RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VIII/1
Topik : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Serta
Pemanfaatannya
dalam Teknologi
Sub
Topik : Struktur dan Fungsi Organ Tumbuhan
Alokasi
Waktu : 1 pertemuan (2 JP)
A. KOMPETENSI INTI
KI. 1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
KI. 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dalam jangkuan pergaulan
dan keberadaannya.
KI. 3. Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI. 4. Mencoba, mengolah dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi ,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR
1.1. Menghargai keteraturan dan
kompleksitas ciptaan tuhan tentang aspek fisik dan kimiawai, kehidupan dalam ekosistem,
dan peran manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya.
2.1. Menunjukan prilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung
jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif , dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari.
2.2. Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
2.3. Menunjukan perilaku bijaksana dan
bertanggung jawabdalam aktivitas sehari-hari
3.2. Menjelaskan keterkaitan struktur
jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatan dalam teknologi
yang terilhami oleh setruktur tersebut
Indikator :
1. Mendeskripsikan struktur dan
fungsi organ tumbuhan
4.2. Melakukan pengamatan terhadap
struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang
terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan)
Indikator
:
1. Mengumpulkan data berdasarkan hasil
pengamatan struktur dan fungsi organ tumbuhan
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi organ yang
ada pada tumbuhan melalui pengamatan
tumbuhan
2. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menyebutkan
nama organ pada tumbuhan
3. Melalui diskusi kelompok , peserta didik dapat menjelaskan
fungsi dari masing-masing organ pada tumbuhan
D.
MATERI
Organ yang ada pada tumbuhan yaitu:
E. PENDEKATAN /MODEL/METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Saintifik dan ketrampilan proses sains
2. Model : Discovery Learning
3.
Metode : diskusi
F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media : Lingkungan sekitar
2.
Alat/bahan : Tumbuhan
3.
Sumber Belajar : Buku IPA SMP kelas VIII
LKS struktur dan fungsi organ tumbuhan
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
situasi (stimulasi)
|
ü Melakukan pemusatan perhatian peserta didik pada kegiatan
belajar dengan cara:
·
Menunjukan
tumbuhan di depan kelas dan membandingkan dengan salah satu peserta didik
·
Memancing
peserta didik agar bertanya berkaitan dengan tumbuhan
ü Menyampaian KD, tujuan pembelajaran dan cakupan materi
|
10
menit
|
Inti
|
Pembahasan
Tugas dan identifikasi masalah
Observasi
pengumpulan data
Pengolahan
data dan analisa
Verifikasi
Generalisasi
|
ü Menyampaiakan informasi tentang
kegiatan yang akan dilakukan yaitu identifikasi organ yang ada pada
tumbuhan
ü Mengingatkan peserta didik untuk
membaca literature tentang organ tumbuhan pada buku siswa halaman 72-73
ü Peserta didik mengamati organ –organ
yg ada pada tumbuhan
ü Secara berkelompok berdiskusi
mengidentifikasi, menentukan nama organ, dan fungsi organ pada tumbuhan,
ü Mengolah dan menganalisa data dengan
cara menjawab pertanyaan –pertanyaan
pada LKS tentang struktur dan fungsi
organ tumbuhan (ayo mencoba halaman 73)
ü Mendiskusikan hasil jawaban pertanyaan –pertanyaan di LKS dan mencocokkan
dengan konsep struktur dan fungsi organ tumbuhan yang
ada pada buku siswa (halaman 72-73)
ü Membuat kesimpulan tentang struktur dan fungsi organ pada tumbuhan
ü Peserta didik presentasi hasil kerja kelompok
|
55
menit
|
Penutup
|
|
ü Peserta didik dan guru mereviu hasil
kegiatan pembelajaran tentang struktur dan fungsi organ tumbuhan
ü Memberi penghargaan pada pada kelompok
yang kinerjanya terbaik
ü Memberi tugas baca materi untuk
pertemuan berikutnya yaitu struktur jaringan akar.
|
15
menit
|
H. PENILAIAN
1. Jenis dan Bentuk Instrumen
Jenis
|
Bentuk
Instrumen
|
·
Penilaian
sikap
|
Lembar
pengamatan sikap
|
·
Penilaian
Pengetahuan
|
Soal
tes uraian
|
·
Penilaian
Ketrampilan
|
Soal
tes unjuk kerja
|
2. Instrumen
a. Lembar pengamatan sikap
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Kerja
sama
|
Disiplin
|
Proaktif
|
Jumlah
skor
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Nilai
=
x 100
|
Skore 2 jika kadang berprilaku dalam kegiatan
Skore 3 jika sering berprilaku dalam
kegiatan
Skore 4 jika selalu berprilaku dalam kegiatan
Nilai : 80 – 100 predikat sangat baik
70 – 79 predikat
baik
60 – 69 predikat cukup
< 60
predikat kurang
b. Soal Tes Uraian
Indiator
|
Soal
|
Menyebutkan
nama organ pada tumbuhan
|
1.
Sebutkan struktur organ pada tumbuhan
|
Menjelaskan
fungsi dari masing-masing organ pada tumbuhan
|
2.
Jelaskan fungsi dari organ-organ yang
menyusun tumbuhan
|
Kunci :
1.
Daun, batang dan akar
2. Daun
memiliki fungsi utama sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. Batang secara umum memiliki fungsi sebagai berikut:
a. Penyokong tumbuhan
b. Memperluas tajuk tumbuhan untuk efisiensi
penangkapan cahaya matahari
c. Sebagai tempat pengangkutan air dan
unsur hara dari akar menuju daun
d. Sebagai tempat menyimpan cadangan makanan
pada tumbuhan tertentu.
Akar
secara umum mempunyai fungsi sebagai berikut:
a.
Menambatkan tubuh tumbuhan pada tanah.
b.
Menyerap air dan mineral dari tanah.
c.
Membantu menegakkan batang.
d. Sebagai tempat menyimpan cadangan
makanan pada tumbuhan tertentu
Rubrik
1.
Setiap jawaban betul soal no 1 diberi skor 20 dan no, 2 diberi skor 80
2.
Nilai akhir = jumlah skor
c.
Soal Tes Unjuk kerja
Indicator
|
Soal
|
Mengidentifikasi
organ yang ada pada tumbuhan
|
Cari/ambil
tanaman yang sudah disediakan
tempelkan kertas pada bagian tumbuhan berilah nama organ tersebut
|
Rubrik
1.
Terampil dan betul dalam menamai organ
diberi skor 100
2.
Kurang terampil dan betul dalam menamai organ diberi skor 85
3.
Terampil dan sebagaian betul dalam menamai organ diberi skor 75
4.
Kurang terampil dan sebagian betul dalam menamai diberi skor 60
5.
Kurang terampil dan tidak betul dalam menamai diberi skor 50
2.
Nilai akhir = jumlah skor yang diperoleh
LEMBAR KERJA SISWA
KELOMPOK
………………..
Apa
yang harus kamu lakukan
1. Bersama kelompokmu identifikasi lah
organ-organ pada tumbuhan
2. Tuliskan
nama organ dan fungsinya
Nama organ …………………………………………………………
Fungsinya
...............................................................
|
Nama organ …………………………………………………………
Fungsinya
...............................................................
a.
b.
c.
d
|
Nama organ …………………………………………………………
Fungsinya
...............................................................
a.
b.
c.
d
|
Kesimpulan
: ……………..