RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semaster : VIII / Satu
Topik : Gerak Pada Makhluk Hidup dan Benda
Sub Topik : Hukum II Newton
Alokasi
Waktu : 1 x TM (2 x 40) menit
A.
KOMPETENSI
INTI
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI.2 Menghargai dan menghargai perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong Royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya, tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait
fenomene
dan kejadian tampak mata.
KI.4 Mengolah, menyajikan, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1
Mengagumi
keteraturan dan komlpeksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi,kehidupan dalam ekosistem , dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cemat; tekun; hati-hati;
bertanggungjawab terbuka; kritis ;kreatif; inovatif dan peduli lingkungan ) dalam
aktifitas sehari-hari
2.2
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud Implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3
Menunjukkan perilaku
bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari.
2.4
Menunjukkan
penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
3.1
Memahami gerak
lurus,dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton,serta
penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan
sehari-hari
Indikator
1. Mendefinisikan hukum II Newton dalam kehidupan
sehari-hari.
2. Menyimpulkan
hubungan antara gaya dan massa dengan percepatan benda bergerak
4.1
Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan
tentang pengaruh gaya terhadap gerak.
Indikator
1. Melakukan percobaan tentang Hukum II Newton
2.
Menghitung percepatan benda dengan menggunakan persamaan hukum II Newton
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui percobaan
Hukum II Newton, peserta didik dapat mengetahui hubungan gaya dan percepatan
2.
Melalui percobaan
Hukum II Newton, peserta didik dapat mengetahui hubungan massa dan percepatan
3.
Melalui diskusi data
hasil percobaan Hukum II Newton, peserta didik dapat menjelaskan hukum II
Newton
4.
Melalui diskusi data
hasil percobaan Hukum II Newton, peserta didik dapat menjelaskan hubungan antara gaya dan
massa dengan percepatan benda bergerak
5.
Melalui diskusi
kelompok, peserta peserta didik daat menghitung percepatan benda menggunakan
persamaan hukum II Newton
D.
MATERI
1.
Hukum II Newton
Menyatakan sebagai berikut : "Percepatan
gerak sebuah benda berbanding lurus dengan gaya yang diberikan, namum
berbanding terbalik denganmassanya”
Σ F
a = ----------
m
2.
Hukum II Newton
menjelaskan pengaruh gaya yang diberikan pada benda terhadap terhada gerak dan percepatan benda
karena benda akan bergerak bila ada gaya yang mempengaruhinya.
3.
Penerapan Hukum II
Newton dalam kehidupan sehari-hari :
a. Ketika kita memindahkan benda yang ringan akan lebih
cepat daripada benda yang berat.
b. Pada saat kita menendang bola dengan gaya yang besar
bola akan lebih cepat dan jauh geraknya karena mendapat percepatan yang
besar.
E.
PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
1. Pendekatan : Saintifik dan Ketrampilan Proses
2. Metode : Eksperimen dan Diskusi
3. Model : Discovery Learning
F.
MEDIA,ALAT,DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
Komputer, LCD
2. Alat dan Bahan
Beban, Katrol, Tali, Kereta
3. Sumber Pembelajaran
·
Buku IPA SMP kelas
VIII, Puskurbuk 2013
·
LKS Hukum II Newton
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 4
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery Learning
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
Situasi (Stimulasi)
|
· Guru
menyiapkan peserta didik untuk belajar dengan memberi salam dan menanyakan
keadaan peserta didik
· Guru
melakukan pemusatan perhatian:
- Guru
menunjukan bola bila tidak disenrtuh/ditendang bola tetap diam
- Guru
mendemontrasikan menendang bola dengan lemah dan dengan kuat.
· Guru
memancing peserta didik agar mengajukan pertanyaan berkaiatan demontrasi
tersebut.
· Guru
menayangkan animasi tentang Hukum II Newton
· Guru
melakukan apersepsi sesuai dengan tayangan tentang Hukum II Newton.
· Guru
Menyampaikan tujuan Pembelajaran dan cakupan materi
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan Tugas
dan Identifikasi Masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data
dan Analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
Menyampaikan informasi kegiatan yang akan dilakukan
yaitu percobaan tentang Hukum II Newton
· Membagi
peserta menjadi 8 kelompok
· Diskusi
kelompok untuk mengkaji LKS bagaimana strategi
percobaan Hukum II Newton
· Melakukan
percobaan Hukum II Newton
· Peserta
didik mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan yang tersedia pada LKS
percobaan Hukum II Newton
·
Mengolah dan
menganalisis data dari setiap percobaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada
LKS sampai diperoleh hubungan antara gaya dan massa dengan percepatan benda
bergerak
· Presentasi
hasil percobaan Hukum II Newton
· Diskusi
tentang hubungan gaya massa dan percepatan berdasarkan data hasil percobaan
dan mencocokan dengan koonsep pada buku sumber.
· Membuat
kesimpulan tentang Hukum II Newton
|
65 menit
|
Penutup
|
|
·
Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan
pembelajaran
·
Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
· Peserta
didik menjawab kuis tentang Hukum II Newton
· Pemberian
tugas untuk mempelajari tenteng Hukum III Newton
|
5 menit
|
H.
PENILAIAN
1.
Metode
dan Bentuk Instrumen
Jenis
|
Bentuk Instrumen
|
·
Sikap
|
·
Lembar Pengamatan
Sikap dan Rubrik
|
·
Ketrampilan
|
·
Tes Penilaian
praktek percobaan Hukum II Newton
|
·
Pengetahuan
|
· Tes
Uraian dan Pilihan Ganda HOT
|
2.
Contoh
Instrumen
a. Lembar Pengamatan
Sikap kegiatan Praktikum
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas :
……………………….
Hari, tanggal : ……………………….
Materi Pokok/Tema : ……………………….
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||
Teliti
|
Kerja sama
|
Cermat
|
Jujur
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Penskoran :
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai
aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai
aspek sikap dan
kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai
aspek sikap dan
sering tidak sesuai aspek sikap
1 =
apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
b. Instrumen
Penilaian Keterampilan Praktikum
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas :
……………………….
Hari, tanggal :
……………………….
Materi
Pokok/Tema : ……………………….
No.
|
Indikator
|
Hasil Penilaian
|
||
3
(baik)
|
2
(cukup)
|
1
(kurang)
|
||
1
|
Menyiapkan
alat dan bahan
|
|
|
|
2
|
Deskripsi
pengamatan
|
|
|
|
3
|
Menafsirkan
peristiwa yang akan terjadi
|
|
|
|
4
|
Melakukan
praktik
|
|
|
|
5
|
Mempresentasikan
hasil praktik
|
|
|
|
Jumlah Skor
yang Diperoleh
|
|
Rubrik
Penilaian.
No
|
Indikator
|
Rubrik
|
1
|
Menyiapkan
alat dan bahan
|
3. Menyiapakan seluruh alat dan
bahan yang diperlukan.
2. Menyiapakan sebagian alat
dan bahan yang diperlukan.
1. Tidak menyiapakan seluruh
alat dan bahan yang diperlukan.
|
|
Deskripsi pengamatan
|
3. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
2. Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
1. Tidak memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
|
|
Menafsirkan peristiwa yang akan terjadi
|
3. Mampu memberikan penafsiran benar
secara substantif.
2. Mampu memberikan penafsiran kurang
benar secara substantif.
1. Tidak mampu memberikan penafsiran benar
secara substantif.
|
|
Melakukan praktik
|
3. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada.
2. Mampu melakukan praktik dengan menggunakan sebagian prosedur yang ada.
1. Tidak mampu melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada.
|
|
Mempresentasikan hasil praktik
|
3. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif,
bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.
2. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif,
bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.
1. Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif,
bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X 100
|
Skor Maksimum
|
c. Instrumen
Penilaian Pengetahuan
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Nomor
Instrumen
|
|
|
|||
·
Menyebutkan
penggunaan hukum II Newton pada kehidupan sehari-hari.
|
Tes
Tertulis
|
Isian
|
1
|
·
Menyebutkan
hubungan gaya dengan percepatan.
|
Tes
Tertulis
|
Isian
|
2
|
·
Menyebutkan
hubungan massa dengan percepatan.
|
Tes
Tertulis
|
Isian
|
3
|
·
Menyebutkan
penggunaan hukum II Newton pada kehidupan sehari-hari.
|
Tes
Tertulis
|
Isian
|
4
|
· Menghiting
percepatan benda menggunakan penerapan Hukum II Newton
|
Tes Tertuls
|
Isian
|
5
|
Soal Uraian
1. Pada
Hukum
II Newton kita belajar bahwa jika pada benda bekerja gaya total,
maka benda akan bergerak lurus dengan laju tetap. Benarkah pernyataan ini ?
jelaskan!
2. Semakin besar resultan gaya yang bekerja pada suatu
benda, percepatannya akan ....
3. Apabila benda yang bergerak dengan percepatan tertentu
ditambah massa kelambanannya, percepatan benda akan ....
4. Seseorang yang berada dalam lift yang sedang bergerak ke
atas, maka orang tersebut ditimbang di dalam lift beratnya adalah ....
5. Sebuah truk dalam keadaan
kosong mempunyai massa 3 ton dan mampu melaju dengan kecepatan maksimum 10 m/s2.
Jika truk mengangkut muatan sebesar 3 ton, berapa percepatan maksimum yang mampu
dicapai truk sekarang?
Kunci Jawaban Soal
dan Rubrik Penilaian
No Soal
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Salah ! karena laju tidak tetap, melainkan percepatan yang
tetap. Hukum newton 2 : percepatan yang dihasilkan oleh suatu resultan gaya
(gaya total) yang bekerja pada benda sebanding dengan resultan gaya, searah
dgn resultan gaya, dan berbanding terbalik dengan massa benda.
|
30
|
2.
|
Semakin besar
|
10
|
3.
|
Semakin kecil
|
10
|
4.
|
Berat bertambah :
Berat total = Berat orang + (massa orang x percepatan lift
|
20
|
5.
|
Diket :
m1 = 3 ton = 3000 kg
a1 = 10 m/s2
m2 = 6 ton = 6000 kg
Ditanya :
a2 = ?
Jawab :
F =
m1 x a1
= 3000 kg x 10 m/s2
= 30.000 N
a2 = F / m2
= 30.000 N / 6000 m/s2
= 5 m/s2
|
30
|
|
Total
|
100
|
T