahaya, dan berbagai gejala alam fisik lainnya disebut ....

a.     Kimia

b.     Fisika.

c.      Biologi

d.     Ilmu Bumi dan Antariksa

11.  Asal mula bumi, perkembangan dan keadaan saat ini, bintang-bintang, planet-planet, dan berbagai benda langit lainnya dipelajari dalam ....

a.     Kimia

b.     Fisika

c.      Biologi

d.     Ilmu Bumi dan Antariksa.

12.  Kelompok Aydan menyampakan hasil kerja dalam IPA di depan kelas. Pada kegiatan mencelupkan kertas saring atau kertas tisu pada gelas kimia yang berisi air, hasil yang disampakan antara lain garis memudar, warna air sesuai dengan tinta, air berkurang, gerak air merambat sangat cepat. Kegiatan yang dilakukan kelompok Aydan merupakan kegiatan penyelidikan ilmiah IPA, pada tahap ....

a.     Hipotesis

b.     Eksperimen

c.      Pengamatan

d.     Mengkomunikasikan.

13.  Seorang ilmuwan melakukan penelitian terhadap proses pertumbuhan tanaman yang dipengaruhi cahaya di laboratorium. Segala tahapan secara ilmiah dan alat bahannya telah dipersiapkan dengan panduan pengetahuan teoritis. Seluruh proses yang dilakukan peneliti disebut ....

a.     Analisis

b.     Pengukuran

c.      Pengamatan

d.     Metode ilmiah.

14.  Perhatikan objek-objek berikut!

(1)  Bumi;

(2)  Virus;

(3)  Bakteri;

(4)  Batu;

(5)  Semut.

Dari data di atas yang merupakan contoh objek IPA adalah ....

a.     1, 2, dan 3

b.     3

c.      4 dan 5

d.     Semua benar.

15.  Penyelidikan tentang penyusun dan perubahan zat dipelajari dalam ilmu ....

a.     Kimia.

b.     Fisika

c.      Biologi

d.     Ilmu Bumi dan Antariksa

16.  Ilmu yang mempelajari tentang sistem kehidupan mulai dari ukuran renik sampai dengan lingkungan yang sangat luas adalah ....

a.     Kimia

b.     Fisika

c.      Biologi.

d.     Ilmu Bumi dan Antariksa

17.  Dalam mempelajari ilmu IPA, jika kita menemukan suatu objek maka yang pertama kali harus kita lakukan adalah ....

a.     Mengamati.

b.     Menganalisis

c.      Membuat dugaan

d.     Merancang percobaan

18.  Perhatikan pernyataan berikut!

(1)   meningkatkan kualitas hidup;

(2)   memahami berbagai hal di sekitar kita;

(3)   menyelesaikan masalah;

(4)   berpikir logis dan sistematis;

(5)   menurunkan angka pengangguran.

Dari pernyataan di atas, yang merupakan kegunaan belajar IPA adalah ....

a.     1, 2, 3, dan 4.

b.     1, 2, 3, dan 5

c.      1, 2, 4, dan 5

d.     2, 3, 4, dan 5

19.  Pada saat ini kondisi air banyak yang mengalami pencemaran, sehingga air menjadi keruh. Padahal kebutuhan manusia dan makhluk hidup lain akan air yang bersih semakin meningkat. Bagaimana untuk mendapatkan air bersih dari air yang keruh tadi? Pernyataan tersebut sesuai dengan kegunaan mempelajari IPA ....

a.     meningkatkan kualitas hidup

b.     memahami berbagai hal di sekitar kita

c.      menyelesaikan masalah.

d.     berpikir logis dan sistematis

20.  Manusia dan makhluk hidup membutuhkan cahaya matahari untuk melangsungkan kehidupannya. Bisa dibayangkan andaikata matahari tidak memancarkan cahayanya. Mengapa matahari bercahaya? Pertanyaan ini sesuai dengan mempelajari IPA ....

a.     meningkatkan kualitas hidup

b.     memahami berbagai hal di sekitar kita.

c.      menyelesaikan masalah

d.     berpikir logis dan sistematis

 

 

Soal dan Jawaban Listrik Dinamis

  LISTRIK DINAMIS   1.        Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan suatu penghantar! Jawab : Faktor yang mempengaruhi h...