Sunday, 2 November 2014

RPP Struktur dan Fungsi Jaringan Akar



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                     :      SMP 
Mata Pelajaran        :      Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester        :      VIII/1
Materi Pokok           :      Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan serta Pemanfaatannya dalam Teknologi
Alokasi Waktu        :      6 pertemuan (15 JP)

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1          Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

2.
2.1          Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari


2.2          Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
Menunjukkan kerjasama dalam kelompok
3.
3.2.            Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang diilhami oleh struktur tersebut
3.2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan yang menyusun akar
3.2.4 Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di akar

3.2.2 Mengidentifikasi struktur jaringan yang menyusun batang
3.2.5 Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di batang

3.2.3 Mengidentifikasi struktur jaringan yang menyusun daun
3.2.6 Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di daun

3.2.7 Membandingkan struktur jaringan yang menyusun akar, batang dan daun
3.2.8 Menunjukkan pemanfaatan teknologi yang terilhami struktur tumbuhan
4.
4.2  Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan)
4.2.1 Mengumpulkan data berdasarkan hasil pengamatan struktur jaringan tumbuhan (akar, batang, daun) dan membuat laporannya

4.2.2 Mengidentifikasi berbagai fakta mengenai berbagai ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur jaringan tumbuhan





C.    Tujuan Pembelajaran
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial
Pertemuan PertamaKeenam
1.     Selama proses pembelajaran, peserta didik mampu mengagumi keteraturan dan kompleksitas struktur tumbuhan sebagai ciptaan Tuhan
2.     Peserta didik mampu menunjukkan sikap obyektif, teliti, hati-hati, bertanggung jawab, dan disiplin
3.     Peserta didik mampu menunjukkan kerjasama dalam kelompok
Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan
Pertemuan Pertama
3.2.1.1      Setelah melakukan kegiatan pengamatan, peserta didik dapat mengidentifikasi struktur dan fungsi organ tumbuhan

Pertemuan Kedua
3.2.1.2      Melalui kegiatan percobaan, peserta didik dapat mengidentifikasi jaringan yang menyusun akar tumbuhan dengan  teliti dan hati-hati
3.2.1.3      Melalui kerja sama dalam kelompok, peserta didik dapat menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di akar dengan bertanggung jawab
3.2.1.4      Melalui diskusi, peserta didik dapat mengidentifikasi akar tumbuhan yang mengalami modifikasi struktur dan fungsinya secara bertanggung jawab
4.2.1.2      Setelah mengumpulkan data berdasarkan hasil pengamatan struktur jaringan akar, peserta didik mampu menyusun laporan hasil pengamatan secara obyektif

D.    Materi Pembelajaran
Pertemuan Kedua
Struktur Dan Fungsi Jaringan Akar

Akar pada tumbuhan berfungsi sebagai jangkar, melindungi tumbuhan dari tiupan angin atau hanyutan air. Oleh karena itu akar mampu mendukung bagian tumbuhan lainnya.
Akar memiliki fungsi untuk menambatkan tubuh tumbuhan pada tempat tumbuhnya atau tanah, menyerap air dan garam-garam mineral terlarut dalam tanah, serta membantu menegakkan batang. Pada beberapa tumbuhan akar juga berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, misalnya karbohidrat atau zat tepung. Struktur jaringan yang menyusun organ akar dapat dilihat pada gambar berikut.
Gambar 1 Struktur jaringan penyusun pada akar
(kiri: dikotil, kanan: monokotil)

Keterangan:

1.      epidermis
2.      korteks
3.      endodermis
4.      periskel
5.      xilem
6.      parenkim
7.      xilem primer
8.      xilem sekunder
9.      kambium
10.  floem sekunder
11.  floem primer


Akar tumbuhan dikotil maupun monokotil bila dilakukan irisan melintang tampak bagian-bagian (daerah) atau jaringan-jaringan penyusun dari luar ke dalam sebagai berikut: epidermis, korteks, dan silinder pusat.
Jaringan terluar akar adalah epidermis. Sel-sel epidermis tersusun rapat satu dengan yang lain, tanpa ruang antarsel. Dinding selnya tipis sehingga mudah ditembus air. Epidermis dapat termodifikasi menjadi bulu-bulu akar yang berfungsi untuk memperluas bidang penyerapan. Bagian kedua berupa daerah korteks yang berisi jaringan-jaringan parenkim. Jaringan parenkim terdiri atas lapisan-lapisan sel berdinding tipis. Susunan sel tidak rapat sehingga banyak ruang antarsel untuk pertukaran gas. Korteks juga berfungsi untuk tempat penyimpanan cadangan makanan. Lapisan terdalam dari korteks disebut endodermis. Lapisan endodermis tersusun atas selapis sel yang menjadi pembatas antara korteks dan silinder pusat. Pada endodermis ditemukan bentukan seperti pita yang disebut pita kaspari yang berfungsi sebagai pengatur jalannya larutan yang diserap dari tanah masuk ke silinder pusat.
            Di sebelah dalam endodermis terdapat daerah silinder pusat atau stele. Silinder pusat tersusun atas jaringan pembuluh pengangkut dan jaringan-jaringan pendukung lainnya seperti periskel dan parenkim empulur. Sel-sel periskel berfungsi untuk membentuk cabang akar. Berkas-berkas pembuluh pengangkut terdiri atas xilem dan floem. Xilem atau pembuluh kayu berfungsi untuk mengangkut air dari akar melalui batang dan daun. Floem atau pembuluh tapis berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan. Berkas floem terpisah berseling dengan xilem. Tipe berkas pengangkut yang demikian disebut radial. Xilem membentuk bangunan seperti bintang. Pada akar monokotil xilem membentuk bangunan bintang yang berlengan banyak yaitu lebih dari 12 lengan. Pada dikotil xilem membentuk bangunan seperti bintang namun jumlahnya 2 sampai 6 lengan. Pada akar dikotil antara xilem dan floem terdapat kambium. Kambium merupakan jaringan yang selalu membelah. Pembelahan ke arah luar akan membentuk floem sekunder, pembelahan ke arah dalam membentuk xilem sekunder. Jaringan terdalam pada akar adalah parenkim empulur. Pada tumbuhan dikotil parenkim empulur sedikit berkembang atau tidak ada. Pada akar monokotil parenkim empulur berkembang dengan baik. Keberadaan parenkim empulur dapat diamati pada irisan melintang akar.
Tumbuhan monokotil seperti padi, jagung, dan rumput memiliki sistem perakaran serabut. Akar serabut biasanya memiliki struktur akar yang tipis dan menyebar. Sebaliknya pada tumbuhan dikotil seperti pada kacang tanah dan mangga memiliki perakaran tunggang.
Akar pada beberapa tumbuhan tidak hanya berfungsi memperkuat tumbuhan atau menyerap air serta mineral saja, tetapi akar juga mengalami modifikasi sehingga memiliki fungsi tertentu. Misalnya akar talas berfungsi sebagai tempat penyimpan cadangan makanan dan akar anggrek berfungsi sebagai akar napas. Pada wortel dan lobak akar tunggang berfungsi menyimpan cadangan makanan yang akan digunakan tumbuhan selama pembungaan dan pembentukan buah.

E.     Metode/Pendekatan Pembelajaran
1.      Pendekatan                   :    Saintifik dan Keterampilan Proses Sains
2.      Metode                           :    Diskusi dan Eksperimen
3.      Model pembelajaran   :    Discovery Learning

F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
a.      Lingkungan sekolah
b.      Tanaman
c.       Gambar struktur akar
d.     Gambar pondasi bangunan
e.      Presentasi (PowerPoint) Akar

2.      Alat/Bahan
a.      Alat:
Mikroskop
Silet
Nampan
Kaca benda
Kaca penutup
Pipet tetes
b.      Bahan:
Kecambah kacang tanah umur 7 hari
Kecambah jagung umur 7 hari
Air


3.      Sumber Belajar
a.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. hal. 71 - 94.
b.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru lmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. Kemenetrian Pendidikan dan Kebudayaan. hal. 197 - 233.
c.       Artikel

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 

Pertemuan Kedua (3 JP)

Kegiatan
Langkah-langkah Metode Discovery
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

-          Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
·         Guru memberi salam dan menyapa peserta didik
·         Guru bersama peserta didik berdoa untuk memulai pelajaran
-          Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang organ tumbuhan dan fungsinya
-          Guru mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari materi akar dengan menyajikan berbagai jenis akar atau menyerupai akar yang peserta didik  bawa dari rumah
-          Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
-          Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik

10
menit
Inti
Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada struktur akar dengan menayangkan gambar bangunan gedung, pohon-pohon besar, pohon tumbang, tumbuhan yang hidup di tanah subur, dan tumbuhan yang hidup di tanah gersang.

15
menit

Problem statemen (pertanyaan / identifikasi masalah)
Guru memberi kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan struktur jaringan penyusun akar, contohnya:
-    Apa saja bentuk-bentuk akar?
-     Apa saja jaringan penyusun akar?
-     Bagaimana struktur jaringan penyusun akar?
-     Apakah fungsi jaringan penyusun akar?
-     Apakah ada fungsi lain akar?

10
menit

Data collection (pengumpulan data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui:
-     Melakukan percobaan untuk  mengidentifikasi struktur jaringan pada akar (Ayo Kita Coba “Pengamatan struktur morfologi dan anatomi akar tumbuhan” halaman 75)
-     Memasukkan data hasil pengamatan pada tabel yang disediakan

30 menit

Data processing (pengolahan data)
Peserta didik mengolah data hasil pengamatan dengan cara mendiskusikan hasil pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan Ayo Kita Coba “Pengamatan struktur morfologi dan anatomi akar tumbuhan” halaman 75 terkait:
a.   jaringan yang menyusun akar
b.   perbedaan jaringan yang menyusun akar pada tumbuhan kacang tanah dan jagung

10 menit

Verification (pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data dan memverifikasi hasil pengolahan data dengan data-data pada buku sumber

10 menit

Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
Peserta didik menyimpulkan hasil percobaan dan diskusi dengan cara
-     menyimpulkan  hasil pengamatan struktur jaringan pada akar tumbuhan
-     melaporkan hasil pengamatan dan kesimpulannya tentang struktur jaringan pada akar

20 menit
Penutup

-          Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman / simpulan pelajaran
-          Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan dengan mengagumi keteraturan dan kompleksitas struktur tumbuhan sebagai ciptaan Tuhan
-          Guru memberikan tugas  kelompok untuk mengobservasi akar yang mengalami modifikasi struktur dan fungsinya sehingga memiliki fungsi tambahan bagi tumbuhan
-          Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu struktur dan fungsi jaringan pada batang
15 menit
H.    Penilaian
1.      Sikap spiritual dan sosial
a.      Jenis/teknik Penilaian: observasi, penilaian diri dan penilaian antar peserta didik
b.      Bentuk instrumen dan instrumen: lembar observasi, lembar penilaian diri dan lembar penilaian antar peserta didik
c.       Kisi-kisi
No.
Sikap/nilai
Butir instrumen
1.
Spiritual
1.1
2.
Sikap Sosial
1.2
3.
Sikap Tanggung Jawab
1.3

d.     Pedoman penskoran: lampiran 1

2.      Pengetahuan
a.      Jenis/teknik Penilaian: tugas, tes tulis
b.      Bentuk instrumen dan instrumen: soal uraian dan soal pilihan ganda
c.       Kisi-kisi
No.
Indikator
Butir instrumen
1.
Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur jaringan yang menyusun akar
Tes tulis no 1
2.
Peserta didik dapat menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di akar
Tes tulis no 2
3.
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi akar
Tes tulis no 3
4.
Peserta didik dapat mengidentifikasi tumbuhan yang mengalami modifikasi struktur dan fungsi akar
Tugas
Tes tulis no 4

d.     Pedoman penskoran: lampiran 2

3.      Keterampilan
a.      Jenis/teknik Penilaian: tes praktik
b.      Bentuk instrumen dan instrumen: skala penilaian
c.       Kisi-kisi dan pedoman penskoran: lampiran 3




Lampiran 1: Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial

Instrumen 1.1 Penilaian Diri

LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL

PETUNJUK
1.      Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2.      berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari

Nama Peserta Didik  :    ………………….
Kelas                          :    ………………….
Materi Pokok             :    ………………….
Tanggal                      :    ………………….

No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya semakin yakin dengan keberadaan Tuhan setelah mempelajari ilmu pengetahuan




2
Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan




3
Saya mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan




4
Saya memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum 




5
Saya mengungkapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaranNya




Jumlah





Petunjuk Penskoran :
Konversi tanda cek (Ö) yang diisi peserta didik sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
1   =   tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2   =   kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3   =   sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
4   =   selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :


Instrumen 1.2 Observasi

Lembar Observasi Sikap Sosial

Kelas                           : ……………………….
Hari, tanggal              : ……………………….
Materi Pokok/Tema  : ……………………….

            No
Nama Peserta Didik
Sikap
Keterangan
Obyektif
Teliti
Hati-hati
Bertanggung jawab
Disiplin
1.







2.







3.







4.







5.








Kriteria penskoran :
4 =  apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1 =  apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap

Petunjuk penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Instrumen 1.3 Penilaian Antar Peserta Didik

Lembar Penilaian Antar Peserta Didik
Sikap Tanggung Jawab


Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap sosial peserta didik lain dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4   =   selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3   =   sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2   =   kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1   =   tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan


Nama peserta didik yang dinilai   :  ...............
Tanggal pengamatan                     :  ...............
Materi pokok                                   :  ...............

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan




3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat




4
Mengembalikan barang yang dipinjam




5
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan




Jumlah Skor





Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Lampiran 2: Penilaian Pengetahuan

a.      Tugas:
Indikator :
Peserta didik dapat mengidentifikasi tumbuhan yang mengalami modifikasi struktur dan fungsi akar

Soal:
Ayo Kita Lakukan
(Buku Siswa halaman 77)

Lakukan observasi secara kelompok
Carilah berbagai informasi (informasi didapat dari buku, pengamatan tumbuhan di sekitar, internet, majalah atau koran) akar yang mengalami modifikasi struktur dan fungsinya sehingga memiliki fungsi tambahan bagi tumbuhan. Datalah setiap informasi yang kamu dapat.

Tabel Data Hasil Observasi
No
Tumbuhan
Bentuk/struktur akar
Fungsi modifikasi akar
Sumber informasi
















Carilah informasi secara akurat dan jelas!


Kunci Jawaban
No
Tumbuhan
Bentuk /struktur akar
Fungsi modifikasi akar
Sumber informasi
1.
Beringin dan pandan
Akar Tunjang
Membentuk akar tunjang pada dasar  batang yang stabil

2.
Anggrek
Akar gantung atau akar udara
Menimbun air atau udara

3.
Benalu
Akar penghisap (heustoria)
Menghisap air dan mineral dari inang

4.
Wortel dan ubi kayu
Akar penyimpanan cadangan makanan
Penyimpanan karbohidrat

5.
Cucurbitaeae
Akar penyimpanan air
Untuk menyimpan air

6.
Sonneratia (bogem) dan afvicennia (kayu api)
Pneumattofora
Alat untuk memasukan oksigen ke dalam akar

7.
Lili
Akar  kotraktil
Untuk tumbuh


Jawaban minimal 4 tumbuhan.
Skor maksimum = 100

Jika kurang dari 4 tumbuhan, maka:
nilai = jumlah jawaban x 25


b.     Tes Tulis
Bentuk soal: pilihan ganda dan uraian

Indikator Soal
Soal
No
Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur jaringan yang menyusun akar
1.      Rambut atau bulu akar hanya terdapat pada bagian akar yang masih muda yang merupakan penonjolan atau diferensiasi dari jaringan ….
a.  epidermis        
b.  endodermis     
c.  korteks
d. silinder pusat

1
Peserta didik dapat menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di akar
2.      Perhatikan gambar anatomi akar di bawah!
X
Berdasarkan gambar, fungsi dari struktur X adalah ….
a.       memperluas area penyerapan air dan unsur hara dari tanah
b.      melindungi akar ketika menembus tanah
c.       mengangkut air dan unsur hara dari tanah
d.      menopang pohon untuk tetap dapat berdiri





2
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi akar
3.      Berikut ini, bagian-bagian akar yang dilalui oleh air tanah secara berturut-turut adalah ….
a.       epidermis bulu akar – parenkim – endodermis – xilem akar
b.      epidermis bulu akar – endodermis – parenkim – xilem akar
c.       epidermis bulu akar – kambium – parenkim – xilem akar
d.      kulit luar – kambium – endodermis – xilem akar

3
Peserta didik dapat mengidentifikasi tumbuhan yang mengalami modifikasi struktur dan fungsi akar
4.      Akar pada tumbuhan berfungsi sebagai penopang tumbuhan untuk tumbuh, namun pada beberapa tumbuhan akar termodifikasi membentuk fungsi khusus. Sebutkan 3 macam jenis akar yang termodifikasi disertai dengan contoh tumbuhanya!
4

Rubrik Penilaian:
No.
Kunci Jawaban
Skor maksimum
1.
A
1
2.
A
1
3.
A
1
4.
-          Akar Tungang: Beringin dan pandan  
-          Akar gantung atau akar udara: Anggrek        
-          Akar penghisap (heustoria): Benalu     
-          Akar penyimpanan cadangan makanan: Wortel dan ubi kayu
-          Akar penyimpanan air: Cucurbitaeae  
-          Pneumattofora: sonneratia (bogem) dan afvicennia (kayu api)
-          Akar  kotraktil: Lili         
3
Skor maksimum
6

Nilai = skor diperoleh/skor maksimum x 100







Lampiran 3: Penilaian Ketrampilan

Instrumen Penilaian Tes Praktik

Nama peserta didik yang dinilai   :  ...............
Kelas / No                                      :  ...............

No.
Indikator
Hasil Penilaian
3
(baik)
2 (cukup)
1
(kurang)
1
Menyiapkan alat dan bahan



2
Deskripsi pengamatan



3
Melakukan praktik



4
Mempresentasikan hasil praktik



Jumlah Skor yang Diperoleh


Rubrik Penilaian

No
Indikator
Rubrik
1
Menyiapkan alat dan bahan
3.         Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan.
2.         Menyiapakan sebagian alat dan bahan yang diperlukan.
1.         Tidak menyiapakan seluruh alat dan bahan yang diperlukan.

  1.  
Deskripsi pengamatan
3.         Memperoleh deskripsi hasil pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
2.         Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
1.         Tidak memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

  1.  
Melakukan praktik
3.         Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada.
2.         Mampu melakukan praktik dengan menggunakan sebagian prosedur yang ada.
1.         Tidak mampu melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada.



  1.  
Mempresentasikan hasil praktik
3.         Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.
2.         Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.
1.         Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.

Kriteria penilaian


Lembar Kerja Siswa
Pengamatan struktur morfologi dan anatomi akar tumbuhan


Judul kegiatan
Pengamatan akar tumbuhan

Apa yang kamu perlukan?

1.      Mikroskop
2.      Silet
3.      Nampan
4.      Kecambah kacang tanah
umur 7 hari
5.      Kecambah jagung umur 7 hari
6.      Kaca benda dan kaca penutup
7.      Pipet tetes
8.      Air


Apa yang harus kamu lakukan?
1.      Amatilah bentuk akar pada kecambah kacang panjang dan kecambah jagung.
2.      Identifikasikanlah, apakah akar yang diamati termasuk akar serabut atau akar tunggang?
3.      Buatlah sayatan melintang pada akar dari tumbuhan kacang tanah dan jagung menggunakan silet! Usahakanlah irisan setipis mungkin dan berhati-hatilah ketika menggunakan silet, karena dapat melukai tanganmu.
4.      Letakkan sayatan akar pada kaca benda yang terpisah yang telah ditetesi dengan air. Letakkan sayatan akar tersebut pada kaca benda yang terpisah.
5.      Tutuplah kedua kaca benda tersebut dengan kaca penutup.
6.      Amatilah kedua preparat yang telah dibuat menggunakan mikroskop dengan perbesaran 40 kali.
7.      Gambarkan bagian-bagian yang teramati dan beri keterangan.
8.      Bandingkan struktur jaringan pada organ akar yang kamu amati dengan gambar yang ada pada buku.
9.      Catatlah data pengamatan pada tabel berikut.
Isikan data pengamatan kamu!
Organ tumbuhan yang diamati
Gambar morfologi akar
Sistem perakaran (serabut/tunggang)
Gambar anatomi akar
Akar
kacang tanah








Akar
jagung










Ayo pikirkan
1.      Jaringan apa sajakah yang menyusun akar?
2.      Sebutkan perbedaan jaringan yang menyusun akar pada tumbuhan kacang tanah dan jagung!

Coba simpulkan hasil pengamatanmu


Ayo Kita Coba  (Buku Siswa halaman 75 – 76)

Soal dan Jawaban Listrik Dinamis

  LISTRIK DINAMIS   1.        Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan suatu penghantar! Jawab : Faktor yang mempengaruhi h...