KUIS
PERTEMUAN 1 – PENYELIDIKAN IPA
1.
Merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan.
Penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau hubungan antar aspek
yang diamati dan membuat perkiraan. Kegiatan ini merupakan salah satu proses
yang dikuasai dalam penyelidikan IPA yang sering dikenal dengan sebutan ....
a. inferensi.
b. mengamati
c. menyimpulkan
d. mengelompokkan
2. Seluruh benda di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari
pola-pola keteraturannya disebut ....
a.
Objek IPA.
b.
Ilmu IPA
c.
Subjek IPA
d.
Cabang IPA
3. Perhatikan beberapa kejadian berikut!
1) Di langit pada malam hari nampak adanya bulan dan bintang;
2) Di pasar ada orang yang membeli makanan dan sayuran hijau;
3) Nasi dibiarkan beberapa hari akhirnya menjadi busuk;
4) Membuat puisi yang menggambarkan keindahan alam di pantai pada sore hari.
Kejadian yang dapat menjadi objek IPA adalah ....
a. 1 dan 3.
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
4. Penyajian data hasil penyelidikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan
gambar yang relevan merupakan kegiatan ....
a. Inferensi
b. Mengamati
c. Menyimpulkan
d. Mengomunikasikan.
5. Proses penyelidikan IPA yang dilakukan oleh para ilmuwan disebut metode
ilmiah. Langkah dalam metode ilmiah secara umum terdiri atas.....
a. Mengamati, menginferensi, dan mengomunikasikan.
b. Menginferensi, mengamati, dan mengomunikasikan
c. Mengomunikasikan, menginferensi, dan mengamati
d. Mengamati, mengomunikasikan, dan menginferensi
6.
Salah satu proses yang harus dikuasai dalam
penyelidikan ilmiah pada saat memperhatikan suatu objek adalah ....
a. Pengamatan.
b.
Mencicipi
c.
Melihat
d.
Meraba
7.
Menggunakan pancaindra, termasuk melakukan
pengukuran dengan alat ukur yang sesuai disebut ....
a.
Inferensi
b. Pengamatan.
c.
Menyimpulkan
d.
Mengomunikasikan
8.
Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan ....
a.
Teman
b.
Barang
c.
Ilmu pengetahuan
d. Data dan informasi.
9.
Penjelasan berdasarkan pengamatan digunakan untuk
....
a.
mengumpulkan data dan informasi
b.
mengomunikasikan hasil penyelidikan baik lisan
maupun tulisan
c.
menyajikan data dalam bentuk tabel, grafik, bagan,
dan gambar yang relevan
d.
menemukan pola-pola atau hubungan
antaraspek yang diamati dan membuat perkiraan.
10.
Ilmu yang mempelajari tentang aspek mendasar alam,
misalnya materi, energi, gaya, gerak, panas, cahaya, dan berbagai gejala alam
fisik lainnya disebut ....
a.
Kimia
b. Fisika.
c.
Biologi
d.
Ilmu Bumi dan Antariksa
11.
Asal mula bumi, perkembangan dan keadaan saat ini,
bintang-bintang, planet-planet, dan berbagai benda langit lainnya dipelajari
dalam ....
a.
Kimia
b.
Fisika
c.
Biologi
d. Ilmu Bumi dan Antariksa.
12.
Kelompok Aydan menyampakan hasil kerja dalam IPA di
depan kelas. Pada kegiatan mencelupkan kertas saring atau kertas tisu pada
gelas kimia yang berisi air, hasil yang disampakan antara lain garis memudar,
warna air sesuai dengan tinta, air berkurang, gerak air merambat sangat cepat.
Kegiatan yang dilakukan kelompok Aydan merupakan kegiatan penyelidikan ilmiah
IPA, pada tahap ....
a.
Hipotesis
b.
Eksperimen
c.
Pengamatan
d. Mengkomunikasikan.
13.
Seorang ilmuwan melakukan penelitian terhadap proses
pertumbuhan tanaman yang dipengaruhi cahaya di laboratorium. Segala tahapan
secara ilmiah dan alat bahannya telah dipersiapkan dengan panduan pengetahuan
teoritis. Seluruh proses yang dilakukan peneliti disebut ....
a.
Analisis
b.
Pengukuran
c.
Pengamatan
d. Metode ilmiah.
14.
Perhatikan objek-objek berikut!
(1)
Bumi;
(2)
Virus;
(3)
Bakteri;
(4)
Batu;
(5)
Semut.
Dari data di atas yang merupakan contoh objek IPA
adalah ....
a.
1, 2, dan 3
b.
3
c.
4 dan 5
d. Semua benar.
15.
Penyelidikan tentang penyusun dan perubahan zat
dipelajari dalam ilmu ....
a. Kimia.
b.
Fisika
c.
Biologi
d.
Ilmu Bumi dan Antariksa
16.
Ilmu yang mempelajari
tentang sistem kehidupan mulai dari ukuran renik sampai dengan lingkungan yang
sangat luas adalah ....
a.
Kimia
b.
Fisika
c. Biologi.
d.
Ilmu Bumi dan Antariksa
17.
Dalam mempelajari
ilmu IPA, jika kita menemukan suatu objek maka yang pertama kali harus kita
lakukan adalah ....
a. Mengamati.
b. Menganalisis
c. Membuat dugaan
d. Merancang percobaan
18.
Perhatikan pernyataan berikut!
(1)
meningkatkan kualitas hidup;
(2)
memahami berbagai hal di sekitar kita;
(3)
menyelesaikan masalah;
(4)
berpikir logis dan sistematis;
(5)
menurunkan angka pengangguran.
Dari pernyataan di atas, yang merupakan kegunaan
belajar IPA adalah ....
a. 1, 2, 3, dan 4.
b.
1, 2, 3, dan 5
c.
1, 2, 4, dan 5
d.
2, 3, 4, dan 5
19.
Pada saat ini kondisi air banyak yang mengalami
pencemaran, sehingga air menjadi keruh. Padahal kebutuhan manusia dan makhluk hidup
lain akan air yang bersih semakin meningkat. Bagaimana untuk mendapatkan air
bersih dari air yang keruh tadi? Pernyataan tersebut sesuai dengan kegunaan
mempelajari IPA ....
a.
meningkatkan kualitas hidup
b.
memahami berbagai hal di sekitar kita
c. menyelesaikan masalah.
d.
berpikir logis dan sistematis
20.
Manusia dan makhluk hidup membutuhkan cahaya
matahari untuk melangsungkan kehidupannya. Bisa dibayangkan andaikata matahari
tidak memancarkan cahayanya. Mengapa matahari bercahaya? Pertanyaan ini sesuai dengan
mempelajari IPA ....
a.
meningkatkan kualitas hidup
b. memahami berbagai hal di sekitar kita.
c.
menyelesaikan masalah
d.
berpikir logis dan sistematis