Wednesday 29 October 2014

RPP Rangka, Otot dan Pesawat Sederhana



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R P P  )

                             Sekolah                                            : SMP
                             Mata Pelajaran                                 : IPA
                             Kelas/Semester                                : 8/1
                             Topik                                               : Rangka, Otot dan Pesawat Sederhana
                             Alokasi Waktu                                 : 1 kali pertemuan (2 x 40 menit) 

A.        Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.          Kompetensi dasar
1.1.
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
Indikator
1.    Mengagumi dan mensyukuri bahwa Tuhan telah menciptakan Rangka, otot serta pesawat sederhana yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.
2.    Mengagumi dan mensyukuri bahwa manusia di beri kemampuan oleh Tuhan untuk bergerak dengan rangka dan otot serta memanfaatkan pesawat sederhana yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.
3.    Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan tentang sistem gerak
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah(memiliki rasa ingin tahu: obeyektif; jujur;teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
Indikator :
1.    Menunjukkan rasa ingin tahu, jujur dan teliti dalam melakukan pengamatan
2.    Menunjukkan perilaku jujur, teliti, tekun, hati-hati dan bertanggung jawab dalam melakukan percobaan
3.    Menunjukkan perilaku terbuka, kritis, sopan dalam melakukan diskusi
2.2.
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percoban
Indikator
1.    Menunjukkan sikap toleransi, gotong royong dalam melaksanakan percobaan dan melakukan diskusi
2.    Menunjukkan sikap sopan, toleransi, tanggung jawab dan percaya diri dalam melaporkan hasil percobaan dan hasil diskusi
3.6.
Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi
Indikator :
1.    Mendeskripsikan struktur otot bagi manusia
2.    Mendeskripsikan fungsi otot bagi manusia
3.    Membedakan jenis-jenis otot manusia
4.8
Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari
Indikator :
1.    Mengidentifikasi kelaianan dan penyakit pada sistem gerak
2.    Identifikasi kelaianan penyakit sistem gerak dalam bentuk poster.

 C.      Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
1.       Melalui kegiatan mengamati peragaan yang ditunjukkan oleh guru, peserta didik mengagumi dan mensyukuri bahwa Tuhan telah menciptakan rangka, otot serta pesawat sederhana yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.
2.       Melalui kegiatan mengamati peragaan yang ditunjukkan oleh guru, peserta didik Mengagumi dan mensyukuri bahwa manusia di beri kemampuan oleh Tuhan untuk bergerak dengan rangka dan otot serta memanfaatkan pesawat sederhana yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.
3.       Melalui kegiatan mengukur diameter lengan atas pada saat meluruskan dan membengkokkan, peserta didik dapat menjelaskan tentang struktur otot dan ciri-ciri otot yang berkontraksi dan relaksasi.
4.       Melalui kegiatan mengamati tayangan dalam video pembelajaran, peserta didik mengetahui dan menjelaskan jenis otot pada manusia serta ciri-ciri otot  lurik, polos dan jantung.
5.       Melalui kegiatan membuat poster, peserta didik mampu mengidentifikasi kelainan dan penyakit pada sistem gerak khususnya pada otot manusia.

D.      Materi
Otot (musculus) disebut juga daging. Otot pada umumnya bekerja dalam kelompok untuk menghasilkan suatu gerakan. Dua kelompok otot atau lebih dapat bekerja secara antagonis atau sinergis. Antagonis maksudnya kerja antara dua kelompok otot saling berlawanan. Jika satu kelompok otot berkontraksi maka kelompok otot yang lain berelaksasi. Contohnya, kerja otot bisep dan trisep.
Sebaliknya, kerja otot sinergis berarti kedua kelompok otot bekerja secara bersama-sama dan tidak saling melawan. Contohnya, otot-otot tulang rusuk yang bekerja bersama-sama ketika kita menarik napas. Kontraksi otot dapat terjadi karena adanya ion Ca2+ di dalam jaringan otot.
Fungsi jaringan otot adalah melaksanakan gerakan, memelihara postur tubuh, dan memproduksi panas.
Otot yang mampu menggerakkan tulang adalah otot yang melekat pada tulang atau rangka yang disebut otot lurik, sedangkan otot polos dan otot jantung tidak menggerakkan tulang, karena tidak melekat pada tulang atau rangka.
Ciri otot polos
-             Berbentuk gelendong
-             Mempunyai inti sel
-             Tak mempunyai garis melintang
-             Cara kerjanya di luar kesadaran
 Ciri otot lurik
-            Berbentuk panjang, lurik
-             Mempunyai banyak inti sel
-             Tampak jelas, bagian gelap dengan terang
-             Cara kerjanya di bawah kesadaran
 Ciri otot jantung
-            Berbentuk memanjang
-            Mempunyai inti sel . (tengah)
-            Terdapat garis melintang gelap & terang
-            Cara kerjanya di luar kesadaran

E.       PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.       Pendekatan                               : Scientific
2.       Metode                       : Diskusi dan Eksperimen
3.       Model                           : Discovery Learning

F.       MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
-          Media                           :
Tubuh Manusia, Video Pembelajaran, Laptop, dan LCD
-          Alat dan Bahan
No.
Nama Alat / Bahan
Jumlah
1.
Meteran (yang biasa dgunakan oleh penjahit) kalo tidak ada memakai tali atau kertas
Secukupnya
2.
Alat tulis
Secukupnya
3.
Buku tulis
1 buah
4.
Penggaris
1 buah

-          Sumber Belajar
a.     Buku IPA SMP Kelas 8, Puskurbuk 2013 halaman 47 – 51
b.    LKS tentang percobaan ciri-ciri otot kontraksi dan relaksasi.

G.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

a.    Pendahuluan (10 menit)
1.    Guru menyampaikan salam dan menanyakan kabar peserta didik
2.    Motivasi : guru meminta peserta didik untuk meluruskan dan membengkokkan tangan, apa yang dirasakan oleh peserta didik?
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4.    Guru menyampaikan rencana kegiatan
b.    Inti  Struktur Otot(50 menit)
1.    Guru menyampaikan agar siswa berpasang dengan teman sebangku
Mengamati
2.    Peserta didik diminta untuk meluruskan dan membengkokkan tangan.
Menanya
3.    Peserta didik merumuskan pertanyaan apakah aktivitas tertentu kontraksi dan relaksasi otot?
 Mengumpulkan Data
4.    Peserta didik melakukan praktikum mengukur diameter lengan atas serta ciri-cirinya saat lengan di luruskan dan dibengkokkan.
Mengasosiasi
5.    Peserta didik berdiskusi untuk mengolah data percobaan ke dalam bentuk tabel.
6.    Peserta didik berdiskusi untuk membandingkan data diameter lengan atas saat tangan d luruskan maupun di bengkokkan serta ciri-ciri otot berkontraksi dan relaksasi.
7.    Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan ciri-ciri otot yang berkontraksi dan relaksasi dan besarnya diameter lengan atas yang berbeda saat tangan diluruskan dan dibengkokkan.
Mengkomunikasikan
8.    Peserta didik membuat laporan hasil diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya.
c.     Inti Jenis Otot (50 menit)
1.    Guru membagi peserta didik menjadi 8 kelompok secara heterogen
Mengamati
2.    Peserta didik diminta untuk melihat video pembelajaran tentang jenis otot.
Menanya
3.    Peserta didik merumuskan pertanyaan apakah jenis otot manusia dan jelaskan ciri-ciri otot-otot manusia?
Mengumpulkan Data
4.    Peserta didik melakukan pengamatan video pembelajaran jenis otot dan ciri-cirinya.
Mengasosiasi
5.    Peserta didik berdiskusi untuk mengolah data percobaan ke dalam bentuk tabel.
6.    Peserta didik berdiskusi untuk membandingkan data jenis otot pada manusia.
7.    Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan ciri-ciri otot lurik, polos dan jantung.
Mengkomunikasikan
8.    Peserta didik membuat laporan hasil diskusi dan mempresentasikan hasil diskusinya
H.   Penutup (10 menit)
1.    Guru memberi penghargaan untuk kelompok dengan penampilan terbaik
2.    Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran dan memberi penguatan
3.    Guru meminta peserta didik untuk membawa alat-alat seperti palu, gunting, gunting kuku, tang, baut, mur, pembuka tutup botol, pinset, pengambil roti.

I.        PENILAIAN
1.       Sikap spiritual
a.    Teknik Penilaian                                : Penilaian diri
b.    Bentuk Instrumen                              : Lembar penilaian diri
No
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
1
2.
Mengagumi dan mensyukuri bahwa Tuhan telah menciptakan sistem gerak yang ada pada tubuh manusia
1
3.
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
1
4.
Mengagumi dan mensyukuri kebesaran Tuhan yang telah menciptakan tubuh dalam bentuk sempurna.
1
5.
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan tentang sistem gerak
1
Instrumen                           : lihat lampiran 1
2.       Sikap sosial
a.    Teknik Penilaian              : observasi
b.    Bentuk Instrumen           : lembar observasi
c.     Kisi-kisi                         :

No
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1.
Menunjukkan perilaku jujur, teliti, tekun, hati-hati dan bertanggung jawab dalam melakukan pengamatan dan percobaan
1
2.
Menunjukkan perilaku terbuka, kritis, sopan dalam melakukan diskusi
1
3.
Menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong dalam melaksanakan percobaan dan melakukan diskusi
1
Instrumen           : lampiran 2

3.       Pengetahuan
a.    Teknik Penilaian                                : tes tertulis dan tes lisan
b.    Bentuk Instrumen           : soal pilihan dan uraian
c.     Kisi-kisi                                  :
No
Indikator
Butir Instrumen
1.
Siswa mengetahui Fungsi otot

Soal tes tulis nomor 1 pilihan ganda
2.
Siswa mampu membedakan otot lurik dan jantung

Soal tes tulis nomor 2 pilihan ganda
3.
Siswa dapat Mengetahui kerja 2 otot yang berbeda

Soal tes tulis nomor 3 pilihan ganda
4.
Siswa mampu menyebutkan Persamaan antara otot polos dan otot jantung

Soal tes tulis nomor 4 pilihan ganda
5.
Siswa Kerja otot lengan atas

Soal tes tulis nomor 5 pilihan ganda
6.
Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri otot yang berkontrasi dan relaksasi
Soal tes tulis nomor 1 essay
7.
Siswa dapat membedakan jenis otot
Soal tes tulis nomor 2 essay
8.
Siswa dapat menyebutkan organ yang menggunakan otot polos dan lurik
Soal tes tulis nomor 3 essay
9.
Siswa dapat menjelaskan organ yang dikendalikan oleh otot sadar
Soal tes tulis nomor 4 essay
10.
Siswa dapat menjelaskan kerja otot lengan
Soal tes tulis nomor 5 essay
 
  Soal lisan
1.
Siswa dapat menjelaskan perbedaan bisep dan trisep?

2.

Siswa dapat menjelaskan kerja otot saat tangan bergerak lurus

3.
Siswa dapat menjelaskan kerja otot saat tangan dibengkokkan

4.
Siswa dapat menjelaskan ciri otot saat kontraksi

5.
Siswa dapat menjelaskan ciri otot saat relaksasi

6.
Siswa dapat menjelaskan otot sadar dan otot tak sadar

7.
Siswa dapat menyebutkan pembagian jenis otot

8.
Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri otot polos

9.
Siswa dapat menjelaskan  ciri-ciri otot lurik

10.
Siswa dapat menjelaskan  ciri-ciri otot jantung


Instrumen           : lampiran 3

4.       Keterampilan
a.    Teknik Penilaian                                : praktek
b.    Bentuk Instrumen           : lembar penilaian praktek
c.     Kisi-kisi                                  :

No
Keterampilan
Butir Instrumen
1.
Melakukan percobaan mengukur diameter lengan atas akibat tangan diluruskan atau dibengkokkan
1
Instrumen           : lihat lampiran 4


Lampiran 1
Instrumen Aspek Sikap spiritual

Indikator : Menunjukkan kekaguman, keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan terkait tentang struktur dan fungsi otot manusia.

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 =  selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =  sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2 =  kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
1 =  tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Rubrik :
Nama Peserta Didik                : .........................
Kelas                                             :..........................
Tanggal Pengamatan              : .........................
Materi Pokok                             : .........................

No

Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2.
Mengagumi dan mensyukuri bahwa Tuhan telah menciptakan sistem gerak yang ada pada tubuh manusia




3.
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4.
Mengagumi dan mensyukuri kebesaran Tuhan yang telah menciptakan tubuh dalam bentuk sempurna.




5.
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan tentang sistem gerak





Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :


Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik         : apabila memperoleh skor : 3,50 < skor ≤ 4,00
Baik                       : apabila memperoleh skor : 2,50 < skor ≤ 3,50
Cukup                   : apabila memperoleh skor : 1,50 < skor ≤ 2,50
               Kurang   : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,50

Lampiran 2
Instrumen Aspek Sikap Sosial
Indikator : menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, sopan dan percaya diri dalam pembelajaran mengenai struktur dan fungsi otot pada manusia.

Lembar Observasi
Petunjuk             :
Lembaran ini di isi oleh guru untuk menilai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4              : selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3              : sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2              : kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1              : tidak pernah, pabila tidak pernah melakukan

No
TANGGUNG JAWAB
 1
2 
3 
4 
1
Berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain




2
Mengembalikan barang yang dipinjam




3
Jika berjanji pasti menepatinya




4
Tidak menyalahkan orang lain untuk kesalahan yang diperbuat sendiri





JUMLAH SKOR



Disiplin
 1
2 
3 
4 
Tidak mudah putus asa




Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan




Melakukan sesuatu tanpa ragu-ragu




Berani mencoba hal-hal yang baru




JUMLAH SKOR



Toleransi
 1
2 
3 
4 
Tidak suka mengganggu teman yang lain




Mau bekerjasama dengan siapa pun




Mau menerima kekurangan orang lain




Menghormati teman yang berbeda pendapat




Mau memaafkan kesalahan orang lain




JUMLAH SKOR


Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik         : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                       : apabila memperoleh skor : 2,50 < skor ≤ 3,33
Cukup                   : apabila memperoleh skor : 1,50 < skor ≤ 2,33
            Kurang                 : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,50
Lampiran 3
Penilaian Pengetahuan

Petunjuk             :
Tes Lisan.
Peserta didik diminta maju satu persatu untuk mengambil gulungan kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara lisan.

Tes Ulangan Harian
Pada saat ulangan harian siswa mengerjakan soal yang diberikan guru.

Indikator             :  Mendeskripsikan struktur otot bagi manusia
                                            Mendeskripsikan fungsi otot bagi manusia

a.       Tes Tertulis
-          Pilihan Ganda
1.         Otot yang melekat pada rangka tubuh manusia dan berfungsi sebagai alat gerak aktif dibawah kendali sistem saraf sadar adalah ....
a. otot polos
b. otot rangka
c. otot jantung
d. otot polos dan otot lurik
2.         Otot jantung dan otot lurik memiliki perbedaan dalam hal ....
a. sifat kerja
b. sifat kerja, bentuk, dan letak
c. bentuk
d. letak
3.         Jika suatu kelompok otot berkontraksi untuk menghasilkan gerakan, tetapi kelompok otot lainnya relaksasi maka termasuk kerja otot yang ....
a. antagonis
b. sinergis
c. origo
d. insersio
4.         Persamaan antara otot polos dan otot jantung ialah ....
a. letak inti tersebar
b. bekerja secara tidak sadar
c. menempel pada otot rangka
d. letaknya ada pada alat gerak
5.         Pada saat bisep lengan mengendur maka . . . .
a. trisep lengan mengendur
b. trisep lengan tidak bergerak
c. tangan menjadi lurus
d. lengan menekuk

-          Uraian
1.         Jelaskan ciri-ciri otot yang melakukan kontraksi dan relaksasi?
2.         Apa perbedaan antara otot rangka, otot polos, dan otot jantung?
3.         Tuliskan 5 jenis organ tubuh yang dikendalikan oleh otot polos dan 5 organ tubuh yang dikendalikan oleh otot lurik! Jelaskan mengapa demikian jawaban kamu!
4.         Jelaskan apa yang terjadi apabila otot pada organ dalam tubuh dikendalikan oleh otot sadar
5.         Jelaskan mekanisme kerja otot lengan pada saat kamu melakukan gerakan push up


b.      Tes Lisan

Pertanyaan
Jawaban
1.   Apa yang dimaksud dengan bisep dan trisep?
Bisep : otot yang memiliki 2 tendon
Trisep : otot yang memiliki 3 tendon
2.   Apa yang terjadi pada otot apabila kita meluruskan tangan?
Otot bisep akan relaksasi dan otot trisep kontraksi
3.   Apa yang terjadi pada otot apabila kita membengkokkan tangan ke atas?
Otot bisep akan kontraksi dan otot trisep relaksasi
4.   Jelaskan ciri otot apabila terjadi kontraksi?
Otot akan memadat dan memendek akibatnya diameter otot membesar
5.   Jelaskan ciri otot apabila terjadi relaksasi?
Otot akan memanjang akibatnya diameter otot akan lebih kecil.
6.   Jelaskan mengenai otot sadar dan otot tak sadar?
Otot sadar adalah otot yang kerjanya dikendalikansecara sadar.
Otot tak sadar adalah otot yang tidak dapat dikendalikan secara sadar.
7.   Sebutkan pembagian jenis otot?
Otot polos, otot lurik, dan otot jantung
8.   Jelaskan ciri-ciri otot polos?
-       Berbentuk gelendong
-       Mempunyai inti sel
-       Tak mempunyai garis melintang
-       Cara kerjanya di luar kesadaran


9.   Jelaskan ciri-ciri otot lurik?
-       Berbentuk panjang
-        Mempunyai banyak inti sel
-        Tampak jelas, bagian gelap dengan terang
-        Cara kerjanya di bawah kesadaran

10.    Jelaskan ciri-ciri otot jantung?
-          Berbentuk memanjang
-          Mempunyai inti sel . (tengah)
-          Terdapat garis melintang gelap & terang
-          Cara kerjanya di luar kesadaran


Lampiran 4          : Penilaian Keterampilan
 a.       Tes Praktik
Penilaian Kinerja Praktikum
 
No

Indikator
Hasil penilaian
3
(baik)
2
(cukup)
1
(kurang)
1.
Menyiapkan alat dan bahan



2.
Melakukan Praktikum



3.
Mendeskripsikan pengamatan



4.
Menafsirkan hasil pengamatan



5.
Mempresentasikan hasil praktikum



Jumlah skor yang diperoleh




Rubrik Penilaian
No
Indikator
Rubrik
1.
Menyiapkan alat dan bahan
3.     Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan
1.    Menyiapkan sebagian alat dan bahan yang diperlukan
1.    Tidak menyiapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan.
2.
Melakukan praktikum
3.     Melakukan praktikum dengan prosedur yang benar
2.    Melakukan praktikum dengan prosedur yang kurang benar
1.    Tidak mampu melakukan praktikum dengan benar.
3.
Menulis Hasil Pengamatan
3.     Menulis hasil pengamatan benar dan lengkap
2.    Menulis hasil pengamatan benar tapi kurang lengkap
1.    Tidak menulis hasil pengamatan, atau menulis namun kurang lengkap dan tidak benar.
4.
Menafsirkan hasil pengamatan
3.     Mampu memberikan penafsiran hasil pengamatan yang benar
2.     Mampu memberikan penafsiran hasil pengamatan tetapi kurang benar.
1.     Tidak mampu memberikan penafsiran hasil pengamatan dengan benar.
5
Mempresentasikan hasil praktikum
3.     Mampu mempresentasikan hasil praktikum dengan benar, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.
2.     Mampu mempresentasikan hasil praktikum dengan benar, bahasa mudah dimengerti, tetapi disampaikan kurang percaya diri.
1.     Mampu mempresentasikan hasil praktikum dengan kurang benar, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 3
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik         : apabila memperoleh skor : 3,50 < skor ≤ 4,00
Baik                       : apabila memperoleh skor : 2,50 < skor ≤ 3,50
Cukup                   : apabila memperoleh skor : 1,50 < skor ≤ 2,50
               Kurang   : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,50
b.      Tes Proyek
Mengidentifikasi kelaianan dan penyakit pada sistem gerak
 Yang perlu disiapkan :
Buku, kertas HVS (1-2 lembar) kertas gambar, alat tulis
 Yang harus dilakukan :
1.         Bersama dengan anggota kelompokmu identifikasilah salah satu kelaianan atau penyakit yang menyerang sistem gerak khususnya yang berkaitan dengan otot yang terjadi pada orang-orang di sekitarmu! Carilah informasi dari buku, koran, majalah maupun media massa yang lainnya baik cetak maupun elektronik. Apabila mungkin pergilah ke dokter, Puskesmas atau Rumah sakit untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak.
2.         Buatlah poster tentang upaya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan otot tubuhmu! Bekerjasamalah dengan teman satu kelompokmu serta gunakan kreativitasmu untuk menyusun poster tersebut.
3.         Jika telah selesai, tempelkan postermu di mading kelasmu agar dapat dilihat oleh temanmu yang lain.

Penilaian
Kelompok                   : ……………………..
Kelas                             : ……………………...
Tema                             : struktur, fungsi, dan penyakit otot 
 Rubrik Penilaian
No
Indikator
Rubrik
1.
Perencanaan :
a.    Kesesuaian Tema

4.     Apabila proyek sudah sesuai tema
3.    Apabila proyek cukup sesuai tema
2.    Apabila proyek kurang sesuai tema
1.    Apabila proyek tidak sesuai dengan tema

b.    Pembagian Tugas
4.     Pembagian tugas sudah menyeluruh ke anggota kelompok
3.    Pembagian tugas cukup menyeluruh ke anggota kelompok
2.    Pembagian tugas kurang menyeluruh ke anggota kelompok
1.    Pembagian tugas tidak menyeluruh ke anggota kelompok.
2.
Pelaksanaan
a.    Kerjasama
4.     Kerjasama sudah menyeluruh ke anggota kelompok
3.    Kerjasama  cukup menyeluruh ke anggota kelompok
2.    Kerjasama kurang menyeluruh ke anggota kelompok
1.    Kerjasama tidak menyeluruh ke anggota kelompok

b.    Kesesuaian dengan rencana

4.     Rencana sudah sesuai
3.    Rencana cukup sesuai
2.    Rencana kurang sesuai
1.    Rencana tidak sesuai

c.     Partisipasi anggota
4.     Semua anggota berpartisipasi
3.     3 orang anggota berpartisipasi
2.     2 orang anggota berpartisipasi
1.     Semua anggota tidak berpatisipasi
3.
Hasil Proyek
4.   Sangat baik
3.   Baik
2.   Cukup baik
1.   Kurang baik
4.
Pelaporan
4.     Melengkapi komponen laporan: Judul, Tabel data, Perhitungan Data, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka
3.     Jika komponen laporan: Judul, Perhitungan Data, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka
2.     Jika komponen laporan: Judul, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka
1.     Jika  komponen laporan: Judul, dan Daftar Pustaka

 

Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1.    Perencanaan




a.    Kesesuaian Tema




b.    Pembagian Tugas




2.    Pelaksanaan




a.    Kerjasama




b.    Kesesuaian dengan rencana




c.     Partisipasi anggota




3.    Hasil Proyek




4.    Pelaporan





Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik         : apabila memperoleh skor : 3,50 < skor ≤ 4,00
Baik                       : apabila memperoleh skor : 2,50 < skor ≤ 3,50
Cukup                   : apabila memperoleh skor : 1,50 < skor ≤ 2,50
               Kurang   : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,50
 
LEMBAR KERJA SISWA

Judul                     : Struktur Otot
Tujuan                  : Mengetahui ciri-ciri dan diameter otot pada saat otot berkontraksi dan relaksasi

Alat dan Bahan
No.
Nama Alat / Bahan
Jumlah
1.
Meteran (yang biasa dgunakan oleh penjahit) kalo tidak ada memakai tali atau kertas
Secukupnya
2.
Alat tulis
Secukupnya
3.
Buku tulis
1 buah
4.
Penggaris
1 buah

Langkah Kerja
1.    Duduklah bersama dengan teman pasanganmu
2.    Luruskan tanganmu di atas meja dengan santai! Mintalah temanmu melingkarkan pita meteran atau kerja yang sudah disediakan pada lengan atasmu untuk mengukur besarnya diameter lengan atasmu. Catatlah hasilnya pada tabel. Lakukan pengukuran dengan cermat dan teliti agar kamu memperoleh hasil yang tepat.
3.    Amati pula kejadian/perubahan yang terjadi pada saat tanganmu diluruskan di atas meja. Catatlah hasilnya pada tabel.
4.    Kepalkan tanganmu selanjutnya selanjutnya bengkokkan tanganmu ke atas! Ukurlah kembali besar lengan atasmu! Lakukan pengukuran di tempat yang sama dengan langkah 2. Catatlah hasil pada tabel! Lakukan pengukuran dengan cermat dan teliti agar kamu memperoleh hasil yang tepat.
5.    Amati pula kejadian/perubahan yang terjadi pada saat tanganmu dibengkokkan ke atas. Catatlah hasilnya pada tabel.

Tabel pengamatan

No
Hasil Pengamatan
Lengan di luruskan
Lengan di bengkokkan
1.
Diameter Lengan Atas


2.
Panjang/pendeknya lengan atas


3.
Kekerasan lengan atas


4.




Pertanyaan
1.         Adakah perubahan diameter otot lengan atas saat diluruskan dan dibengkokkan?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.         Jika terjadi perubahan diameter, bagaimanakah perubahannya serta apakah yang sebenarnya terjadi pada ototmu?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Kesimpulan
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Pengembangan Kompetensi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar

  Pada tanggal 19 Desember 2023 GTK Kemdikbudristek telah merilis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Meng...