Sunday, 19 October 2014

RPP Hukum III Newton



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                  :    SMP
Mata Pelajaran                       :     IPA
Kelas / Semaster                     :     VIII / 1
Topik                                       :     Gerak Makhluk Hidup dan Benda
Sub Topik                                 :     Gerak Benda (hukum III newton)
Alokasi Waktu                         :    1 x TM (2 x 40) menit


A.       KOMPETENSI INTI
KI.1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2.   Menghargai dan menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,peduli (toleransi,gotong  Royong), santun,percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,konseptual,dan prosedural)
           berdasarkan rasa ingin tahunya,tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni budaya terkait
          fenomene dan kejadian tampak mata.
KI.4    Mengolah, menyajikan,dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
          merangkai,memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.        KOMPETENSI DASAR
1.1         Mengagumi keteraturan dan komlpeksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,kehidupan dalam ekosistem , dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1         Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;obyektif;jujur;teliti;cemat;tekun; hati-hati;bertanggungjawab terbuka;kritis ;kreatif;inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktifitas sehari-hari         
2.2         Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud Implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3         Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari.
2.4         Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
3.1         Memahami gerak lurus,dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
C.        Indikator
1.    Menjelaskan hukum III newton
2.    Memberi contoh peristiwa hukum III newton
3.    Menerapkan hukum III newton pada gerak

D.       TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui kajian pustakai peserta didik dapat menjelaskan hukum III newton dengan tepat.
2.      Melalui kajian lembar diskusi peserta didik dapat memberi contoh peristiwa hukum III newton dalam kehidupan sehari-hari
3.      Melalui kajian pustaka dan diskusi kelompok peserta didik dapat merancang dan membuat roket air dengan kreatif dan inovatif

E.        MATERI
1.  Hukum III Newton
Menyebutkan bahwa ketika benda pertama mengerjakan gaya ke benda kedua, maka benda kedua tersebut akan memberikan gaya yang sama besar ke benda pertama namun berlawanan arah atau gaya aksi dan reaksi bekerja pada dua benda yang berbeda . Secara matematis, Hukum III Newton dinyatakan sebagai berikut :
F(aksi) = -F( reaksi)

2.  Peristiwa Hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari
a.  Ketika dayung digerakkan ke belakang perahu (aksi), maka perahu terdorong ke depan
b.  Ketika tangan menghantam tembok (aksi), maka tembok menghantam tangan (reaksi)
3.  Penerapan hukum III newton
a.    Pesawat roket : Roket yang terdorong ke atas diakibatkan oleh semburan gas

F.         PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
1.         Pendekatan               : Saintifik
2.         Metode                     : Diskusi dan Penugasan
3.         Model                       : Project Based Learning

G.       MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.    Media
·      Video gerak roket
·      LCD
·      Komputer
·      Lembar Diskusi

2.    Sumber Pembelajaran
·         Buku IPA SMP kelas VIII, Puskurbuk 2013
·         Lembar diskusi Hukum III Newton
·         Internet

H.       KEGIATAN Pembelajaran
Pertemuan ke-6
Kegiatan
Langkah-langkah Model Project Based Learning
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
Penentuan Pertanyaan Mendasar
·     Guru menyiapkan peserta didik untuk belajar
·     Guru melakukan pemusatan perhatian:
1.      Guru  memperlihatkan video gerak roket.
2.      Guru mengajukan perta­nya­­­­an
a.   Mengapa roket dapat meluncur?
b. Kemana arah gerak roket?
c.   Kemana arah semburan gas pada roket?
d. Apakah gerak roket dipengaruhi oleh semburan gas ?
e.  Gaya apa saja yang mempengaruhi roket meluncur?
·     Guru menyampaikan tujuan

10 menit
Inti
Mendesain perencanaan proyek
·     Guru membagi peserta didik menjadi 4 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 anak
·     Guru meminta tiap kelompok membaca tentang hukum III newton selanjutnya
·     Peserta didik secara berkelom­pok melakukan kegiatan diskusi “Ayo Kita Selesaikan” untuk memahami peristiwa hukum III newton dalam kehidupan sehari-hari
·     Diskusi penerapan hukum III newton
·     Diskusi merencanakan proyek penerapan hukum III newton
(membuat roket air)
·     Guru menampilkan contoh gambar roket air
·     Peserta didik berdiskusi untuk menentukan alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan roket air berdasarkan gambar yang ditampilkan
·     Guru menjelaskan langkah-langkah membuat roket air

60

Menyusun jadwal
·     Guru-bersama-sama dengan peserta didik menyusun jadwal kegiatan selama 2 miggu
·     Jadwal
No
Hari Ke-
Kegiatan
1
2
3
4
1 - 3
4 - 7
8 - 10
11-14
Persiapan dan pemilihan bahan
Pembuatan roket
Pengujian roket dan Pem­­bu­at­an la­poran
·     bbbb
Penutup

·     mereview hasil kegiatan pembelajaran
·     memberikan evaluasi
·     pemberian tugas kelompok membuat roket air
10 menit

I.          PENILAIAN
1.      Jenis                            Teknik                                      Instrumen
Sikap                           Observasi                                Lembar pengamatan sikap dan rubrik
Pengetahuan              Tes lisan                                  Soal tes uraian
Keterampilan             Uji petik                                   Lembar penilaian proyek

2.      Contoh instrumen
a.      Lembar pengamatan sikap saat diskusi
No
Nama
Peserta Didik
Kerja
Sama
Santun
Toleran
Proaktif
Bijaksana
Jumlah skor
1.







2.









b.      Soal
1.      Jelaskan tentang hukum III newton ( skor 1 )
2.      Menurut Hukum 3 (tiga) Newton, gaya aksi dan reaksi bekerja pada benda yang sama. Benar atau salah pernyataan ini ? jelaskan ( skor 2 )
3.      Berikan dua contoh peristiwa hukum III newton dalam kehidupan sehari-hari (skor 2)
4.      Berikan contoh penerapan hukum III newton! (skor 2)
5.      Coba ceritakan secara singkat bagaimana prinsip peluncuran roket ditinjau dari Hukum Ke 3 Newton ( skor 3 )

c.       Lembar Penilaian Proyek

NO
Aspek
Skor ( 1-5)
1

Perencanaan :
a.  Rancangan Alat
     - alat dan bahan
     - gambar
 b. Uraian cara menggunakan alat

2
Pelaksanaan :
a.  Keakuratan sumber data
b.  Kuantitas sumber  data
c.  Analisis data
d.  Kesimpulan

3.
Laporan Proyek :
a.  Sistematika Laporan
b.  Performans
c.  Presentasi


Jumlah Skor


                                                                                                        





Lampiran
LEMBAR KERJA TUGAS PROYEK
                                    MATA PELAJARAN                   : IPA
                                    KELAS/SEMESTER                    : VIII / 1
                                    TOPIK                                      : Gerak pada makhluk hidup dan benda
                                    SUB TOPIK                               : Gerak benda (hukum III newton)
                                    TUGAS                                     : Pembuatan Roket Air
Kompetensi Dasar
1.2         Mengagumi keteraturan dan komlpeksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,kehidupan dalam ekosistem , dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1.       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;obyektif;jujur;teliti;cemat;tekun; hati-hati;bertanggungjawab terbuka;kritis ;kreatif;inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktifitas sehari-hari         
2.2.       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud Implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3.       Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari.
2.4.       Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
3.5.    Memahami gerak lurus,dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
INDIKATOR
1.      Membuat rancangan roket air dari alat sederhana
2.      Membuat roket air dari alat sederhana

PETUNJUK UMUM
1.         Buat rancangan roket air meliputi alat dan bahan, gambar, cara membuat dan cara menggunakannya.
2.         Setelah dirancang, buat roket air sesuai dengan rancangan
3.         Uji alat dengan melakukan peluncuran
4.         Catat hasil pengujian dan hal-hal yang harus diperbaiki
5.         Lakukan perbaikan alat kalau diperlukan
6.         Selamat mencoba

Soal dan Jawaban Listrik Dinamis

  LISTRIK DINAMIS   1.        Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan suatu penghantar! Jawab : Faktor yang mempengaruhi h...