RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester :
VIII/1
Topik :
Sifat
Bahan dan Pemanfaatannya dalam Kehidupan Sehari-hari
Sub Topik : Bahan tanah liat dan keramik
Alokasi Waktu : 2 JP (2 x 40 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
KI.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4. Mencoba,
mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan
peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu, obyektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati,
bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
3.3 Mendeskripsikan
keterkaitan sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta
pengaruh pemanfaatan bahan tertentu terhadap kesehatan manusia
Indikator :
1. Menjelaskan sifat bahan tanah liat dan
keramik
2. Menjelaskan
kegunaan bahan tanah liat dan keramik dalam kehidupan sehari – hari
4.3 Melakukan penyelidikan tentang sifat-sifat
bahan dan mengusulkan ide-ide pemanfaatan bahan berdasarkan sifatnya dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator
:
1. Mengidentifikasi kualitas produk tanah liat
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui
percobaan, peserta didik dapat mengidentifikasi kualitas bahan tanah liat
dengan tepat.
2. Melalui
diskusi, peserta didik dapat menjelaskan jenis dan sifat bahan tanah liat
dengan benar
3. Melalui
diskusi peserta didik dapat menjelaskan kegunaan berbagai bahan tanah liat dalam
kehidupan sehari-hari.
D. MATERI
1.
Tanah liat merupakan bahan dasar yang dipakai dalam pembuatan keramik. Secara
kimiawi tanah liat termasuk hidrosilikat alumina. Sifat fisik tanah liat yaitu
plastis bila keadaan basah, keras bila kering, dan bila dibakar menjadi padat
dan kuat. Secara umum barang – barang yang dibuat dari tanah liat dinamakan
keramik. Keramik dibedakan menjadi dua kelompok yaitu keramik tradisional yang
bahan bakunya dari tanah liat dan
keramik halus atau keramik teknik yang bahan bakunya dari oksida-oksida logam
atau logam, seperti oksida logam (Al2O3, ZrO2,
MgO, dan lainnya). Keramik halus ini penggunaannya sebagai elemen pemanas,
semikonduktor, komponen turbin, dan pada biang medis.
2.
Berdasarkan komposisi tanah liat dan suhu pembakarannya keramik tradisional
dibedakan menjadi tembikar (terakota), gerabah, keramik batu, dan porselen.
Terakota atau tembikar adalah produk yang bahan bakunya dari tanah liat dengan
pembakaran sekitar 10000C. Gerabah adalah produk yang bahan bakunya
dari tanah liat dengan pembakaran 12000C. Bahan baku keramik batu
adalah tanah liat dengan campuran bahan lain diantaranya kuarsa dan air,
dibakar sampai suhu 12000C – 20000C. Porselin dibuat dari
bahan yang mirip dengan keramik tetapi baru mulai matang pada pembakaran 150000C.
3.
Beberapa contoh produk yang terbuat dari bahan baku tanah liat
a.
Batu bata merah, genting, lubang angin-angin, hiasan genting, merupakan jenis
produk terakota atau tembikar.
b.
Kendi, gentong, cobek, tutup pengukus, pot bunga, dan celengan dari tanah liat
merupakan jenis produk gerabah.
c.
Mangkok sayur, piring, cangkir, lepek, dan teko merupakan produk jenis keramik
d.
Tegel, perlengkapan saniter (bak pencuci, bak mandi), dan isolator listrik
merupakan produk jenis porselin.
4.
Peralatan yang diperlukan untuk membuat keramik, antara lain mixer, glasir,
cetakan gypsum, penggiling glasir, rak pengering, pencelup glasir, dan oven
atau tungku pemanas.
5.
Teknik pembuatan keramik ada tiga yaitu ; pembentukan tangan langsung, teknik
putar dan teknik cetak.
6.
Langkah-langkah pembuatan keramik :
a.
Tahap pembentukan, yaitu tahap pengubahan tanah liat plastis menjadi
benda-benda yang dikehendaki.
b.
Pengeringan, bertujuan untuk menghilangkan air yang terikat pada badan keramik.
c.
Pembakaran, yaitu proses mengubah bahan yang rapuh menjadi bahan yang padat,
keras, dan kuat.
d.
Glasir, untuk melapisi permukaan keramik melalui proses pengeringan.
e.
Tahap pelukisan untuk memberikan hiasan dengan motif-motif yang menarik.
f.
Pembakaran kembali dalam oven dengan suhu lebih kurang 8000C
g.
Pengemasan sesuai permintaan.
E. PENDEKATAN/ STRATEGI/ METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Metode :
Diskusi dan eksperimen
3. Model :
Discovery Learning
F.
MEDIA,ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
: Laptop,
LCD
2. Alat
dan Bahan : produk
tanah liat yang ada di sekitar kita seperti
cangkir, piring, vas bunga, pot bunga, atau yang lain.
3.
Sumber Belajar : Buku IPA SMP kelas VIII, Puskurbuk 2013, LKS
identifikasi kualitas produk tanah liat
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
situasi (stimulasi)
|
Ø
Menyiapkan
peserta didik untuk belajar
Ø Guru
melakukan pemusatan perhatian :
“ Apakah kamu pernah berpikir berasal
dari bahan apa barang-barang tersebut?
Ø
Guru
menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari
sifat dan kegunaan dari bahan tanah liat dan keramik
|
20
menit
|
Kegiatan
inti
|
Pembahasan
tugas dan identifikasi masalah
Observasi
Pengumpulan
data
Pengolahan
data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
Ø Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang
akan dilakukan yaitu mengidentifikasi kualitas produk tanah liat.
Ø Membagi
peserta didik menjadi 4 kelompok
Ø
Diskusi
kelompok tentang jenis dan sifat bahan tanah liat dan keramik
Ø Melakukan
percobaan identifikasi kualitas produk tanah liat
Ø
Peserta didik
mengidentifikasi satu-persatu sifat bahan dari tanah liat yang dibawa dengan
cara mengetuk ketukkan barang- barang tersebut pelan-pelan, dan mencatat data
pengamatan pada kolom yang tersedia di LKS
Ø
Mengolah dan menganalisis
data percobaan identifikasi kualitas produk tanah liat dengan cara menjawab
pertanyaan-pertanyaan pada LKS
Ø
Presentasi
hasil percobaan
Ø
Diskusi
kualitas produk tanah liat berdasarkan data hasil percobaan dan mencocokan dengan konsep pada buku
sumber
Ø Membuat
kesimpulan tentang kualitas produk bahan tanah liat
|
40
menit
|
Penutup
|
|
Ø
Mereview hasil
kegiatan pembelajaran
Ø
Pemberian
penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik
Ø
Peserta didik
menjawab kuis tentang produk tanah liat dalam kehidupan sehari-hari
Ø Pemberian
tugas untuk mempelajari materi berikutnya yaitu bahan gelas dan kayu
|
20
menit
|
G.
PENILAIAN
1. Jenis
/ Teknik Penilaian
Jenis
|
Bentuk
instrumen
|
- Sikap
|
-
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
|
- Keterampilan
|
- Tes penilaian kinerja
|
- Pengetahuan
|
-
Tes uraian
|
2.
Contoh instrumen
a.
Lembar Observasi Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian Sikap :
·
Skor 1 : Jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
·
Skor 2 : Jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
·
Skor 3 : Jika sering berperilaku dalam kegiatan
·
Skor 4 : Jika selalu berprilaku dalam kegiatan
|
b.
Lembar Pengamatan Ketrampilan Praktikum
NO
|
ASPEK
KINERJA YANG DIHARAPKAN
|
PENILAIAN
|
KETERANGAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
I
|
Persiapan
|
|
|
|
|
1. Membawa alat dan bahan praktikum
|
|
|
|
|
2. Mengecek kesiapan alat dan bahan
|
|
|
|
|
3.
Membaca prosedur kerja
|
|
|
|
II
|
Selama
Kegiatan Praktikum
|
|
|
|
|
1.
Mengidentifikasi dengan benar
|
|
|
|
|
2.Fokus
pada kegiatan praktikum
|
|
|
|
|
3. Aktif
dalam melakukan praktikum
|
|
|
|
|
4.Bekerja
sama dalam kelompok
|
|
|
|
|
5. Rasa
Ingin Tahu
|
|
|
|
III
|
Kegiatan
Akhir Praktikum
|
|
|
|
|
1. Membereskan
bahan-bahan yang dibawa ke tempat semula
|
|
|
|
TOTAL
JAWABAN
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN
Total
jawaban “YA” yang diperoleh siswa merupakan skor nilai siswa.
c. Instrumen Penilaian Pengetahuan
Indikator : a. Menyebutkan beberapa contoh produk yang
terbuat dari bahan baku tanah liat
b. Menyebutkan sifat fisik tanah liat
c. Menjelaskan pengaruh suhu pemanasan terhadap sifat keramik
Soal
Tes Tertulis
1. Sebutkan beberapa contoh produk yang terbuat dari bahan
baku tanah liat !
2. Sebutkan sifat
fisik tanah liat!
3. Jelaskan pengaruh
suhu pemanasan terhadap sifat keramik yang dihasilkan !
|
Rubrik Penilaian
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Jika
semua jawaban terjawab dengan benar
|
20
|
2.
|
Jika
penjelasan benar dan lengkap
|
10
|
3.
|
Jika
terjawab semua dan penjelasan lengkap
|
20
|
|
Total
|
50
|
Nilai = jumlah
skor x 2
Ayo
Kita Mencoba
MENGIDENTIFIKASI KUALITAS PRODUK TANAH LIAT
I.
Tujuan
- Mengidentifikasi kualitas produk tanah liat yang ada di sekitar kita.
II. Alat dan
Bahan
1. Produk tanah liat yang ada di sekitar kita ( cangkir,
piring, vas bunga, gerabah atau yang lain)
2. Pensil
III.
Cara Kerja
1. Identifikasi sifat bahan yang kamu bawa satu
persatu dengan cara :
a.
Ketuklah barang-barang tersebut pelan-pelan
b.
Dengarkan kenyaringan suara yang ditimbulkan
2. Catat data yang kamu peroleh ke dalam tabel
pengamatan
IV. Tabel Pengamatan
Tabel.
Data Pengamatan Identifikasi Kualitas Produk Tanah Liat
No.
|
Nama barang
|
Kenyaringan
Suara
|
||
rendah
|
sedang
|
tinggi
|
||
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
V. Jawablah
pertanyaan- pertanyaan berikut
1. Dari
barang – barang yang sudah kamu identifikasi barang mana yang suaranya paling
tinggi……………………………………………..
2. Dari
barang-barang yang sudah kamu identifikasi barang mana yang suaranya paling
rendah…………………………………………….
3. Kesimpulan ……………………………..