Tuesday 21 October 2014

RPP Sistem Rangka Manusia



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan         :    SMP 
Matapelajaran                 :    Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester              :    VIII / 1
Materi Pokok                  :    Rangka Tubuh Manusia
Alokasi Waktu                :    3  JP
A.    Kompetensi Inti (KI)
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
KI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.
3.4.    Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi.

3.4.1     menjelaskan fungsi sistem rangka bagi tubuh manusia.
3.4.2     mengidentifikasi jenis tulang penyusun sistem gerak manusia.
3.4.3     Mendeskripsikan struktur tulang manusia.
3.4.4     Mendeskripsikan fungsi sistem rangka bagi manusia.
3.4.5     Menjelaskan prinsip kerja pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia.
4.
4.4.    Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari.

4.5      Menyusun sebuah brosur tentang upaya menjaga kesehatan rangka menusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari.






C.    Tujuan Pembelajaran
1.     Peserta didik dapat menjelaskan fungsi sistem rangka bagi tubuh manusia.
2.     Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis tulang penyusun sistem gerak manusia.
3.     Peserta didik dapat mengklasifikasikan berbagai jenis tulang penyusun sistem rangka manusia.
4.     Peserta didik dapat menyajikan dan mengkomunikasikan hasil pengamatan, identifikasi, klasifikasi tentang sistem rangka bagi tubuh manusia.

D.    Materi Pembelajaran
1.     FUNGSI RANGKA
Ada empat fungsi utama sistemrangka bagi tubuh manusia;
·         Memberikan bentuk dan mendukung tubuh kita,
·         Melindungi organ dalam, sebagai contohnya tulang rusuk melindungi jantung dan paru-paru, tulang tengkorak melindungi otak,
·         Tempat menempelnya otot yang merupakan alat gerak aktif yang dapat menggerakkan tulang,
·         Tempat pembentukkan sel darah. Sel darah dibentuk di bagian sumsum tulang,yaitu jaringan lunak yang terdapat di bagian tengah tulang.
2.     STRUKTUR TULANG MANUSIA
Tulang manusia tersusun atas periosteum, sumsum tulang, tulang kompak, tulang spons serta pembuluh darah.
3.     JENIS TULANG BERDASARKAN BENTUK DAN UKURANNYA
Berdasarkan bentuk dan ukurannya, tulang pada sistem rangka manusia dibedakan menjadi empat; yaitu tulang panjang, tulang pipih, tulang pendek dan tulang tidak beraturan.
4.     JENIS TULANG PENYUSUN SISTEM RANGKA MANUSIA
Sistem rangka manusia tersusun atas + 206 tulang dengan ukuran dan bentuk yang berbeda-beda.

E.    Metode Pembelajaran
1.     Metode    :   Saintifik
2.     Model      :   Discovery Learning,
F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.     Media                   : Slide / Powerpoint atau gambar tentang rangka pada tubuh manusia 
2.     Alat/Bahan          : Gambar rangka tubuh manusia
3.     Sumber Belajar :
a.  Kementerian Pendidikan Indonesia, 2014, Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII Semester 1, Jakarta, hal 39 – 70.
b.  Internet




G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Pendahuluan
Pemusatan perhatian :
Guru memperlihatkan gambar melalui tayangan LCD, kemudian mengajukan pertanyaan :
*Mengapa tubuh manusia dapat berdiri tegak ?
*Mengapa tubuh manusia dapat bergerak ?
15 menit
Kegiatan Inti
·    Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu  mengamati model rangka tubuh manusia atau gambar rangka tubuh manusia.
·    Membagi siswa menjadi 8 kelompok.
·    Diskusi kelompok mengkaji LKS rangka tubuh manusia.
·    Siswa mengamati model rangka tubuh manusia atau gambar rangka tubuh manusia dan mencatat data pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS.
·    Siswa mengklasifikasikan tulang-tulang penyusun rangka tubuh manusia berdasarkan bentuk dan ukurannya.
·    Mengolah dan menganalisis data dari  setiap pengamatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS.
·    Presentasi hasil percobaan.
·    Diskusi jenis-jenis tulang, fungsi rangka, dan struktur tulang manusia.
·    Membuat kesimpulan tentang jenis-jenis tulang, fungsi rangka dan struktur tulang manusia.
90 menit
 Penutup
·    Siswa dan guru mereviev hasil kegiatan  pembelajaran .
·    Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik.
·    Siswa menjawab kuis tentang rangka tubuh manusia.
·    Pemberian tugas untuk mempelajari  otot manusia.
15 menit


H.    Penilaian
No.
KD
INDIKATOR
TEKNIK PENILAIAN
1.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
Pengamatan sikap
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
Pengamatan sikap
2.
3.4.1
Mengidentifikasi jenis tulang penyusun gerak manusia.
Tes tertulis
3.4.2
Mendeskripsikan struktur tulang manusia.
Tes tertulis
3.4.3
Mendeskripsikan fungsi sistem rangka bagi manusia.
Tes tertulis
3.
4.4.1
Menyusun sebuah brosur tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari.
Tes unjuk kerja


1.     Sikap Sosial
a.  Teknik penilaian    :   Observasi / Penilaian  diri
b.  Bentuk instrumen     :
No.
BUTIR INSTRUMEN

  1.  
Keingintahuan

  1.  
Ketelitian dan kehati-hatian dalam pengamatan

  1.  
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar

  1.  
Keterampilan berkomunikasi

c.  Pedoman penskoran  :
No
Rubrik
1
3:  menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam   dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat
2
3.      mengamati gambar atau model rangka sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan pengamatan
2.      mengamati gambar atau model rangka sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1.    mengamati gambar atau model rangka sesuai prosedur,  kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
3
3:  tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
4
3.       aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.      aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut  mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1.   aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut  mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain




2.     Keterampilan
a.  Teknik penilaian    :   Unjuk kerja / Proyek
b.  Bentuk instrumen     :       Menggambar rangka tubuh manusia
No.
Butir Instrumen

  1.  
PERSIAPAN

  1.  
1.    Menyiapkan alat dan bahan

  1.  
2.    Mengecek kesiapan alat

  1.  
3.    Membaca prosedur dan langkah kerja

  1.  
SELAMA KEGIATAN

  1.  
a.    Menggunakan alat dan bahan

  1.  
1.    Membawa bahan tidak berceceran

  1.  
2.    Mengambil alat dan bahan sesuai kebutuhan

  1.  
3.    Langkah sesuai prosedur

  1.  
b.    Sikap

  1.  
1.  Konsentrasi pada kegiatan

  1.  
2.  Aktif

  1.  
3.  Bekerja sama

  1.  
AKHIR KEGIATAN

  1.  
1.    Membersihkan alat dengan baik

  1.  
2.    Membersihkan meja/tempat kegiatan

  1.  
3.    Mengembalikan alat ke tempat semula
















LAMPIRAN-LAMPIRAN 

1.    Instrumen Penilaian Sikap
Indikator: 
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


a.   Observasi

Nama Siswa                : ..................................
Kelas                             : ..................................
Tanggal Pengamatan : ..................................
Materi Pokok              : ..................................

Petunjuk :
Berilah tanda centang (ü) sesuai dengan hasil pengamatan terhadap siswa pada kolom berikut ini:

No
Aspek Perilaku Yang Diamati
Hasil Pengamatan
Ya
Tidak
1.
Siswa melakukan pengamatan sesuai dengan prosedur yang ditentukan


2.
Siswa melaporkan hasil pengamatan sesuai dengan waktu yang ditentukan


3.
Siswa teliti dalam melakukan pengamatan sewaktu kegiatan praktik


4.
Siswa bertanggung jawab terhad apa  yang telah dilaksanakan dalam pengamatan


5.
Siswa melaporkan hasil praktiknya sesuai dengan giliran yang  telah ditentukan


6.
Siswa mau menerima masukan/kritikan dari orang lain


SKOR MAKSIMUM

Untuk  setiap aspek yang diamati, beri skor 1 jika teramati “Ya”, dan beri skor 0 jika teramati  “Tidak”.

Nilai =















b.  Penilaian Diri
Nama Siswa                : ..................................
Kelas                             : ..................................
Tanggal Pengamatan : ..................................
Materi Pokok              : ..................................


Petunjuk:
Berilah tanda centang (ü) pada pilihan yang paling menggambarkan kondisi sebenarnya pada diri kamu !
No.
Aspek
SL
SR
KK
JR
TP
1.
Saya menyimak sungguh-sungguh penjelasan teman tentang konsep rangka tubuh manusia





2.
Saya memperbaiki pekerjaan atau tugas berdasarkan saran teman yang menurut saya bisa diterima oleh akal/pikiran





3.
Saya menyampaikan pendapat, usulan, konsep dengan bahasa tidak menyinggung orang lain





4.
Saya menyampaikan pendapat, usulan, konsep dengan tata cara, waktu dan etika sesuai budaya daerah





5.
Saya memberi tanggapan, atau menilai pekerjaan teman atau pekerjaan sendiri sesuai  pengetahuan yang dimiliki





6.
Saya memberi kesempatan teman secara adil untuk mengemukakan pendapatnya dalamdiskusi





7.
Saya memberi apresiasi  atau penghargaan karya teman






Keterangan:
SL            : Selalu                    KK : Kadang-kadang                 TP : Tidak Pernah
SR            : Sering                    JR  : Jarang

c.   Antar Peserta Didik
Nama Siswa yang dinilai   : ..................................
Kelas                                      : ..................................
Tanggal Pengamatan         : ..................................
Nama siswa yang menilai : ..................................
Materi Pokok                      : ..................................

Petunjuk:
Lakukan penilaian terhadap temanmu secara jujur dengan memberi tanda centang (ü) pada kolom berikut:
No.
Aspek Perilaku
Hasil Pengamatan
Ya
Tidak
1.
Teliti pada penggunaan alat-alat laboratorium


2.
Teliti pada penggunaan bahan-bahan laboratorium


3.
Bertanggungajawab dalam pembelajaran di laboratorium


4.
Peduli pada kesehatan lingkungan


5.
Peduli pada kesehatan diri


6.
Cermat dalam penggunaan alat dan bahan laboratorium


7.
Kritis dalamproses pembelajaran


8.
Bersikap terbuka dalam proses  pembelajaran


SKOR MAKSIMUM

Nilai =    

d.  Jurnal
Lembar Pengamatan Sikap
Pengamatan Perilaku Ilmiah

Nama Siswa                : ..................................
Kelas                             : ..................................
Tanggal Pengamatan : ..................................
Materi Pokok              : ..................................
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
 Rasa ingin tahu (curiosity)




2
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan




3
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
 Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar





Rubrik Penilaian Perilaku


No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3:   menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam   dalam kegiatan kelompok
2:   menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1:   tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat


 Ketelitian dan hati-hati  

4.      mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
3.      mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1.    mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,  kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
3
 Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3:   tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2:   berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1:   tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
4
Berkomunikasi
4.       aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
3.       aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut  mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1.   aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut  mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain

JURNALPENILAIANSIKAP

Nama                    : ____________________________________________
Kelas                     : ____________________________________________

No.
Hari/Tanggal
Sikap/Perilaku
Keterangan
Positif
Negatif

1




2




3




4




5




6




7




8




9






Kesimpulan:











 





















2.    Instrumen Penilaian Pengetahuan
Indikator :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

a.   Tes Tertulis

-       Pilihan Ganda
1.    Salah satu bagian penyusun tulang yang menghasilkan sel-sel darah merah dan sel-sel darah putih adalah ....
a.    kartilago
b.    periosteum
c.     tulang kompak
d.    sumsum merah tulang

2.    Salah satu fungsi  sistem rangka adalah melindungi organ internal. Pada tubuh manusia tulang yang melindungi paru-paru, dan otak secara berturut-turut adalah tulang ....
a.    rusuk dan tulang tengkorak
b.    tengkorak dan tulang rusuk
c.     belakang dan tulang tengkorak
d.    belakang dan tulang rusuk

3.    Berikut ini merupakan fungsi  dari sistem rangka, kecuali ....
a.    alat gerak aktif, sehingga tulang dapat bergerak
b.    tempat utama menyimpan kalsium dan fosfor
c.     memberikan bentuk pada tubuh dan mendukung tubuh
d.    melindungi organ internal
4.    Perhatikan gambar berikut !
                                                                                                       
1
2
3
 






Nama tulang yang diberi nomor 1, 2, dan 3 adalah ....

1
2
3
a.
b.
c.
d.
tulang kemaluan
tulang duduk
tulan usus
tulang usus
tulang duduk
tulang usus
tulang duduk
tulang kemaluan
tulang usus
tulang kemaluan
tulang kemaluan
tulang duduk
5.    Jaringan tulang rawan terdiri atas ….
a.    sedikit zat kapur dan kolagen                                  
b.    banyak zat kapur dan kolagen                               
c.     sedikit zat kapur dan banyak zat kolagen
d.    banyak zat kapur dan sedikit zat kolagen





-       Uraian
1.    Tuliskan 4 (empat) fungsi rangka bagi tubuh manusia!
2.    Perhatikan gambar berikut !








Tuliskan nama bagian-bagian yang diberi nomor  1, 2, 3 dan 4 !
d.  Tes Lisan
1.    Jelaskan empat fungsi rangka bagi tubuh manusia !
2.    Jelaskan struktur tulang manusia !
3.    Jelaskan jenis tulang penyusun rangka tubuh manusia berdasarkan bentuknya !

e.  Tes Penugasan
Indikator :
Peserta didik dapat Menyusun sebuah brosur tentang upaya menjaga kesehatan rangka menusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari.
Deskripsi tugas :
1.    Buatlah daftar nama bahan makanan yang kamu temukan di sekitar tempat tinggalmu.
2.    Kelompokkan setiap nama bahan makanan berdasarkan kandungan zat makanannya.
3.    Buatlah kesimpulan tentang manfaat nama bahan makanan tersebut berdasarkan kandungan zat makanannya bagi rangka tubuh manusia.
No.
Pedoman Penskoran
Skor
1.
Menemukan nama bahan makanan di sekitar tempat tinggal
≥ 10 jenis bahan makanan  
6 – 9 jenis bahan makanan
1 – 5 jenis bahan makanan           

3
2
1
2.
Mengelompokkan bahan makanan berdasarkan kandungan zatnya
Dengan lengkap
Cukup lengkap
Kurang lengkap


3
2
1
3.
Membuat kesimpulan tentang manfaat nama bahan makanan berdasarkan kandungan zat makanannya bagi rangka tubuh
2
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
8

Nilai =











3.    Instrumen Penilaian Keterampilan
Indikator : 
Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari.

a.       Tes Praktik
Tujuan: 
mengidentifikasi  tulang penyusun sistem rangka tubuh manusia.

Alat dan bahan:
1.    Model rangka atau gambar sistem rangka manusia
2.    Alat tulis
3.    Buku IPA

Langkah kerja :
1.    Lakukan pengamatan pada torso atau gambar rangka manusia!
2.    Identifikasilah minimal10 macamtulang penyusun sistem rangka manusia!
3.    Selain mengidentifikasi macamnya,jelaskan letak dan fungsi tulang tersebut!
4.    Bekerjalah dengan teman satu kelompokmu dalam menyelesaikan kegiatan ini.
5.    Catatlah hasilpengamatanmu pada tabel berikut ini!

Tabel hasil pengamatan:
No.
Nama Tulang
Letak
Bentuk
Fungsi



















































Pertanyaan :
1.    Ada berapa kelompok letak tulang ? Sebutkan !
2.    Ada berapa bentuk tulang ? Sebutkan !



Rubrik Penilaian

No.
Aspek
yang Dinilai
Skor
1
2
3
1
Pengamatan
Pengamatan tidak cermat
Pengamatan cermat, tetapi mengandung interpretasi
Pengamatan cermat dan bebas interpretasi
2
Data yang diperoleh
Data tidak lengkap
Data lengkap, tetapi tidak terorganisir, atau ada yang salah tulis
Data lengkap, terorganisir, dan ditulis dengan benar
3
Kesimpulan
Kesimpulan tidak benar atau tidak sesuai tujuan
Sebagian kesimpulan ada yang salah atau tidak sesuai tujuan
Semua kesimpulan benar atau sesuai tujuan
Skor maksimum
9


b.      Tes Proyek
-       Proyek
Indikator  :
Mewarnai dan memberi nama tulang pada tulang-tulang penyusun rangka tubuh manusia.

Petunjuk teknis dan acuan  pelaksanaan  penilaian proyek
a.    menyampaikan rubrik penilaian   sebelum pelaksanaan penilaian kepada peserta didik,
b.    memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang kriteria penilaian,
c.     menyampaikan tugas disampaikan kepada peserta didik,
d.    memberikan pemahaman yang sama kepada peserta didik tentang tugas yang harus dikerjakan, 
e.    melakukan penilaian selama  perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan proyek,
f.     memonitor pengerjaan proyek peserta didik dan memberikan umpan balik pada setiap tahapan pengerjaan proyek,
g.    membandingkan kinerja peserta didik dengan rubrik penilaian,
h.    memetakan kemampuan peserta didik terhadap pencapaian kompetensi minimal,
i.      mencatat hasil penilaian, memberikan umpan balik terhadap laporan yang disusun peserta didik

Rubrik Penilaian Proyek
No
Tahapan
Skor
1
Perencanaan
·      Menyiapkan alat
·      Menyiapkan bahan
1-5
2
Pengumpulan data
·      Mencatat hasil pengamatan
·      Data sesuai dengan hasil pengamatan
1-10
3
Pengorganisasian data
·      Mengelompokkan data berdasarkan jenis indikator buatan
1-5
4
Pengolahan data
·      Menetapkan jenis indikator buatan
1-5
5
Penyajian data
·      Membuat laporan tertulis
·      Mempresentasikan hasil pengamatan
1-10

Jumlah skor
5-35


c.       Portofolio
Indikator     :              
Siswa dapat membuat portofolio seluruh hasil karya dan kegiatan dalam 1 semester.

No
KD
Jenis Tugas
Skor
1
2
3
4
1
3.4
Laporan Hasil Pengamatan




2
3.4
Laporan Hasil Pengelompokan tulang




dst







Kriteria Laporan :
1.       Pendahuluan
2.       Langkah-langkah Kegiatan
3.       Data
4.       Pembahasan
5.       Kesimpulan
6.       Daftar pustaka

Kriteria penskoran :
4  : 6 kriteria terpenuhi
3  : 4-5 kriteria terpenuhi
2  : 2-3 kriteria terpenuhi
1  : 1 kriteria terpenuhi



Pengembangan Kompetensi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar

  Pada tanggal 19 Desember 2023 GTK Kemdikbudristek telah merilis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Meng...