Wednesday 19 November 2014

RPP : Uji Vitamin C




 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
:
SMP
Mata Pelajaran
:
IPA
Kelas/Semester
:
VIII/1I
Materi pokok
:

Sistem pencernaan manusia
Identifikasi bahan makanan dan uji vitamin C pada buah
Alokasi Waktu
:
2 X 40 menit ( 1 kali tatap muka)

A. KOMPETENSI INTI
KI .1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI .2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI .3.  Memahami,  dan menerapkan pengetahuan ( factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI. 4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi , dan membuat) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori

B. KOMPETENSI DASAR  DAN INDIKATOR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3  Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
3.6  Mendeskripsikan system pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, system peredaran darah, dan penggunaan energy makanan
Indikator:
1 .Menjelaskan fungsi bahan makanan
4.6  Melakukan penyeidikan tentang pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan
Indikator :
1.Melakukan penyelidikan kandungan nutrisi pada camilan
2. Melakukan penyelidikan kandungan vitamin C pada berbagai jenis buah

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui pengamatan table beberapa camilan, peserta didik mampu menjelaskan kandungan nutrisi pada camilan makanan tertentu
2. Melalui percobaan  uji Vit C , peserta didik mampu  menjelaskan kandungan vitamin C pada berbagai jenis  buah
3. Melalui diskusi data hasil percobaan, peserta didik dapat menjelaskan  manfaat vitamin C  bagi tubuh
Manusia

D. MATERI
1. Nutrisi  atau gizi adalah zat yang dibutuhkan makhluk hidup sebagai sumber energi,mempertahankan kesehatan, pertumbuhan, dn kelangsungan fungsi pada setiap jaringan atau organ tubuh secara normal.
2. Karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin merupakan nutrisi organic yang karbon. Sebaliknya nutrisi seperti air, vitamin, dan mineral tidak mengandung karbon.
3. Makanan yang mengandung karbohidat, lemak, dan protein perlu dicerna atau dipecah terlebih dahulu oleh tubuh, sedangkan air, vitamin, dan mineral dapat diserap langsung oleh sel-sel tubuh.
E. PENDEKATAN / STRATEGI/ METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan      : Saintifik
2. Metode             : Diskusi dan Eksperimen
3. Model                : Discovery Learning

F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
Charta, LCD
2. Alat dan bahan
Alat
a). 4  tabung reaksi
b). Gelas
c).Rak tabung reaksi
d). 2 % Iodium tinktur
e).pipet
Bahan :
  a). 3 sari buah yaitu sari buah jeruk, sari buah jambu biji, sari buah mangga
  b). lugol
3. Sumber belajar
a). Buku IPA SMP kelas VIII, Puskurbuk 2013
b). LK “Ayo kita lakukan “ buku siswa halaman 124 tentang bahan camilan makanan dan buku siswa halaman 126 “ Ayo kita coba” tentang uji Vitamin C.

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Langkah- langkah model Discovery learning
KEGIATAN PEMBELAJARAN

ALOKASI WAKTU
Pendahuluan

-          Meyiapkan peserta didik
-          guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi
-          guru melakukan apersepsi   tentang  nutrisi kandungan makanan yang mengandung karbohidrat, dan lemak.

10 menit




 Stimulation (simulasi/Pemberian rangsangan)

-          peserta didik diberi motivasi untuk memusatkan perhatian pada topik sistem pencernaan dengan cara mengamati beberapa jenis sari buah
-          guru memperlihatkan    produk camilan makanan tertentu
-           

Kegiatan inti

Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)










observasi
-          guru memancing peserta didik agar mengajukan pertanyaan
    contoh pertanyaan siswa :
·         Cairan apakah itu ?
·         Bisa diminum atau tidak?
·         Mengandung apa cairan itu ??
-          Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan percobaan uji vitamin C dan diskusi identifikasi makanan.
-          Membagi peserta didik  menjadi  5 kelompok
-          Diskusi kelompok pada LK  “Ayo kita selesaikan “  halaman 125 – 126 pada buku siswa.
-          Melakukan percobaan uji vitamin C “Ayo kita lakukan “ halaman 127  - 128 pada buku siswa


60 menit

 Data collection (pengumpulan data)

-          Peserta didik   diskusi  pengamatan tabel kandungan lemak pada beberapa  camilan .
-          Peserta didik  menyelidiki kandungan vitamin C pada buah
1.       Sari buah jeruk
2.       Sari buah jambu biji
3.       Sari buah mangga
Dengan menggunakan Lugol
-          Mencatat data hasil pengamatan sesuai dengan LK pada buku siswa halaman 125 “ Ayo kita selesaikan”
-          Dari percobaan ini peserta didik akan mengumpulkan informasi tentang kandungan vitamin C pada berbagai buah



4. Data processing (pengolahan Data)

peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
-          Menjawab pertanyaan pada LK “ Ayo kita selesaikan “ halaman 125 – 126 untuk memperoleh konsep camilan makanan yang sehat
-          Mendiskusikan hasil percobaan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan buku siswa “ayo kita lakukan “ halaman 127- 128 untuk memperoleh konsep vitamin C pada buah- buahan.




5. Verification (pembuktian)

-          Peserta didik dalam kelompoknya mendiskusikan hasil pengolahan data dan memverifikasi hasil pengolahan data dengan dengan buku siswa.





6. Generalization (menarik kesimpulan)

Peserta didik menyimpulkan hasil percobaan dan diskusi dengan cara :
1.       Menyimpulkan kandungan vitamin C yang terdapat pada berbagai sari buah
2.       Memberikan contoh manfaat vitamin C bagi tubuh manusia

penutup

-          Peserta  didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-          Guru memberi penghargaan ( misalnya pujian ) bagi kelompok yang berkinerja baik
-          Peserta didik menjawab kuis tentang vitamin C pada buah- buah tertentu
-          Pemberian tugas untuk mempelajari saluran pencernaan dan enzim pada sistem pencernaan.
10 menit

PENILAIAN
1.       Jenis/ tehnik penilaian
Jenis
 Bentuk  Instrumen
Sikap
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
Tes  Unjuk Kerja
Tes penilain kinerja uji vitamin C
Tes tertulis
Tes pilihan ganda
2.        Instrumen
a.       Lembar pengamatan sikap
Lembar pengamatan sikap pada kegiatan praktikum


INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP

a.       OBSERVASI
Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku ilmiah disiplin, tanggung jawab, jujur, teliti dalam merancang dan melakukan percobaan IPA
        Lembar Penilaian Sikap pada Kegiatan Praktikum
            Lembar Penilaian pada Kegiatan Praktikum
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII
Topik/Subtopik : Uji Vitamin C
NO
Peserta didik
Disiplin
Tanggung Jawab
Jujur
Teliti
1.
…..




2.












Lembar Penilaian Sikap pada Kegiatan Diskusi
            Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII
Topik/Subtopik : Uji Vitamin C

NO
Peserta didik
Kerjasama
Toleran
Proaktif
Jumlah skor
1






Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan yaitu:.
Skor 1, jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
Skor 2, jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
Skor 3,jika sering berperilaku dalam kegiatan
Skor 4, jika selalu berperilaku dalam kegiatan
       Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus dan predikat berikut :
                    Jumlah Skor                                                   
       Nilai = -------------------------  x 100
                     Jumlah siswa



Predikat
Nilai
Sangat Baik
80 ≤ A ≤ 100
Baik
70 ≤ B ≤ 79
Cukup
60 ≤ C ≤ 69
Kurang ( K )
< 60

Instrumen Penilaian Keterampilan
         Indikator    :  Melakukan percobaan uji vitamin C pada buah
         Tes Praktik
         Lembar Pengamatan
No
Nama Peserta Didik
Persiapan percobaan
Pelaksanaan Percobaan
Kegiatan Akhir percobaan
Jumlah skor
1





2





Rubrik
no
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1.
Persiapan percobaan (menyiapkan alat dan bahan)
30
-          Alat dan bahan  tertata rapi sesuai dengan urutan percobaan
-          Bahan-bahan tersedia di gelas kimia dengan urutan yang sama
-          Alat praktikum dalam keadaan siap pakai
-          Tersedia air untuk membilas alat dan tisu
20
-          Ada tiga aspek yang tersedia
10
-          Ada dua aspek yang tersedia
2
Pelaksanaan percobaan
30
-          Mencuci alat-alat sebelum praktikum
-          Merakit alat dengan benar
-          Melakukan proses uji vitamin C  sesuai dengan prosedur yang benar
-          Mencatat data sesuai dengan fakta yang diamati

20
-          Ada tiga aspek yang tersedia
10
-          Ada dua aspek yang tersedia
3
Kegiatan akhir percobaan
30
-          Membuang larutan atau sampah ke tempatnya
-          Membersihkan alat dengan baik
-          Membersihkan meja praktikum
-          Mengembalikan alat ke tempat semula
20
-          Ada tiga aspek yang tersedia
10
-          Ada dua aspek yang tersedia







 Instrumen Penilaian Pengetahuan
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Tes tertulis
Pilihan ganda

Indikator soal Pilihan Ganda
1.       Peserta didik dapat menjelaskan nutrisi makanan yang sehat bagi tubuh
2.       Peserta didik dapat menjelaskan hasil dari percobaanamin  percobaan uji vitamin C
         Pilihan Ganda
1. Seseorang yang hanya mengkonsumsi mie instan saja dalam menu makananan saja menjadi tidak sehat karena….
A.      Dalam jumlah banyak nasi akan merusak sistem pencernaan
B.      Nasi tidak mengandung cukup karbohidrat untuk aktivitas normal tubuh
C.      Nasi tidak mengandung cukup inprote untuk aktivitas normal tubuh
D.      Nasi temasuk bahan yang tidak dapat dicernna dengan semua
E.        
1.       Ketika melakukan uji vitamin C , buah yang banyak mengandung vitamin C adalah ....
A.      Jambu biji
B.      Sirsat
C.      Jeruk
D.      Mangga
2.       Ketika risa menderita sakit sariawan  agar cepat sembuh maka harus banyak mengkonsumsi….
A.      Nasi
B.      Buah
C.      Telur
D.      Daging
Pedoman penilaiaan :
Kunci Jawaban
1.       A
2.       A
3.       A


Penentuan nilai :  setiap jawaban benar bernilai satu
                Nilai = benar x 25


3.   Instrumen Penilaian Keterampilan
         Indikator    :  Melakukan percobaan uji makanan dengan menggunakan larutan lugol
         Tes Praktik
         Lembar Pengamatan
No
Nama Peserta Didik
Persiapan percobaan
Pelaksanaan Percobaan
Kegiatan Akhir percobaan
Jumlah skor
1





2











Rubrik
no
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1.
Persiapan percobaan (menyiapkan alat dan bahan)
30
-          Alat-alat tertata rapi sesuai dengan urutan percobaan
-          Bahan-bahan tersedia di gelas kimia dengan urutan yang sama
-          Alat praktikum dalam keadaan siap pakai
-          Tersedia air untuk membilas alat dan tisu
20
-          Ada tiga aspek yang tersedia
10
-          Ada dua aspek yang tersedia
2
Pelaksanaan percobaan
30
-          Mencuci alat-alat sebelum praktikum
-          Merakit alat dengan benar
-          Melakukan proses uji makanan sesuai dengan prosedur yang benar
-          Mencatat data sesuai dengan fakta yang diamati

20
-          Ada tiga aspek yang tersedia
10
-          Ada dua aspek yang tersedia
3
Kegiatan akhir percobaan
30
-          Membuang larutan atau sampah ke tempatnya
-          Membersihkan alat dengan baik
-          Membersihkan meja praktikum
-          Mengembalikan alat ke tempat semula
20
-          Ada tiga aspek yang tersedia
10
-          Ada dua aspek yang tersedia


LEMBAR KERJA SISWA
Apakah camilan yang kamu makan itu sehat ?
Pada table di bawah ini tertera beberapa camilan yang popular di kalangan anak- anak dan remaja, serta rata-rata jumlah lemak yang terkandung di dalamnya.
Tabel 5.3. Kandungan lemak pada beberapa jenis makanan
Jenis makanan
Kandungan lemak per 100 gr
permen
12 g
Camilan renyah
42 g
jagung
4 g
Keripik kentang
10 g
Kue dari tepung
1 g

1.         Perhatikan data pada tabel di atas ! Apa yang dapat kamu simpulkan tentang camilan berlemak tersebut ? Camilan apa yang sering kamu makan ? Camilan apa yang sering kamu makan ?
Camilan apa yang paling sedikit kandungan lemaknya ?
2.         Camilan renyah merupakan makanan ringan yang tidak sehat karena kandungan lemaknya yang tinggi. Carilah solusi agar camilan renyah menjadi makanan yang  sehat !


AYO KITA LAKUKAN
Menemukan Vitamin C pada Buah
   Vitamin C banyak ditemukan pada buah dan sayuran. Tiap –tiap jenis buah memiliki kadar vitamin C yang berbeda- beda . Untuk mengetahui kadar vitamin C pada masing- masing jenis buah kegiatan berikut  ini.
Apa yang kamu teliti ?
Sari buah apa yang mengandung kadar vitamin C yang paling tinggi  ?
Apa yang kamu duga ?
Urutan kadar vitamin C mulai atas yang paling tinggi ke yang paling rendah, yaitu….
Apa yang kamu sediakan ?
·         Empat tabung reaksi                     
·         RakTabung reaksi
·         2% iodium tinktur
·         Pipet
·         Pengaduk kayu
·         Timbangan
·         Gelas
·         Tepung maizena
·         Empat jenis  sari buah ( sari buah jambu, sari buah mangga, sari buah melon, sari buah jeruk
Apa  tujuan kamu meneliti ?
. Mengapa kandungan vitamin C pada beberapa jenis sari buah.
Keselamatan kerja
Ø  Jangan mencicipi salah satu sari buah
Ø  Iodium dapat menodai kulit dan pakaian
Ø  Bila terkena mata dapat menyebabkan iritasi.
Ø  Beritahukan gurumu jika terjadi tumpahan bahan.
Apakah yang kamu lakukan ?
                 1.    Beri tanda empat tabung reaksi A- D.
                  2.  Isi masing- masing tabung reaksi 5 ml dengan sari buah yang berbeda.
 3. Larutkan 0,3  tepung maizena dalam 50 ml.
4.  Tambahkan 5ml larutan maizena ke masing- masing tabung reaksi , aduk sampai rata.
5. Teteskan iodium tinktur ke tabung reaksi A-D sambil diaduk. Catat jumlah tetesan yang dibutuhkan untuk mengubah sari buah sampai berubah menjadi ungu.
6 Ulangi  langkah ke 5 sampai 3  kali
CATATAN
Semakin banyak jumlah tetesan iodium tinktur yang digunakan untuk mengubah warna menjadi ungu , maka semakin banyak pula kandungan vitamin C.
Apa yang kamu amati ?
Tabe 5.5 Data hasil percobaan
Tabung  Reaksi
Macam sari buah
Tetes iodine yang dibutuhkan untuk merubah warna
Rata-rata
1
2


A
Jambu biji




B
jeruk




C
mangga




D
melon





Apa yang  dapat kamu simpulkan
1.  Berdasarkan jumlah tetesan iodium tinktur, urutkan sari buah yang mengandung vitmin C paling rendah ke yang paling tinggi !
2. Berdasarkan hasil penyelidikan kamu, apa yang dapat kamu sarankan pada penderita sariawan ?


Pengembangan Kompetensi Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar

  Pada tanggal 19 Desember 2023 GTK Kemdikbudristek telah merilis Fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah di Platform Merdeka Meng...