RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Matapelajaran : Ilmu
Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester : VIII / 1
Materi Pokok : Rangka Tubuh Manusia
A.
Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
KI
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.
|
3.4. Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada
berbagai kondisi.
|
3.4.1
menjelaskan fungsi sistem rangka bagi tubuh manusia.
3.4.2
mengidentifikasi jenis tulang penyusun sistem gerak
manusia.
3.4.3
Mendeskripsikan struktur tulang manusia.
3.4.4
Mendeskripsikan fungsi sistem rangka bagi manusia.
3.4.5
Menjelaskan prinsip kerja pesawat sederhana pada
otot dan rangka manusia.
|
4.
|
4.4. Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia
dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari.
|
Menyusun sebuah brosur
tentang upaya menjaga kesehatan rangka menusia dikaitkan dengan zat gizi
makanan dan perilaku sehari-hari.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik
dapat menjelaskan fungsi sistem
rangka bagi tubuh manusia.
2.
Peserta didik
dapat mengidentifikasi jenis
tulang penyusun sistem gerak manusia.
3.
Peserta didik
dapat mengklasifikasikan berbagai
jenis tulang penyusun sistem rangka manusia.
4.
Peserta didik
dapat menyajikan dan
mengkomunikasikan hasil pengamatan, identifikasi, klasifikasi tentang sistem rangka bagi tubuh manusia.
D. Materi Pembelajaran
1.
FUNGSI
RANGKA
Ada empat
fungsi utama sistemrangka bagi tubuh manusia;
·
Memberikan bentuk dan mendukung tubuh
kita,
·
Melindungi organ dalam, sebagai
contohnya tulang rusuk melindungi jantung dan paru-paru, tulang tengkorak
melindungi otak,
·
Tempat menempelnya otot yang
merupakan alat gerak aktif yang dapat menggerakkan tulang,
·
Tempat pembentukkan sel darah. Sel
darah dibentuk di bagian sumsum tulang,yaitu jaringan lunak yang terdapat di
bagian tengah tulang.
2.
STRUKTUR
TULANG MANUSIA
Tulang manusia
tersusun atas periosteum, sumsum tulang, tulang kompak, tulang spons serta
pembuluh darah.
3.
JENIS
TULANG BERDASARKAN BENTUK DAN UKURANNYA
Berdasarkan
bentuk dan ukurannya, tulang pada sistem rangka manusia dibedakan menjadi
empat; yaitu tulang panjang, tulang pipih, tulang pendek dan tulang tidak
beraturan.
4.
JENIS
TULANG PENYUSUN SISTEM RANGKA MANUSIA
Sistem rangka
manusia tersusun atas + 206 tulang dengan ukuran dan bentuk yang
berbeda-beda.
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode : Saintifik
2.
Model : Discovery
Learning,
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : Slide / Powerpoint atau gambar tentang rangka pada tubuh manusia
2.
Alat/Bahan : Gambar rangka tubuh manusia
3.
Sumber
Belajar :
a. Kementerian Pendidikan
Indonesia, 2014, Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII Semester 1, Jakarta, hal 39 – 70.
b. Internet
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
|
Pendahuluan
|
Pemusatan perhatian :
Guru
memperlihatkan gambar melalui tayangan LCD, kemudian mengajukan
pertanyaan :
*Mengapa
tubuh manusia dapat berdiri tegak ?
*Mengapa
tubuh manusia dapat bergerak
?
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
·
Menyampaikan informasi
tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu
mengamati model rangka tubuh manusia atau gambar
rangka tubuh manusia.
·
Membagi siswa menjadi 8 kelompok.
·
Diskusi kelompok mengkaji LKS
rangka tubuh manusia.
·
Siswa mengamati model
rangka tubuh manusia atau gambar rangka tubuh manusia dan mencatat data pengamatan
pada kolom yang tersedia pada LKS.
·
Siswa mengklasifikasikan
tulang-tulang penyusun rangka tubuh manusia berdasarkan bentuk dan ukurannya.
·
Mengolah dan menganalisis
data dari setiap pengamatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan
pada LKS.
·
Presentasi hasil percobaan.
·
Diskusi jenis-jenis
tulang, fungsi rangka, dan struktur tulang manusia.
·
Membuat kesimpulan tentang jenis-jenis
tulang, fungsi rangka dan struktur tulang manusia.
|
90 menit
|
Penutup
|
·
Siswa dan guru mereviev hasil
kegiatan pembelajaran .
·
Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok yang berkinerja baik.
·
Siswa menjawab kuis tentang rangka
tubuh manusia.
·
Pemberian tugas untuk
mempelajari otot
manusia.
|
15 menit
|
H.
Penilaian
No.
|
KD
|
INDIKATOR
|
TEKNIK PENILAIAN
|
1.
|
2.1
|
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari.
|
Pengamatan sikap
|
2.2
|
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan.
|
Pengamatan sikap
|
|
2.
|
3.4.1
|
Mengidentifikasi jenis tulang penyusun gerak
manusia.
|
Tes tertulis
|
3.4.2
|
Mendeskripsikan struktur tulang manusia.
|
Tes tertulis
|
|
3.4.3
|
Mendeskripsikan fungsi sistem rangka bagi manusia.
|
Tes tertulis
|
|
3.
|
4.4.1
|
Menyusun sebuah brosur tentang upaya menjaga
kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku
sehari-hari.
|
Tes unjuk kerja
|
1.
Sikap Sosial
a. Teknik penilaian : Observasi / Penilaian diri
b. Bentuk instrumen :
No.
|
BUTIR INSTRUMEN
|
|
Keingintahuan
|
|
Ketelitian
dan kehati-hatian dalam pengamatan
|
|
Ketekunan
dan tanggung jawab dalam belajar
|
|
Keterampilan
berkomunikasi
|
c. Pedoman penskoran :
No
|
Rubrik
|
1
|
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
antusias, aktif dalam dalam kegiatan
kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak
terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika
disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan,
sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
walaupun telah didorong untuk terlibat
|
2
|
3.
mengamati gambar atau model rangka sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan
pengamatan
2.
mengamati gambar atau model rangka sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam
melakukan percobaan
1.
mengamati gambar atau model rangka sesuai
prosedur, kurang hati-hati dalam
melakukan percobaan
|
3
|
3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil
terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan
tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
4
|
3.
aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan
gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.
aktif dalam tanya jawab, tidak ikut
mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1.
aktif dalam tanya jawab, tidak
ikut mengemukaan gagasan atau ide, kurang
menghargai pendapat siswa lain
|
2.
Keterampilan
a. Teknik penilaian : Unjuk kerja / Proyek
b. Bentuk instrumen : Menggambar rangka tubuh manusia
No.
|
Butir
Instrumen
|
|
PERSIAPAN
|
|
1. Menyiapkan
alat dan bahan
|
|
2. Mengecek
kesiapan alat
|
|
3. Membaca
prosedur dan langkah kerja
|
|
SELAMA
KEGIATAN
|
|
a.
Menggunakan alat dan bahan
|
|
1. Membawa
bahan tidak berceceran
|
|
2. Mengambil
alat dan bahan sesuai kebutuhan
|
|
3. Langkah
sesuai prosedur
|
|
b.
Sikap
|
|
1. Konsentrasi
pada kegiatan
|
|
2. Aktif
|
|
3. Bekerja
sama
|
|
AKHIR
KEGIATAN
|
|
1. Membersihkan
alat dengan baik
|
|
2. Membersihkan
meja/tempat kegiatan
|
|
3. Mengembalikan
alat ke tempat semula
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Instrumen Penilaian Sikap
Indikator:
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
a.
Observasi
Nama Siswa :
..................................
Kelas :
..................................
Tanggal Pengamatan :
..................................
Materi Pokok :
..................................
Petunjuk :
Berilah tanda centang (ü) sesuai dengan hasil pengamatan terhadap
siswa pada kolom berikut ini:
Untuk setiap aspek yang diamati, beri skor 1 jika
teramati “Ya”, dan beri skor 0 jika teramati
“Tidak”.
Nilai =
b. Penilaian
Diri
Nama Siswa :
..................................
Kelas :
..................................
Tanggal Pengamatan :
..................................
Materi Pokok :
..................................
Petunjuk:
Berilah tanda centang (ü) pada pilihan yang paling menggambarkan
kondisi sebenarnya pada diri kamu !
Keterangan:
SL : Selalu KK : Kadang-kadang TP : Tidak Pernah
SR : Sering JR : Jarang
c. Antar
Peserta Didik
Nama Siswa yang dinilai : ..................................
Kelas :
..................................
Tanggal Pengamatan : ..................................
Nama siswa yang menilai : ..................................
Materi Pokok :
..................................
Petunjuk:
Lakukan penilaian terhadap temanmu secara jujur
dengan memberi tanda centang (ü) pada kolom berikut:
Nilai =
d. Jurnal
Lembar Pengamatan Sikap
Pengamatan Perilaku
Ilmiah
Nama Siswa :
..................................
Kelas :
..................................
Tanggal Pengamatan :
..................................
Materi Pokok : ..................................
Rubrik Penilaian Perilaku
|
2. Instrumen Penilaian Pengetahuan
Indikator :
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
a.
Tes
Tertulis
-
Pilihan
Ganda
1. Salah satu bagian penyusun tulang yang
menghasilkan sel-sel darah merah dan sel-sel darah putih adalah ....
a. kartilago
b. periosteum
c. tulang kompak
d. sumsum merah tulang
2. Salah satu fungsi sistem rangka adalah melindungi organ
internal. Pada tubuh manusia tulang yang melindungi paru-paru, dan otak
secara berturut-turut adalah tulang ....
a. rusuk dan tulang tengkorak
b. tengkorak dan tulang rusuk
c. belakang dan tulang tengkorak
d. belakang dan tulang rusuk
3. Berikut ini merupakan fungsi dari sistem rangka, kecuali ....
a. alat gerak aktif, sehingga tulang
dapat bergerak
b. tempat utama menyimpan kalsium dan fosfor
c. memberikan bentuk pada tubuh dan mendukung
tubuh
d. melindungi organ internal
4. Perhatikan gambar berikut !
Nama tulang
yang diberi nomor 1, 2, dan 3 adalah ....
5. Jaringan
tulang rawan terdiri atas ….
a. sedikit
zat kapur dan kolagen
b. banyak
zat kapur dan kolagen
c. sedikit
zat kapur dan banyak zat kolagen
d. banyak
zat kapur dan sedikit zat kolagen
-
Uraian
1.
Tuliskan
4 (empat) fungsi rangka bagi tubuh manusia!
2.
Perhatikan gambar berikut !
Tuliskan
nama bagian-bagian yang diberi nomor
1, 2, 3 dan 4 !
d. Tes Lisan
1. Jelaskan empat fungsi rangka bagi tubuh manusia !
2. Jelaskan struktur tulang manusia !
3. Jelaskan jenis tulang penyusun rangka tubuh manusia berdasarkan
bentuknya !
e. Tes Penugasan
Indikator :
Peserta didik dapat Menyusun
sebuah brosur tentang upaya menjaga kesehatan rangka menusia dikaitkan dengan
zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari.
Deskripsi tugas :
1.
Buatlah
daftar nama bahan makanan yang kamu temukan di sekitar tempat tinggalmu.
2.
Kelompokkan
setiap nama bahan makanan berdasarkan kandungan zat makanannya.
3.
Buatlah
kesimpulan tentang manfaat nama bahan makanan tersebut berdasarkan kandungan
zat makanannya bagi rangka tubuh manusia.
Nilai =
|
3. Instrumen Penilaian Keterampilan
Indikator :
Menyajikan
tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat
gizi makanan dan perilaku sehari-hari.
a. Tes Praktik
Tujuan:
mengidentifikasi tulang penyusun sistem rangka tubuh
manusia.
Alat dan
bahan:
1. Model rangka atau gambar sistem rangka manusia
2. Alat tulis
3. Buku IPA
Langkah kerja :
1. Lakukan pengamatan pada torso atau gambar rangka manusia!
2. Identifikasilah minimal10 macamtulang penyusun sistem rangka manusia!
3. Selain mengidentifikasi macamnya,jelaskan letak dan fungsi tulang
tersebut!
4. Bekerjalah dengan teman satu kelompokmu dalam menyelesaikan kegiatan
ini.
5. Catatlah hasilpengamatanmu pada tabel berikut ini!
Tabel hasil pengamatan:
Pertanyaan
:
1. Ada berapa kelompok letak tulang ? Sebutkan
!
2. Ada berapa bentuk tulang ? Sebutkan !
Rubrik Penilaian
b.
Tes
Proyek
- Proyek
Indikator
:
Mewarnai
dan memberi nama tulang pada tulang-tulang penyusun rangka tubuh manusia.
Petunjuk teknis dan acuan
pelaksanaan penilaian proyek
a.
menyampaikan rubrik penilaian sebelum pelaksanaan penilaian kepada
peserta didik,
b.
memberikan pemahaman kepada peserta didik
tentang kriteria penilaian,
c.
menyampaikan tugas disampaikan kepada
peserta didik,
d.
memberikan pemahaman yang sama kepada
peserta didik tentang tugas yang harus dikerjakan,
e.
melakukan penilaian selama perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan proyek,
f.
memonitor pengerjaan proyek peserta didik
dan memberikan umpan balik pada setiap tahapan pengerjaan proyek,
g.
membandingkan kinerja peserta didik dengan
rubrik penilaian,
h.
memetakan kemampuan peserta didik terhadap
pencapaian kompetensi minimal,
i.
mencatat hasil penilaian, memberikan umpan balik terhadap laporan yang disusun peserta didik
Rubrik Penilaian
Proyek
c.
Portofolio
Indikator :
Siswa
dapat membuat portofolio seluruh hasil karya dan
kegiatan dalam 1 semester.
Kriteria Laporan :
1. Pendahuluan
2. Langkah-langkah Kegiatan
3. Data
4. Pembahasan
5. Kesimpulan
6. Daftar pustaka
Kriteria penskoran :
4 : 6 kriteria terpenuhi
3 : 4-5 kriteria terpenuhi
2 : 2-3 kriteria terpenuhi
1 : 1 kriteria terpenuhi
|