Wednesday 8 October 2014

RPP Gerak Pada Hewan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan  :     SMP
Mata Pelajaran       :     IPA
Kelas / Semester    :     VIII / 1
Topik                     :     Gerak Makhluk Hidup dan Benda
Sub Topik              :    Gerak Makhluk Hidup (Hewan)
Alokasi Waktu       :     1 x TM (2 x 40) menit


A.       KOMPETENSI INTI
KI.1      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2      Menghargai dan menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,peduli
             (toleransi,gotong  Royong), santun,percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif  dengan
             lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
              berdasarkan rasa ingin tahunya,tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni budaya terkait
            fenomene dan kejadian tampak mata.
KI.4      Mengolah, menyajikan,dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
            merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
 menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
 sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.        KOMPETENSI DASAR
1.1    Mengagumi keteraturan dan komlpeksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
 kimiawi,kehidupan dalam ekosistem , dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah( memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cemat; tekun;  hati-hati; bertanggungjawab terbuka; kritis ;kreatif;inovatif dan peduli lingkungan )dalam aktifitas sehari-hari    
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud Implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3    Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari.
2.4    Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
3.1 Memahami gerak lurus,dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
3.1.3        Menganalisis alat gerak hewan berdasarkan kesesuaian dengan lingkungan hidupnya
3.1.4        Menjelaskan sistem otot hewan yang sesuai dengan pola gerak yang dihasilkan
4.1  Melakukan penyelidikan tentang gerak ,gerak pada makhluk hidup,dan percobaan tentang pengaruh  gaya terhadap gerak.
Indikator
4.1.1 megumpulkan informasi tentang gerak pada hewan

C.        MATERI
Gerak Pada Hewan
Salah satu ciri sifat makhluk hidup adalah bergerak.Hewan bergerak dengan berbagai cara misalnya , berjalan, berlari, terbang, berenang, merayap dan lain sebagainya. Hewan bergerak untuk berbagai tujuan ,antara lain untuk melindungi diri dari predator atau untuk mencari mangsa.
Tahukah kamu bahwa kecepatan gerak hewan berbeda? Mengapa demikian? Untuk menjawab pertanyaan tersebut ,perhatikan tabel 1.2. berikut yaitu kecepatan gerak hewan darat .
‘Ayo Kita Selesaikan “
Tabel 1.2 kecepatan Gerak Hewan Darat
No
Nama Hewan
Kecepatan Gerak ( km/jam )
1
Gajah
25
2
Kerbau
50
3
Kuda
76
4
Kijang
97
5
Macan/Cheetah
112

1.Berdasarkan data pada tabel, hewan manakah yang mempunyai kecepatan gerak paling 
    besar ?
2. Mengapa hewan hewan tersebut memiliki gerak yang berbeda? Coba analisis !
3. Kesimpulan apa yang dapat kamu ambil dari analisi data tersebut ?

Hewan darat bergerak menggunakan otot dan rangkanya terutama kaki, ikan bergerak menggunakan sirip dan burung terbang menggunakan sayap

a.      Gerak hewan dalam air

Air memiliki kerapatan yang lebih besar dibanding dengan udara. Air memiliki gaya angkat lebih besar dibandingkan dengan udara. Tubuh hewan yang hidup di air memiliki massa jenis yang lebih kecil daripada lingkunganya.gaya angkat air yang besar dan massa jenis hewan yang kecil menyebabkan hewan dapat melayang di dalam air dengan mengeluarkan sedikit energi. Untuk lebih jelasnya gaya akan dipelajari lebih lanjut pada bagian gerak lurus dan gaya
Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki hewan air adalah bentuk terpedo, bentuk ini memungkinkan tubuh meliuk liuk ke kanan / ke kiri. Bentuk tubuh yang streamline (ramping) berfungsi mengurangi hambatan ketika bergerak.Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan di air. Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong ekor ikan di dalam air

b.      Gerak hewan di udara
Tubuh burung memiliki gaya angkat yang besar untuk mengimbangi gaya gravitasi yaitu dengan menggunakan sayap
Sayap burung memiliki susunan kerangka yang ringan ,tulang dada dan otot yang kuat

c.       Gerak hewan di darat
Kecendrungan hewan yang di darat memilki otot dan tulang yang kuat. Otot dan tulang tersebut diperlukan untuk mengatasi inersia ( kecendrungan tubuh untuk diam ) dan untuk menyimpan energi pegas (elastisitas) untuk melakukan berbagai aktivitas
Seseorang mulai berjalan dengan mendorong lantai dengan kakinya , lantai kemudian memberikan gaya balik yang sama dan berlawanan dengan kakinya.
Gajah dan kerbau memiliki massa yang besar, akibatnya untuk bergerak gajah dan kerbau harus melawan inersia  yang nilainya juga besar.
Namun perbedaan struktur tulang dan otot pada hewan, menyebabkan hewan tersebut dapat bergerak lebih cepat dibanding dengan hewan yang lainya. Misalnya kuda, kijang dengan cheetah/ harimau ,ketiga hewan tersebut memiliki struktur rangka dan otot yang sangat kuat, namun kijang dan cheetah yang memiliki bentuk kaki yang lebih ramping sehingga kijang dan cheetah memiliki elastisitas yang tinggi. Bentuk kaki yang lebih ramping tersebut mengakibatkan kijang dan cheetah pada saat berlari lebih banyak melompat ke udara dan meluncur di udara. Gaya gesek udara yang jauh lebih kecil daripada gaya gesek permukaan tanah menyebabkan kijang dapat berlari dengan kecepatan lebih tinggi daripada kuda.

D.    PENDEKATAN / STRATEGI / METODE PEMBELAJARAN
 1.Pendekatan : Scientific
 2.Metode       : Diskusi dan DART (Direct Activity Reality to Text)
 3.Model           :  Discovery Learning

E.    ALAT,BAHAN DAN MEDIA
1.      Alat            : -
Bahan        : -
2.      Media        :  Komputer,LCD, gambar/ video tentang gerak hewan

F.    SUMBER BELAJAR
1.      Buku siswa IPA SMP Kelas VIII, Puskurbuk 2013 (hal.9 12 )
2.      Buku Guru  IPA SMP Kelas VIII, Puskurbuk 2013 (hal 135 - 137)
3.      Lembar observasi/Pengamatan “ Ayo kita selesaikan “
4.      Sumber lain yang relevan

G.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Langkah langkah Model Discovery
Diskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan

Ø  Guru mengucapkan salam, menyiapkan peserta didik
Ø   mengabsen siswa,
Ø  menghubungkan materi dengan pertemuan yang lalu: “masih ingatkah kamu ciri ciri makhluk hidup ?
5 menit
Kegiatan inti
Stimulasi
Ø  Guru menyiapkan peserta didik
Ø  Pemusatan perhatian;
Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi peserta didik
Guru menayangkan video ,gajah, balap kuda, cheetah memburu kijang. Kemudian minta peserta didik untuk mengungkapan apa yang mereka lihat dalam demonstrasi  tersebut.
Ø  Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran Konsep Gerak Hewan
10 menit

Identifikasi masalah
















Pengumpulan data













Pengolahan data



Verifikasi


Generalisasi
Ø  Guru memberi kesempatan bertanya pada peserta didik setelah mengamati tayangan gerak pada hewan
Ø  Contoh pertanyaan yang mungkin timbul :
-          Apakah semua hewan bergerak dengan cepat
-          Apa yang menyebabkan hewan bergerak
-          Hewan apa yang bergerak paling cepat ?
-          Apa yang menyebabkan cheetah dapat berlari dengan kecepatan 112 km /jam ?
Ø  Guru membagi Kelompok dan LK Ayo Selesaikan”

Ø  Setiap kelompok berdiskusi tentang LK “Ayo Kita Selesaikan dan melakukan pengamatan untuk mengumpulkan data

Ø  Setiap kelompok mencatat hasil pengamatan  yang mereka lakukan


Ø  Setiap kelompok mengolah dan menganalisa data dari hasil observasi.

Ø  Setiap kelompok mendiskusikan hasil analisis data  dan memeverifikasi data dengan sumber
Ø  Mempresentasikan hasil observasi yang sudah dianalisis.

Ø  Diskusi hasil pengamatan
Ø  Membuat kesimpulan
50 menit
Penutup

Ø   Siswa dan guru mereview hasil
 kegiatan pembelajaran
Ø   Guru memberi penghargaan
 ( misalnya pujian atau bentuk    
  penghargaan lain yang relevan)
  kepada kelompok yang     

Ø   Guru memberi  tugas pada peserta didik untuk mempelajari materi berikutnya yaitu Gerak pada benda
15 menit

H.   PENILAIAN
1.      Jenis  / tekhnik penilaian

Jenis
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar pengamatan
Pengetahuan
Tes uraian
Ketrampilan
Portofolio

2.       Instrumen

a. Lembar Pengamatan sikap  pada kegiatan  Diskusi  Kelompok

No
NamaSiswa
Aspek yang diamati
1
2
3
4
5
ya
tdk
ya
Tdk
ya
tdk
ya
tdk
Ya
tdk
1
Ali










2
Siti










3
....











Keterangan aspek :
1.        Mengajukan pertanyaan
2.        Menjawab pertanyaan
3.        Mengemukakan gagasan sesuai topik yang dibahas
4.        Menanggapi gagasan dengan sikap yang santun
5.        Memberikan solusi

b.    Tes tertulis ( Tes Uraian) :

1.Jelaskan perbedaan prinsip gerak yang dilakukan oleh burung, ikan dan kuda berdasarkan bentuk tubuhnya !  hal  35 buku siswa
2. Mengapa cheetah lebih cepat larinya dibanding kijang ? jelaskan


 Kunci Jawaban :
1. Burung memiliki otot sayap yang kuat dan rangka yang ringan untuk memudahkan waktu terbang, Ikan memiliki bentuk tubuh yang sreamline untuk mengurangi hambatan waktu bergerak di air,selian itu juga memilki sirip yang memudahkan melakukan manuver di dalam air. Kuda memiliki otot dan rangka yang kuat untuk berlari di darat.
2.Karena adanya  perbedaan struktur tulang dan otot pada kedua hewan tersebut,dimana struktur tulang dan otot pada cheetah lebih kuat dibanding kijang,sehingga  menyebabkan cheetah dapat bergerak lebih cepat dibanding dengan kijang.

Rubrik penilaian :
NO
URAIAN
SKOR
1.
Jika jawaban benar dan lengkap
50
2.
Jika jawaban benar dan lengkap
50

Total
100

b.    Portofolio
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester:VIII/ 1
Tahun Ajaran     : 2014/2015

Judul Portofolio : Laporan K
Tujuan                 : Peserta didik dapat membuat artikel tentang berbagai gerak pada hewan   
                                dan  melaporkanya
Ruang Lingkup   : Portofolio yang di kumpulkan adalah berbagai artikel tentang gerak pada
                                hewan

Urain Tugas Portofolio

1.Buatlah artikel berbagai gerak pada hewan
2.Setiap siswa mengumpulkan selambat lambatnya seminggu setelah peserta didik melaksanakan tugas.
     


      Kriteria Penilaian Portofolio
No
Komponen yang dinilai
Skor
1
2
3
1
Persiapan



2
Pelaksanaan



3
Hasil tulisan artikel




Skor Portofolio

 
,     Rubrik Penilaian
No
Komponen
Skor
1
Persiapan meliputi ketrampilan memilih artikel
Skor 3 jika pemilihan artikel tepat
Skor 2 jika pemilihan artikel kurang tepat
Skor 1 jika pemilihan  artikel tidak tepat
2
Pelaksanaan, meliputi cara menulis dan waktu pelksanaan
Skor 3 jika cara menulis dan waktu pelaksanaan tepat
Skor 3 jika cara menulis dan waktu pelaksanaan kurang tepat
Skor 3 jika cara menulis dan waktu pelaksanaan tidak tepat
3
Hasil tulisan artikel, meliputi keakuratan data dan kesimpulan

Skor 3 jika data dan kesimpulan tepat
Skor 2 jika data dan kesimpulan kurang tepat Skor 1 jika data dan kesimpulan tidak tepat

      Penskoran
      Nilai Portofolio =     Jumlah skor        x 100
                                        Skor maksimal
           

Pengembangan Kompetensi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar

  Pada tanggal 19 Desember 2023 GTK Kemdikbudristek telah merilis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Meng...