RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas /
Semester : VIII
/ 1
Topik : Gerak
Makhluk Hidup dan Benda
Sub Topik : Gerak
Makhluk Hidup (Hewan)
Alokasi Waktu : 1
x TM (2 x 40) menit
A.
KOMPETENSI INTI
KI.1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Menghargai
dan menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,peduli
(toleransi,gotong Royong),
santun,percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3 Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya,tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni
budaya terkait
fenomene dan kejadian tampak mata.
KI.4 Mengolah,
menyajikan,dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1
Mengagumi keteraturan dan komlpeksitas ciptaan Tuhan
tentang aspek fisik dan
kimiawi,kehidupan dalam ekosistem
, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah( memiliki rasa ingin
tahu; obyektif; jujur; teliti; cemat; tekun; hati-hati; bertanggungjawab terbuka; kritis
;kreatif;inovatif dan peduli lingkungan )dalam aktifitas sehari-hari
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud Implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan.
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab
dalam aktivitas sehari-hari.
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari
3.1 Memahami gerak lurus,dan pengaruh gaya terhadap gerak
berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak
benda dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
3.1.3
Menganalisis alat gerak hewan berdasarkan kesesuaian
dengan lingkungan hidupnya
3.1.4
Menjelaskan sistem otot hewan yang sesuai dengan pola
gerak yang dihasilkan
4.1 Melakukan
penyelidikan tentang gerak ,gerak pada makhluk hidup,dan percobaan tentang
pengaruh gaya terhadap gerak.
Indikator
4.1.1 megumpulkan informasi tentang gerak pada hewan
C.
MATERI
Gerak Pada Hewan
Salah satu ciri sifat makhluk hidup adalah
bergerak.Hewan bergerak dengan berbagai cara misalnya , berjalan, berlari,
terbang, berenang, merayap dan lain sebagainya. Hewan bergerak untuk berbagai
tujuan ,antara lain untuk melindungi diri dari predator atau untuk mencari
mangsa.
Tahukah kamu bahwa kecepatan gerak hewan
berbeda? Mengapa demikian? Untuk menjawab pertanyaan tersebut ,perhatikan tabel
1.2. berikut yaitu kecepatan gerak hewan darat .
‘Ayo Kita Selesaikan “
Tabel 1.2 kecepatan Gerak Hewan Darat
No
|
Nama Hewan
|
Kecepatan Gerak (
km/jam )
|
1
|
Gajah
|
25
|
2
|
Kerbau
|
50
|
3
|
Kuda
|
76
|
4
|
Kijang
|
97
|
5
|
Macan/Cheetah
|
112
|
1.Berdasarkan data pada tabel, hewan manakah
yang mempunyai kecepatan gerak paling
besar ?
2. Mengapa hewan hewan tersebut memiliki
gerak yang berbeda? Coba analisis !
3. Kesimpulan apa yang dapat kamu ambil dari
analisi data tersebut ?
Hewan darat bergerak menggunakan otot dan
rangkanya terutama kaki, ikan bergerak menggunakan sirip dan burung terbang
menggunakan sayap
a. Gerak
hewan dalam air
Air memiliki kerapatan yang lebih besar
dibanding dengan udara. Air memiliki gaya angkat lebih besar dibandingkan
dengan udara. Tubuh hewan yang hidup di air memiliki massa jenis yang lebih
kecil daripada lingkunganya.gaya angkat air yang besar dan massa jenis hewan
yang kecil menyebabkan hewan dapat melayang di dalam air dengan mengeluarkan
sedikit energi. Untuk lebih jelasnya gaya akan dipelajari lebih lanjut pada
bagian gerak lurus dan gaya
Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak
dimiliki hewan air adalah bentuk terpedo, bentuk ini memungkinkan tubuh meliuk
liuk ke kanan / ke kiri. Bentuk tubuh yang streamline (ramping) berfungsi
mengurangi hambatan ketika bergerak.Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi
untuk mendorong gerakan ikan di air. Ikan memiliki susunan otot dan tulang
belakang yang fleksibel untuk mendorong ekor ikan di dalam air
b. Gerak
hewan di udara
Tubuh burung memiliki gaya angkat yang besar
untuk mengimbangi gaya gravitasi yaitu dengan menggunakan sayap
Sayap burung memiliki susunan kerangka yang
ringan ,tulang dada dan otot yang kuat
c. Gerak
hewan di darat
Kecendrungan hewan yang di darat memilki otot
dan tulang yang kuat. Otot dan tulang tersebut diperlukan untuk mengatasi
inersia ( kecendrungan tubuh untuk diam ) dan untuk menyimpan energi pegas
(elastisitas) untuk melakukan berbagai aktivitas
Seseorang mulai berjalan dengan mendorong
lantai dengan kakinya , lantai kemudian memberikan gaya balik yang sama dan
berlawanan dengan kakinya.
Gajah dan kerbau memiliki massa yang besar,
akibatnya untuk bergerak gajah dan kerbau harus melawan inersia yang nilainya juga besar.
Namun perbedaan struktur tulang dan otot pada
hewan, menyebabkan hewan tersebut dapat bergerak lebih cepat dibanding dengan
hewan yang lainya. Misalnya kuda, kijang dengan cheetah/ harimau ,ketiga hewan
tersebut memiliki struktur rangka dan otot yang sangat kuat, namun kijang dan
cheetah yang memiliki bentuk kaki yang lebih ramping sehingga kijang dan
cheetah memiliki elastisitas yang tinggi. Bentuk kaki yang lebih ramping
tersebut mengakibatkan kijang dan cheetah pada saat berlari lebih banyak
melompat ke udara dan meluncur di udara. Gaya gesek udara yang jauh lebih kecil
daripada gaya gesek permukaan tanah menyebabkan kijang dapat berlari dengan
kecepatan lebih tinggi daripada kuda.
D. PENDEKATAN / STRATEGI
/ METODE PEMBELAJARAN
1.Pendekatan
: Scientific
2.Metode
: Diskusi dan DART (Direct Activity Reality to Text)
3.Model
:
Discovery Learning
E. ALAT,BAHAN DAN MEDIA
1.
Alat : -
Bahan : -
2.
Media :
Komputer,LCD, gambar/ video tentang gerak hewan
F. SUMBER BELAJAR
1. Buku siswa IPA SMP Kelas VIII, Puskurbuk 2013
(hal.9 –
12 )
2. Buku Guru IPA SMP Kelas VIII, Puskurbuk 2013 (hal 135
- 137)
3. Lembar observasi/Pengamatan “ Ayo kita
selesaikan “
4. Sumber lain yang relevan
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah langkah Model Discovery
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Guru mengucapkan salam, menyiapkan
peserta didik
Ø mengabsen siswa,
Ø menghubungkan materi dengan
pertemuan yang lalu: “masih ingatkah kamu ciri ciri makhluk hidup ?
|
5 menit
|
|
Kegiatan inti
|
Stimulasi
|
Ø Guru menyiapkan peserta didik
Ø Pemusatan perhatian;
Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi peserta didik
Guru menayangkan video ,gajah, balap kuda, cheetah memburu
kijang. Kemudian minta peserta didik untuk mengungkapan apa yang mereka lihat
dalam demonstrasi tersebut.
Ø Guru menyampaikan Tujuan
pembelajaran Konsep Gerak Hewan
|
10 menit
|
Identifikasi masalah
Pengumpulan data
Pengolahan data
Verifikasi
Generalisasi
|
Ø Guru memberi kesempatan bertanya
pada peserta didik setelah mengamati tayangan gerak pada hewan
Ø Contoh pertanyaan yang mungkin
timbul :
-
Apakah semua hewan bergerak dengan cepat
-
Apa yang menyebabkan hewan bergerak
-
Hewan apa yang bergerak paling cepat ?
-
Apa yang menyebabkan cheetah dapat berlari dengan kecepatan 112
km /jam ?
Ø Guru membagi Kelompok dan LK Ayo
Selesaikan”
Ø Setiap kelompok berdiskusi tentang LK
“Ayo Kita Selesaikan dan melakukan pengamatan untuk mengumpulkan data
Ø Setiap kelompok mencatat hasil
pengamatan yang mereka lakukan
Ø Setiap kelompok mengolah dan
menganalisa data dari hasil observasi.
Ø Setiap kelompok mendiskusikan hasil
analisis data dan memeverifikasi data
dengan sumber
Ø Mempresentasikan hasil observasi
yang sudah dianalisis.
Ø Diskusi hasil pengamatan
Ø Membuat kesimpulan
|
50 menit
|
|
Penutup
|
Ø Siswa dan guru mereview hasil
kegiatan pembelajaran
Ø Guru memberi penghargaan
( misalnya pujian atau bentuk
penghargaan lain yang relevan)
kepada kelompok yang
Ø Guru memberi
tugas pada peserta didik untuk mempelajari materi berikutnya yaitu
Gerak pada benda
|
15 menit
|
H. PENILAIAN
1. Jenis /
tekhnik penilaian
Jenis
|
Bentuk Instrumen
|
Sikap
|
Lembar pengamatan
|
Pengetahuan
|
Tes uraian
|
Ketrampilan
|
Portofolio
|
2. Instrumen
a. Lembar Pengamatan sikap pada kegiatan Diskusi
Kelompok
No
|
NamaSiswa
|
Aspek yang diamati
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
ya
|
tdk
|
ya
|
Tdk
|
ya
|
tdk
|
ya
|
tdk
|
Ya
|
tdk
|
||
1
|
Ali
|
||||||||||
2
|
Siti
|
||||||||||
3
|
....
|
Keterangan
aspek :
1.
Mengajukan
pertanyaan
2.
Menjawab
pertanyaan
3.
Mengemukakan
gagasan sesuai topik yang dibahas
4.
Menanggapi
gagasan dengan sikap yang santun
5.
Memberikan
solusi
b.
Tes tertulis ( Tes Uraian) :
1.Jelaskan perbedaan prinsip gerak
yang dilakukan oleh burung, ikan dan kuda berdasarkan bentuk tubuhnya ! hal 35
buku siswa
2. Mengapa cheetah lebih cepat larinya
dibanding kijang ? jelaskan
Kunci Jawaban :
1. Burung memiliki otot sayap yang
kuat dan rangka yang ringan untuk memudahkan waktu terbang, Ikan memiliki
bentuk tubuh yang sreamline untuk mengurangi hambatan waktu bergerak di
air,selian itu juga memilki sirip yang memudahkan melakukan manuver di dalam
air. Kuda memiliki otot dan rangka yang kuat untuk berlari di darat.
2.Karena adanya perbedaan struktur
tulang dan otot pada kedua hewan tersebut,dimana struktur tulang dan otot pada
cheetah lebih kuat dibanding kijang,sehingga
menyebabkan cheetah dapat bergerak lebih cepat dibanding dengan kijang.
Rubrik
penilaian :
NO
|
URAIAN
|
SKOR
|
1.
|
Jika jawaban benar dan lengkap
|
50
|
2.
|
Jika jawaban benar dan lengkap
|
50
|
Total
|
100
|
b. Portofolio
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester:VIII/ 1
Tahun Ajaran : 2014/2015
Judul Portofolio : Laporan K
Tujuan : Peserta didik dapat
membuat artikel tentang berbagai gerak pada hewan
dan melaporkanya
Ruang Lingkup : Portofolio yang di kumpulkan adalah
berbagai artikel tentang gerak pada
hewan
Urain Tugas Portofolio
1.Buatlah artikel berbagai gerak
pada hewan
2.Setiap siswa mengumpulkan selambat
lambatnya seminggu setelah peserta didik melaksanakan tugas.
|
Kriteria Penilaian Portofolio
No
|
Komponen yang dinilai
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Persiapan
|
|||
2
|
Pelaksanaan
|
|||
3
|
Hasil tulisan artikel
|
|||
Skor Portofolio
|
, Rubrik Penilaian
No
|
Komponen
|
Skor
|
1
|
Persiapan meliputi ketrampilan
memilih artikel
|
Skor 3 jika pemilihan artikel tepat
Skor 2 jika pemilihan artikel kurang
tepat
Skor 1 jika pemilihan artikel tidak tepat
|
2
|
Pelaksanaan, meliputi cara menulis
dan waktu pelksanaan
|
Skor 3 jika cara menulis dan waktu
pelaksanaan tepat
Skor 3 jika cara menulis dan waktu
pelaksanaan kurang tepat
Skor 3 jika cara menulis dan waktu
pelaksanaan tidak tepat
|
3
|
Hasil tulisan artikel, meliputi
keakuratan data dan kesimpulan
|
Skor 3 jika data dan kesimpulan
tepat
Skor 2 jika data dan kesimpulan
kurang tepat Skor 1 jika data dan kesimpulan tidak tepat
|
Penskoran
Nilai Portofolio = Jumlah
skor x 100
Skor
maksimal