RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan         :    SMP  
Matapelajaran                 :    Ilmu
Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester              :    VIII / 1
Materi Pokok                  :    Rangka Tubuh Manusia 
A.   
Kompetensi Inti (KI) 
1.        
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2.        
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.        
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.   
Kompetensi
Dasar dan Indikator 
| 
KI | 
Kompetensi
   Dasar | 
Indikator
   Pencapaian Kompetensi | 
| 
3. | 
3.4.    Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada
  berbagai kondisi. | 
3.4.1    
  menjelaskan fungsi sistem rangka bagi tubuh manusia. 
3.4.2    
  mengidentifikasi jenis tulang penyusun sistem gerak
  manusia. 
3.4.3    
  Mendeskripsikan struktur tulang manusia. 
3.4.4    
  Mendeskripsikan fungsi sistem rangka bagi manusia. 
3.4.5    
  Menjelaskan prinsip kerja pesawat sederhana pada
  otot dan rangka manusia. | 
| 
4.  | 
4.4.    Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia
  dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari. | 
Menyusun sebuah brosur
  tentang upaya menjaga kesehatan rangka menusia dikaitkan dengan zat gizi
  makanan dan perilaku sehari-hari.  | 
C.   
Tujuan Pembelajaran
1.    
Peserta didik
dapat menjelaskan fungsi sistem
rangka bagi tubuh manusia.
2.    
Peserta didik
dapat mengidentifikasi jenis
tulang penyusun sistem gerak manusia.
3.    
Peserta didik
dapat mengklasifikasikan berbagai
jenis tulang penyusun sistem rangka manusia.
4.    
Peserta didik
dapat menyajikan dan
mengkomunikasikan hasil pengamatan, identifikasi, klasifikasi tentang sistem rangka bagi tubuh manusia.
D.    Materi Pembelajaran
1.    
FUNGSI
RANGKA
Ada empat
fungsi utama sistemrangka bagi tubuh manusia;
·        
Memberikan bentuk dan mendukung tubuh
kita,
·        
Melindungi organ dalam, sebagai
contohnya tulang rusuk melindungi jantung dan paru-paru, tulang tengkorak
melindungi otak,
·        
Tempat menempelnya otot yang
merupakan alat gerak aktif yang dapat menggerakkan tulang,
·        
Tempat pembentukkan sel darah. Sel
darah dibentuk di bagian sumsum tulang,yaitu jaringan lunak yang terdapat di
bagian tengah tulang.
2.    
STRUKTUR
TULANG MANUSIA
Tulang manusia
tersusun atas periosteum, sumsum tulang, tulang kompak, tulang spons serta
pembuluh darah.
3.    
JENIS
TULANG BERDASARKAN BENTUK DAN UKURANNYA
Berdasarkan
bentuk dan ukurannya, tulang pada sistem rangka manusia dibedakan menjadi
empat; yaitu tulang panjang, tulang pipih, tulang pendek dan tulang tidak
beraturan.
4.    
JENIS
TULANG PENYUSUN SISTEM RANGKA MANUSIA
Sistem rangka
manusia tersusun atas + 206 tulang dengan ukuran dan bentuk yang
berbeda-beda.
E.   
Metode Pembelajaran
1.    
Metode    :   Saintifik
2.    
Model      :   Discovery
Learning, 
F.   
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran 
1.    
Media                   : Slide / Powerpoint atau gambar tentang rangka pada tubuh manusia  
2.    
Alat/Bahan          : Gambar rangka tubuh manusia
3.    
Sumber
Belajar :
a.  Kementerian Pendidikan
Indonesia, 2014, Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII Semester 1, Jakarta, hal 39 – 70.
b.  Internet 
G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
| 
Kegiatan | 
Deskripsi
   Kegiatan | 
Alokasi | 
| 
Pendahuluan | 
Pemusatan perhatian : 
Guru
  memperlihatkan gambar melalui tayangan LCD, kemudian mengajukan
  pertanyaan :  
*Mengapa
  tubuh manusia dapat berdiri tegak ? 
*Mengapa
  tubuh manusia dapat bergerak
  ? | 
15 menit | 
| 
Kegiatan
  Inti | 
·   
  Menyampaikan informasi
  tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu 
  mengamati model rangka tubuh manusia atau gambar
  rangka tubuh manusia. 
·   
  Membagi siswa menjadi 8 kelompok. 
·   
  Diskusi kelompok mengkaji LKS
  rangka tubuh manusia. 
·   
  Siswa mengamati model
  rangka tubuh manusia atau gambar rangka tubuh manusia dan mencatat data pengamatan
  pada kolom yang tersedia pada LKS. 
·   
  Siswa mengklasifikasikan
  tulang-tulang penyusun rangka tubuh manusia berdasarkan bentuk dan ukurannya. 
·   
  Mengolah dan menganalisis
  data dari  setiap pengamatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan
  pada LKS. 
·   
  Presentasi hasil percobaan. 
·   
  Diskusi jenis-jenis
  tulang, fungsi rangka, dan struktur tulang manusia.  
·   
  Membuat kesimpulan tentang jenis-jenis
  tulang, fungsi rangka dan struktur tulang manusia.  | 
90 menit | 
| 
 Penutup | 
·   
  Siswa dan guru mereviev hasil
  kegiatan  pembelajaran . 
·   
  Guru memberikan penghargaan kepada
  kelompok yang berkinerja baik. 
·   
  Siswa menjawab kuis tentang rangka
  tubuh manusia. 
·   
  Pemberian tugas untuk
  mempelajari  otot
  manusia. | 
15 menit | 
H.   
Penilaian 
| 
No.  | 
KD | 
INDIKATOR | 
TEKNIK PENILAIAN | 
| 
1. | 
2.1 | 
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
  tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
  terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
  sehari-hari. | 
Pengamatan sikap | 
| 
2.2 | 
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
  aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
  melaporkan hasil percobaan. | 
Pengamatan sikap | |
| 
2. | 
3.4.1 | 
Mengidentifikasi jenis tulang penyusun gerak
  manusia. | 
Tes tertulis | 
| 
3.4.2 | 
Mendeskripsikan struktur tulang manusia. | 
Tes tertulis | |
| 
3.4.3 | 
Mendeskripsikan fungsi sistem rangka bagi manusia. | 
Tes tertulis | |
| 
3. | 
4.4.1 | 
Menyusun sebuah brosur tentang upaya menjaga
  kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku
  sehari-hari. | 
Tes unjuk kerja | 
1.    
Sikap Sosial
a.  Teknik penilaian    :   Observasi / Penilaian  diri
b.  Bentuk instrumen     :
| 
No. | 
BUTIR INSTRUMEN | 
|  | 
Keingintahuan | 
|  | 
Ketelitian
  dan kehati-hatian dalam pengamatan | 
|  | 
Ketekunan
  dan tanggung jawab dalam belajar | 
|  | 
Keterampilan
  berkomunikasi | 
c.  Pedoman penskoran  :
| 
No | 
Rubrik | 
| 
1 | 
3:  menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
  antusias, aktif dalam   dalam kegiatan
  kelompok  
2:  menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak
  terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika
  disuruh 
1:  tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan,
  sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok 
  walaupun telah didorong untuk terlibat | 
| 
2 | 
3.     
  mengamati gambar atau model rangka sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan
  pengamatan  
2.     
  mengamati gambar atau model rangka sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam
  melakukan percobaan  
1.   
  mengamati gambar atau model rangka sesuai
  prosedur,  kurang hati-hati dalam
  melakukan percobaan  | 
| 
3 | 
3:  tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil
  terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu. 
2:  berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan
  tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya 
1:  tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
  menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai  | 
| 
4 | 
3.      
  aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan
  gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain  
2.     
  aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut 
  mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain 
1.  
  aktif dalam tanya jawab,  tidak
  ikut  mengemukaan gagasan atau ide, kurang
  menghargai pendapat siswa lain | 
2.    
Keterampilan
a.  Teknik penilaian    :   Unjuk kerja / Proyek
b.  Bentuk instrumen     :       Menggambar rangka tubuh manusia
| 
No. | 
Butir
   Instrumen | 
|  | 
PERSIAPAN | 
|  | 
1.    Menyiapkan
  alat dan bahan  | 
|  | 
2.    Mengecek
  kesiapan alat | 
|  | 
3.    Membaca
  prosedur dan langkah kerja | 
|  | 
SELAMA
  KEGIATAN  | 
|  | 
a.   
  Menggunakan alat dan bahan | 
|  | 
1.    Membawa
  bahan tidak berceceran | 
|  | 
2.    Mengambil
  alat dan bahan sesuai kebutuhan | 
|  | 
3.    Langkah
  sesuai prosedur | 
|  | 
b.   
  Sikap | 
|  | 
1.  Konsentrasi
  pada kegiatan | 
|  | 
2.  Aktif
   | 
|  | 
3.  Bekerja
  sama | 
|  | 
AKHIR
  KEGIATAN  | 
|  | 
1.    Membersihkan
  alat dengan baik | 
|  | 
2.    Membersihkan
  meja/tempat kegiatan | 
|  | 
3.    Mengembalikan
  alat ke tempat semula | 
LAMPIRAN-LAMPIRAN  
1.    Instrumen Penilaian Sikap
Indikator: 
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 
| 
a.  
  Observasi  
Nama Siswa                :
  .................................. 
Kelas                             :
  .................................. 
Tanggal Pengamatan :
  .................................. 
Materi Pokok              :
  .................................. 
Petunjuk : 
Berilah tanda centang (ü) sesuai dengan hasil pengamatan terhadap
  siswa pada kolom berikut ini: 
 
Untuk  setiap aspek yang diamati, beri skor 1 jika
  teramati “Ya”, dan beri skor 0 jika teramati 
  “Tidak”. 
Nilai = 
   
   
    
    
    
    
    
    
    
    
    
    
    
    
   
   
   
  
   
   
b.  Penilaian
  Diri 
Nama Siswa                :
  .................................. 
Kelas                             :
  .................................. 
Tanggal Pengamatan :
  .................................. 
Materi Pokok              :
  .................................. 
Petunjuk: 
Berilah tanda centang (ü) pada pilihan yang paling menggambarkan
  kondisi sebenarnya pada diri kamu ! 
 
Keterangan: 
SL            : Selalu                    KK : Kadang-kadang                 TP : Tidak Pernah 
SR            : Sering                    JR  : Jarang 
c.   Antar
  Peserta Didik 
Nama Siswa yang dinilai   : .................................. 
Kelas                                      :
  .................................. 
Tanggal Pengamatan         : .................................. 
Nama siswa yang menilai : .................................. 
Materi Pokok                      :
  .................................. 
Petunjuk: 
Lakukan penilaian terhadap temanmu secara jujur
  dengan memberi tanda centang (ü) pada kolom berikut: 
 
Nilai = 
   
      
d.  Jurnal 
Lembar Pengamatan Sikap
   
Pengamatan Perilaku
  Ilmiah  
Nama Siswa                :
  .................................. 
Kelas                             :
  .................................. 
Tanggal Pengamatan :
  .................................. 
Materi Pokok              : .................................. 
 
Rubrik Penilaian Perilaku 
 
 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.    Instrumen Penilaian Pengetahuan
Indikator : 
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 
| 
a.  
  Tes
  Tertulis 
-      
  Pilihan
  Ganda 
1.    Salah satu bagian penyusun tulang yang
  menghasilkan sel-sel darah merah dan sel-sel darah putih adalah .... 
a.    kartilago 
b.    periosteum 
c.     tulang kompak 
d.    sumsum merah tulang  
2.    Salah satu fungsi  sistem rangka adalah melindungi organ
  internal. Pada tubuh manusia tulang yang melindungi paru-paru, dan otak
  secara berturut-turut adalah tulang .... 
a.    rusuk dan tulang tengkorak 
b.    tengkorak dan tulang rusuk 
c.     belakang dan tulang tengkorak 
d.    belakang dan tulang rusuk  
3.    Berikut ini merupakan fungsi  dari sistem rangka, kecuali ....  
a.    alat gerak aktif, sehingga tulang
  dapat bergerak 
b.    tempat utama menyimpan kalsium dan fosfor 
c.     memberikan bentuk pada tubuh dan mendukung
  tubuh 
d.    melindungi organ internal 
4.    Perhatikan gambar berikut ! 
 
 
 
Nama tulang
  yang diberi nomor 1, 2, dan 3 adalah .... 
 
5.    Jaringan
  tulang rawan terdiri atas …. 
a.    sedikit
  zat kapur dan kolagen                                   
b.    banyak
  zat kapur dan kolagen                                
   
c.     sedikit
  zat kapur dan banyak zat kolagen 
d.    banyak
  zat kapur dan sedikit zat kolagen 
-      
  Uraian 
1.   
  Tuliskan
  4 (empat) fungsi rangka bagi tubuh manusia! 
2.   
  
   
  Perhatikan gambar berikut ! 
Tuliskan
  nama bagian-bagian yang diberi nomor 
  1, 2, 3 dan 4 ! 
d.  Tes Lisan 
1.    Jelaskan empat fungsi rangka bagi tubuh manusia ! 
2.    Jelaskan struktur tulang manusia ! 
3.    Jelaskan jenis tulang penyusun rangka tubuh manusia berdasarkan
  bentuknya ! 
e.  Tes Penugasan 
Indikator : 
Peserta didik dapat Menyusun
  sebuah brosur tentang upaya menjaga kesehatan rangka menusia dikaitkan dengan
  zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari. 
Deskripsi tugas : 
1.   
  Buatlah
  daftar nama bahan makanan yang kamu temukan di sekitar tempat tinggalmu. 
2.   
  Kelompokkan
  setiap nama bahan makanan berdasarkan kandungan zat makanannya. 
3.   
  Buatlah
  kesimpulan tentang manfaat nama bahan makanan tersebut berdasarkan kandungan
  zat makanannya bagi rangka tubuh manusia. 
 
Nilai = 
   
   | ||||||||||||||||||||||||||
3.    Instrumen Penilaian Keterampilan
Indikator :  
Menyajikan
tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat
gizi makanan dan perilaku sehari-hari.
| 
a.       Tes Praktik 
Tujuan:   
mengidentifikasi  tulang penyusun sistem rangka tubuh
  manusia. 
Alat dan
  bahan: 
1.    Model rangka atau gambar sistem rangka manusia 
2.    Alat tulis 
3.    Buku IPA  
Langkah kerja : 
1.    Lakukan pengamatan pada torso atau gambar rangka manusia! 
2.    Identifikasilah minimal10 macamtulang penyusun sistem rangka manusia! 
3.    Selain mengidentifikasi macamnya,jelaskan letak dan fungsi tulang
  tersebut! 
4.    Bekerjalah dengan teman satu kelompokmu dalam menyelesaikan kegiatan
  ini. 
5.    Catatlah hasilpengamatanmu pada tabel berikut ini! 
Tabel hasil pengamatan:  
 
Pertanyaan
  : 
1.    Ada berapa kelompok letak tulang ? Sebutkan
  ! 
2.    Ada berapa bentuk tulang ? Sebutkan ! 
Rubrik Penilaian 
 
b.     
  Tes
  Proyek 
-       Proyek 
Indikator 
  : 
Mewarnai
  dan memberi nama tulang pada tulang-tulang penyusun rangka tubuh manusia. 
Petunjuk teknis dan acuan 
  pelaksanaan  penilaian proyek  
a.   
  menyampaikan rubrik penilaian   sebelum pelaksanaan penilaian kepada
  peserta didik, 
b.   
  memberikan pemahaman kepada peserta didik
  tentang kriteria penilaian,  
c.    
  menyampaikan tugas disampaikan kepada
  peserta didik,  
d.   
  memberikan pemahaman yang sama kepada
  peserta didik tentang tugas yang harus dikerjakan,   
e.   
  melakukan penilaian selama  perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan proyek,  
f.    
  memonitor pengerjaan proyek peserta didik
  dan memberikan umpan balik pada setiap tahapan pengerjaan proyek,  
g.   
  membandingkan kinerja peserta didik dengan
  rubrik penilaian,  
h.   
  memetakan kemampuan peserta didik terhadap
  pencapaian kompetensi minimal,  
i.     
  mencatat hasil penilaian, memberikan umpan balik terhadap laporan yang disusun peserta didik 
Rubrik Penilaian
  Proyek 
 
c.      
  Portofolio 
Indikator     :                
Siswa
  dapat membuat portofolio seluruh hasil karya dan
  kegiatan dalam 1 semester. 
 
Kriteria Laporan : 
1.       Pendahuluan 
2.       Langkah-langkah Kegiatan 
3.       Data 
4.       Pembahasan 
5.       Kesimpulan 
6.       Daftar pustaka 
Kriteria penskoran : 
4  : 6 kriteria terpenuhi 
3  : 4-5 kriteria terpenuhi 
2  : 2-3 kriteria terpenuhi 
1  : 1 kriteria terpenuhi | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
