Wednesday 29 October 2014

RPP Struktur dan fungsi otot pada manusia



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                  :       SMP
Mata Pelajaran                       :       IPA
Kelas/ Semester                    :       VIII/1
Topik                                      :       Struktur dan fungsi otot pada manusia
Alokasi Waktu                       :       3 x 40 menit (1 TM)
A.     KOMPETENSI INTI

KI.1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2.     menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam beriteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
KI.3.     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahu Tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
KI.4.     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret, (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumbar lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
3.4       Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi.

Indikator:
3.4.1        Mendeskripsikan fungsi otot pada manusia
3.4.2        Terampil mengidentifikasi kerja otot.
   3.4.3    Mendeskripsikan struktur otot manusia.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Melalui  percobaan, peserta didik dapat mengidentifikasi  diameter otot saat kontraksi dan
Relaksasi.
2.     Melalui  percobaan, peserta didik dapat terampil dalam mengukur  diameter otot saat kontraksi dan
Relaksasi.
3.     Melalui preparat awetan/ gambar Peserta didik dapat mengamati struktur otot jantung, otot rangka dan otot polos.

D.     MATERI

1.     Fungsi otot pada manusia
Otot adalah penggerak bagian-bagian tubuh, sehingga otot disebut alat gerak aktif.
Perbedaan kondisi otot pada saat kontraksi serta relaksasi. Jaringan ini dapat berkontraksi
menjadi lebih pendek. Proses kontraksi ini mengakibatkan bagian-bagian tubuh manusia bergerak. Pada kontraksi ini diperlukan energi.

2.     Perbedaan  antara otot rangka, otot polos dan otot jantung.
-           Otot rangka adalah otot yang paling banyak didalam tubuh. Jika diamati dibawah mikroskop , sel-sel otot rangka terlihat bergaris-garis melintang, sehinggga otot ini sering disebut juga otot lurik. Otot rangka melekat pada tulang dengan perantaraan tendon. Tendon adalah pita tebal, berserabut, dan liat yang melekatkan otot pada tulang. Otot rangka tergolong sadar otot rangka cenderung cepat berkontraksi dan cepat lelah.


-           Otot polos terdapat pada dinding lambung, usus halus, rahim, kantung empedu,dan pembuluh darah. Otot polos berkontraksi dan berelaksasi dengan lambat. Otot ini berbentuk gelendong
Serta memiliki sebuah inti pada setiap selnya.
-           Otot jantung hanya di temukan di jantung. Otot jantung juga tergolong otot tidak sadar. Otot jantung mempunyai garis-garis seperti otot rangka. Sebaliknya,otot jantung mirip otot polos karena tergolong otot tidak sadar. Otot jantung berkontraksi sekitar 70 kali per menit sepanjang hari selama hidup.

E.     PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN

1.     Pendekatan                                    : Saintifik dan Keterampilan Proses
2.     Metode                           : Percobaan/ eksperimen  dan diskusi
3.     Model                                             : Discovery Learning

F.     MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN

1.     Media
Komputer, LCD, Papan tulis
2.     Alat dan Bahan
a.     Meteran yang biasa digunakan penjahit
b.     Alat tulis
c.     Buku tulis
3.     Sumber Belajar
a)     Buku IPA SMP kelas VIII, Puskurbuk 2013
b)     LK
c)     Lingkungan

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 3 ( 3 JP)

Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Diskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (stimulasi)
JMengucapkan salam
JMenanyakan keadaan peserta didik
JApresepsi : penayangan video tentang aktivitas gerak pada manusia.

-           Pada kegiatan ini peserta didik mengingat pelajaran lalu bahwa tulang merupakan alat gerak pasif.
-           Coba sekarang kamu pikirkan,apakah tulang-tulang penyusun rangka manusia dapat digerakan tanpa adanya bagian lain? Ayo tebak gambar apakah ini!
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

10 menit
Kegiatan inti
Problem statemen (Identifikasi
masalah )












Data collection
(Pengumpulan data )




































Data processing (Pengolahan data  dan analisis)








Verifikasi (Pembuktian )





Generalisasi
Guru memberi  kesempatan kepada peserta didik untuk  untuk mengidentifikasi sebayak mungkin masalah yang berkaitan dengan gerak sampai peserta didik dapat berfikir dan  bertanya setelah mengamati  gambar/ tayangan video. Contoh pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan peserta didik.
-           Mengapa manusia bisa bergerak ?
-           Bagaimana cara kerja pada otot ?
-           Apakah sama antara otot yang menempel pada tulang, pada alat usus, dan pada jantung?

Setelah kegiatan tanya jawab guru memfasilitasi peserta didik untuk menemukan jawaban pertanyaan dengan cara :
-           Melakukan  percobaan sederhana menyelidiki diametaer otot lengan atas  pada waktu lurus atau bengkok.(LK 1. Mengamati diameter Otot ,hal 47-48).
-           Mencatat data hasil pengamatan diameter otot lengan atas  pada waktu lurus atau bengkok pada lembar observasi.
Siswa melakuakan observasi otot  rangka, otot polos dan otot jantung pada kegiatan ayo kita coba serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada kegiatan tersebut. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan preparat otot  rangka, otot polos dan otot jantung/ gambar.(Ayo coba  LK. 2, Mengamati otot Rangka,otot polos dan otot jantung, hal 49)
-           Mengamati otot  rangka, otot polos dan otot jantung.
-           Mencatat pada kolom  pengamatan yang disiapkanoleh peserta didik


Mendiskusikan hasil pengamatan dengan memperhatikan pertantaan-pertanyaan pada lembar kegiatan. Misalnya :
-           diameter otot pada saat relaksasi dan kontraksi
-           perbedaan bentuk, warna,cara kerja inti,reaksi terhadap rangsang, letak inti pda gambar otot rangka, otot polos dan otot jantung.


Peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data dan memverivikasi  hasil pengolahan dengan data-data pada buku siswa.



Menyimpulkan  hasil percobaan dan diskusi dengan cara :
-           menyimpulkan pengukuran diameter otot pada waktu relaksasi dan kontraksi.
-           Macam-macam struktur otot
-           Latihan memberikan contoh pemanfaatan konsep fungsi otot dalam kehidupan sehari hari.

100 menit
Penutup

Ø  Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
Ø  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
Ø  Siswa menjawab kuis tentang kelainan-kelainan pada sistem gerak.
Ø  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari benda-benda disekitar siswa yang termasuk pesawat sederhana serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

10 menit

H.PENILAIAN
1.jenis/ teknik penilaian:
                Sikap                      : Pengamatan
                                                  Penilaian diri
                Pengetahuan         : Tes Tertulis
                                                  Tes penugasan
                Keterampilan          :  Tes Praktik
2. Metode dan bentuk Instrumen
a. Bentuk Intrumen
                - lembar pengamatan sikap
                - lembar penilaian diri
- Soal tes tulis uraian
- Lembar penilaian kerja
- lembar penilaian tugas

    b. Bentuk instrument



Instrumen pengamatan sikap

Lembar Pengamatan

Mata Pelajaran                             :     IPA
Kelas/Semester                            :     VIII / Gasal
Tanggal Pengamatan                 :     ............................................................................
Materi                                           :     Struktur dan fungsi otot pada manusia
Petunjuk:
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap jujur, teliti, bertanggung jawab, dan kerjasama  yangditunjukkan oleh peserta didik dalam kegiatan percobaan.
No
Nama
Aspek Pengamatan
Jml Skor
Nilai
Predikat
jujur
teliti
bertanggung Jwb
kerja sama
1.








2.









Dst








Keterangan Pengisian
Aspek Pengamatan
Skor
Kriteria
Jujur
4
selalu melaporkan data  apa adanya sesuai fakta
3
sering  melaporkan data  apa adanya sesuai fakta
2
kadang-kadang  melaporkan data  apa adanya sesuai fakta
1
tidak pernah  melaporkan data  apa adanya sesuai fakta
Teliti
4
selalu melaksanakan  praktikum sesuai dengan langkah yang
ditetapkan
3
sering  melaksanakan  praktikum sesuai dengan langkah yang
ditetapkan
2
kadang-kadang  melaksanakan  praktikum sesuai dengan langkah yang
ditetapkan
1
tidak pernah  melaksanakan  praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan
Bertanggung jawab
4
selalu mengembalikan barang yang dipinjam seperti semula
3
sering  mengembalikan barang yang dipinjam seperti semula
2
kadang-kadang  mengembalikan barang yang dipinjam seperti semula
1
tidak pernah  mengembalikan barang yang dipinjam seperti semula
Kerja sama
4
selalu bekerja sama dalam mengikuti  kegiatan dengan teman satu kelompok
3
sering  bekerja sama dalam menyelesaikan kegiatan dengan teman satu kelompok
2
kadang-kadang  bekerja sama dalam mengikuti kegiatan dengan teman satu kelompok
1
tidak pernah  bekerja sama dalam mengikuti kegiatan dengan teman satu kelompok
             Nilai  = x 100
             Predikat :
             Sangat Baik        :    apabila memperoleh nilai :80 ≤ skor ≤ 100
             Baik                     :     apabila memperoleh nilai  :70 ≤ skor ≤ 79
             Cukup                 :    apabila memperoleh nilai  :60 ≤ skor ≤ 69
             Kurang                :     apabila memperoleh nilai :<60
            

 Penilaian Diri
LEMBAR PENILAIAN DIRI
      Petunjuk :
-          Bacalah pernyataan yang ada dalam kolom dengan teliti
-          Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan anda dalam mengikuti pembelajaran IPA
Nama Peserta Didik        :     .................................................................
Kelas                                      :                ................................................................
Tanggal Pengamatan    :     ...............................................................
Materi Pokok                         :                ..............................................................
No
Pernyataan
Selalu
sering
Kadang-kadang
Tdk pernah
1
Saya melaporkan data  apa adanya sesuai fakta




2
Saya melaksanakan  praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan




3
Saya mengembalikan barang yang dipinjam seperti semula




4
bekerja sama dalam mengikuti  kegiatan dengan teman satu kelompok






REKAPITULASI PENILAIAN DIRI
Mata Pelajaran                :     .................................................
Topik/Tema                    :     .................................................
Kelas                               :     ................................................
No
Nama
Skor
Jml Skor
Nilai
1
2
3
4


1







2







dst








Keterangan :
Selalu                              =    skor 4                                          Kadang-kadang                       =    skor 2
Sering                              =    skor 3                                           Tidak pernah                            =    skor 1

Nilai  = x 100


Instrumen Penugasan
Kelas/Semester                            :     VIII / Gasal
Tanggal Kegiatan                       :     ............................................................................
Materi                                           :     kelainan pada system gerak danJenis  Pesawat Sederhana


Tugas                                           :               Bacalah materi tentang pesawat sederhana pada Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII untuk mengidentifikasi kelainan penyakit dan contoh  pesawat sederhana yang ada di rumah (minimal 2 contoh). Catatlah hasilnya di buku IPA
Rubrik Penilaian

No
Kriteria Penilaian
Skor
1
menyebutkan  contoh kelainan pada tulang
10
2
menyebutkan jenis kelainan pada otot
10
3
menyebutkan contoh kelaianan pada sendi
10
4
menyebutkan  contoh  pesawat sederhana
10






Jumlah Skor

skor maksimum
40
Nilai = jml skor / skor maksimum x 100


I.   Instrument tes tertulis :
1.Indikator :  mendeskripsikan fungsi otot pada manusia.
Soal :1. Perhatikan gambar berikut:

Pada saat lengan di luruskan, kemudian di bengkokan perubahan apa yang terjadi pada otot lengan atas ?jelaskan jawabanmu!
2. tulsikan fungsi otot pada manusia !
2.indikator : Mendeskripsikan struktur otot manusia.
3.Cermatilah gambar berikut ini:
Jelaskan perbedaan otot rangka,otot polos dan otot jantung!
Kunci Jawaban.

1.     Pada saat lengan lurus diameter otot mengecil otot bisep mengalami kendor /istirahat (relaksasi). Dan jika lengan bengkok diameter otot lengan atas membesar otot bisep tegang (kontraksi).Otot berkatraksi dan relaksasi  menggerakan tulang,Sehingga otot sebagai alat gerak aktif.

3.    perbedaan  otot rangka,otot polos dan otot jantung.
Hal yang dibedakan
Otot rangka
Otot polos
Otot jantung
Bentuk
Serabut
Gelendong
Serabut
Warna
Lurik
Polos
Lurik
Cara kerja
Sadar di tengah
Tak sadar
Tak sadar
Inti sel
Banyak  dipinggir
Satu
Satu ditengah
Reaksi terhadap rangsang
Cepat
Lambat
cepat
Letak
Pada rangka
 Bagian viseral
Pada jantung



Rubrik Penilaian
NO
URAIAN
SKOR
1.
Jika jawaban benar dan lengkap
10
2.
Jika jawaban benar dan lengkap
10




Total
Nilai = Skor perolehan/2
20



LEMBAR KEGIATAN  1
MENGAMATI DIAMETER OTOT
(Buku siswa hal 47-48)
Apa yang harus kamu siapkan ?
1.  Meteran(yang biasa digunakan penjahit) jika kamu tidak memilikinya, boleh raffia, tali pita,
atau dengan benang panjang 50 cm.
1.    Alat tulis
2.    Buku tulis
Apa yang kamu lakukan ?
1.    Duduklah bersama denganteman satu kelompokmu!
2.    Luruskan tanganmu diatas meja dengan santai! Mintalah temanmu melingkarkan pita meteran pada lengan atasmu untuk mengukur besarnya lengan atasmu! Catatlah hasilnya pada table! Lakukan pengukuran dengan cermat dan teliti agar kamu memperoleh hasil yang tepat.
Masukan hasil observasimau pada table berikut !
No
Nama
Diameter otot saat tangan lurus
Diameter otot saat tangan bengkok
1



2



3



4




Jawablah pertanyaan berikut ini, tuliskan jawabanmu pada buku IPA!
1. Adakah perubahan diameter otot lengan atas saat diluruskan dan dibengkokkan? Jelaskan!
2. Jika terjadi perubahan diameter, bagaimana perubahanya, serta apakah yang terjaadi pada
ototmu?
3. Tulis kesimpulanmu atas pengamatan yang telah kamu lakukan!









LEMBAR KEGIATAN  2
MENGAMATI OTOT  JANTUNG, OTOT RANGKA, DAN OTOT POLOS
                              (Buku siswa hal49)

Apa yang kamu siapkan?
1.     Preparat awetan otot rangka, otot jantung dan otot polos
2.     Mikrokop
3.     Buku tulis

Jika disekolah kamu tidak tersedia preparat awetan otot rangka, otot polos dan otot jantung serta  menggunakan gambar dapat mengunakan gambar atau tayangan LCD proyektor.
Apa yang kamu lakukan?
1.     Lakukan pengamatan pada preperat awetan atu gambar yang telah disediakan. Hal yang perlu kamu amati adalah bentuk sel dari masing masing jenis otot. Lakukan kegiatan pengamatan ini dengan cermat dan teliti, agar kamu dapat mengidentifikasi perbedaan dari ketiga otot ini.
2.     Gambarlah hasil pengamatanmu kemudian beri keterangan pada bagian bagian otot yang tampak.

Masukan hasil observasimau pada tabelberikut !
Hal yang dibedakan
Otot rangka
Otot polos
Otot jantung
Bentuk



Warna



Cara kerja



Inti sel



Reaksi terhadap rangsang



Letak





Jawablah pertanyaan berikut, tuliskan jawabanmu pada buku IPA!
1.     Sebutkan perbedaan dari ketiga jenis otot yang telah kamu amati!
2.     Berdasarkan percobaan yang telah kamu lakukan, kesimpulan apa yangdapat kamu tarik?





Komentar RPP
1.     Tujuan pembelajaran jangan lupa disampaikan
2.     Mengamati bentuk tulang dapat dilakukan dengan menggunakan tubuh siswa sendiri
3.     Sebaiknya gunakan gambar rangka yang telah di gunting kemudian siswa diminta untuk menempel menjadi rangka utuh , atau menempelkannya pada tabel hasil pengamatan.
4.     Aktifitas siswa hanya menjawab pertanyaan guru, bukan presentasi

Pengembangan Kompetensi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar

  Pada tanggal 19 Desember 2023 GTK Kemdikbudristek telah merilis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Meng...