RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII / 1
Topik : Sistem Pencernaan
Sub Topik : Sistem Pencernaan Kimiawi
Alokasi Waktu : 2 JP (1 x TM)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri,dalam
berinteraksisecara efektif denganlingkungan sosial dan alamdalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranahabstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.6 Mendeskripsikan sistem pencernaan serta
keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunaan
energi makanan
Indikator
:
3.6.6. Menjelaskan proses
pencernaan dalam tubuh manusia
4.6
Melakukan penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan
Indikator
:
4.6.5. Melakukan
penyelidikan pencernaan mekanik dan kimiawi
4.6.6. Menyebutkan
enzim enzim pencernaan yang terdapat pada organ saluran pencernaan
4.6.7. Menyebutkan
fungsi enzim enzim pencernaan yang terdapat pada organ saluran pencernaan
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa dapat :
3.1. Membedakan proses pencernaan mekanik dan
kimiawi
4.1. Menyebutkan enzim
enzim pencernaan yang terdapat pada organ saluran pencernaan
4.2. Menyebutkan fungsi
enzim enzim pencernaan yang terdapat pada organ saluran pencernaan
D. MATERI PEMBELAJARAN
SISTEM
PENCERNAAN
- Sistem pencernaan dibedakan menjadi 2 :
a.
Sistem pencernaan mekanik
Pencernaan yang dilakukan
gerakan mekanik organ-organ saluran pencernaan meliputi : mulut, kerongkongan,
lambung, usus halus, usus besar dan berakhir di anus.
b.
Sistem pencernaan kimiawi
Pencernaan makanan yang
dibantu oleh enzim-enzim pencernaan yang dihasilkan oleh kelenjar pencernaan.
- Enzim-Enzim Pencernaan
Proses pencernaan makanan
pada manusia tidak dapat dilepaskan dari enzim. Enzim adalah sejenis protein
yang mempercepat laju reaksi kimia dalam tubuh. Enzim-enzim pencernaan
dihasilkan oleh kelenjar pencernaan.
Enzim-enzim yang berperan
dalam sistem pencernaan makanan dan sumbernya sebagai berikut :
ORGAN TEMPAT PENCERNAAN
|
PENGHASIL GETAH
|
ENZIM YANG DIHASILKAN
|
FUNGSI
|
MULUT
|
Kelenjar Saliva
|
Ptialin
|
Mengubah zat tepung menjadi zat
gula
|
LAMBUNG
|
Dinding Lambung
|
Pepsin
Renin
|
Mengubah protein menjadi pepton
Mengubah kasionogen menjadi
kasein
|
USUS HALUS
|
Pangkreas
|
Amilase
Tripsin
Lipase
|
Mengubah amilum menjadi
maltosa/glukosa
Mengubah protein menjadi asam amino
Menubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol
|
E. MEDTODE PEMBELAJARAN
1. pendekatan : Scientifik
2. metode : Diskusi ( Non Eksperimen )
3. model : Pembelajaran Berbasis Masalah /
PBL
F. MEDIA : Alat
dan sumber belajar
Komputer
dan LCD
G. ALAT DAN BAHAN
Lembar Kerja Siswa (LKS)
H. SUMBER PEMBELAJARAN
Buku IPA SMP Kelas VIII Kemendikbud RI 2013
I. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
BERBASIS MASALAH
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
Orientasi peserta didik kepada masalah
|
Guru menyapa siswa dan
memberi pertanyaan berkaitan dengan materi yang akan diajarkan
Guru menghubungkan dengan
materi sebelumnya yaitu tentang macam-macam sistem pencernaan makanan
Pemusatan perhatian Pemutaran video pencernaan makanan
Guru memotivasi siswa untuk menanggapi apa yang telah
ditayangkan
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran untuk mengarahkan
kegiatan pembelajaran
|
10 menit
|
KEGIATAN INTI
|
Mengorganisasikan peserta didik
Membimbing penyelidikan individu
dan kelompok
Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya
Menganalisa
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
a.
Guru menyampaikan informasi kegiatan yang akan dilakukan yaitu merancang diskusi
kelompok untuk mengumpulkan informasi tentang enzim-enzim pencernaan yang
membantu pencernaan makanan dalam organ-organ pencernaan
b.
Guru membagi kelompok siswa untuk tugas diskusi enzim enzim pada pencernaan kimiawi pada
organ-organ saluran pencernaan
a.
Secara berkelompok siswa berdiskusi untuk mencari informasi tentang enzim
enzim pada pencernaan kimiawi pada organ-organ saluran pencernaan melalui
lembar kerja siswa dengan dibantu dari buku siswa sebagai buku sumber
a. Siswa secara
perwakilan kelompok mempresentasikan hasil laporan diskusi tentang
enzim-enzim pencernaan pada saluran orangan pencernaan
b.
Kelompok lain menanggapai hasil laporan diskusi tentang enzim-enzim
pencernaan pada saluran orangan pencernaan
yang telah dipresentasikan
a.
Guru beserta siswa bersama-sama menyimpulkan tentang sistem pencernaan
kimiawai dibantu oleh enzim-enzim pencernaan yang dihasilkan oleh
kelenjar-kelenjar pencernaan.
|
50 mnt
|
PENUTUP
|
Mengevaluasi pengalaman belajar
|
Siswa dan guru merefleksi hasil kegiatan
belajar dengan
mengungkapkan perasaan dan pengalamannya selama kegiatan belajar
Guru memberi reward pada siswa atau kelompok yang kinerjanya baik.
Siswa menjawab soal / pertanyaan tentang materi sistem pencernaan kimiawi
Guru memberikan tugas pada siswa untuk mengunduh di
internet tentang kelainan / penyakit yang ada pada sistem pencernaan
|
20 menit
|
J. PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
2.
Penilaian Unjuk Kerja
3.
Test tertulis
INSTRUMEN PENILAIAN
A.
PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen
Aspek
|
Bentuk Instrumen
|
·
Sikap
|
·
Lembar Pengamatan Sikap dan
Rubrik
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes penilaian kinerja laporan hasil diskusi
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian dan Pilihan Ganda
|
2. Instrumen
a.
PENILAIAN SIKAP
Lembar
Penilaian Sikap pada Kegiatan Diskusi
Lembar Penilaian pada Kegiatan Diskusi
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester
: VIII
Topik/Subtopik : Sistem Pencernaan / Enzim-enzim pada sistem
pencernaan kimiawai
1. Pengamatan sikap dalam diskusi
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu
|
|
|
|
|
2
|
Menghargai pendapat
|
|
|
|
|
3
|
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan
bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
4
|
Berkomunikasi
|
|
|
|
|
Kriteria
penskoran :
1 – 3 : Kurang
4 – 6 : Cukup
7 – 9 : Baik
10 – 12 : Baik
sekali
Rubrik Pengamatan sikap dalam diskusi
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu
|
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif
dalam dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan
baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam diskusi, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
2.
|
Menghargai pendapat
|
3.
Menghargai pendapat orang lain walaupun tidak satu pemikiran dengan
pendapatnya
2. Menghargai pendapat orang lain namun
yang satu pemikiran dengan pendapatnya
1. Tidak menghargai pendapat
orang lain
|
3
|
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik
secara individu maupun berkelompok
|
3. tekun dalam menyelesaikan
tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum
menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan
tugasnya tidak selesai
|
4
|
Berkomunikasi
|
3.
aktif dalam tanya jawab, dapat
mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.
aktif dalam tanya jawab, tidak ikut
mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1. aktif
dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, kurang
menghargai pendapat siswa lain
|
b. TES UNJUK KERJA
Instrumen Penilaian Keterampilan
Indikator : Melakukan kegiaatan
diskusi dan presentasi hasil diskusi
Lembar Pengamatan
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Kerjasama
Dalam diskusi
|
Keaktifan
Bertanya / menjawab
|
Presentasi didepan kelas
|
Jumlah
skor
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
penskoran :
1 – 3 : Kurang
4 – 6 : Cukup
7 – 9 : Baik
10 – 12 : Baik
sekali
Rubrik Penilaian
Perilaku
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Kerjasama dalam diskusi
|
3: Kerjasama aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
2: Kerjasama kurang aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
1: Tidak menunjukkan kerjasama dalam
kegiatan diskusi
|
2.
|
Keaktifan bertanya dan menjawab
|
3: Aktif bertanya dan menjawab dalam kegiatan
diskusi
2: Kurang aktif bertanya dan menjawab dalam
kegiatan diskusi
1:
Tidak Aktif
bertanya dan menjawab dalam kegiatan diskusi
|
3
|
Presentasi didepan kelas dalam belajar dan bekerja baik
secara individu maupun berkelompok
|
3. Berani maju presentasi didepan
kelas
2: Berani maju presentasi didepan kelas kalau ditunjuk oleh guru
1: Tidak berani maju presentasi didepan
kelas
|
c. TES TERTULIS
1. Soal Uraian
1. Sebutkan macam-macam enzim pencernaan yang
terdapat pada lambung dan jelaskan fungsinya masing-masing !
2. Sebutkan
enzim pencernaan yang dihasilkan oleh pangkreas dan jelaskan fungsinya masing
masing !
Rubrik
Penilaian Uraian
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jika semua jawaban terjawab dengan benar
|
40
|
2
|
Jika semua jawaban terjawab dengan benar
|
60
|
Total
|
100
|
2. Soal Pilihan Ganda
1. Perhatikan tabel berikut!
No
|
Nama enzim
|
Fungsi
|
I
|
Pepsin
|
Mengubah
protein menjadi pepton
|
II
|
Amilase
|
Mengubah
maltosa menjadi glukosa
|
III
|
Renin
|
Menggumpalkan
protein susu (kasein)
|
IV
|
Tripsin
|
Mengubah
protein menjadi asam amino
|
Berdasarkan tabel di atas, nama enzim yang di hasilkan oleh
pankreas beserta fungsinya adalah….
A.
I dan II
B.
I dan III
C.
II dan III
D.
II dan IV
2. Perhatikan
gambar berikut !
Enzim
yang berfungsi mengubah protein menjadi
pepton dan asam amino dihasilkan oleh
organ yang ditunjukkan nomor ....
A.
1 dan 2
B.
2 dan 3
C.
3 dan 4
D.
4 dan 2
3.
Perhatikan gambar berikut
Zat yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
dengan tanda panah memiliki fungsi....
A. mengendapkan protein pada kasein
B.
mengasamkan cairan dalam lambung
C.
menghancurkan partikel-partikel lemak
D. mengaktifkan pepsinigen menjadi pepsin
Kunci
Jawaban Pilihan Ganda
1
|
2
|
3
|
D
|
B
|
C
|