RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : VIII/1
Topik : Struktur dan
fungsi otot pada manusia
A.
KOMPETENSI INTI
KI.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
KI.2. menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam beriteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
KI.3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahu Tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian yang
tampak mata.
KI.4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret, (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumbar lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
3.4 Mendeskripsikan
struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi.
Indikator:
3.4.1
Mendeskripsikan fungsi otot pada manusia
3.4.2
Terampil mengidentifikasi kerja otot.
3.4.3
Mendeskripsikan struktur otot manusia.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui percobaan, peserta
didik dapat mengidentifikasi diameter
otot saat kontraksi dan
Relaksasi.
2.
Melalui percobaan, peserta
didik dapat terampil dalam mengukur
diameter otot saat kontraksi dan
Relaksasi.
3.
Melalui preparat awetan/ gambar Peserta didik dapat mengamati
struktur otot jantung, otot rangka dan otot polos.
D.
MATERI
1.
Fungsi otot pada manusia
Otot
adalah penggerak bagian-bagian tubuh, sehingga otot disebut alat gerak aktif.
Perbedaan
kondisi otot pada saat kontraksi serta relaksasi. Jaringan ini dapat
berkontraksi
menjadi
lebih pendek. Proses kontraksi ini mengakibatkan bagian-bagian tubuh manusia
bergerak. Pada kontraksi ini diperlukan energi.
2.
Perbedaan antara otot
rangka, otot polos dan otot jantung.
-
Otot rangka adalah otot yang paling banyak didalam tubuh. Jika
diamati dibawah mikroskop , sel-sel otot rangka terlihat bergaris-garis
melintang, sehinggga otot ini sering disebut juga otot lurik. Otot rangka
melekat pada tulang dengan perantaraan tendon. Tendon adalah pita tebal,
berserabut, dan liat yang melekatkan otot pada tulang. Otot rangka tergolong
sadar otot rangka cenderung cepat berkontraksi dan cepat lelah.
-
Otot polos terdapat pada dinding lambung, usus halus, rahim,
kantung empedu,dan pembuluh darah. Otot polos berkontraksi dan berelaksasi
dengan lambat. Otot ini berbentuk gelendong
Serta
memiliki sebuah inti pada setiap selnya.
-
Otot jantung hanya di temukan di jantung. Otot jantung juga
tergolong otot tidak sadar. Otot jantung mempunyai garis-garis seperti otot
rangka. Sebaliknya,otot jantung mirip otot polos karena tergolong otot tidak
sadar. Otot jantung berkontraksi sekitar 70 kali per menit sepanjang hari
selama hidup.
E.
PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Saintifik dan
Keterampilan Proses
2.
Metode : Percobaan/ eksperimen dan diskusi
3.
Model
: Discovery Learning
F.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
Komputer, LCD, Papan
tulis
2.
Alat dan Bahan
a.
Meteran yang biasa digunakan penjahit
b.
Alat tulis
c.
Buku tulis
3.
Sumber Belajar
a)
Buku IPA SMP kelas VIII, Puskurbuk 2013
b)
LK
c)
Lingkungan
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 3 ( 3
JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan Situasi (stimulasi)
|
JMengucapkan salam
JMenanyakan keadaan peserta didik
JApresepsi : penayangan video tentang
aktivitas gerak pada manusia.
-
Pada kegiatan ini peserta didik mengingat pelajaran
lalu bahwa tulang merupakan alat gerak pasif.
-
Coba sekarang kamu pikirkan,apakah tulang-tulang
penyusun rangka manusia dapat digerakan tanpa adanya bagian lain? Ayo tebak
gambar apakah ini!
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Problem
statemen (Identifikasi
masalah
)
Data collection
(Pengumpulan data )
Data processing (Pengolahan data dan analisis)
Verifikasi (Pembuktian )
Generalisasi
|
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk untuk mengidentifikasi sebayak mungkin
masalah yang berkaitan dengan gerak sampai peserta didik dapat berfikir dan bertanya setelah mengamati gambar/ tayangan video. Contoh pertanyaan yang
berkaitan dengan pengamatan peserta didik.
-
Mengapa manusia bisa bergerak ?
-
Bagaimana cara kerja pada otot ?
-
Apakah sama antara otot yang menempel pada tulang,
pada alat usus, dan pada jantung?
Setelah kegiatan tanya
jawab guru memfasilitasi peserta didik untuk menemukan jawaban pertanyaan
dengan cara :
-
Melakukan
percobaan sederhana menyelidiki diametaer otot lengan atas pada waktu lurus atau bengkok.(LK 1.
Mengamati diameter Otot ,hal 47-48).
-
Mencatat data hasil pengamatan diameter otot lengan atas pada waktu lurus atau bengkok pada lembar
observasi.
Siswa melakuakan observasi otot rangka, otot polos dan otot jantung pada
kegiatan ayo kita coba serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat
pada kegiatan tersebut. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan preparat
otot rangka, otot polos dan otot
jantung/ gambar.(Ayo coba LK. 2,
Mengamati otot Rangka,otot polos dan otot jantung, hal 49)
-
Mengamati otot
rangka, otot polos dan otot jantung.
-
Mencatat pada kolom
pengamatan yang disiapkanoleh peserta didik
Mendiskusikan hasil pengamatan
dengan memperhatikan pertantaan-pertanyaan pada lembar kegiatan. Misalnya :
-
diameter otot pada saat relaksasi dan kontraksi
-
perbedaan bentuk, warna,cara kerja inti,reaksi
terhadap rangsang, letak inti pda gambar otot rangka, otot polos dan otot
jantung.
Peserta didik mendiskusikan
hasil pengolahan data dan memverivikasi
hasil pengolahan dengan data-data pada buku siswa.
Menyimpulkan hasil percobaan dan diskusi dengan cara :
-
menyimpulkan pengukuran diameter otot pada waktu
relaksasi dan kontraksi.
-
Macam-macam struktur otot
-
Latihan memberikan contoh pemanfaatan konsep fungsi
otot dalam kehidupan sehari hari.
|
100
menit
|
Penutup
|
Ø Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
Ø Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok yang berkinerja baik
Ø Siswa menjawab kuis tentang
kelainan-kelainan pada sistem gerak.
Ø Guru memberikan tugas kepada siswa
untuk mencari benda-benda disekitar siswa yang termasuk pesawat sederhana
serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
10 menit
|
H.PENILAIAN
1.jenis/ teknik penilaian:
Sikap
: Pengamatan
Penilaian diri
Pengetahuan
: Tes Tertulis
Tes penugasan
Keterampilan
: Tes Praktik
2. Metode dan bentuk Instrumen
a. Bentuk Intrumen
-
lembar pengamatan sikap
-
lembar penilaian diri
- Soal
tes tulis uraian
- Lembar penilaian
kerja
- lembar
penilaian tugas
b. Bentuk instrument
Instrumen pengamatan
sikap
Lembar Pengamatan
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII / Gasal
Tanggal
Pengamatan : ............................................................................
Materi : Struktur dan
fungsi otot pada manusia
Petunjuk:
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor
sesuai sikap jujur, teliti, bertanggung jawab, dan kerjasama yangditunjukkan oleh peserta didik dalam
kegiatan percobaan.
No
|
Nama
|
Aspek
Pengamatan
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
Predikat
|
|||
jujur
|
teliti
|
bertanggung
Jwb
|
kerja
sama
|
|||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
Dst
|
Keterangan Pengisian
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
Kriteria
|
Jujur
|
4
|
selalu melaporkan data apa
adanya sesuai fakta
|
3
|
sering melaporkan
data apa adanya sesuai fakta
|
|
2
|
kadang-kadang melaporkan
data apa adanya sesuai fakta
|
|
1
|
tidak pernah melaporkan
data apa adanya sesuai fakta
|
|
Teliti
|
4
|
selalu melaksanakan
praktikum sesuai dengan langkah yang
ditetapkan
|
3
|
sering melaksanakan praktikum sesuai dengan langkah yang
ditetapkan
|
|
2
|
kadang-kadang
melaksanakan praktikum sesuai
dengan langkah yang
ditetapkan
|
|
1
|
tidak pernah
melaksanakan praktikum sesuai
dengan langkah yang ditetapkan
|
|
Bertanggung jawab
|
4
|
selalu mengembalikan barang yang dipinjam seperti semula
|
3
|
sering mengembalikan
barang yang dipinjam seperti semula
|
|
2
|
kadang-kadang
mengembalikan barang yang dipinjam seperti semula
|
|
1
|
tidak pernah mengembalikan
barang yang dipinjam seperti semula
|
|
Kerja sama
|
4
|
selalu bekerja sama dalam mengikuti kegiatan dengan teman satu kelompok
|
3
|
sering bekerja sama dalam
menyelesaikan kegiatan dengan teman satu kelompok
|
|
2
|
kadang-kadang bekerja sama
dalam mengikuti kegiatan dengan teman satu kelompok
|
|
1
|
tidak pernah bekerja sama
dalam mengikuti kegiatan dengan teman satu kelompok
|
Nilai =
x 100
Predikat :
Sangat
Baik : apabila memperoleh nilai :80 ≤ skor ≤ 100
Baik
: apabila memperoleh nilai :70 ≤ skor ≤ 79
Cukup : apabila memperoleh nilai :60
≤ skor ≤ 69
Kurang
: apabila memperoleh nilai :<60
Penilaian Diri
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Petunjuk :
-
Bacalah pernyataan yang ada dalam kolom dengan
teliti
-
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan
keadaan anda dalam mengikuti pembelajaran IPA
Nama Peserta Didik : .................................................................
Kelas : ................................................................
Tanggal Pengamatan : ...............................................................
Materi Pokok : ..............................................................
No
|
Pernyataan
|
Selalu
|
sering
|
Kadang-kadang
|
Tdk pernah
|
1
|
Saya melaporkan data apa adanya sesuai fakta
|
||||
2
|
Saya melaksanakan
praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan
|
||||
3
|
Saya mengembalikan barang yang dipinjam seperti semula
|
||||
4
|
bekerja sama dalam mengikuti
kegiatan dengan teman satu kelompok
|
REKAPITULASI PENILAIAN DIRI
Mata Pelajaran : .................................................
Topik/Tema : .................................................
Kelas : ................................................
No
|
Nama
|
Skor
|
Jml Skor
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
dst
|
Keterangan :
Selalu = skor 4 Kadang-kadang = skor 2
Sering = skor 3 Tidak
pernah = skor 1
Nilai =
x 100
Instrumen Penugasan
Kelas/Semester : VIII / Gasal
Tanggal
Kegiatan : ............................................................................
Materi : kelainan pada system gerak danJenis Pesawat
Sederhana
Tugas : Bacalah materi tentang pesawat
sederhana pada Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII untuk
mengidentifikasi kelainan penyakit dan contoh
pesawat sederhana yang ada di rumah (minimal 2 contoh). Catatlah
hasilnya di buku IPA
Rubrik Penilaian
No
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
1
|
menyebutkan contoh kelainan pada tulang
|
10
|
2
|
menyebutkan jenis kelainan pada otot
|
10
|
3
|
menyebutkan contoh
kelaianan pada sendi
|
10
|
4
|
menyebutkan contoh
pesawat sederhana
|
10
|
Jumlah Skor
|
||
skor maksimum
|
40
|
|
Nilai = jml skor /
skor maksimum x 100
|
I. Instrument
tes tertulis :
1.Indikator :
mendeskripsikan fungsi otot pada manusia.
Soal :1. Perhatikan gambar berikut:
Pada saat
lengan di luruskan, kemudian di bengkokan perubahan apa yang terjadi pada otot
lengan atas ?jelaskan jawabanmu!
2. tulsikan fungsi
otot pada manusia !
2.indikator : Mendeskripsikan struktur otot
manusia.
3.Cermatilah
gambar berikut ini:
Jelaskan
perbedaan otot rangka,otot polos dan otot jantung!
Kunci Jawaban.
1.
Pada saat lengan lurus diameter otot mengecil otot bisep mengalami kendor
/istirahat (relaksasi). Dan jika lengan bengkok diameter otot lengan atas
membesar otot bisep tegang (kontraksi).Otot berkatraksi dan relaksasi menggerakan tulang,Sehingga otot sebagai alat
gerak aktif.
3. perbedaan otot rangka,otot polos dan otot jantung.
Hal
yang dibedakan
|
Otot rangka
|
Otot
polos
|
Otot
jantung
|
Bentuk
|
Serabut
|
Gelendong
|
Serabut
|
Warna
|
Lurik
|
Polos
|
Lurik
|
Cara kerja
|
Sadar di tengah
|
Tak sadar
|
Tak sadar
|
Inti sel
|
Banyak
dipinggir
|
Satu
|
Satu ditengah
|
Reaksi
terhadap rangsang
|
Cepat
|
Lambat
|
cepat
|
Letak
|
Pada rangka
|
Bagian
viseral
|
Pada jantung
|
Rubrik Penilaian
NO
|
URAIAN
|
SKOR
|
1.
|
Jika jawaban benar dan lengkap
|
10
|
2.
|
Jika jawaban benar dan lengkap
|
10
|
Total
Nilai = Skor
perolehan/2
|
20
|
LEMBAR KEGIATAN
1
MENGAMATI DIAMETER
OTOT
(Buku siswa hal
47-48)
Apa yang harus kamu siapkan ?
1. Meteran(yang
biasa digunakan penjahit) jika kamu tidak memilikinya, boleh raffia, tali pita,
atau dengan benang panjang 50 cm.
1.
Alat tulis
Apa yang kamu lakukan ?
1.
Duduklah bersama denganteman satu kelompokmu!
2.
Luruskan tanganmu diatas meja dengan santai! Mintalah temanmu
melingkarkan pita meteran pada lengan atasmu untuk mengukur besarnya lengan
atasmu! Catatlah hasilnya pada table! Lakukan pengukuran dengan cermat dan
teliti agar kamu memperoleh hasil yang tepat.
Masukan hasil observasimau pada table
berikut !
No
|
Nama
|
Diameter otot saat tangan lurus
|
Diameter otot saat tangan bengkok
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
Jawablah pertanyaan berikut ini, tuliskan
jawabanmu pada buku IPA!
1. Adakah
perubahan diameter otot lengan atas saat diluruskan dan dibengkokkan? Jelaskan!
2. Jika terjadi perubahan diameter, bagaimana
perubahanya, serta apakah yang terjaadi pada
ototmu?
3. Tulis
kesimpulanmu atas pengamatan yang telah kamu lakukan!
LEMBAR
KEGIATAN 2
MENGAMATI OTOT
JANTUNG, OTOT RANGKA, DAN OTOT POLOS
(Buku siswa
hal49)
Apa yang kamu siapkan?
1.
Preparat awetan otot rangka, otot jantung dan otot polos
2.
Mikrokop
3.
Buku tulis
Jika
disekolah kamu tidak tersedia preparat awetan otot rangka, otot polos dan otot
jantung serta menggunakan gambar dapat
mengunakan gambar atau tayangan LCD proyektor.
Apa yang kamu lakukan?
1.
Lakukan pengamatan pada preperat awetan atu gambar yang telah
disediakan. Hal yang perlu kamu amati adalah bentuk sel dari masing masing
jenis otot. Lakukan kegiatan pengamatan ini dengan cermat dan teliti, agar kamu
dapat mengidentifikasi perbedaan dari ketiga otot ini.
2.
Gambarlah hasil pengamatanmu kemudian beri keterangan pada bagian bagian
otot yang tampak.
Masukan hasil observasimau pada tabelberikut
!
Hal
yang dibedakan
|
Otot rangka
|
Otot
polos
|
Otot
jantung
|
Bentuk
|
|||
Warna
|
|||
Cara kerja
|
|||
Inti sel
|
|||
Reaksi
terhadap rangsang
|
|||
Letak
|
Jawablah pertanyaan berikut, tuliskan
jawabanmu pada buku IPA!
1.
Sebutkan perbedaan dari ketiga jenis otot yang telah kamu amati!
2.
Berdasarkan percobaan yang telah kamu lakukan, kesimpulan apa
yangdapat kamu tarik?
Komentar RPP
1.
Tujuan
pembelajaran jangan lupa disampaikan
2.
Mengamati
bentuk tulang dapat dilakukan dengan menggunakan tubuh siswa sendiri
3.
Sebaiknya
gunakan gambar rangka yang telah di gunting kemudian siswa diminta untuk
menempel menjadi rangka utuh , atau menempelkannya
pada tabel hasil pengamatan.
4.
Aktifitas
siswa hanya menjawab pertanyaan guru, bukan presentasi